Rumus Kinematika, Pengertian dan Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Kinematika, Pengertian dan Contoh Soal – Bagaimana rumus materi kinematika itu? Apa pengertian kinematika? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal kinematika? Pada umumnya materi terkait kinematika ini merupakan materi Fisika yang telah diajarkan ketika di bangku sekolah. Materi tersebut berisi pembahasan mengenai pengertian, rumus dan contoh soal di dalamnya. Kinematika tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu kinematika partikel, kinematika gerak dan sebagainya. 

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa dalam ilmu Fisika terdapat pembahasan mengenai materi kinematika. Materi ini berisi pengertian kinematika, rumus kinematika dan contoh soal kinematika. Hal hal tersebut penting sekali untuk dipelajari karena merupakan salah satu bahan dalam kisi kisi ujian Fisika, baik ujian tengah semester maupun ujian sekolah. 

Rumus Kinematika, Pengertian dan Contoh Soal
Materi Kinematika

Jika membahas tentang gerak tentunya tidak dapat dipisahkan dari adanya kinematika. Untuk itu knematika ini dapat dikaitkan dengan adanya gerak suatu benda. Apa yang dimaksud kinematika itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kinematika, rumus kinematika dan contoh soal kinematika. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Kinematika, Pengertian dan Contoh Soal

Kinematika dapat diartikan sebagai ilmu Fisika yang berisi pembahasan terkait gerak. Bagaimana benda dapat dikatakan bergerak? Benda tersebut dapat dinyatakan bergerak apabila melakukan perpindahan posisi. Perpindahan posisi yang dilakukan dalam waktu tertentu tersebut dinamakan dengan kecepatan. Selain itu adapula percepatan yang merupakan kecepatan yang setiap waktu dapat berubah ubah.

Baca juga : Rumus Bejana Berhubungan Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Kinematika ini memiliki hubungan yang erat dengan besaran Fisika seperti kecepatan, percepatan dan posisi. Besaran besaran yang dimaksud ini termasuk dalam besaran vektor yang mempunyai arah dan besar. Kinematika tersebut sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis kinematika tersebut ialah kinematika partikel dan kinematika gerak. Di bawah ini terdapat pengertian kinematika partikel dan gerak, rumus kinematika serta contoh soal kinematika yaitu sebagai berikut:

Kinematika Partikel

Kinematika partikel merupakan ilmu yang membahas tentang gerak benda terhadap kesatuan partikel secara utuh. Kita dapat menyebutnya sebagai partikel karena dalam satu kesatuan terdapat gerak benda yang utuh dan benda ini tidak berputar pada porosnya.

Kinematika Gerak

Kinematika gerak ialah ilmu Fisika yang membahas tentang gerak sebuah benda jika dilihat secara besar atau makro. Kinematika gerak ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu diantaranya:

GLB (Gerak Lurus Beraturan)

Selain pengertian kinematika dan rumus kinematika tersebut, adapula pengertian GLB. Gerak lurus beraturan dapat diartikan sebagai gerak sebuah benda yang mempunyai lintasan lurus. Selain itu adapula ciri ciri GLB yaitu nilai percepatan yang dialami ialah nol (0) karena perubahan kecepatan tidak dialami oleh gerak lurus benda tersebut.

GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

GLBB dapat diartikan sebagai gerak suatu benda yang dialami dengan percepatan tetap. GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) pada dasarnya sama dengan GJB (Gerak Jatuh Bebas). Namun yang membedakan disini adalah arah dari gerakannya. Arah gerak pada GLBB tersebut ialah horizontal, sedangkan arah gerak GJB ialah vertikal.

Baca juga : Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya

Rumus Kinematika

Setelah menjelaskan tentang pengertian kinematika di atas, kemudian saya akan membahas tentang rumus pada materi kinematika. Kita dapat menyelesaikan contoh soal kinematika dengan menggunakan persamaan tertentu. Persamaan kinematika tersebut dapat dirumuskan dalam bentuk:

Rumus Kecepatan 

V = x/t

Rumus Percepatan

a = ∆V/∆t = (V2 – V1) / (t2 – t1)

Kinematika Gerak

Kinematika posisi : x = v0t ± ½ at²
Kinematika kecepatan : vt = v0 ± at dan Vt² = V0² ± 2ax

Keterangan:
V = Kecepatan (m/s)
x = Posisi (m)
t = Waktu (s)
a = Percepatan (m/s²)
v2 = Kecepatan sesudah (m/s)
v1 = Kecepatan sebelum (m/s)
t2 = Waktu sesudah (s)
t1 = Waktu sebelum (s)
v0 = Kecepatan awal (m/s)
vt = Kecepatan akhir di waktu tertentu (m/s)

Contoh Soal Kinematika

Setelah menjelaskan tentang pengertian kinematika dan rumus kinematika di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal materi kinematika terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Dari kondisi diam terdapat kecepatan benda sebesar 6 m/s setelah 8 sekon. Setelah itu gerakan benda akan mengalami kecepatan konstan. Tentukan waktu total yang dibutuhkan benda dari waktu diam untuk mencapai jarak total 22 m?

Pembahasan.
Diketahui : v = 6 m/s, t = 8 s, v0 = 0 m/s, x = 22 m
Ditanyakan : t total = ?
Jawab :
Contoh soal kinematika ini dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
a = v/t
a = 6/8
a = 3/4 m/s²

x = v0t + ½ at²
s = 0 . 8 + ½ .  3/4 . 8²
s = 24 m

v = s/t
   = 24/8
   = 3s

Maka,
 24 m = 3s
 22 m = ?
24/22 = 3/t
        t = 1,83 s
Jadi waktu total yang dibutuhkan benda dari waktu diam untuk mencapai jarak total 22 m ialah 1,83 s.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kinematika, rumus kinematika dan contoh soal kinematika. Kinematika merupakan ilmu Fisika yang berisi pembahasan terkait gerak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal