Contoh Surat Resign Kerja yang Baik (Surat Pengunduran Diri)

Diposting pada

Contoh Surat Resign Kerja yang Baik (Surat Pengunduran Diri) – Keluar dari pekerjaan menjadi pilihan sejumlah orang meskipun dengan berat hati. Penyebabnya pun beragam mulai dari lingkungan kerja yang kurang sehat, gaji yang sedikit, dan lain-lain. Tapi untuk melakukan hal itu pertama kalian harus membuat surat resign kerja terlebih dulu. Selain menjaga etika, kita juga harus memastikan rekan kerja dan pimpinan mengetahui alasanya.

Surat pengunduran diri biasanya di buat oleh karyawan untuk keluar secara hormat dari perusahaan atau tempat ia bekerja. Biasanya surat ini dibuat atas kesadaran dari pembuatnya. Karena termasuk surat semi formal maka contoh surat resign yang baik selalu menggunakan bahasa baku. Penulis pun juga perlu memperhatikan beberapa aspek dan kaidah kebahasaan lainya.

Contoh Surat Risent/Resign (Pengunduran Diri)
Contoh Surat Pengunduran Diri

Bagi Anda yang ingin resign dari pekerjaan, sebaiknya tetap menggunakan surat pengunduran diri. Karena itulah cara yang patut dilakukan agar tetap terlihat terhormat dan sopan. Ini penting bukan hanya sekedar formalitas, tetapi merupakan sebuah adab yang baik yang perlu dilakukan oleh seorang pekerja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh surat resign/risent. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Surat Resign Kerja yang Baik (Surat Pengunduran Diri)

Surat seign atau pengunduran diri adalah surat resmi yang isinya menyampaikan permohonan kepada atasan untuk berhenti dari pekerjaan. Hal yang harus dilakukan ketika membuat surat pengunduran diri adalah gunakan alasan yang masuk akal. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah jangan sampai menyinggung perusahaan atas keputusan yang Anda buat. Hal terpenting yang perlu ditekankan ialah tetap mengggunakan alasan yang masuk akal.

Secara garis besar surat pengunduran diri resmi dibuat oleh seseorang jika ia sudah tidak sanggup bekerja di perusahaan. Agar upaya resign diterima oleh pihak perusahaan, maka pekerja yang ingin berhenti atau risent membuat surat tersebut.

Contoh surat pengunduran diri adalah jenis surat yang sangat diperlukan oleh para pekerja, baik itu di kantor, di pabrik, dan tempat kerja lainnya. Hal ini biasa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan ilmu di tempat lain, ada juga yang melakukannya untuk mencari suasana dan tempat kerja yang cocok. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai contoh surat resign yang baik dan benar.

Baca Juga  70 Contoh Kalimat Majemuk Setara, Rapatan, Bertingkat, dan Campuran Lengkap

Contoh Surat Resign yang Baik

Berikut ini adalah beberapa contoh surat risent (resign):

Jakarta, 27 Oktober 2009

Kepada Yth.
BANK INTERNASIONAL INDONESIA
Jl.TB Simatupang Gedung Graha Simatupang Tower B Lt. 3
Jakarta Selatan

Dengan hormat,
Bersama surat ini saya mangajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan di BANK INTERNASIONAL INDONESIA atas
Nama : Sulimah
Alamat : Jl. Jambu No. 11, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Dengan ini saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di BANK INTERNASIONAL INDONESIA sebagai suatu perusahaan besar selama penempatan di Admin Support (Verifikasi) di BANK INTERNASIONAL INDONESIA kurang lebih satu tahun.

Tak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen BANK INTERNASIONAL INDONESIA apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di BANK INTERNASIONAL INDONESIA.

Saya berharap dan berdo’a agar BANK INTERNASIONAL INDONESIA menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses.

Hormat Saya,
Sulimah

Contoh Surat Resign Singkat

Bandung, 28 Februari 2015

Yth. Angga Hadi Baskoro, M.B.A
Direktur PT. Angkasa Raya
Jalan Cendrawasih 45
Bandung

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya Zeta Ramadhan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Angkasa Raya sebagai Operator Komputer, terhitung sejak 28 Februari 2015.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Angkasa Raya. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Angkasa Raya apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Angkasa Raya dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,   
Ttd.          
Zeta Ramadhan

Nah, itulah contoh surat pengunduran diri atau risent dari pekerjaan. Sebenarnya masih banyak contoh surat risent/resign lainnya, namun hanya itu contoh yang bisa saya berikan. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya berikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.