Rumus Konversi Satuan Panjang dan Cara Menghitungnya

Diposting pada

Rumus Konversi Satuan Panjang dan Cara Menghitungnya – Bagaimana cara menghitung satuan panjang yang dikonversikan? Bagaimana cara mengubah satuan panjang yang satu ke satuan panjang lainnya? Pelaksanaan konversi satuan biasanya sangat penting karena berkaitan dengan proses menghitung suatu nilai besaran. Misalnya satuan panjang meter yang diubah menjadi kilometer (m), satuan km diubah menjadi cm, dan sebagainya. Pengubahan satuan tersebut telah diajarkan ketika kita masih dibangku sekolah. Bahkan penerapan konversi tersebut juga sering dimasukkan dalam kegiatan sehari hari.

Pemahaman mengenai konversi satuan panjang memang sangat penting dipelajari sejak dini. Dengan begitu jika sewaktu waktu diterapkan dalam kehidupan sehari hari tentunya akan mudah untuk memahaminya. Hal hal yang perlu dipahami tersebut dapat mencakup cara mengubah satuan panjang dan cara menghitung satuan panjang yang dikonversikan. Satuan secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis satuan yang digunakan tersebut dapat berupa satuan panjang, satuan waktu, satuan volume, satuan berat, satuan luas dan sebagainya.

Kegunaan satuan panjang biasanya diterapkan dalam melakukan pertimbangan panjang dari sesuatu seperti jalan, benda dan lain lain. Di seluruh dunia biasanya menggunakan satuan panjang yang berupa meter. Jenis satuan ini dapat dikonversikan dengan mudah. Lalu bagaimana cara mengubah satuan panjang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang konversi satuan panjang dan cara menghitung satuan panjang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Konversi Satuan Panjang dan Cara Menghitungnya

Satuan panjang standar menurut Satuan Internasional (SI) dapat berupa meter (m). Nilai satu meter merupakan jarak cahaya yang menempuh ruang hampa dalam waktu 1/299792458 detik. Kemudian dalam sistem CGS juga terdapat satuan panjang yang digunakan yaitu centimeter (cm). Pengertian satuan panjang ialah satuan dalam garis linear dalam bentuk titik titik diskrit menggunakan titik interval dengan jarak yang sama.

Baca juga : Pengertian Aljabar, Unsur, Cara Menyelesaikan dan Contoh Soal

Satuan panjang juga dapat dimanfaatkan dalam pengukuran dimensi linear seperti lebar benda, keliling bangun datar, tinggi benda, jarak antar kota dan sebagainya. Di Indonesia pada umumnya terdapat satuan panjang yang digunakan seperti km (kilometer), hm (hektometer), dam (dekameter), m(meter), dm (decimeter), cm (centimeter), dan mm (milimeter). Cara menghitung satuan panjang pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan tangga konversi. Berikut tangga konversi satuan panjang yaitu meliputi:

Konversi Satuan Panjang dan Cara Menghitungnya
Tangga Satuan Panjang

Tangga satuan panjang di atas pada umumnya memiliki ketentuannya sendiri. Ketentuan tersebut yaitu bilangan akan dikalikan 10 setiap turun satu tangga dan akan dibagi 10 setiap naik satu tangga. Di bawah ini terdapat contoh konversi pada satuan panjang menggunakan tangga tersebut yaitu meliputi:

  • 1 km = 1000 m
  • 1 hm = 100 m
  • 1 dam = 10 m
  • 1 m = 1 m
  • 1 dm = 0.1 m
  • 1 cm = 0.01 m
  • 1 mm = 0.001 m

Contoh Soal Konversi Satuan Panjang

Setelah mengetahui cara menghitung satuan panjang di atas. Kemudian saya akan membagikan contoh soal konversi pada satuan panjang. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Baca juga : Latihan Soal Turunan Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Tentukan nilai dari:
a. 2 cm = … mm
b. 4 m = … cm
c. 50 m= … cm
d. 12 hm = … m

Pembahasan
a. 2 cm = 2 x 10 mm = 20 mm
b. 4 m = 4 x 100 cm = 400 cm
c. 50 m= 50 ÷ 1000 km =  0,05 km
d. 12 hm = 12 x 100 m = 1200 m

Contoh Konversi Satuan Panjang Lainnya

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung satuan panjang dan cara mengubah satuan panjang yang dikonversikan ini. Selanjutnya saya akan membagikan contoh konversi lainnya dalam satuan panjang yaitu:

  • 1 micrometer = 0.000001 m
  • 1 inchi = 0.0254 m
  • 1 mil (UK & US) = 1609.34 m
  • 1 kaki = 0.3048 m
  • 1 yard = 0.9144 m
  • 1 satuan astronomi = 149598550000 m
  • 1 cable = 182.88 m
  • 1 hand = 0.1016 m
  • 1 tahun cahaya = 9460528405000000 m

Sekian penjelasan mengenai konversi satuan panjang dan cara menghitung satuan panjang. Satuan panjang yang satu dapat dikonversikan menjadi satuan panjang lainnya dengan menggunakan tangga konversi seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.