Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung Beserta Contoh Soal – Tabung merupakan salah satu materi dasar matematika yang wajib kamu kuasai. Bangun ruang tersebut bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya botol air mineral, gelas, peralatan masak, dan lain sebagainya menggunakan bentuk tabung.

Dalam dunia pendidikan kita pasti sudah sangat familiar ketika diminta menjelaskan rumus volume maupun luas permukaan tabung. Tapi bagaimana jika kalian menjumpai contoh soal irisan tabung? tak semua siswa hafal materi tersebut. Mayoritas justru salah saat menyebutkan rumus irisan tabung dengan benar.

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung Beserta Contoh Soal
Gambar Irisan Tabung

Lantas bagaimana cara menghitung luas permukaan irisan tabung? Bagaimana contoh soal luas permukaan irisan tabung? Pada umumnya rumus luas irisan tabung berasal dari rumus luas permukaan tabung yang dibagi dua. Hal ini dikarenakan irisan tabung tersebut asalnya dari pembagian bangun tabung yang diubah menjadi dua bagian dengan pembatas berupa bangun persegi panjang. Maka dari itu dalam rumus ini nantinya akan ada peran rumus persegi panjang di dalamnya.

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung Beserta Contoh Soal

Ketika di bangku sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi irisan tabung. Dalam materi ini terdapat pembahasan mengenai rumus luas permukaan irisan tabung dan contoh soal luas permukaan irisan tabung. Tabung sendiri secara umum terdiri dari dua bangun lingkaran yang dikelilingi oleh selimut tabung berbentuk persegi panjang. Untuk itu apabila bangun ini diperinci menjadi jaring jaring tabung, maka akan terlihat dua buah lingkaran dan satu persegi panjang yang menyusunnya.

Apakah anda tahu bagaimana rumus luas permukaan tabung secara umum? Rumus ini berperan penting untuk memperoleh rumus luas irisan tabung tersebut. Dengan begitu soal soal yang tersedia dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan rumus irisan tabung ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas permukaan irisan tabung dan contoh soal luas permukaan irisan tabung.

Rumus Luas Permukaan Irisan Tabung

Dalam rumus luas permukaan tabung secara umum tentunya kita harus mencari luas kedua lingkaran dan luas selimut tabung. Oleh karenanya kalian harus mencari luas selimut tabung terlebih dulu. Jika dibelah maka selimut tersebut akan menyerupai bentuk bangun datar yakni persegi panjang.

Dimana panjang (p) persegi panjang dapat dinyatakan dalam bentuk keliling lingkaran (2πr). Sedangkan lebar (l) persegi panjang dapat dinyatakan dalam bentuk tinggi tabung (t). Dengan demikian, rumus luas selimut tabung dapat dijabarkan dalam bentuk persamaan seperti di bawah ini:

Luas Selimut = p . l
Luas Selimut = 2πr . t
Luas Selimut = 2πrt

Baca juga : Contoh Soal Sistem Persamaan Kuadrat Kuadrat (SPKK) dan Jawaban

Luas permukaan tabung berasal dari penjumlahan luas selimut tabung, luas tutup dan luas alasnya. Luas inilah yang digunakan untuk memperoleh rumus luas permukaan irisan tabung. Lalu bagaimana bentuk luas permukaan tabung secara umum? Tabung memiliki rumus luas permukaan yang bentuknya:
Luas Tabung = Luas Alas + Luas Tutup + Luas Selimut
Luas Tabung = 2(Luas Alas) + Luas Selimut
Luas Tabung = 2πr2 + 2πrt
Luas Tabung = 2πr(r + t)

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumus luas permukaan tabung dapat dinyatakan dalam bentuk 2πr(r + t). Kemudian kita juga dapat menentukan rumus luas irisan tabung berdasarkan rumus luas tadi. Dalam rumus irisan tabung ini terdapat pembagian luas tabung yang ditambah dengan luas persegi panjang. Jika dinyatakan dalam bentuk persamaan, maka hasilnya akan seperti di bawah ini:
Luas permukaan irisan = [(2 . π . r² + 2 . π . r . t)/2] + 2r . t
Luas permukaan irisan = π . r² + π . r . t + 2r . t
Luas permukaan irisan = r . (π.r + π.t + 2t)

Baca juga : Rumus Kesebangunan Segitiga Beserta Contoh Soal

Dari persamaan di atas dapat kita temukan rumus luas permukaan irisan tabung yaitu:

Luas permukaan irisan = r . (π.r + π.t + 2t)

Contoh Soal Irisan Tabung

Setelah menjelaskan tentang rumus luas irisan tabung di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal luas permukaan irisan tabung terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Diketahui jari jari irisan tabung 10 cm dengan tinggi 8 cm. Tentukan luas permukaannya?

Pembahasan.
r = 10 cm
t = 8 cm
Luas permukaan irisan = r . (π.r + π.t + 2t)
                                            = 10 . (3,14 . 10 + 3,14 . 8 + 2 . 8)
                                            = 10 . (31,4 + 25,12 + 16)
                                            = 10 . 72,52
                                            = 725,2 cm²
Jadi luas permukaan irisan tabung tersebut ialah 725,2 cm².

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas permukaan irisan tabung dan contoh soal luas permukaan irisan tabung. Rumus luas irisan tabung pada umumnya berasal dari luas tabung yang dibagi dua dan ditambah dengan luas persegi panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi luas irisan tabung di atas.