Cara Mengurutkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal

Diposting pada

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal – Bagaimana urutan bilangan bulat itu? Bagaimana contoh soal mengurutkan bilangan bulat itu? Selain bilangan asli tentunya adapula jenis bilangan lain yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari yaitu bilangan bulat. Bilangan bulat tersebut mulai diperkenalkan sejak kita dibangku sekolah dasar. Materi bilangan bulat ini ditemukan dalam ilmu Matematika. Jenis bilangan Matematika tersebut dapat dibagi menjadi beberpa bagian yang dapat dinyatakan dalam bentuk garis bilangan.

Bagian bagian dalam bilangan bulat ini dapat berupa bilangan bulat positif yaitu angka yang letaknya di sebelah kanan nol, bilangan nol dan bilangan bulat negatif yaitu angka yang letaknya di sebelah kiri nol. Selain itu, bilangan bulat juga memuat bilangan cacah di dalamnya yaitu bilangan yang diawali dengan angka nol (0). Apakah anda tahu bagaimana cara mengurutkan bilangan bulat itu? Bagaimana urutan bilangan bulat dari yang terbesar? Bagaimana urutan bilangan bulat dari yang terkecil? Bagaimana contoh soal mengurutkan bilangan bulat itu?

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal
Pengurutan Bilangan Bulat

Dari penjelasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa dalam bilangan bulat terdapat beberapa bilangan di dalamnya yaitu bilangan bulat negatif, nol dan negatif. Angka nol tersebut tidak termasuk dalam bilangan positif maupun negatif sehingga tergolong bilangan netral. Bagaimana urutan bilangan bulat itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengurutkan bilangan bulat dan contoh soal mengurutkan bilangan bulat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat dan Contoh Soal

Bilangan bulat memiliki lambang yang berupa huruf Z. Untuk itu kita dapat menuliskan bilangan bulat dalam bentuk Z = {…, -2, -1, 0, 1, 2, …}. Bilangan bulat yang satu dengan bilangan bulat lainnya secara umum memiliki hubungan satu sama lain. Hubungan relasi yang dimaksud ialah relasi urutan. Sebenarnya bilangan bulat ini dapat dibandingkan satu sama lain menggunakan tanda sama dengan (=), lebih kecil (<) dan lebih besar (>). Contohnya 3 < 7 (3 lebih kecil dari 7), -1 > -9 (-1 lebih besar dari -9) dan lain lain.

Baca juga : Cara Mengukur Sudut Bangun Datar Dengan Busur Derajat Lengkap

Bagaimana cara mengurutkan bilangan bulat itu? Bagaimana bentuk contoh soal mengurutkan bilangan bulat itu? Bilangan bulat secara umum dapat diurutkan dengan memahami beberapa kriteria penting didalamnya. Kriteria urutan bilangan bulat tersebut dapat berupa:

Dua Bilangan Bulat Dengan Tanda Berbeda

Nilai bilangan bulat negatif tentunya lebih kecil daripada bilangan bulat positif meskipun digit penyusunya lebih banyak. Untuk itu perhatikan contoh di bawah ini:

  • -3 lebih kecil daripada 2 (-3 < 2)
  • -122 lebih kecil daripada 0 (-122 < 0).
  • -90 lebih kecil daripada 90 (-90 < 90).

Dua Bilangan Bulat Positif yang Berbeda Digit

Angka penyusun yang banyak dimiliki bilangan bulat positif akan bernilai lebih besar dibandingkan bilangan bulat positif dengan angka penyusun yang lebih sedikit. Contohnya:

  • 2 lebih kecil daripada 12 (2 < 12).
  • 678 lebih kecil daripada 728 (678 < 728).
  • 987 lebih besar daripada 888 (987 > 888).

Baca juga : Contoh Soal Kerucut Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Dua Bilangan Bulat Negatif yang Berbeda Digit

Cara mengurutkan bilangan bulat selanjutnya ditujukan untuk bilangan negatif namun berbeda digit. Penyusun digit yang lebih banyak dimiliki bilangan bulat negatif akan bernilai lebih besar daripada angka penyusun yang lebih sedikit pada bilangan negatif lain. Berikut contoh soal mengurutkan bilangan bulat yaitu:

  • -2 lebih besar daripada -12 (-2 > -12).
  • -786 lebih besar daripada -998 (-786 > -998).
  • -1987 lebih kecil daripada -12 (-1987 < -12).

Dua Bilangan Bulat Positif yang Sama Digitnya

Dua bilangan bulat positif dapat diurutkan meskipun digitnya sama. Caranya yaitu hanya melihat letak bilangan bulat tersebut setelah angka nol. Contohnya:

  • 11 lebih besar daripada 10 (11 > 10).
  • 7787 lebih kecil daripada 9989 (7787 < 9989).
  • 3 lebih besar daripada 1 (3 > 1).

Dua Bilangan Bulat Negatif yang Sama Digitnya

Dua bilangan bulat negatif dapat diurutkan meskipun digitnya sama. Caranya yaitu hanya melihat letak bilangan bulat tersebut sebelum angka nol. Adapun contoh urutan bilangan bulat tersebut yaitu:

  • -12 lebih besar daripada -24 (-12 > -24).
  • -3 lebih kecil daripada -1 (-3 < -1).

Sekian penjelasan mengenai cara mengurutkan bilangan bulat dan contoh soal mengurutkan bilangan bulat. Urutan bilangan bulat tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa kriteria seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.