1 Kg Berapa Liter? Rumus Konversi dan Contoh Soalnya

Diposting pada

1 Kg Berapa Liter? Rumus Konversi dan Contoh Soalnya – Apakah anda tahu nilai 1 kilogram berapa liter? Bagaimana cara konversi kg ke liter? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan kg ke liter? Dalam ilmu Matematika tentunya terdapat berbagai jenis satuan yang digunakan. Contohnya saja liter dan kilogram ini. Kedua jenis satuan tersebut memiliki kegunaan, konsep dan nilai yang berbeda. Maka, untuk menjawab 1 kg berapa liter kita perlu rumus khusus untuk mengonversi perbedaan tersebut. Dengan kata lain cara mengubah satuan kg ke liter tak bisa dilakukan langsung karena keduanya memiliki perbedaan konsep.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa syarat utama pelaksanaan konversi ialah tergolong dalam jenis satuan yang sama. PadahalJika satuan yang satu dengan yang lainnya berbeda golongan dan ingin tetap dikonversikan, maka membutuhkan unsur pendukung lainnya. Contohnya saja konversi kg ke liter untuk menemukan nilai 1 kg berapa liter tersebut. Lalu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan kg ke liter itu?

1 Kg Berapa Liter? Beserta Konversi dan Contoh Soalnya
rumus 1 kg berapa liter

Cara mengubah kilogram ke liter pada dasarnya memang sedikit berbeda dari rumus konversi satuan Matematika lainnya. Apakah anda tahu pengertian kilogram itu? Apa pengertian liter itu? Pengertian dari kedua satuan ini perlu dipahami agar pelaksanaan konversi kilogram ke liternya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Kg Berapa Liter? Rumus Konversi dan Contoh Soalnya

Saat duduk di bangku sekolah para siswa harusnya sudah mulai diperkenalkan berbagai jenis satuan Matematika. Macam macam satuan Matematika ini dapat berupa satuan berat/massa, satuan volume, satuan luas dan masih banyak lagi. Setiap kategori jenis satuan tersebut memiliki kelompok yang berbeda beda.

Baca juga : 1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap

Penggunaan satuan tidak hanya ada di bidang fisika, namun juga digunakan dalam kehidupan sehari hari. Satuan yang digunakan tersebut disesuaikan dengan jenis barang yang disebutkan. Misalnya 5 kg beras, 1 liter minyak dan lain lain. Sebelum memahami tentang 1 kg berapa liter beserta rumus konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter ini. Anda harus mengetahui pengertian satuan kilogram dan pengertian satuan liter seperti berikut:

Pengertian Kilogram (Kg)
Kilogram dapat didefinisikan sebagai jenis satuan dalam Sistem Internasional (SI) yang termasuk dalam golongan satuan massa atau berat. Lambang resmi dari satuan kilogram ini ialah kg. Dalam satuan berat/massa terdapat satuan dasar yang bentuknya gram. Jika dilakukan konversi, maka 1 kilogram (kg) memiliki nilai yang sama dengan 1000 gram. Jawaban 1 kg berapa liter ditentukan dari pemahaman kalian tentang dua konsep ini.

Pengertian Liter
Liter dapat didefinisikan sebagai jenis satuan yang tergolong dalam kategori satuan volume. Satuan volume dalam sistem Internasional (SI) sebenarnya tidak memuat satuan liter ini. Akan tetapi ada yang menyebut bahwa liter tetap saja termasuk dalam jenis satuan volume. 

Densitas (Massa Jenis)

Setelah membahas tentang pengertian satuan kilogram dan pengertian satuan liter di atas. Selanjutnya saya akan menjawab pertanyaan 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter. Selain itu, saya pun sudah mempersiapkan berbagai model contoh soal satuan kg ke liter sebagai bahan latihan.

