Pengertian Kinematika Gerak Lurus dan Rumusnya

Diposting pada

Pengertian Kinematika Gerak Lurus dan Rumusnya – Apa yang dimaksud kinematika gerak lurus? Bagaimana rumus kinematika gerak lurus? Apa saja jenis jenis kinematika gerak lurus? Istilah gerak lurus tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Gerak sendiri dapat diartikan sebagai perubahan kedudukan dari posisi awal sebuah benda. Benda dapat dinyatakan bergerak saat benda tersebut dapat menempuh atau mengalami perpindahan dengan jarak tertentu. Gerak menurut lintasannya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu gerak melengkung (parabola), gerak lurus dan gerak melingkar.

Dalam ilmu Fisika tentunya terdapat pembahasan mengenai materi kinematika gerak lurus. Materi ini berisi pembahasan mengenai pengertian kinematika gerak lurus, jenis jenis kinematika gerak lurus dan rumus kinematika gerak lurus. Gerak lurus merupakan gerak suatu benda dengan lintasan lurus. Seperti yang telah kita ketahui bahwa istilah gerak secara umum lebih dikenal dengan adanya perpindahan dan jarak. Kedua hal ini merupakan jenis dari suatu kinematika gerak lurus yang ada.

Pertanyaan apa itu kinematika gerak lurus dan rumus materi kinematika gerak lurus ini tentunya sering ditanyakan oleh para siswa. Beberapa siswa masih belum mengetahui apa yang dimaksud kinematika gerak lurus tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kinematika gerak lurus dan rumus kinematika gerak lurus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kinematika Gerak Lurus dan Rumusnya

Gerak secara sederhana memang dapat diartikan sebagai perpindahan dan jarak. Jarak sendiri merupakan panjang lintasan tanpa memperhatikan arah yang dapat ditempuh oleh benda. Sedangkan perpindahan ialah panjang lintasan yang memperhatikan kedudukan atau arah benda, baik di awal maupun diakhir. Jarak dan perpindahan ini dapat diilustrasikan dalam bentuk seperti di bawah ini:

Pengertian Kinematika Gerak Lurus dan Rumusnya
Ilustrasi Jarak dan Perpindahan

Baca juga : Rumus Bejana Berhubungan Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kinematika secara umum dapat diartikan sebagai cabang mekanika klasik yang berkaitan dengan gerak benda, namun tidak memperhatikan penyebab gerak dari benda itu sendiri. Kinematika ini tentunya berkaitan dengan adanya jarak, laju, gerak, kecepatan dan perpindahan. Kemudian untuk pengertian kinematika gerak lurus ialah ilmu Fisika yang membahas tentang gerak sebuah benda di lintasan lurus namun gaya penyebabnya tidak diperhatikan. Selain itu adapula rumus kinematika gerak lurus yang terdiri dari beberapa jenis. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kecepatan dan Kelajuan Rata Rata

Pengertian kecepatan rata rata ialah perbandingan antara perpindahan dengan waktu tempuh suatu benda. Kecepatan sendiri mempunyai arah dan besar sehingga dapat dikategorikan dalam besaran vektor. Selain itu kecepatan rata rata juga dapat diartikan sebagai perubahan posisi (perpindahan) tiap satuan waktu yang dapat ditempuh suatu benda. Di bawah ini terdapat rumus kecepatan rata rata yaitu:

Kecepatan Rata Rata = Perubahan Posisi Benda / Waktu Tempuh
                                 ṽ = Δx / Δt
                                 ṽ = (x2 – x1) / (t2 – t1)

Selain kecepatan adapula pengertian kelajuan rata rata yaitu jarak atau panjang lintasan tiap satuan waktu yang dapat ditempuh suatu benda. Adapun rumus kelajuan rata rata yaitu sebagai berikut:

Kelajuan Rata Rata = Jarak Tempuh / Waktu Tempuh
                               ṽ = x / t

Selain pengertian kinematika gerak lurus dan rumus kinematika gerak lurus di atas. Adapula jenis kinematika gerak lurus dalam bentuk GLB (Gerak Lurus Beraturan) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan).  Berikut penjelasannya yaitu:

Pengertian Kinematika Gerak Lurus dan Rumusnya
Ilustrasi (a) GLB dan (b) GLBB

Baca juga : Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya

GLB (Gerak Lurus Beraturan)
Pengertian GLB ialah gerak benda dengan kecepatan tetap pada lintasan lurus tanpa disertai dengan percepatan. Di bawah ini terdapat rumus GLB yaitu:

v = s/t

Keterangan:
v = Kecepatan (m/s)
s = Perpindahan (m)
t = Waktu (s)

GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)
Selain pembahasan mengenai pengertian kinematika gerak lurus dan rumus kinematika gerak lurus di atas. Adapula pengertian gerak lurus berubah beraturan yaitu gerak lurus sebuah benda yang berubah kecepatannya karena terdapat percepatan yang tetap. Percepatan tetap yang dimaksud ini adalah percepatan terhadap waktu yang selalu sama. Untuk itu jarak yang ditempuh memiliki rumus yang kuadratik dan tidak lagi linier. Di bawah ini terdapat rumus GLBB yaitu:

s = V0 x t ± ½ x a x t²
Vt² =  V0² ± 2 x a x s
Vt =  V0 ± a x t

Keterangan :
s = Jarak (m)
V0 = Kecepatan awal (m/s)
Vt = Kecepatan akhir (m/s)
t = Waktu (s)
a = Percepatan (m/s²)

Catatan:
Vt > V0 ketika benda dipercepat sehingga nilainya (+).
Vt < V0 ketika benda diperlambat sehingga nilainya (-).

Sekian penjelasan mengenai pengertian kinematika gerak lurus dan rumus kinematika gerak lurus. Kinematika gerak lurus merupakan ilmu Fisika yang membahas tentang gerak sebuah benda di lintasan lurus namun gaya penyebabnya tidak diperhatikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kinematika gerak lurus di atas.

Baca Juga  Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya