Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap

Diposting pada

Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap – Bangun datar merupakan salah satu materi dasar yang harus kita kuasai. Dari banyaknya pembahasan kalian akan menjumpai kesebangunan dan segitiga kongruen. Keduanya bahkan sering muncul sebagai butir soal ujian yang menyulitkan siswa.  Di lain sisi, banyak siswa justru tidak hafal rumus serta syarat segitiga sebangun dan syarat segitiga kongruen.

Apa syarat dua segitiga dikatakan sebangun? Segitiga merupakan salah satu bangun datar yang memiliki sifat sebangun dan kongruen. Bangun ini dapat dikatakan sebangun apabila memenuhi syarat tertentu. Syarat kesebangunan segitiga dan syarat kekongruenan segitiga tersebut tentunya hampir sama dengan syarat pada  umumnya. Syarat segitiga sebangun sebenarnya dapat diketahui menggunakan konsep perbandingan pada segmen garis.

Materi kesebangunan dan kekongruenan segitiga sebenarnya sudah mulai diajarkan ketika kalian berada di bangku SMP. Lambat laun kita pun dituntut harus menghafalkan berbagai sifat segitiga tersebut. Variasi soal yang ditemui ketika ujian pun semakin sulit seiring bertambahnya jenjang. Inilah alasan mengapa kita harus mempelajari syarat segitiga sebangun dan syarat segitiga kongruen. 

Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap

Apa syarat kesebangunan segitiga itu? Apa syarat kekongruenan segitiga itu? Dua buah segitiga dikatakan sebangun dan kongruen jika memenuhi syarat tertentu. Syarat tersebut digunakan untuk penentu apakah dua segitiga tersebut benar benar sebangun/kongruen atau tidak. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang syarat dua segitiga sebangun dan syarat dua segitiga kongruen lengkap.

Pembahasan mengenai materi kesebangunan dan kekongruenan tentunya sangat luas jangkauannya. Hal ini dikarenakan konsep rumus yang digunakan berbeda beda untuk setiap bangun. Meskipun secara garis besar cara yang digunakan hampir sama. 

Baca juga : Apa Itu Relasi dan Fungsi Dalam Matematika Terlengkap

Konsep kesebangunan segitiga dan kekongruenan segitiga tersebut memang dapat dipelajari dengan mudah. Lalu apa syarat segitiga sebangun itu? Apa syarat segitiga kongruen? Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai syarat dua segitiga sebangun dan syarat dua segitiga kongruen. Berikut penjelasan selengkapnya:

Segitiga Sebangun

Untuk memahami syarat kesebangunan segitiga tersebut, anda dapat memperhatikan gambar di bawah ini:

Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap

Segitiga ABC pada gambar di atas terdapat pemberian garis DE yang letaknya diantara garis AB dengan garis AC. Garis DE tersebut sejajar dengan garis BC. Gambar di atas dapat di pisah menjadi dua bentuk segitiga yaitu segitiga ABC dan segitiga ADE. Untuk itu bentuknya akan seperti di bawah ini:

Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap

Dari kedua segitiga ini kita dapat melihat apa saja syarat dua segitiga sebangun. Apabila dilakukan pengukuran terhadap sisi pada segitiga ABC dan ADE, maka akan menghasilkan perbandingan seperti di bawah ini:
AD/AB = AE/AC = DE/BC

Baca juga : Cara Mencari FPB Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Kemudian kita juga dapat melakukan pengukuran setiap sudut pada segitiga ABC dan ADE untuk memperoleh hasil seperti berikut:
∠ADE = ∠ABC, ∠AED = ∠ACB dan ∠DAE = ∠BAC

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa syarat dua segitiga dikatakan sebangun yaitu meliputi:

  • Perbandingan sisi sisi yang bersesuaian tersebut sama.
  • Perbandingan besar sudut sudut yang bersesuaian tersebut sama.

Segitiga Kongruen

Setelah menjelaskan tentang syarat segitiga sebangun di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang syarat dua segitiga kongruen. Kekongruenan segitiga pada umumnya memiliki beberapa syarat seperti di bawah ini:

  • Panjang sisi sisi yang bersesuaian itu sama.
  • Besar sudut sudut yang bersesuaian itu sama.

Syarat kekongruenan segitiga dan syarat dua segitiga sebangun tersebut tentunya berbeda. Kekongruenan segitiga ini dapat dibuktikan dengan mencari besar sudut dan panjang setiap sisi pada kedua segitiga ini. Syarat segitiga sebangun tersebut dapat diperinci dengan keterangan seperti di bawah ini:

  • Sama panjang sisi sisi yang bersesuaian.
  • Sama panjang dua sisi yang bersesuaian dan sama besar sudut yang diapitnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
    Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap
  • Sama besar dua sudut yang bersesuaian dan sama panjang sisi sisi diantaranya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
    Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap
  • Sama besar dua sudut yang bersesuaian dan sama panjang sisi sisi di hadapannya. Berikut contoh gambarnya:
    Syarat Dua Segitiga Sebangun dan Kongruen Lengkap

Sekian penjelasan mengenai syarat dua segitiga sebangun dan syarat dua segitiga kongruen lengkap. Dua segitiga dapat dikatakan sebangun atau kongruen apabila memenuhi beberapa syarat seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.