1 Kg Berapa Liter? Beserta Konversi dan Contoh Soalnya

Diposting pada

1 Kg Berapa Liter? Beserta Konversi dan Contoh Soalnya – Apakah anda tahu nilai 1 kilogram berapa liter? Bagaimana cara konversi kg ke liter? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan kg ke liter? Dalam ilmu Matematika tentunya terdapat berbagai jenis satuan yang digunakan. Contohnya saja liter dan kilogram ini. Kedua jenis satuan tersebut memiliki kegunaan, konsep dan nilai yang berbeda. Untuk itu apabila dikonversikan satu sama lain memang perlu membutuhkan cara khusus. Dengan kata lain cara konversinya tidak dapat dilakukan secara langsung. Kilogram dan liter pada kenyataannya tidak termasuk dalam kategori satuan yang sama.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa syarat utama pelaksanaan konversi ialah tergolong dalam jenis satuan yang sama. Jika satuan yang satu dengan yang lainnya berbeda golongan dan ingin tetap dikonversikan, maka membutuhkan unsur pendukung lainnya. Contohnya saja konversi kg ke liter untuk menemukan nilai 1 kg berapa liter tersebut. Lalu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan kg ke liter itu? Cara konversi kilogram ke liter ini pada dasarnya memang sedikit berbeda dengan konversi satuan Matematika lainnya. Akan tetapi pelaksanaannya tidak sesulit yang anda pikirkan, karena hanya perlu menggunakan rumus khusus. Dengan begitu konversi dapat dilakukan dengan mudah.

1 Kg Berapa Liter? Beserta Konversi dan Contoh Soalnya

Apakah anda tahu pengertian kilogram itu? Apa pengertian liter itu? Pengertian dari kedua satuan ini perlu dipahami agar pelaksanaan konversi kilogram ke liternya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Kg Berapa Liter? Beserta Konversi dan Contoh Soalnya

Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai jenis jenis satuan Matematika. Macam macam satuan Matematika ini dapat berupa satuan berat/massa, satuan volume, satuan luas dan masih banyak lagi. Setiap kategori jenis satuan tersebut memiliki kelompok yang berbeda beda. Penggunaan satuan sendiri sebenarnya juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti Matematika maupun Fisika.

Baca juga : 1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap

Penggunaan satuan tidak hanya terdapat dalam bidang tersebut, namun juga digunakan dalam kehidupan sehari hari. Satuan yang digunakan tersebut disesuaikan dengan jenis barang yang disebutkan. Misalnya 5 kg beras, 1 liter minyak dan lain lain. Sebelum memahami tentang 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter ini. Anda harus mengerti pengertian satuan kilogram dan pengertian satuan liter seperti berikut:

Pengertian Kilogram (Kg)
Kilogram dapat didefinisikan sebagai jenis satuan dalam Sistem Internasional (SI) yang termasuk dalam golongan satuan massa atau berat. Lambang resmi dari satuan kilogram ini ialah kg. Dalam satun berat/massa terdapat satuan dasar yang bentuknya gram. Jika dilakukan konversi, maka 1 kilogram (kg) memiliki nilai yang sama dengan 1000 gram. Satuan basis gram ini dapat dibagi menjadi bentuk lainnya yaitu kilogram, hektogram, dekagram, dan sebagainya.

Pengertian Liter
Liter dapat didefinisikan sebagai jenis satuan yang tergolong dalam kategori satuan volume. Satuan volume dalam sistem Internasional (SI) sebenarnya tidak memuat satuan liter ini. Akan tetapi ada yang menyebut bahwa liter tetap saja termasuk dalam jenis satuan volume. 

Densitas (Massa Jenis)

Setelah membahas tentang pengertian satuan kilogram dan pengertian satuan liter di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter. Satuan kilogram merupakan jenis satuan yang tergolong dalam kategori besaran massa atau berat. Sedangkan satuan liter merupakan jenis satuan yang tergolong dalam kategori besaran volume. Karena bentuk besarannya berbeda, maka untuk melakukan konversi keduanya harus memerlukan unsur pendukung lainnya. 

Baca juga : Konversi Satuan (Panjang, Berat, Luas, Waktu dan Volume) Lengkap

Massa jenis atau densitas dapat digunakan untuk melakukan konversi kilogram ke liter. Massa jenis sendiri dapat diartikan sebagai massa yang dimiliki oleh sebuah benda pada setiap satuan volume. Massa jenis pada dasarnya dapat dinamakan dengan densitas. Untuk menghitung densitas sendiri dapat dilakukan dengan rumus tertentu. Adapun rumus massa jenis atau densitas yang digunakan yaitu:

Massa Jenis = Massa / Volume
ρ = m / V

Konversi Kg ke Liter

Untuk menemukan jawaban nilai 1 kg berapa liter tentunya dapat diakukan dengan rumus massa jenis di atas. Cara konversi besaran berat ke besaran volume ini daoat dilakukan dengan rumus seperti di bawah ini:

Volume = Massa / Massa Jenis
V = m / ρ

Contoh Soal Konversi Satuan Kg ke Liter

Setelah memahami tentang cara konversi kg ke liter di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal konversi kilogram ke liter. Berikut contoh soal dan jawabannya yaitu:

1. Tentukan berapa liter 3 kg beras apabila massa jenisnya mempunyai berat 0,753 kg/liter?

Jawaban.
m = 3 kg, ρ = 0,753 kg/liter
V = m / ρ
   = 3 / 0,753
   = 3,984 L
Jadi volume 3 kg beras sama dengan 3,984 liter.

2. Tentukan berapa liter 3 kg minyak apabila massa jenisnya mempunyai berat 0,933 kg/liter?

Jawaban.
m = 3 kg, ρ = 0,933 kg/liter
V = m / ρ
    = 3 / 0,933
    = 3,215 L
Jadi volume 3 kg minyak sama dengan 3,215 liter.

Demikianlah penjelasan mengenai 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter. Pada umumnya konversi satuan kg ke liter dapat dilakukan dengan menggunakan rumus densitas atau massa jenis seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.