Rumus Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 Lengkap

Diposting pada

Rumus Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 Lengkap – Ketika di bangku sekolah menengah pertama (SMP) tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi bangun ruang sisi datar. Secara umum bangun ruang dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan sisinya yaitu bangun ruang sisi lengkung dan bangun ruang sisi datar.

Bangun ruang sisi lengkung dapat terdiri dari tabung, kerucut dan bola. Sedangkan bangun ruang sisi datar dapat terdiri dari kubus, balok, prisma, dan limas. Apa yang dimaksud bangun ruang sisi datar itu? Apa pengertian bangun ruang sisi datar?

Pengertian bangun ruang sisi datar ialah ialah jenis bangun ruang yang memiliki bentuk sisi tidak lengkung atau berbentuk datar. Lalu bagaimana rumus bangun ruang sisi datar itu? Bangun ruang sisi datar ini tentunya memiliki beberapa rumus yang disesuaikan dengan bentuk bentuk bangun di dalamnya. Hal ini dikarenakan bangun ruang sisi datar memang dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti bangun kubus, prisma, balok dan limas.

Rumus Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 Lengkap

Ciri utama bangun ruang sisi datar ialah memiliki bentuk sisi yang datar atau tidak lengkung. Jenis jenis bangun ruang ini ada yang paling sederhana sampai paling kompleks. Untuk kategori bangun yang sederhana dapat berupa balok, limas dan kubus. Sedangkan untuk kategori bangun kompleks dapat berupa bangun yang menyerupai kristal atau limas segi banyak. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bangun ruang sisi datar kelas 8 lengkap.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa pengertian bangun ruang sisi datar ialah bangun ruang yang memiliki sisi berbentuk datar sehingga bukan lengkungan. Bangun ruang ini terdiri dari beberapa jenis seperti balok, prisma, limas dan kubus. Masing masing bangun ruang tersebut tentunya memiliki pengertian dan sifat sifat yang berbeda. 

Baca juga : Cara Menghitung Volume Bangun Ruang Gabungan Beserta Contoh Soal

Rumus Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 Lengkap
Bangun Ruang Sisi Datar

Kemudian dalam materi bangun ruang sisi datar tidak hanya menjelaskan tentang pengertiannya saja, namun juga membahas rumus dan sifat sifat yang dimiliki oleh bangun tersebut. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai rumus bangun ruang sisi datar kelas 8 lengkap yaitu meliputi:

Kubus

Kubus menjadi bangun ruang sisi datar yang memiliki sisi berjumlah 6 buah sebagai pembatasnya, dimana bentuk sisi ini berupa bujur sangkar (persegi). Dalam kubus tersebut terdapat 6 sisi, 8 titik sudut dan 12 rusuk. Bangun ini sering dinamakan dengan prisma segiempat yang sisi alas dan tingginya sama.

Selain itu adapula yang menyebutnya sebagai bidang enam beraturan. Kubus tersebut memiliki bagian utama yang berupa titik sudut, sisi dan rusuk. Selain itu adapula diagonal ruang dan diagonal bidang di dalamnya. Di bawah ini terdapat sifat sifat kubus yaitu meliputi:

  • Memiliki 8 titik sudut.
  • Memiliki 6 sisi yang sama luasnya.
  • Memiliki 12 rusuk yang panjangnya sama.
  • Memiliki 12 diagonal bidang/sisi.
  • Memiliki 4 diagonal ruang.
  • Memiliki 6 bidang diagonal.

Selain sifat sifat di atas, adapula rumus bangun ruang sisi datar ini. Adapun beberapa rumus kubus yang dapat anda gunakan yaitu:

Volume kubus = s³
Luas permukaan kubus = 6s²
Panjang diagonal bidang kubus = s√2
Panjang diagonal ruang kubus = s√3
Luas bidang diagonal = s²√2

Balok

Balok ialah bangun ruang sisi datar yang mempunyai tiga pasang sisi berbentuk segi empat saling berhadapan sehingga ukuran dan bentuknya sama. Balok ini memang memiliki ukuran sisi yang saling berhadapan tersebut sama besar. Bentuk sisinya sendiri kebanyakan seperti bangun persegi panjang. Di bawah ini terdapat sifat sifat balok yang dimiliki yaitu meliputi:

  • Memiliki 8 titik sudut.
  • Memiliki 6 sisi dengan luas yang berbeda.
  • Memiliki 12 rusuk.
  • Memiliki 12 diagonal bidang.
  • Memiliki 4 diagonal ruang.
  • Memiliki 6 bidang diagonal.

Baca juga : Rumus Turunan Fungsi Logaritma Beserta Contoh Soal

Selain sifat sifat di atas, adapula rumus bangun ruang sisi datar ini. Adapun beberapa rumus balok yang dapat anda gunakan yaitu:

Volume balok = panjang x lebar x tinggi = p x l x t
Luas permukaan balok = 2(pt + pl + lt)
Panjang diagonal bidang balok = √(p²+l²) atau √(p²+t²) atau √(l²+t²)
Panjang diagonal ruang balok = √(p²+l²+t²)

Limas

Limas ialah bangun ruang sisi datar yang memiliki bentuk alas segi banyak seperti segi empat, segi lima dan sebagainya serta bentuk bidang sisi tegaknya berupa segitiga dengan satu titik puncak di dalamnya ketika saling berpotongan. Limas tersebut juga memiliki beberapa sifat di dalamnya. Adapun sifat sifat limas yang dimiliki yaitu:

  • Memiliki 3 sisi tegak jika bentuk alasnya segitiga.
  • Memiliki 5 sisi tegak jika bentuk alasnya segilima.
  • Rusuk limas memiliki jumlah yang menyesuaikan bentuk alasnya. 

Limas tersebut tentunya mempunyai tinggi dan puncak di dalamnya. Tinggi limas ialah jarak paling pendek dari titik puncak menuju sisi alas. Titik potong sumbu simetri pada alas limas selalu tegak lurus dengan tinggi limas. Selain sifat sifat di atas, adapula rumus bangun ruang sisi datar ini. Adapun beberapa rumus limas yang dapat anda gunakan yaitu:

Volume limas = 1/3 Luas alas x Tinggi
Luas permukaan limas = Jumlah luas alas + Jumlah luas sisi tegak

Prisma

Prisma ialah bangun ruang sisi datar yang mempunyai bidang atas dan alas sejajar serta kongruen. Selain itu prisma juga memiliki sisi tegak yang bentuknya persegi panjang atau jajar genjang yang tegak lurus dengan bidang atas dan atapnya. Prisma dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan rusuk tegaknya yaitu prisma miring dan prisma tegak.

Prisma tegak ialah prisma yang memiliki rusuk tegak lurus dengan bidang atas dan alasnya. Sedangkan prisma miring ialah prisma yang rusuknya tidak tegak lurus dengan biang alas dan atasnya. Di bawah ini terdapat rumus prisma yaitu:

Volume prisma = Luas alas x Tinggi
Luas permukaan prisma = (2 x Luas alas) + (Keliling alas x tinggi)

Sekian penjelasan mengenai rumus bangun ruang sisi datar kelas 8 lengkap. Bangun ruang sisi datar merupakan jenis bangun ruang yang sisinya berupa bidang datar sehingga tidak lengkung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bangun ruang sisi datar di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *