Konversi Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter

Diposting pada

Konversi Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter – Bagaimana cara konversi satuan kubik ke liter? Dalam Matematika tentunya kita sering mendengar istilah mengenai satuan. Satuan dalam Matematika tersebut digunakan untuk menyatakan banyaknya benda. Salah satu jenis satuan dalam Matematika yang sering digunakan ialah satuan volume. Jenis satuan ini dapat dikonversikan menjadi bentuk satuan volume lainnya dengan jumlah yang senilai. Satuan volume memuat satuan ukuran yang digunakan untuk menunjukkan isi atau volume yang sedang dibicarakan. Misalnya satuan volume untuk menunjukkan ukuran berbagai jenis isi seperti kapasitas minyak, air dan volume benda lainnya.

Kita dapat menyatakan satuan volume dalam berbagai cara seperti satuan liter, cc maupun kubik. Pernyataan satuan volume ini mempunyai hubungan persamaan ukuran yang berbentuk konversi satuan volume. Contohnya konversi satuan kubik ke liter, konversi satuan cc ke mililiter yang nilainya 1 cc air = 1 ml air dan lain sebagainya. Satuan volume secara umum memang digunakan untuk mengukur isi sebuah benda seperti zat gas, zat padat maupun zat cair. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kegunaan satuan volume sendiri dapat bervarisi dan beraneka jenis.

Satuan volume juga sering digunakan untuk menyatakan volume bangun ruang seperti kubus, balok, prisma dan sebagainya. Volume bangun ruang ini memuat pernyataan isi ruang dari bangun itu sendiri. Bagaimana cara konversi satuan kubik ke liter itu? Bagaimana cara konversi satuan kubik? Bagaimana cara konversi satuan liter? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang konversi satuan volume dalam kubik dan liter. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Konversi Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter

Seperti yang telah kita ketahui bahwa satuan volume dapat dinyatakan dalam bentuk cc, kubik dan liter. Satuan cc sendiri sebenarnya adalah satuan yang tercantum dalam sistem kubik. Hal ini terlihat dari kepanjangan dari satuan cc yaitu satuan centimeter cubic. Antar jenis satuan volume ini tentunya memiliki beberapa persamaan di dalamnya, dimana kapasitas yang dimilikinya sama. Yang membedakan disini ialah nilai satuannya saja.

Baca juga : 1 Hari Berapa Detik? Konversi Menit dan Jam

Bagaimana cara konversi satuan kubik ke liter itu? Volume dalam Matematika dapat didefinisikan sebagai besaran turunan yang diperoleh dari besaran pokok berupa panjang. Kita dapat menandai adanya satuan volume ini dalam bentuk kubik ataupun liter. Di bawah ini terdapat cara konversi satuan volume dalam kubik dan liter. Berikut penjelasan selengkapnya:

Satuan Kubik

Kubik merupakan satuan yang disimbolkan dengan tanda pangkat 3, dimana letaknya ada di bagian atas setelah ukuran satuan volume. Satuan dalam sistem kubik ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kilometer kubik (km³), hektometer kubik (hm³), dekameter kubik (dam³), meter kubik (m³) dan seterusnya. Cara konversi satuan kubik ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangga konversi seperti di bawah ini:

Konversi Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter
Tangga Konversi Satuan Kubik

Cara konversi satuan volume dalam kubik tersebut memiliki konsep yang hampir sama dengan satuan lainnya. Jika turun satu tangga, maka nilainya akan dikalikan dengan 1000. Namun jika naik satu tangga, maka nilainya akan dibagi dengan 1000. Di bawah ini terdapat contoh konversi satuan kubik yaitu diantaranya:

  • 1 dm³ = 1 liter
  • 1 cc = 1 cm³
  • 1 km³ = 1000 hm³
  • 1 hm³ = 1000 dam³
  • 1 dam³ = 1000 m³
  • 1 m³ = 1000 dm³
  • 1 dm³ = 1000 cm³

Baca juga : 1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap

Satuan Liter

Pengertian satuan liter ialah jenis satuan volume yang digunakan untuk menyatakan volume benda berbentuk bangun dengan sifat menempati ruang. Penulisan satuan liter ini biasanya menggunakan aksara kecil. Contohnya 30 mililiter yang dapat ditulis dalam bentuk 30 ml. Untuk melakukan konversi satuan liter ini pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan tangga konversi seperti di bawah ini.

Konversi Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter
Tangga Konversi Satuan Liter

Cara konversi satuan volume dalam liter tersebut memiliki konsep yang hampir sama dengan satuan lainnya. Jika turun satu tangga, maka nilainya akan dikalikan dengan 10. Namun jika naik satu tangga, maka nilainya akan dibagi dengan 10. Di bawah ini terdapat contoh konversi satuan liter yaitu diantaranya:

  • 1 ml = 1 cm³
  • 1 l = 1 dm³
  • 1 kl = 10 hl
  • 1 kl = 100 dal
  • 1 kl = 1000 l
  • 1 l = 10 dl
  • 1 l = 100 cl
  • 1 l = 1000 ml

Sekian penjelasan mengenai konversi satuan volume dalam kubik dan liter. Dalam satuan volume terdapat cara konversi yang dapat dilakukan dalam bentuk kubik maupun liter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.