Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku Beserta Contoh

Diposting pada

Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku Beserta Contoh – Apa yang dimaksud satuan baku itu? Apa pengertian satuan tidak baku? Bagaimana contoh satuan baku? Bagaimana contoh satuan tidak baku? Satuan pada umumnya digunakan oleh berbagai negara. Biasanya jenis satuan yang digunakan dapat berupa kilometer, hektometer, meter, dan masih banyak lagi. Satuan jenis ini banyak digunakan oleh negara di dunia, termasuk di Indonesia. Namun adapula satuan yard, feet, mil dan lain sebagainya yang digunakan oleh negara Amerika maupun Inggris.

Pada zaman dahulu, jenis satuan yang digunakan (terutama di Jawa) dapat berbentuk kilan, depa, jengkal, tombak, pecak dan lain lain. Karena saking banyaknya jenis satuan ini membuat satuan satuan tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu satuan baku dan satuan tidak baku atau tak baku. Dalam materi jenis jenis satuan dalam Fisika tentunya terdapat beberapa hal yang dibahas seperti pengertian satuan baku, pengertian satuan tidak baku, contoh satuan baku, contoh satuan tidak baku, pengertian sistem satuan Internasional (SI) dan pengertian sistem british.

Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku Beserta Contoh
Satuan Baku dan Tidak Baku

Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak sekali jenis satuan yang digunakan di dunia ini. Jenis jenis satuan tersebut berguna untuk memaparkan sebuah besaran dalam Fisika. Penggunaan satuan tersebut disesuaikan dengan daerah tempatnya. Di negara Inggris misalnya yang menggunakan satuan panjang berupa yard. Kemudian adapula satuan panjang di Prancis yang berupa feet dan besaran panjang pada zaman dahulu seperti bagian tubuh yang berupa hasta, jengkal serta depa. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian satuan baku, pengertian satuan tidak baku, contoh satuan baku dan contoh satuan tidak baku. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku Beserta Contoh

Satuan panjang pada zaman sekarang banyak dinyatakan dalam bentuk centimeter ataupun meter. Selain itu adapula pembahasan mengenai pengertian satuan Internasional (SI) dan pengertian sistem british. Apa yang dimaksud satuan baku itu? Apa yang dimaksud satuan tidak baku itu?

Baca juga : Pengertian Gelombang Cahaya, Rumus, Sifat dan Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jenis jenis satuan dalam Fisika dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Kedua macam satuan ini memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian sistem internasional (SI), pengertian sistem british, pengertian satuan baku, pengertian satuan tidak baku, contoh satuan baku dan contoh satuan tidak baku yaitu sebagai berikut:

Satuan Tidak Baku

Satuan tidak baku dapat diartikan sebagai satuan yang memiliki hasil pengukuran berbeda apabila dimanfaatkan oleh orang yang berbeda pula. Misalnya sebuah meja diukur panjangnya menggunakan jarak perentangan ibu jari dengan kelingking yang disebut kilan. Jika pengukuran dilakukan oleh orang dewasa tentunya akan memiliki hasil yang berbeda dengan pengukuran pada anak kecil.

Dari penjelasan mengenai pengertian satuan tidak baku di atas kita tahu bahwa jenis satuan Fisika ini banyak digunakan saat zaman dahulu. Di bawah ini terdapat beberapa contoh satuan tidak baku yaitu diantaranya:

  • Jengkal ialah jarak perentangan pada ujung ibu jari dengan ujung jari telunjuk.
  • Depa ialah jarak perentangan kedua lengan antara ujung jari tengah pada tangan kanan dengan ujung jari tengah pada tangan kiri.
  • Kilan ialah jarak perentangan telapak tangan antara ujung ibu jari dan ujung jari kelingking.
  • Hasta ialah jarak perentangan antara siku lengan dengan ujung pada jari tengah.
  • Tumbak ialah jenis satuan luas tanah yang banyak dimanfaatkan oleh daerah Jawa Barat. Nilai 1 tumbak sama dengan 14 m².

Satuan Baku

Pengertian satuan baku ialah jenis satuan yang memiliki hasil pengukuran sama jika digunakan oleh siapapun. Misalnya meja diukur panjangnya menggunakan meteran hingga hasilnya 1 meter. Pengukuran ini akan tetap sama hasilnya yaitu 1 meter meski dilakukan oleh anak kecil ataupun orang dewasa. Di bawah ini terdapat contoh satuan baku yaitu sebagai berikut:

  • Besaran panjang yang berupa centimeter, yard, mil, meter, feet, inchi dan lain lain.
  • Besaran massa yang berupa gram, kwintal, ons, kilogram, pon, ton dan lain lain.
  • Besaran volume yang berupa centimeter kubik, galok, meter kubik, liter dan lain lain.
  • Besaran kecepatan yang berupa km/h, knots, m/s, mile/h dan lain lain.

Baca juga : Pengertian Getaran, Rumus, Jenis Jenis dan Contoh Soal

Sistem Satuan Internasional (SI)

Pengertian satuan internasional (SI) ialah satuan yang digunakan sebagai standar baku pengukuran atau secara internasional. Pembuatan satuan SI ini dimaksudkan agar penggunaan jenis jenis satuan yang ada tidak memiliki perbedaaan. Dalam bahasa Inggris, sistem satuan Internasional (SI) ini dapat dinamakan dengan International System of Unit.

Selain penjelasan mengenai pengertian satuan baku, pengertian satuan tidak baku, contoh satuan baku dan contoh satuan tidak baku di atas. Saya akan membahas terlebih dahulu mengenai sistem satuan internasional. Pada tahun 1875 kita tahu bahwa para ilmuan menyepakati jenis satuan pada konferensi CGPM (Conference General des Poids er Measures) di Paris yang berupa satuan Internasional (SI) terkait ukuran dan berat. Sistem satuan Internasional atau sistem metrik tersebut mempunyai beberapa ketentuan atau syarat dalam pembuatan besaran yaitu diataranya:

  • Satuan memiliki sifat Universal atau Internasonal.
  • Satuan memiliki nilai tetap.
  • Satuan harus memiliki sifat yang mudah ditiru.

Sistem Satuan Internasional (SI) menurut perkembangannya dapat dibagi menjadi dua jenis yakni sistem Gauss atau sistem CGS dan sistem MKS atau sistem Giorgie (sistem praktis). Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Sistem MKS (meter, kilogram, sekon) ialah pernyataan besaran yang menggunakan satuan kilogram, sekon dan meter. Adapun contoh satuan internasional dalam sistem MKS yaitu kgm/s² (satuan gaya).
  • Satuan CGS (centimeter, gram, sekon) ialah pernyataan besaran yang menggunakan satuan gram, sekon dan centimeter. Adapun contoh sistemm CGS yaitu g/cm³ (satuan massa jenis).

Sistem British

Selain pengertian satuan baku, pengertian satuan tidak baku, contoh satuan baku, contoh satuan tidak baku, pengertian satuan Internasional dan contoh satuan Internasional tersebut. Adapula pengertian sistem british. Sistem british merupakan sistem pertama kali di Inggris pada tahun 1824 yang ditetapkan dalam kesepakatan British Weights and Measures Act. Pada masa itu negara Inggris menggunakan sistem satuan tersebut dan bahkan sampai sekarang masih menggunakannya.

Nama lain dari sistem Inggris atau sistem british ialah sistem imperial, sistem fps (feet, pound, sekon) dan sistem britania. Di bawah ini terdapat contoh sistem british yaitu sebagai berikut:

  • Satuan panjang yang berupa inchi, mile, feet dan yard.
  • Satuan massa yang berupa slug.
  • Satuan waktu yang berupa sekon (s).
  • Satuan gaya yang berupa pound (lb).
  • Satuan usaha yang berupa ft.lb.
  • Satuan daya yang berupa secon/ft.lb.

Catatan:
1 kaki atau feet merupakan panjang kaki raja Prancis yang bernama raja Louis XIV.
1 yard merupakan jarak perentangan ujung lengan dan ujung hidung raja Inggris (1120 M).

Sekian penjelasan mengenai pengertian satuan baku, pengertian satuan tidak baku, contoh satuan baku dan contoh satuan tidak baku. Jenis jenis satuan dalam Fisika memang dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.