Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi

Diposting pada

Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi – Teks narasi atau yang lebih dikenal dengan paragraf narasi adalah suatu karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologis sesuai dengan urutan waktunya. Umumnya karangan atau teks narasi diciptakan dengan tujuan untuk menghibur pembacanya dengan pengalaman estetis melalui kisah dan cerita, baik cerita itu bersifat fiksi maupun nonfiksi.

Paragraf narasi dapat kita jumpai dalam berbagai karya tulis maupun teks umum seperti cerpen, novel, bahkan biografi sekalipun. Penggunaan narasi dalam sebuah paragraf dapat diidentifikasi dengan melihat beberapa faktor khususnya alur cerita.

Paragraf narasi memiliki alur cerita yang terkesan seperti suatu kronologis kejadian yang disusun secara berurutan dengan gaya bahasa seperti bercerita. Nah susunan dari paragraf inilah yang nantinya kita sebut sebagai teks ataupun karangan narasi. Apa pengertian teks narasi itu? Apa saja ciri ciri teks narasi? Apa saja jenis jenis teks narasi? Bagaimana contoh teks narasi itu?

Contoh teks narasi atau paragraf narasi sebenarnya dapat dengan mudah kita temukan. Umumnya contoh paragraf narasi tersebut diwujudkan dalam cerita berupa cerpen maupun kisah-kisah dalam novel, romansa dan lain-lain. Tidak hanya berbentuk cetak saja namun contoh ini juga dapat berbentuk digital yang bisa kaliancari di internet. Apa pengertian teks narasi itu? Apa saja ciri ciri teks narasi? Apa saja jenis jenis teks narasi?

Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi

Internet memang memberikan kita akses ke berbagai materi pendidikan dari berbagai belahan dunia. Dengan kata lain kita bisa mengakses pengertian narasi dari berbagai ahli, struktur teks narasi hingga contoh paragraf narasi sekalipun. Kemudahan tersebut merupakan imbas dari arus perkembangan jaman yang tidak bisa dibendung. Bahkan penggunaan buku pelajaran pun sudah mulai tergeser lantaran mencari informasi tentang teks narasi lebih mudah dilakukan lewat internet. Lantas seperti apa materi teks narasi tersebut?

Paragraf narasi pada dasarnya termasuk dalam struktur teks narasi dan merupakan salah satu dari jenis-jenis teks dalam bahasa indonesia. Dalam kancah pendidikan paragraf narasi dijadikan materi pembelajaran dan kerap kali muncul dalam soal ujian dengan kata kunci: Pengertian teks narasi, Contoh teks narasi, Contoh karangan narasi dan lain sebagainya. Maka dari itu materi pelajaran kali ini akan memberikan penjelasan singkat tentang paragraf narasi yang terdapat dalam karangan teks narasi.

materi teks narasi dan contoh teks narasi
materi teks narasi dan contoh teks narasi

Memahami penggunaan teks narasi sangat penting karena jenis teks inilah yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari. Hampir semua aspek pembicaraan dibangun berdasarkan narasi. Untuk dapat memahami tentang teks narasi maka simaklah penjelasan dibawah ini tentang pengertian, ciri-ciri teks narasi, struktur teks narasi, jenis jenis teks narasi dan contoh karangan narasi.

Pengertian Teks Narasi

Pernahkah anda membaca maupun mendengarkan sebuah kalimat narasi yang tersusun sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah paragraf? Tentu saja pernah. Hanya saja kita tidak menyadari penggunaan pola narasi dalam kehidupan kita. Untuk itu saya merangkum materi teks narasi dan menjabarkannya dalam artikel kali ini.

Teks narasi merupakan sebuah karangan yang tersusun dari beberapa paragraf yang menceritakan suatu peristiwa. Teks narasi umumnya disusun menggunakan pola kronologis sesuai dengan urutan waktu yang ditentukan. Teks narasi yang biasa kita temukan akan menceritakan berbagai kisah cerita karangan, baik fiktif maupun non fiktif.

Baca juga:Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Pengertian Paragraf Narasi

Penggunaan paragraf dengan gaya penulisan naratif tentu sangat erat kaitannya dengan struktur teks narasi itu sendiri. Bisa diartikan paragraf narasi adalah sebuah paragraf yang tersusun dari beberapa kalimat yang menggunakan gaya bahasa bercerita. Jika susunan paragraf ini lengkap maka akan menjadi sebuah teks narasi.

Sebagai siswa kita perlu mengetahui apa perbedaan antara pengertian teks narasi dan paragraf naratif di atas. Paragraf narasi biasanya merupakan bagian dari suatu teks yang lebih besar seperti novel ataupun cerpen. Sementara itu, teks narasi adalah suatu karya lengkap yang memiliki struktur awal, tengah, dan akhir, dengan berfokus pada pengembangan cerita.

