Contoh Soal Bangun Ruang Kelas 6 SD, Kunci Jawaban, dan Pembahasan

Diposting pada

Contoh Soal Bangun Ruang Kelas 6 SD, Kunci Jawaban, dan Pembahasan – Dalam ilmu Matematika tentunya sering kita dengar istilah mengenai bangun ruang. Bangun ruang ini bahkan sering di jumpai disekeliling kita. Bangun tersebut dapat berbentuk bola, kerucut, tabung, balok, kubus, prisma maupun limas. Materi bangun ruang ini telah diperkenalkan ketika kita masih di bangku sekolah dasar. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan mengenai rumus dan sifat sifat dasar yang dimiliki oleh masing masing bangun ruang.

Materi bangun ruang tersebut sering muncul dalam soal soal ujian Matematika kelas 6, baik ujian Nasional maupun ujian sekolah. Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal bangun ruang SD itu? Untuk menyelesaikan soal soal terkait bangun ruang ini tentunya para siswa dapat menggunakan rumus yang tersedia. Rumus ini dapat berupa rumus luas permukaan bangun ruang maupun rumus volume bangun ruang. Disisi lain anda juga harus memahami sifat sifat bangun ruang yang terdapat di dalamnya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa materi bangun ruang tercantum dalam kisi kisi Ujian Nasional Matematika tingkat Sekolah Dasar. Materi ini tercantum dalam level kognitif penalaran sehingga kemampuan penalaran siswa akan diuji karena berhubungan dengan materi volume bangun ruang dan hal hal lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal bangun ruang SD kelas 6 dan pembahasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Bangun Ruang Kelas 6 SD, Kunci Jawaban, dan Pembahasan

Pengertian bangun ruang secara umum ialah bangun yang memiliki unsur panjang, lebar dan tinggi di dalamnya. Bangun ruang ini mengandung isi atau volume pula di dalamnya. Untuk itu rumus rumus yang digunakan sedikit rumit jika dibandingkan dengan bangun datar.

Baca juga : Rumus Limas Terpancung Beserta Contoh Soalnya

Bangun ruang tersebut sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Untuk bangun ruang sisi datar memiliki ciri utama yaitu mempunyai sisi berbentuk datar sehingga dapat meliputi bangun balok, kubus, prisma dan limas. Sedangkan bangun ruang sisi lengkung memiliki ciri utama yaitu mempunyai sisi berbentuk lengkungan sehingga dapat meliputi bangun bola, tabung dan kerucut.

Secara garis besar kita bisa menjumpai berbagai model latihan soal bangun ruang kelas 6 SD di berbagai media. Mulai dari buku LKS sampai sumber belajar online seperti internet pun dapat kalian manfaatkan. Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal bangun ruang SD kelas 6 dan pembahasan yaitu sebagai berikut:

1. Suatu kardus memiliki bentuk kubus dengan rusuk yang panjangnya 60 cm. Dalam kardus tersebut terdapat 900 balok satuan yang sama ukurannya. Jika balok satuan itu memiliki panjang 10 cm dan lebar 4 cm. Maka tentukan jumlah tumpukan balok satuan dalam kardus tersebut?

Pembahasan.
Langkah pertama yang perlu kita lakukan yaitu menghitung volume kubus terlebih dahulu. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Volume kubus = s³
                           = 60 x 60 x 60
                           = 216000 cm³

Kemudian menghitung volume balok kecil dengan cara seperti berikut:
Volume balok kecil = 10 x 4 x t
                                    = 40t

Kemudian menggunakan persamaan dengan memanfaatkan balok kecil satuan yang berjumlah 900 bagian. Maka:
900 x 40t = 216000
           40t = 21600 / 900
           40t = 240
               t = 240 / 40
               t = 6 cm
Jadi jumlah tumpukan balok satuan dalam kardus tersebut ialah 60 : 6 = 10.

2. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal Bangun Ruang SD Kelas 6 dan Pembahasan

Tentukan volume bangun ruang di atas? (π = 3,14)

Baca juga : Cara Menghitung Volume Bangun Ruang Gabungan Beserta Contoh Soal

Pembahasan.
Contoh soal bangun ruang SD ini dapat diselesaikan dengan rumus volume tabung. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
r = 10 cm
t = 25 cm
π = 3,14
Volume tabung = πr²t
                             = 3,14 x 10² x 25
                             = 7850 cm³
Jadi volume tabung tersebut ialah 7850 cm³.

3. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Bangun Ruang SD Kelas 6 dan Pembahasan

Tentukan volume bangun ruang di atas? (π = 22/7)

Pembahasan.
Contoh soal bangun ruang SD ini dapat diselesaikan dengan rumus volume tabung. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
d = 14 cm
r = ½ x d = ½ x 14 = 7 cm
t = 18 cm
π = 22/7
Volume tabung = πr²t
                             = 22/7 x 7² x 18
                             = 2772 cm³
Jadi volume tabung tersebut ialah 2772 cm³.

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Bangun Ruang SD Kelas 6 dan Pembahasan

Tentukan volume bangun ruang di atas?

Pembahasan.
Contoh soal bangun ruang kelas 6 SD ini dapat diselesaikan menggunakan rumus volume balok dan rumus volume setengah tabung. Hal ini dikarenakan bangun ruang tersebut merupakan gabungan dari bangun balok dan setengah tabung. Untuk balok sendiri memiliki ukuran panjang = 18 cm, lebar = 14 cm dan tinggi = 16 cm. Kemudian untuk bangun tabung memiliki ukuran diameter 14 cm dan tinggi = 18 cm. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Contoh Soal Bangun Ruang SD Kelas 6 dan Pembahasan

Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
Volume balok = p x l x t
                          = 18 x 14 x 16
                          = 4032 cm³
Volume ½ tabung = ½ x π x r² x t tabung
                                 = ½ x 22/7 x 7² x 18
                                 = 1386 cm³

Sehingga,
Volume bangun gabungan = Volume balok + Volume ½ tabung
                                                 = 4032 + 1386
                                                 = 5418 cm³
Jadi volume bangun tersebut ialah 5418 cm³.

5. Suatu akuariun memiliki bentuk kubus dengan rusuk yang panjangnya 40 cm. Apabila akuarium tersebut diisi air sampai penuh, maka berapakah jumlah liter air yang dibutuhkan?

Pembahasan.
Contoh soal bangun ruang kelas 6 SD ini dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus volume kubus. Hal ini dikarenakan akuariumnya berbentuk kubus. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Volume kubus = s³
                           = 40³
                           = 64000 cm³ = 64 dm³ = 64 liter
Jadi jumlah liter air yang dibutuhkan yaitu 64 liter.

Sekian contoh soal bangun ruang SD kelas 6 dan pembahasan yang dapat saya bagikan. Contoh soal bangun ruang kelas 6 ini dapat diselesaikan dengan rumus bangun ruang secara umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)