Satuan kilogram merupakan jenis satuan yang tergolong dalam kategori besaran massa atau berat. Sedangkan satuan liter merupakan jenis satuan yang tergolong dalam kategori besaran volume. Karena memiliki bentuk bersaran berbeda, maka untuk menjawab 1 kg berapa liter kita tetap butuh unsur pendukung lain.

Baca juga : Konversi Satuan (Panjang, Berat, Luas, Waktu dan Volume) Lengkap

Massa jenis atau densitas dapat digunakan untuk melakukan konversi kilogram ke liter. Massa jenis sendiri dapat diartikan sebagai massa yang dimiliki oleh sebuah benda pada setiap satuan volume. Massa jenis pada dasarnya dapat dinamakan dengan densitas. Untuk menghitung densitas sendiri dapat dilakukan dengan rumus tertentu. Adapun rumus massa jenis atau densitas yang digunakan yaitu:

Massa Jenis = Massa / Volume
ρ = m / V

Konversi Kg ke Liter

Pertanyaan 1 kg berapa liter termasuk sulit untuk kita jawab karena keduanya memiliki satuan ukur yang berbeda. Lazimnya, kilogram dipakai untuk mengukur massa atau berat suatu benda. Sedangkan liter biasa digunakan sebagai satuan ukur volume pada benda cair. Meski bersimpangan tapi siswa masih dapat menghitung serta mengonversi satuan kg ke liter dengan rumus tertentu.

Satuan liter sering terpakai saat hendak mengisi bensin di SPBU maupun membeli air mineral. Tapi apakah kalian pernah membayangkan satuan volume tersebut diubah menjadi massa? tak semua punya angan-angan demikian. Tapi di jenjang sekolah menengah siswa akan mulai dikenalkan sajian materi baru yang menarik.

Rumus konversi 1 kg berapa liter hanya bisa kita jumpai dalam mata pelajaran matematika. Rumus konversi kg ke liter juga sederhana sehingga tak sulit untuk dihafalkan. Untuk menemukan jawaban nilai 1 kg berapa liter tentunya dapat diakukan dengan rumus massa jenis di atas. Cara konversi besaran berat ke besaran volume ini daoat dilakukan dengan rumus seperti di bawah ini:

Volume = Massa / Massa Jenis
V = m / ρ

Contoh Soal Konversi Satuan Kg ke Liter

Ada banyak sekali variasi latihan soal yang bisa kita kerjakan untuk mengasah kemampuan setelah mempelajari materi koversi di atas. Internet menjadi sumber belajar terbaik untuk menguji tingkat pemahaman dengan banyak model soal. Jadi, tak hanya melulu belajar dari buku atau penjelasan guru saja. Tapi siswa juga bisa terus menambah wawasan hanya dengan sentuhan jari saja.

Saya asumsikan kalian sudah paham jawaban 1 kg berapa liter setelah membaca pembahasan di sesi sebelumnya. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal konversi kilogram ke liter. Berikut contoh soal dan jawabannya yaitu:

1. Tentukan berapa liter 3 kg beras apabila massa jenisnya mempunyai berat 0,753 kg/liter?

Jawaban:
m = 3 kg, ρ = 0,753 kg/liter
V = m / ρ
   = 3 / 0,753
   = 3,984 L
Jadi volume 3 kg beras sama dengan 3,984 liter.

2. Tentukan berapa liter 3 kg minyak apabila massa jenisnya mempunyai berat 0,933 kg/liter?

Jawaban:
m = 3 kg, ρ = 0,933 kg/liter
V = m / ρ
    = 3 / 0,933
    = 3,215 L
Jadi volume 3 kg minyak sama dengan 3,215 liter.

Demikianlah penjelasan mengenai 1 kg berapa liter? beserta konversi kg ke liter dan contoh soal satuan kg ke liter. Pada umumnya konversi satuan kg ke liter dapat dilakukan dengan menggunakan rumus densitas atau massa jenis seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Bangun Ruang Beserta Sifat Sifatnya Terlengkap