Ciri Ciri Teks Narasi

Walau sebenarnya contoh teks narasi sangat mudah dijumpai oleh siswa. Tapi ternyata hal itu tidak membuat mereka mampu mengidentifikasi teks tersebut. Fakta mengujutkan bahwa siswa masih belum familiar dengan pengertian, dan ciri ciri teks narasi.

Maka dari itu, dalam sesi ini mari kita ulik kembali apa saja ciri ciri teks narasi. Sebuah teks dapat dikatakan sebagai suatu karangan narasi apabila memenuhi ciri-ciri dibawah ini:

  • Isi teks atau karangan berisi tentang cerita, kisah dan peristiwa tertentu yang dibentuk dari beberapa susunan paragraf menggunakan gaya bahasa naratif.
  • Cerita yang disampaikan memiliki konologi atau urutan cerita yang jelas mulai dari awal cerita hingga akhir cerita.
  • Terdapat suatu peristiwa maupun konflik.
  • Memiliki unsur-unsur pembentuk berupa tema, latar, setting, karakter, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ciri teks narasi sesuai dengan buku pegangan siswa. Struktur teks narasi sendiri juga tidak terpaut terlalu jauh dengan ciri ciri diatas. Sayangnya teks narasi sendiri bisa dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenisnya. Maka dari itu kita akan melanjutkan materi paragraf narasi ini ke pembahasan selanjutnya.

Jenis Paragraf Narasi

Karena paragraf dan teks narasi terbagi menjadi beberapa jenis otomatis kita juga harus menghafalkannya. Tidaklah terlalu sulit menghafalkan jenis narasi. Kita hanya pelru mengetahui polanya dan barulah bisa menentukan jenis teks narasi apakah itu. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan di bawah.

Narasi Ekspositoris

Pengertian teks narasi ekspositoris merupakan jenis narasi dimana cerita disampaikan secara informatif dan jelas sehingga pembacanya dapat benar-benar memahami dan mengerti tentang apa yang terjadi di dalam cerita. Penggunaan dari gaya narasi ekspositoris bisa dengan mudah kita temukan pada media masa seperti koran, majalah, hingga berita sekalipun.

jenis jenis teks narasi
jenis jenis teks narasi

Paragraf narasi ekspositoris bertujuan untuk memperluas pengetahuan para pembacanya mengenai suatu cerita dan kisah yang ditulis berdasarkan kejadian peristiwa yang sebenarnya. Umumnya narasi ini berkisah tentang kehidupan seseorang dari awal ia hidup hingga kematiannya. Narasi ekspositoris sangat cocok untuk menyusun teks biografi.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya

Narasi Artistik

Jenis teks narasi yang satu ini merupakan teks yang mengisahkan suatu rekaan cerita yang bersifat imajinatif kepada pembacanya dengan menggunakan bahasa yang figuratif. Umumnya teks narasi sugestif dapat ditemukan dalam karangan seperti novel, cerita rakyat, cerpen dan lain sebagainya. Teks ini diciptakan untuk memberikan pengalaman membaca secara estetis dan menghibur pembacanya.

Narasi Sugestif

Narasi ini menyuguhkan sebuah cerita dengan niat dan maksud tertentu yakni untuk meyakinkan pembaca atau memberikan sebuah sugesti tentang suatu hal. Jenis teks narasi yang satu ini bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi pembacanya agar sependapat dengan sang penulis. Penyampaian informasinya pun bisa dibilang berbeda dari jenis narasi lainnya karena narasi sugestif memiliki tujuan khusus.

Contoh Teks Narasi Singkat

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks narasi, ciri ciri teks narasi dan jenis jenis teks narasi. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh karangan narasi. Pada dasarnya terdapat banyak sekali contoh peragraf narasi dalam sebuah teks. Namun saya akan memberikan 2 contoh teks narasi yang disusun dari beberapa paragraf.

Cobalah untuk menganalisa struktur teks narasi di bawah dan tentukan manakah paragraf narasi yang mengandung pola seperti penjelasan saya sebelumnya.

Perang Untuk Surabaya

Pada 10 November meledaklah perlawanan rakyat di kota Surabaya untuk mengusir penjajah yakni Belanda dan sekutu-sekutunya dari tanah air ini. Perang ini bermula dari murka tentara inggris akibat terbunuhnya pimpinan besar mereka, yakni Jenderal Mallaby. Akhirnya ultimatum dari tentara inggris dikeluarkan dan ditujukan kepada seluruh pejuang tanah air untuk segera menyerah.

