Pengertian Gambar Ilustrasi, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Gambar Ilustrasi, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya – Apa yang dimaksud gambar ilustrasi itu? Apa saja tujuan gambar ilustrasi? Apa saja fungsi gambar ilustrasi? Apa saja jenis jenis gambar ilustrasi? Gambar ilustrasi merupakan gambar yang digunakan untuk menyatakan sebuah keadaan, suasana atau hal abstrak lainnya yang tidak terlihat agar perkiraan representasifnya dapat diperoleh berdasarkan hal untuk digambarkan nantinya. Pernyataan ini merupakan definisi secara universal. Kita tahu bahwa ilustrasi dengan gambar memang tidak ada bedanya. Hal ini dikarenakan apapun yang telah digambar dapat dianggap sebagai ilustrasi, terlebih lagi jika digambar dengan manual. Pernyataan ini sebenarnya kurang tepat.

Pengertian Gambar Ilustrasi, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya
Contoh Gambar Ilustrasi

Dalam materi gambar ilustrasi tersebut terdapat penjelasan mengenai pengertian gambar ilustrasi, tujuan gambar ilustrasi, fungsi gambar ilustrasi dan jenis jenis gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi pada dasarnya dapat dibedakan dengan jenis gambar lainnya. Letak perbedaannya berada pada makna dalam gambar tersebut yakni ilustrasi merepresentasikan suatu hal yang ingin diilustrasikan atau digambarkan. Representasi sesuatu hal ini dapat berbentuk teks deskriptif, prosedur, eksplanasi, adegan, narasi dan hal lainnya yang bersifat tidak terjamah dan abstrak. Untuk itulah gambarnya harus dibuat.

Kita dapat melihat contoh gambar ilustrasi dalam teks cerita novel (fiksi). Agar imajinasi pembacanya dapat terangsang, maka dapat dibantu dengan cara membuat gambar ilustrasinya. Dengan begitu apa yang ia baca tidak hanya dibayangkan oleh pembaca, tetapi dapat direpresentasi dengan nyata berbentuk ilustrasi seperti yang ia baca dan bayangkan. Ilustrasi yang menghasilkan representasi ini dapat memudahkan pembaca untuk memahami teks dengan lebih menyenangkan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian gambar ilustrasi, tujuan gambar ilustrasi, fungsi gambar ilustrasi dan jenis jenis gambar ilustrasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Gambar Ilustrasi, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Dalam konteks kehidupan nyata kita pun bisa menemukan contoh gambar ilustrasi hampir di berbagai tempat. Misalnya saja di sosial media yang notabenya sudah menjadi media penyebar informasi oleh masyarakat. Gambar ilustrasi tersebut biasanya dipakai untuk melengkapi suatu cerita atau informasi berbentuk teks. Tujuan ilustrasi tidak lain adalah untuk meringkas keseluruhan teks menjadi dan memperkuat makna di dalamnya.

Baca juga : Pengertian Tangga Nada Mayor Beserta Ciri Cirinya

Menurut bahasa Latin, ilustrasi berasal dari kata illustrare yang maknanya membuat cahaya, menyalakan, menerangi. Makna menerangi yang dimaksud adalah sesuatu yang menjelaskan atau menerangi. Selain itu menurut bahasa Belanda, ilustrasi berasal dari kata ilustratie yang artinya sebuah hiasan yang dibuat dengan gambar sehingga sesuatunya lebih jelas. Kemudian adapula pengertian ilustrasi secara etimologis yaitu sebuah hiasan yang berguna untuk menjelaskan atau menerangkan sesuatu dalam bentuk gambar.

