Kumpulan Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Lengkap

Diposting pada

Kumpulan Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Lengkap – Bagaimana rumus luas bangun datar itu? Bagaimana rumus keliling bangun datar itu? Apa itu bangun datar? Bangun datar ialah bidang datar dari garis atau titik membentuk bangun dua dimensi yang saling menyatu sehingga memiliki luas dan keliling. Dalam ilmu Matematika, bangun datar tersebut merupakan suatu aksioma terutama dalam bidang geometri analitik. Bangun datar dalam bahasa Inggris dapat dinamakan dengan plane geometry. Kemudian bangun datar juga dapat disebut dengan bangun dua dimensi.

Bangun datar pada umumnya terdiri dari beberapa jenis yaitu berbentuk persegi, lingkaran, trapesium, persegi panjang, segitiga, layang layang, jajar genjang dan belah ketupat. Karena bentuknya berbeda beda, maka rumus bangun datar yang dimiliki juga tidak sama. Hal ini menyebabkan rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar pada setiap bentuknya harus sesuai dengan sifat sifat bangun datar di dalamnya. Bangun datar sendiri berbeda dengan bangun ruang. Bangun datar hanya memiliki unsur panjang dan lebar saja, sedangkan bangun ruang memiliki unsur panjang, lebar dan tinggi di dalamnya.

Bangun datar pada umumnya memiliki garis lengkung atau garis lurus sebagai pembatasnya. Bangun datar ini tidak memiliki unsur tebal dan tinggi di dalamnya karena hanya terdapat unsur lebar dan panjang saja. Unsur panjang dan lebar tersebut digunakan dalam rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bangun datar, baik luas maupun keliling lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kumpulan Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bangun datar dapat diartikan sebagai bidang datar yang memiliki lebar dan panjang sehingga dapat disebut juga bangun dua dimensi. Akan tetapi dalam bangun datar ini tidak memiliki tebal dan tinggi di dalamnya. Bangun datar secara sederhana dapat dinamakan dengan bangun abstrak.

Baca juga : Rumus Perkalian Bilangan Berpangkat Pecahan Beserta Contoh Soal

Bangun datar memang hanya memiliki rumus luas dan rumus keliling saja. Namun rumus bangun datar ini berbeda beda pada setiap bentuknya. Adapun rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar yaitu sebagai berikut:

Kumpulan Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Lengkap
Jenis Jenis Bangun Datar

Persegi

Persegi ialah bangun dua dimensi yang memiliki 4 sisi dengan panjang sama dan 4 sudut siku siku. Persegi memiliki beberapa sifat di dalamnya. Adapun sifat sifat pesegi yaitu ukuran panjang semua sisinya saja dan sisi berhadapan semuanya saling sejajar, memiliki sudut siku siku, ukuran dua diagonal yang dimiliki sama, serta mempunyai empat sumbu simetri. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar persegi yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Persegi

Luas = Sisi x Sisi = s²

Rumus Keliling Persegi

Keliling = sisi + sisi + sisi + sisi = 4s

Persegi Panjang

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun persegi panjang. Persegi panjang ialah bangun dua dimensi yang memiliki 4 sudut siku siku dan dua rusuk sejajar serta sama panjang. Adapun sifat sifat persegi panjang yaitu sisi sisi berhadapan saling sejajar dan sama panjang, semua sudutnya berbentuk sudut siku siku, memiliki dua diagonal dengan panjang sama, serta memiliki dua sumbu simetri seperti sumbu horizontal dan vertikal. Di bawah ini terdapat rumus luas bangun datar persegi panjang dan rumus keliling bangun datar persegi panjang yaitu:

Rumus Luas Persegi Panjang

Luas = p x l

Rumus Keliling Persegi Panjang

Keliling = 2 x (p + l)

Segitiga

Segitiga ialah bangun datar yang memiliki 3 sudut dan 3 sisi berbentuk garis lurus. Adapun sifat sifat segitiga yaitu memiliki jumlah ketiga sudut sebesar 180º, memiliki tiga titik sudut dan tiga sisi di dalamnya. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar segitiga yaitu:

Rumus Luas Segitiga

Luas = ½ x Alas x Tinggi

Rumus Keliling Segitiga

Keliling = a + b + c atau Keliling = s + s + s

Jajar Genjang

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun jajar genjang. Jajar genjang ialah bangun dua dimensi yang berasal dari dua pasang rusuk sejajar. Adapun sifat sifat jajar genjang yaitu tidak mempunyai simetri lipat, mempunyai tingkat dua simetri putar, ukuran sudut yang berhadapan sama besar, mempuntai 4 sudut dan 4 sisi, memiliki panjang diagonal yang tidak sama, memiliki sepasang sisi dengan panjang sama dan sejajar, serta memiliki dua sudut lancip dan dua sudut tumpul. Di bawah ini terdapat rumus luas bangun datar jajar genjang dan rumus keliling bangun datar jajar genjang yaitu:

Rumus Luas Jajar Genjang

Luas = Alas x Tinggi

Rumus Keliling Jajar Genjang

Keliling = 2 x (a + b)

Trapesium

Trapesium ialah bangun dua dimensi yang memiliki dua pasang sisi saling sejajar meskipun tidak sama panjangnya. Adapun sifat sifat trapesium ialah terdiri dari 4 sisi, mempunyai dua sisi sejajar meskipun panjangnya berbeda, mempunyai empat titik sudut, mempunyai minimal satu titik sudut tumpul, serta mempunyai satu simetri putar. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar trapesium yaitu:

Rumus Luas Trapesium

L = ½ x (sisi atas + sisi bawah) x Tinggi

Rumus Keliling Trapesium

K = sisi atas + sisi bawah + sisi miring + sisi tinggi

Baca juga : Contoh Soal Debit Air Beserta Pembahasan Lengkap

Layang Layang

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun layang layang. Layang layang ialah bangun datar yang memiliki dua segitiga sama kaki dan dua segi empat saling berhimpitan. Kemudian adapula sifat sifat layang layang yaitu mempunyai sepasang sudut berhadapan yang sama besarnya, mempunyai dua diagonal meski tidak sama panjangnya, serta mempunyai satu sumbu simetri. Adapun rumus luas bangun datar layang layang dan rumus keliling bangun datar layang layang yaitu:

Rumus Luas Layang Layang

Luas = ½ x Diagonal 1 x Diagonal 2

Rumus Keliling Layang Layang

Keliling = a + b + c + d

Belah Ketupat

Belah ketupat ialah bangun dua dimensi yang mempunyai dua pasang sudut berhadapan dengan besar sama dan empat sisi sama panjang. Adapun sifat sifat belah ketupat yaitu mempunyai dua diagonal saling tegak lurus, panjang keempat sisinya sama, besar sudut saling berhadapan sama, jumlah semua titik sudutnya 360º serta mempunyai dua sumbu simetri. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat yaitu:

Rumus Luas Belah Ketupat

Luas = ½ x Diagonal 1 x Diagonal 2

Rumus Keliling Belah Ketupat

Keliling = s + s + s + s

Lingkaran

Rumus bangun datar selanjutnya berhubungan dengan bangun lingkaran. Lingkaran ialah bangun datar yang berasal dari kumpulan titik dengan diameter dan jari jari di dalamnya. Adapun sifat sifat lingkaran yaitu memiliki simetri putar tak hingga, mempunyai satu sisi, memiliki sumbu dan simetri lipat tak terhingga serta tidak mempunyai titik sudut. Adapun rumus luas bangun datar lingkaran dan rumus keliling bangun datar lingkaran yaitu:

Rumus Luas Lingkaran

Luas = π x r x r = πr²

Rumus Keliling Lingkaran

Keliling = π x d atau Keliling = 2 x π x r

Sekian penjelasan mengenai rumus bangun datar, baik luas maupun keliling lengkap. Bangun datar ialah bidang datar dari garis atau titik membentuk bangun dua dimensi yang saling menyatu sehingga memiliki luas dan keliling. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bangun datar di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *