Pengertian Getaran, Rumus, Jenis Jenis dan Contoh Soal

Diposting pada

Pengertian Getaran, Rumus, Jenis Jenis dan Contoh Soal – Dalam materi Fisika terdapat pembahasan mengenai getaran. Ada banyak sekali contoh getaran yang terjadi di tengah kehidupan sehari-hari. Bahkan kita bisa menklasifikasikannya menjadi beberapa jenis berdasar sumbernya.

Apa itu getaran dan bagaimana rumusnya? Getaran sendiri merupakan gerak bolak balik pada sebuah titik keseimbangan secara berkala. Getaran pada umumnya dilakukan oleh masing masing benda. Sebuah benda dapat dinyatakan bergetar apabila gerakan benda tersebut bolak balik melewati titik keseimbangan secara berkala.

Dalam materi getaran Fisika tentunya terdapat pembahasan mengenai pengertian getaran, rumus getaran, contoh getaran, jenis jenis getaran, dan contoh soal getaran. Getaran memang dialami oleh sebuah benda secara berkala ketika secara teratur melakukan peristiwa gerak bolak balik.

Getaran bisa terjadi secara teratur sehingga dapat dinamakan dengan gerak periodik. Gerakan benda yang lemah ataupun kuat ini dapat disebabkan oleh pemberian jumlah energinya. Pemberian besar energi yang semakin kuat akan mengakibatkan terjadinya getaran menjadi semakin kuat.

Pengertian Getaran, Rumus, Jenis Jenis dan Contoh Soal

Satu getaran dapat dinyatakan dalam bentuk satu kali gerakan benda bolak balik secara penuh. Contoh getaran ini dapat diamati pada pemberian beban pada gerakan bebas seperti ayunan anak yang memanfaatkan pegas. Selain itu kita juga dapat mengamati contoh terjadinya getaran tersebut pada peristiwa peristiwa tertentu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian getaran, rumus getaran, contoh getaran, jenis jenis getaran, dan contoh soal getaran.

Dalam kehidupan sehari hari pada umumnya kita dapat menemukan contoh getaran pada sebuah benda. Getaran getaran ini dapat timbul pada benda seperti di bawah ini:

  • Sinar gitar yang dipetik.
  • Bandul pada jam yang bergoyang.
  • Pegas yang diberikan beban.
  • Salah satu ujung mistar plastik yang dijepit, kemudian simpangan diberikan pada ujung lainnya dengan menariknya, lalu tarikannya dilepaskan.

Baca juga : Pengertian Termodinamika, Prinsip, Sistem, dan Hukum Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa secara sederhana, getaran dapat diartikan sebagai gerak bolak balik pada sebuah titik keseimbangan secara berkala. Selain pengertian getaran dan contoh getaran tersebut adapula rumus getaran, jenis jenis getaran dan cara menyelesaikan contoh soal getaran yang akan saya jelaskan. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:

Getaran Sederhana Pada Bandul

Materi getaran yang pertama dapat anda lihat pada bandul sederhana. Bandul tersebut bergerak dari titik A – B – C – B – A yang merupakan satu getaran. Perhitungan satu getaran ini juga dapat dilakukan dari titik B maupun titik C. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Pengertian Getaran, Rumus, Jenis Jenis dan Contoh Soal

Getaran Pada Pegas

Contoh getaran pada dasarnya juga terdapat pada pegas seperti yang telah saya jelaskan pada pengertian getaran di atas. Pegas yang akan diberikan beban pada umumnya akan menimbulkan getaran. Pegas ini akan mengalami satu kali getaran yang ditunjukkan pada gerakan dari B – A – C – A – B. Perhitungan satu kali getaran ini juga dapat dilakukan dari titik C ataupun titik A. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Pengertian Getaran, Rumus, Jenis Jenis dan Contoh Soal

Amplitudo

Dalam materi getaran juga terdapat pembahasan mengenai amplitudo. Dalam materi ini akan ditemukan rumus rumus getaran pada benda. Secara umum amplitudo dapat diartikan sebagai simpangan dari titik keseimbangan yang paling jauh. Selain itu amplitudo juga bermakna jarak ketika getaran terjadi dari titik keseimbangan yang paling jauh. Selain amplitudo adapula frekuensi dan periode getaran di dalamnya. Apa yang dimaksud frekuensi getaran itu? Apa yang dimaksud periode getaran itu?

Baca juga : Pengertian Pemuaian, Jenis, Penyebab dan Contoh Soal

Pengertian frekuensi getaran ialah jumlah getaran dalam satu detik yang terjadi. Frekuensi memiliki satuan dalam Sistem Internasional yang berupa Hertz (Hz). Selain itu simbol frekuensi dalam fisika tersebut dapat berupa huruf f. Kemudian untuk pengertian periode ialah waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan satu kali getaran. Periode dalam Sistem Internasional memiliki satuan yang berupa sekon (s). Simbol periode dalam Fisika dapat berupa huruf T. Di bawah ini terdapat rumus frekuensi getaran dan rumus periode getaran yaitu meliputi:

f = n/t
T = t/n

Keterangan:
f = Frekuensi (Hz)
T = Periode (s)
n = Jumlah getaran
t = Waktu (s)

Selain pengertian getaran dan rumus getaran di atas, sebenarnya adapula hubungan antara frekuensi dan periode getaran. Frekuensi merupakan kebalikan dari periode dan sebaliknya. Untuk itu hubungan frekuensi dan periode ini dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan seperti berikut:

f = 1/T
T = 1/f

Keterangan:
f = Frekuensi (Hz)
T = Periode (s)

Jenis Jenis Getaran

Getaran pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Adapun macam macam getaran menurut proses terjadinya yaitu meliputi:

Getaran Bebas
Getaran bebas ialah terjadinya getaran saat gaya awal memulai sistem mekanis dengan cara bekerja di sistem itu sendiri sehingga secara bebas dapat melakukan getaran. Hasil getaran bebas ini dapat berupa frekuensi natural sehingga getarannya berasal dari sifat dinamika dari kekuatan dan distribusi massanya. Contoh getaran bebas ini dapat diamati ketika penarikan bandul untuk kemudian dibiarkan dan dilepas sehingga getaran dapat dihasilkan sampai bandul tersebut berhenti bergerak.

Getaran Paksa
Jenis jenis getaran selanjutnya ialah getaran paksa. Pengertian getaran paksa ialah getaran yang berlangsung saat gaya luar mengakibatkan gerakan bolak balik secara paksa pada sistemnya. Adapun contohnya yaitu ketika gempa terdapat getaran pada rumah yang menyebabkan rumah tersebut roboh. 

Contoh Soal Getaran

Setelah menjelaskan tentang pengertian, rumus getaran, contoh getaran dan jenis jenis getaran di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal pada getaran terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Getaran yang dihasilkan sebuah bandul sebanyak 30 getaran dalam waktu 1 menit. Hitunglah periode getaran tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : n = 30 getaran; t = 1 menit = 60 s
Ditanyakan : T = ?
Jawab :
T = t/n
   = 60/30
   = 2 s
Jadi periode getaran tersebut ialah 2 sekon.

Sekian penjelasan mengenai pengertian getaran, rumus getaran, contoh getaran, jenis jenis getaran, dan contoh soal getaran. Getaran sering diamati dalam sebuah bandul sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi getaran di atas.