Pengertian Gambar Ilustrasi Menurut Para Ahli

Adapula pengertian gambar ilustrasi menurut KBBI yaitu gambar untuk memperjelas isi karangan, buku dan sebagainya. Gambar ilustrasi juga dapat diartikan sebagai foto, citra atau gambar yang berguna untuk memperindah atau menjelaskan sesuatu. Sebelum menjelaskan tentang tujuan gambar ilustrasi, fungsi gambar ilustrasi dan jenis jenis gambar ilustrasi. Maka saya akan membahas terlebih dahulu mengenai definisi gambar ilustrasi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

  • Ilustrasi menurut Soedarso SP yaitu sebuah seni menggambar atau melukis yang diabadikan untuk mengiringi pengertian, memberikan penjelasan, atau kepentingan lainnya seperti ilustrasi cerpen.
  • Ilustrasi menurut Rohidi ialah penggambaran sesuatu menggunakan elemen rupa yang berguna untuk memperindah, menerangkan atau menjelaskan sebuah teks sehinga secara langsung para pembacanya dapat merasakan kesan dan sifat gerak yang disajikan dalam cerita.
  • Ilustrasi menurut Rasjoyo ialah sebuah karya seni rupa yang tujuannya untuk menerangkan atau memperjelas sesuatu berbentuk naskah, gambar, cerita atau musik.
  • Ilustrasi menurut Fariz ialah bentuk ekspektasi yang tidak jauh berbeda dari ketidakmungkinan seperti angan angan, bersifat maya atau virtual serta hadir dalam bentuk suara, gambar ataupun tulisan.

Tujuan Gambar Ilustrasi

Setelah menjelaskan tentang pengertian gambar ilustrasi, selanjutnya saya akan membagikan beberapa tujuan dari gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:

  • Untuk memperjelas atau menegaskan informasi atau pesan yang ingin disampaikan.
  • Memberikan variasi atau hiasan lain dari penyampaian informasi sehingga rasanya lebih menyenangkan dan menarik.
  • Dapat mengonsumsi informasi dengan mudah dalam penyampaian informasi sehingga mudah diingat dan dipahami.
  • Mengisi terjadinya kekosongan dalam sebuah tata letak (layout).
  • Menghiasai atau menerangkan tulisan, cerita, puisi dan informasi lainnya.
  • Memberikan representasi atau gambaran sesuatu hal yang tidak terjamah dan abstrak.

Baca juga : Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya

Fungsi Gambar Ilustrasi

Selain pengertian dan tujuan gambar ilustrasi di atas, adapula beberapa fungsi dari gambar ilustrasi. Berdasarkan Kusrianto dan Arifin, gambar ilustrasi memiliki beberapa fungsi di dalamnya seperti:

  • Fungsi deskriptif yaitu uraian verbal berbasis tulisan atau teks yang digantikan dengan gambar.
  • Fungsi ekspresif yaitu menyatakan atau memperlihatkan sebuah situasi, konsep atau perasaan yang kurang terjamah dan abstrak oleh teks sehinggga berbentuk konkret, lebih mengena dan tepat sasaran.
  • Fungsi struktural atau analitis yaitu membuat bagian demi bagian sebuah benda atau hal lainnya dapat dirincikan atau memperlihatkan proses dan sistem secara detail sehingga lebih mudah dan cermat untuk memahami maupun menganalisisnya.
  • Fungsi kualitatif yaitu memberikan gambaran umum dari data statistik berbentuk diagram, foto, grafik dan tabel.

Jenis Jenis Gambar Ilustrasi

Setelah menjelaskan tentang pengertian gambar ilustrasi, tujuan gambar ilustrasi, dan fungsi gambar ilustrasi. Selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini:

  • Gambar naturalis ialah gambar yang mempunyai warna dan bentuk yang serupa atau mirip dengan kenyataan alam tanpa harus ditambah atau dikurangi.
  • Gambar dekoratif ialah gambar yang berguna untuk menghias sesuatu yang justru dilebih lebihkan atau disederhanakan.
  • Gambar kartun ialah gambar yang mempunyai bentuk lucu sehingga dapat berguna untuk menghiasi cerita bergambar, buku anak anak dan komik.
  • Gambar karikatur ialah gambar yang mempunyai gaya khas untuk menyimpan proporsi bentuk tubuh sehingga semakin terasa dan tampak karakter dari wajah seseorang. Karikatur biasanya berguna untuk komik atau teks sindiran.
  • Ilustrasi buku ialah gambar yang berguna untuk menjelaskan dan menerangkan kandungan teks dalam buku.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian gambar ilustrasi, tujuan gambar ilustrasi, fungsi gambar ilustrasi dan jenis jenis gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi merupakan hiasan yang berguna untuk menjelaskan atau menerangkan sesuatu dalam bentuk gambar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *