Materi Pengukuran Waktu (Alat Ukur dan Contoh Soalnya)

Diposting pada

Materi Pengukuran Waktu (Alat Ukur dan Contoh Soalnya) – Apa saja alat ukur waktu? Bagaimana cara mengukur waktu? Bagaimana contoh soal pengukuran waktu? Waktu tergolong dalam besaran pokok, dimana satuan yang digunakan dalam sistem SI ialah sekon. Waktu sendiri dapat diukur menggunakan beberapa jenis alat seperti stopwatch, arloji atau jam tangan dan jam digital. Lalu apa pengertian pengukuran waktu? Pengukuran waktu dapat diartikan sebagai perbandingan satuan sekon dengan waktu dengan alat ukur berupa stopwatch ataupun jam.

Jika kita menggunakan jam tangan atau jenis jam lainnya, maka hanya perlu melihat pergeseran jarum jam di dalamnya saja. Namun tidak sedikit orang yang lebih menggunakan stopwatch yang pengerjaannya teliti dan waktunya cepat. Dalam materi pengukuran waktu tentunya ada beberapa hal yang dibahas. Pembahasan tersebut meliputi cara mengukur waktu, alat ukur waktu dan contoh soal pengukuran waktu.

Materi Pengukuran Waktu (Alat Ukur dan Contoh Soalnya)
Pengukuran Waktu dengan Stopwatch

Pada dasarnya banyak yang menggunakan stopwatch dalam pengukuran waktu karena lebih teliti dibandingan arloji atau jam. Stopwatch tersebut dapat digunakan dengan menekan tombol pengatur jarum menjadi angka nol. Tombol star tersebut ditekan untuk menandakan bahwa perhitungan dimulai. Sedangkan lamanya waktu dapat dilihat dengan menekan tombol stop. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan materi pengukuran waktu yang memuat cara mengukur waktu, alat ukur waktu dan contoh soal pengukuran waktu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Pengukuran Waktu (Alat Ukur dan Contoh Soalnya)

Pengukuran waktu tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan stopwatch saja. Namun adapula arloji atau jam yang juga dapat digunakan. Ketelitian yang dimiliki oleh stopwatch secara mekanis ialah 0,1 sekon. Ketelitian yang dimiliki oleh stopwatch elektrik mencapai 0,001 sekon. Sedangkan ketelitian yang dimiliki oleh jam tangan atau arloji ialah 1 sekon.

Baca juga : Kumpulan Rumus Perpangkatan Beserta Penjelasannya

Di bawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai materi pengukuran waktu. Materi ini memuat penjelasan mengenai cara mengukur waktu, alat ukur waktu dan contoh soal pengukuran waktu. Berikut penjelasan selengkapnya:

Alat Ukur Waktu

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa dalam kehidupan sehari hari kita banyak menemukan alat untuk mengukur waktu berupa stopwatch maupun jam. Adapun penjelasannya yaitu:

  • Jam dapat kita temui dalam kehidupan sehari hari dan biasanya terdiri dari jam analog maupun jam digital.
  • Stopwatch berguna untuk melakukan perhitungan skala 0 serta tingkat ketelitian yang dimiliki lebih tinggi daripada jam.

Cara Mengukur Waktu

Untuk melakukan pengukuran waktu, pada umumnya anda harus memahami konsep dasar yang terdapat didalamnya. Konsep dasar pengukuran waktu ini diantaranya yaitu:

  • 1 jam bernilai sama dengan 60 menit (1 jam = 60 menit).
  • 1 menit bernilai sama dengan 60 detik (1 menit = 60 detik).
  • 1 jam bernilai sama dengan 3600 detik (1 jam = 3600 detik).
  • 1 menit bernilai sama dengan 1/60 jam (1 menit = 1/60 jam).
  • 1 detik bernilai sama dengan 1/60 menit (1 detik = 1/60 menit).
  • 1 detik bernilai sama dengan 1/3600 jam (1 detik = 1/3600 jam).

Baca juga : 6 Sifat Persamaan Garis Lurus dan Contoh Soalnya

Agar anda lebih mudah memahami materi pengukuran waktu, alat ukur waktu dan cara mengukur waktu di atas. Maka saya akan membagikan contoh soal terkait materi tersebut. Berikut contoh soal pengukuran waktu dan pembahasannya yaitu:

Contoh Soal

Tentukan nilai dari:
a. 3 jam = … menit
b. 0,75 jam = … menit
c. 4 menit = … detik
d. ¾ menit = … detik
e. 45 menit = … jam
f. 60 detik = … menit
g. 2400 detik = … jam

Pembahasan.
Contoh soal pengukuran waktu tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
a. 3 jam = 3 x 60 menit = 180 menit
b. 0,75 jam = 0,75 x 60 menit = 45 menit
c. 4 menit = 4 x 60 detik = 240 detik
d. ¾ menit = ¾ x 60 detik = 45 detik
e. 45 menit = 45 x 1/60 jam = 0,75 jam
f. 60 detik = 60 x 1/60 menit = 1 menit
g. 2400 detik = 2400 x 1/3600 jam = 0,67 jam

Sekian penjelasan mengenai materi pengukuran waktu seperti cara mengukur waktu, alat ukur waktu dan contoh soal pengukuran waktu. Waktu secara umum dapat diukur menggunakan alat seperti stopwatch maupun arloji atau jam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  Materi Diagram Venn (Pengertian, Bentuk dan Contoh Soal)