Rumus Asas Black, Pengertian dan Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Asas Black, Pengertian dan Contoh Soal – Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang menurut saya cukup kompleks. Rumus hitung berbalut teori pasti membuatnya cukup disegani siswa. Ketika membahas tentang ilmu termodinamika pasti tak akan lepas dari adanya Asas Black. Teori satu ini pertamaka kali dikemukakan oleh Joseph Black asal Skotladia. Dikala itu, ia membuat suatu pernyataan yang menyebut es dapat dicairkan tanpa membutuhkan perubahan suhu. Bentuk es dapat berubah menjadi cair karena menggunakan energi panas dan menyerap panas itu sendiri. Selain itu ia juga memberikan ungkapan bahwa peristiwa perubahan air menjadi uap air juga menggunakan konsep yang sama.

Apa itu asas black? Bagaimana rumus asas black? Secara garis besar bunyi asas black akan diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku SMA. Berbagai variasi soal pun bisa kita jumpai dalam buku pedoman fisika. Disisi lain adapula istilah kalor laten peleburan yang merupakan energi sebuah bahan yang diserap benda padat untuk berubah menjadi cair. Sedangkan pengertian kalor laten penguapan ialah kalor yang diperlukan untuk merubah benda cair menjadi benda gas.

Selain itu adapula pernyataan lain yang dikemukakan oleh Joseph Black yaitu sejumlah energi panas diperlukan oleh sejumlah substitusi berbeda untuk mencari kenaikan suhu yang sama. Apa pengertian asas black itu? Bagaimana rumus asas black? Bagaimana bunyi asas black? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal asas black?

Rumus Asas Black, Pengertian dan Contoh Soal

Dari sekian banyak ilmu fisika yang ada mari kita bahas materi dasar termodinamika terlebih dulu. Pasalnya, banyak siswa yang mengeluhkan betapa sulitnya saat menjumpai contoh soal ketika ujian. Nah, Hukum termodinamika tersebut berada di bawah payung suatu asas yang dinamakan asas black.

Ketika di bangku sekolah tentunya kita telah diajarkan mengenai materi asas black. Materi ini berisi pembahasan tentang pengertian, bunyi, rumus dan contoh soal di dalamnya. Apa itu asas black? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus asas black, pengertian asas black, bunyi asas black dan contoh soal asas black.

Apa Itu Asas Black

Asas black dapat diartikan sebagai prinsip Joseph Black selaku ilmuan Fisika yang dikemukakan dalam ilmu termodinamika. Dalam asas ini terdapat beberapa hal yang dijabarkan seperti:

  • Suatu kalor akan diberikan benda panas ke benda dingin ketika kedua benda berbeda ini dicampurkan suhunya sehingga pada akhirnya suhunya sama.
  • Benda dingin akan menyerap sejumlah kalor yang sama dengan benda panas yang melepas sejumlah kalor.
  • Kalor yang dilepaskan oleh benda ketika didinginkan akan mempunyai besar sama dengan penyerapan kalor apabila dipanaskan.

Baca juga : Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya

Selain pengertian asas black tersebut, adapula rumus asas black, bunyi asas black dan contoh soal asas black. Materi asas black ini memiliki bunyi seperti di bawah ini:

“Dua zat yang dicampurkan memiliki jumlah kalor pada zat bersuhu tinggi yang banyak dilepas akan sama dengan jumlah kalor pada zat bersuhu rendah yang banyak diterima.”

Rumus Asas Black

Asas black secara matematis memiliki rumus yang penulisannya dapat seperti di bawah ini:

Q lepas = Q terima

Keterangan:
Q lepas = Jumlah kalor yang dilepaskan zat (Joule)
Q terima = Jumlah kalor yang diterima zat (Joule)

Rumus pada materi asas black ini dapat dijabarkan menjadi bentuk berikut:
                   Q lepas = Q terima
(M1 x C1) (T1-Ta) = (M2 x C2) (Ta-T2)
                             atau
(M1 x T1 + M2 x T2) / (M1 + M2)

Keterangan:
M1 = Massa benda 1 bersuhu tinggi (kg)
M2 = Massa benda 2 bersuhu rendah (kg)
C1 = Kalor jenis benda 1 (J/kg°C)
C2 = Kalor jenis benda 2 (J/kg°C)
T1 = Suhu benda 1 awal (°C atau K)
T2 = Suhu benda 2 awal (°C atau K)
Tc = Suhu campuran / suhu akhir (°C atau K)

Baca juga : Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku Beserta Contoh

Contoh Soal Asas Black

Selain pengertian asas black, bunyi asas black dan rumus asas black di atas. Adapula contoh soal pada materi asas black terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Perhatikan gambar berikut!

Rumus Asas Black, Pengertian dan Contoh Soal

Gelas B memiliki volume air setengah dari volume benda A. Benda A memiliki suhu 35°C dan benda B memiliki suhu 50°C. Tentukan suhu campuran di gelas C?

Pembahasan.
Diketahui: Vb = ½ Va, T1 = 35°C, T2 = 50°C
Ditanyakan : T akhir (Ta) = ?
Jawab :
Contoh soal asas black ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
               Q lepas = Q terima
  m2 c2 (T2 – Ta) = m1 c1 (Ta – T1)
Vb.ρ c2 (T2 – Ta) = Va.ρ c2 (Ta – T1) → m = volume x masa jenis = V.ρ
        Vb. (T2 – Ta) = Va. (Ta – T1)
     ½ Va. (T2 – Ta) = Va. (Ta – T1)
            ½ (50 – Ta) = (Ta – 35)
                   50 – Ta = 2Ta – 70
                  50 + 70 = 2Ta + Ta
                        120 = 3 Ta
                          Ta = 30°C
Jadi suhu campuran di gelas C ialah 30°C

Demikianlah penjelasan mengenai rumus asas black, pengertian asas black, bunyi asas black dan contoh soal asas black. Materi asas black ini telah diajarkan ketika dibangku sekolah dalam ilmu Fisika. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  Contoh Soal Cermin Datar Beserta Pembahasannya Lengkap