Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal

Diposting pada

Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal – Bentuk bilangan sudah menjadi materi dasar matematika yang diajarkan sejak di bangku sekolah dasar. Pada jenjang yang lebih tinggi, kita bisa dengan mudah menjumpai variasi soal bilangan bulat negatif, positif, dan nol. Tentunya Masing-masing bentuk di atas memiliki rumus hitung sendiri.

Bagaimana rumus perbandingan bilangan bulat matematika? Seperti apa contoh soal membandingkan bilangan bulat? Istilah bilangan tentunya sudah tidak asing lagi dalam ilmu Matematika. Bilangan sendiri adalah konsep Matematika yang berisi nilai terhadap perhitungan jumlah tertentu. Selain itu bilangan berguna untuk menyatakan pencacahan dan pengukuran. Untuk itu sebuah bilangan dapat dikaitkan sebagai lambang atau simbol yang bentuknya angka.

Hal hal yang berkaitan dengan bilangan tentunya memiliki cakupan yang luas, seperti halnya cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat. Seperti yang kita ketahui bahwa bilangan Matematika tersebut terdiri dari beberapa jenis. Jenis jenis bilangan ini dapat meliputi bilangan real, rasional, bulat, cacah, asli, kompleks, imajiner, irasional, pecahan dan lain sebagainya. Salah satu bilangan yang sering dibahas dalam Matematika ialah bilngan bulat.

 

Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal

Bagaimana cara perbandingan bilangan bulat itu? Bagaimana bentuk contoh membandingkan bilangan bulat itu? Apa itu bilangan bulat? Pengertian bilangan bulat ialah himpunan atau kumpulan bilangan yang nilainya bulat. Dalam bilangan bulat ini terdapat bilangan bulat negatif dan bilangan cacah di dalamnya.

Lambang bilangan bulat dalam Matematika tersebut dapat berupa huruf “Z” atau “B”. Lambang tersebut asalnya dari kata Zahlen dalam bahasa Jerman yang maknanya bilangan. Pada kesempatan kali in saya akan menjelaskan tentang cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membandingkat Bilangan Bulat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bilangan bulat memuat bilangan bulat negatif, bilangan nol dan bilangan positif. Nol yang dimaksud disini ialah bilangan netral sehingga tidak tergolong dalam bilangan bulat positif ataupun negatif. Kita dapat menuliskan bilangan bulat dalam bentuk B = {…, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, …}. Kita dapat menggambarkan bilangan bulat dalam garis bilangan seperti di bawah ini:

Cara Membandingkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal
Garis Bilangan Bulat

Baca juga : Cara Mengukur Sudut Bangun Datar Dengan Busur Derajat Lengkap

Dalam garis bilangan di atas terdapat -2 dan 2 yang nilainya berbeda karena berlawanan jika jaraknya berawal dari 0, bahkan arahnya pun juga berlawanan. Sebelum menjelaskan cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat tersebut. Saya akan membahas sedikit tanda yang digunakan untuk melakukan perbandingan bilangan bulat. Tanda tanda tersebut yaitu:

  • Tanda “=” dibaca sama dengan.
  • Tanda “<” dibaca kurang dari.
  • Tanda “>” dibaca lebih dari.

Letak bilangan pada garis bilangan yang disebelah kiri pasti bernilai kurang dari bilangan yang letaknya disebelah kanan. Contohnya -1 kurang dari 3 (-1 < 3). Letak -1 tersebut letaknya disebelah kiri 3 sehingga nilainya kurang dari. Berbeda lagi dengan enam lebih dari 1 (6 > 1), karena letak 6 berada disebelah kanan angka 1. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa:

  • Pada garis bilangan nilai bilangan akan semakin besar jika letaknya semakin ke kanan.
  • Pada garis bilangan nilai bilangan akan semakin kecil jika letaknya semakin ke kiri.

Baca juga : Contoh Soal Kerucut Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Hal hal di atas dapat digunakan untuk menerapkan cara membandingkan bilangan bulat. Agar anda lebih paham mengenai materi perbandingan bilangan bulat tersebut. Maka saya akan membagikan contoh membandingkan bilangan bulat seperti di bawah ini.

Contoh Soal Perbandingn Bilangan Bulat

Untuk melakukan perbandingan bilangan bulat tentunya dapat menggunakan tanda dan konsep di atas. Berikut contoh soalnya yaitu:

Tentukan manakah yang lebih besar antara -277 dengan -345?

Pembahasan.
Dalam cara di atas kita tahu bahwa semakin ke kiri letak bilangan bulat, maka nilai bilangannya akan semakin kecil. Untuk itu nilai -277 lebih besar dibandingkan -345 karena letak -345 disebelah kiri -277.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membandingkan bilangan bulat dan contoh soal membandingkan bilangan bulat. Bilangan bulat dapat dibandingkan dengan melihat besar dan letak bilangan itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.