Materi Besaran dan Satuan Pada Pengukuran Fisika

Diposting pada

Materi Besaran dan Satuan Pada Pengukuran Fisika – Fisika merupakan salah satu cabang mata pelajaran yang kaya akan ilmu dan materi. Salah satunya ialah materi pengukuran Fisika yang memuat besaran dan satuan. Bisa dibilang besaran fisika maupun satuan menjadi salah satu materi dasar yang harus dikuasai siswa. Hal ini disebabkan karena baik satuan fisika dan besaran sering menjelma menjadi butir soal ujian.

Apa pengertian besaran itu? Apa pengertian satuan itu? Dalam materi pengukuran tersebut memang mengandung beberapa hal yang dibahas seperti materi turunan, aturan angka penting, pengukuran itu sendiri, materi besaran (besaran turunan dan besaran pokok), notasi ilmiah, dan materi dimensi. Bagaimana konsep besaran dan satuan di pengukuran Fisika itu?

Secara umum kegunaan pengukuran tersebut ialah untuk menentukan benda apapun. Materi besaran dan satuan ini telah diajarkan ketika di bangku sekolah menengah atas kelas 10. Kita tentunya pernah mendengar istilah mengenai satu kaki, satu jengkal ataupun satu hasta. Istilah ini berguna untuk mengukur panjang sebuah benda. Model pengukuran tersebut telah digunakan oleh masyarakat pada zaman dahulu. Akan tetapi jenis pengukuran ini dianggap kurang efektif, dimana ukuran kaki, jengkal dan hasta tersebut berbeda beda di setiap individu.

Materi Besaran dan Satuan Pada Pengukuran Fisika

Untuk mengatasi perbedaan tersebut akhirnya para ilmuwan fisika menciptakan alat ukur baku seperti meteran, penggaris, jangka sorong dan lain lain. Penggunaan alat ukur ini ialah untuk mengukur sebuah besaran, misalnya panjang. Alat ukur dan besaran ini tentunya tidak terlepas dari adanya satuan fisika. Apakah anda tahu apa saja perbedaan antara keduanya?

Pengidentifikasian sebuah benda tentunya sering dilakukan dengan menggunakan kata pendek, rendah, ringan, panjang, tinggi ataupun berat. Namun apabila benda benda tertentu ingin dibandingkan, maka membutuhkan alat ukur untuk menentukan seberapa berat atau tinggi dari suatu benda tersebut. Sekarang ini alat ukur yang dapat kita gunakan dapat berupa timbangan dan meteran untuk melakukan pengukuran besaran dan meteran.

Baca juga : Contoh Soal Gelombang Mekanik Beserta Pembahasan

Apa itu besaran fisika? yang lebih penting lagi apa perbedaan besaran dan satuan fisika? Meski memiliki pembahasan berbeda. Tapi kita tidak bisa menampik bahwa keduanya mempunyai keterkaitan satu sama lain.

Dalam ilmu fisika, besaran dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan segi satuannya yaitu besaran turunan dan besaran pokok. Satuan besaran pokok didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu. Sedangkan satuan besaran turunan dapat dilakukan dengan menurunkannya dari besaran pokok. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai materi besaran dan satuan pada pengukuran Fisika yaitu sebagai berikut:

Pengertian Besaran dan Satuan

Besaran secara umum dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang bisa dinyatakan dan diukur menggunakan angka serta dilengkapi dengan satuan. Sedangkan pengertian satuan ialah segala sesuatu yang berguna untuk menghasilkan pembanding atau pengukuran di sebuah pengukuran tertentu. Misalnya Pak Doni menjual gandum. Gandum tersebut diukur menggunakan genggam.

Genggam ialah satuan yang berguna untuk mengukur besaran pada gandum tersebut. Berbeda lagi dengan pengukuran menggunakan timbangan kilogram. Pengukuran besaran keduanya tersebut sama yakni massa gandum. Akan tetapi satuan yang digunakan berbeda yakni kilogram dan genggam.

Dalam materi besaran dan satuan ini tentunya terdapat pembahasan mengenai jenis jenis besaran di dalamnya. Besaran dalam Fisika pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu besaran turunan dan besaran pokok. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Pengertian Gaya Normal Beserta Rumus dan Contoh Soalnya

Besaran Pokok

Pengertian besaran pokok ialah besaran yang menentukan satuannya terlebih dahulu dan tidak berasal dari besaran lain ataupun besaran turunan. Besaran pokok tersebut terdiri dari beberapa jenis seperti panjang, jumlah molekul zat, intensitas cahaya, massa, suhu, waktu, dan kuat arus. Berikut tabel besaran dan satuan pada besaran pokok yaitu:

Materi Besaran dan Satuan Pada Pengukuran Fisika

Besaran Turunan

Materi besaran dan satuan selanjutnya membahas tentang besaran turunan. Pengertian besaran turunan ialah besaran yang terjadi penurunan satuan dari besaran pokok. Misalnya saja kecepatan. Kecepatan ini berasal dari besaran pokok yang terdiri dari waktu dan panjang. Besaran turunan ini memiliki satuan yang terkenal dengan satuan turunan. Di bawah ini terdapat beberapa jenis besaran turunan beserta rumusnya yaitu sebagai berikut:

Materi Besaran dan Satuan Pada Pengukuran Fisika

Sekian penjelasan mengenai materi besaran dan satuan pada pengukuran Fisika. Perbedaan besaran dengan satuan tersebut terletak pada pengertiannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.