Pengertian Bilangan Bulat Negatif dan Contoh Soal

Diposting pada

Pengertian Bilangan Bulat Negatif dan Contoh Soal – Bagaimana cara menghitung bilangan bulat negatif itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal bilangan bulat negatif? Bilangan bulat secara umum memang dapat dibagi menjad beberapa kategori yaitu bilangan nol (0), bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Bilangan nol pada umumnya dapat berdiri sendiri karena tidak tergolong dalam kategori bilangan bulat negatif ataupun bilangan bulat positif. Apa yang dimaksud bilangan bulat itu? Pengertian bilangan bulat ialah bilangan yang mengandung bilangan cacah dengan penulisan negatif, positif atau sama dengan nol (0).

Secara umum penulisan bilangan bulat tidak dapat mengandung komponen bilangan pecahan ataupun desimal. Bilangan bulat ini tentunya memiliki beberapa sifat di dalamnya. Jenis bilangan bulat yang sering ditemukan dalam soal soal ujian ialah bilangan bulat negatif. Apa pengertian bilangan bulat negatif itu? Bagaimana bentuk contoh soal bilangan bulat negatif itu? Bagaimana cara menentukan bilangan bulat negatif? Bilangan bilangan tersebut sering dikenal dalam ilmu Matematika. Bilangan memang termasuk dalam konsep Matematika yang berguna dalam proses pengukuran dan pencacahan,

Bilangan secara umum dapat ditulis menggunakan lambang atau simbol berupa angka atau huruf. Seperti halnya bilangan bulat yang juga memiliki lambangnya sendiri. Bilangan bulat mengandung beberapa bilangan lain di dalamnya seperti bilangan asli, bilangan komposit, bilangan satu, bilangan ganjil, bilangan cacah, bilangan genap, bilangan prima, bilangan nol, dan bilangan negatif. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bilangan bulat negatif dan contoh soal bilangan bulat negatif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Bilangan Bulat Negatif dan Contoh Soal

Matematika memang sudah jadi mata pelajaran yang terkenal menyulitkan. Selain cakupan materinya luas kita pun dituntut harus benar-benar hafal rumus hitung secara akurat. Tidak berhenti di situ saja, tapi perlu ketelitian serta konsistensi pada saat mengerjakan latihan soal. Karena sedikit saja salah memasukan bilangan maupun rumus maka hasil yang diperoleh pun pasti akan salah.

Saat kalian menginjak bangku sekolah menengah guru akan mulai memberikan contoh soal bilangan bulat negatif. Menurut saya pribadi tingkat kesulitan materi ini tidak terlalu tinggi. Namun tetap saja butuh ketelitian serta dedikasi untuk mengerjakan soal bilangan bulat negatif. Tapi sebelum mempelajari hal itu alangkah lebih baik kita mengetahui apa pengertian bilangan bulat negatif terlebih dulu.

Baca juga : Rumus Penjumlahan Bentuk Akar dan Pengurangan Beserta Contoh Soal

Pemerolehan bilangan bulat ini berasal dari bilangan negatif yang digabungkan dengan bilangan cacah. Bilangan bulat memiliki lambang berupa huruf Z. Menurut bahasa Jerman, bilangan bulat berasal dari kata Zahlen yang artinya bilangan. Adapun contoh bilangan bulat yaitu Z = {…, -2, -1, 0, 1, 2, …}. Bilangan bulat berasal dari himpunan bilangan negatif dengan bilangan cacah. Bilangan bulat memiliki arah yang dinyatakan dalam simbol (-) atau (+), dimana letaknya pada garis bilangan dapat berada di sebelah kiri 0 ataupun sebelah kanan 0. 

Apa Itu Bilangan Bulat Negatif

Salah satu jenis bilangan bulat yang sering dibahas ialah bilangan bulat negatif. Pengertian bilangan bulat negatif ialah jenis bilangan bulat yang sebelum angkanya mempunyai tanda negatif (-) di dalamnya. Letak bilangan bulat negatif dalam garis bilangan ada di deretah sebelah kiri bilangan nol (0). Adapun contoh bilangan bulat negatif yaitu -1, -2, -3, -4, dan sebagainya. Bagaimana bentuk contoh soal bilangan bulat negatif itu? Cara menentukan bilangan bulat negatif pada dasarnya dapat menggunakan konsep operasi hitung pada umumnya.

Semakin besar angka bilangan bulat negatif yang letaknya setelah tanda negatif, maka nilainya semakin kecil. Misalnya -10 < -2, dimana nilai angka -10 lebih kecil atau lebih rendah dari angka -2. Perhatikan gambar di bawah ini:

Pengertian Bilangan Bulat Negatif dan Contoh Soal
Bilangan Bulat

Dalam gambar di atas terdapat arah panah bilangan bulat negatif yang menuju kiri. Bilangan bulat negatif yang semakin kekiri akan memiliki nilai bilangan yang semakin kecil juga. Selain pengertian bilangan bulat negatif tersebut, adapula jenis jenis bilangan bulat negatif ini. Jenis jenis tersebut dapat memudahkan anda untuk menyelesaikan contoh soal bilangan bulat negatif tersebut. Di bawah ini terdapat macam macam bilangan bulat negatif yaitu sebagai berikut:

  • Bilangan bulat negatif ganjil ialah bilangan bulat negatif yang tidak dapat dibagi 2 dengan habis. Misalnya -3, -5, -9, -11 dan sebagainya
  • Bilangan bulat negatif genap ialah bilangan bulat negatif yang dapat dibagi dengan 2 secara habis.

Baca juga : Hubungan Antar Sudut Beserta Contoh Soalnya

Contoh Soal Bilangan Bulat

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan bulat negatif, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh bilangan bulat negatif. Adapun beberapa contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Tentukan nilai dari operasi bilangan bulat di bawah ini:
a. 3 + (-6) =
b. 12 + (-4) =
c. (-4) + (-11) =
d. (-13) + 4 =

Jawab.
a. 3 + (-6) = 3 – 6 = -3
b. 12 + (-4) = 12 – 4 = 8
c. (-4) + (-11) = -(4 + 11) = -15
d. (-13) + 4 = 4 – 13 = -9

2. Tentukan nilai dari operasi hitung campuran bilangan bulat di bawah ini:
a. 3 + (-6) – 2 =
b. 12 – 4 + (-4) =
c. (-4) – (-11) – 10 =
d. (-13) + 4 + 8 =

Jawab.
Contoh soal bilangan bulat negatif tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
a. 3 + (-6) – 2 =3 – 6 – 2 = -5
b. 12 – 4 + (-4) = 12 – 4 – 4 = 4
c. (-4) – (-11) – 10 = -4 + 11 – 10 = -3
d. (-13) + 4 + 8 = -13 + 4 + 8 = -1

Latihan Soal

Ada banyak sekali variasi latihan soal bilangan bulat negatif yang bisa kita kerjakan. Tak hanya bersumber dari buku pedoman saja tapi kalian pun juga dapat memperkaya ilmu lewat internet. 

Agar anda lebih paham mengenai materi pengertian bilangan bulat negatif dan cara menentukan bilangan bulat negatif tersebut. Maka kerjakan latihan soal bilangan bulat seperti di bawah ini:
a. 123 – (-25) + 3 =
b. (-10) + 11 – 15 =
c. 5 + (-7) + 9 =
d. (-19) – (-2) + 10 =

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian bilangan bulat negatif dan contoh soal bilangan bulat negatif. Bilangan bulat negatif merupakan jenis bilangan bulat yang sebelum angkanya mempunyai tanda negatif (-) di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Korespondensi Satu Satu, Rumus, Contoh, dan Cara Mencarinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.