Bagi pejuang tanah air ultimatum tersebut dianggap sebagai suatu penghinaan kepada bangsa. Bukannya menyerah namun pejuang bangsa malah membentuk milisi-milisi perjuangan untuk menghadapi kebengisan tentara inggris yang akan menyerang.

Ketika mengetahui bahwa utimatumnya telah ditolak mentah mentah, Tentara Inggris dan sekutu-sekutunya marah besar hingga pada 10 November pagi mereka melancarkan sebuah serangan besar-besaran melalui jalur laut, darat bahkan udara dengan mengerahkan setidaknya 32.000 infantri dan artileri, pesawat terbang, kapal perang dan tank. Perang yang melanda kota surabaya pada waktu itu memang sangat mengerikan. Terjadi pembunuhan dimana-mana. Pihak inggris memerangi dan membunuh pejuan tanah air begitu juga sebaliknya. Terjadi pengeboman yang menargetkan pangkalan dan tempat persembunyian para pejuang tanah air.

Dengan dipimpin oleh Bung Tomo, seorang pemuda yang berhasil membangunkan semangat juang para pejuang tanah air berhasil memukul mundur tentara inggris dan sekutunya. Perang yang terjadi di kota Surabaya memakan waktu tiga hari lamanya namun dengan hasil yang sia-sia karena para pejuang tanah air berhasil mempertahankan kota tersebut.

Namun setelah tiga minggu lamanya mendapat gempuran dari musuh akhirnya kota Surabaya berhasil ditakhlukan dan dikuasai oleh tentara Inggris. Takluknya kota surabaya akhirnya membangkitkan semangat juang pembela diseluruh tanah air untuk berjuang mengusir penjajah dari Indonesia.

Pertarungan di Pagi Buta

Masa itu, ketika mentari belum memunculkan sinarnya, ayam jago masih terlelap belum melakukan berkokok. Namun, pak yono telah bangun dan keluar rumahnya. Dengan kulit keriput tipisnya memikul sebuah pacul di bahu kanannya sedangkan tangan kirinya membawa keranjang besar mulai melawan dinginnya angin pagi yang seolah dapat membekukan udara sekalipun.

Ketika pak yono sedang mamacu langkahnya menuju sawah. Ia terhenti oleh sebuah tangisan kecil yang berasal dari seorang bayi. Dengan penuh rasa penasaran akhirnya pak yono mencari arah sumber suara tersebut. Tidak sulit untuk menemukan sumber suara tangisan tersebut karena keadaan masih hening dan lengan. Tak lama kemudian seorang bayi mungil terlihat tergeletak disebuah pohon beringin nan besar. Dengan perasaan bimbang pak yono bertanya dalam hati “Siapa ibu dari bayi ini?? apakah aku harus mengambilnya?”.

contoh teks narasi pak tyono
contoh teks narasi pak tyono

Ketika hendak mengambil bayi tersebut, dari belakang datanglah seekor harimau besar datang menerkam pak yono. Menyadari kedatangan harimau tersebut pak yono akhirnya menghindar dan berhasil lolos dari terkaman sang harimau. Ternyata selain mengundundang kedatangan pak yono, tangisan bayi tersebut juga memancing kedatangan seekor harimau. Nampaknya harimau itu lapar karena menatap bayi dengan sangat tajam.

Pak yono hanya memiliki sebuah cangkul untuk mempertahankan nyawanya. Dengan penuh rasa takut ia mengayunkan cangkulnya berharap dapat menakuti harimau. Namun harimau berbalik menyerang pak yono. Terkaman harimau yang cepat tidak dapat diihindari pak yono, akhirnya ia terluka dan jatuh tersungkur ke tanah. Saat harimau hendak menerkam kembali dengan sigap pak yono mengambil cangkul yang ada disampingnya dan diayunkan sekuat tenaganya ke arah harimau. Tanpa diduga, Ayunan cangkul pak yono berhasil menyobek perut sang harimau. Setelah harimau mati akhirnya pak yono membawa bayi pulang dan mengangkatnya menjad anak.

Semarak Menyambut Tahun Baru

Setiap pergantian tahun adalah momen penuh harapan dan semangat baru. Di suatu desa nelayan tersembunyi di tepi pantai nan indah. Masyarakatnya merayakan pergantian tahun dengan cara yang unik dan meriah. Cerita ini mengisahkan tentang kegiatan menyambut tahun baru yang menghadirkan kegembiraan dan kehangatan di antara warga desa.

Desa ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Hidup dari hasil laut, masyarakatnya hidup dalam keharmonisan dengan alam. Hamparan rumah warga seolah memadati tepian pantai. Terletak pula lapangan tempat berkumpulnya para warga di tengah kerumunan rumah tersebut. Rizal adalah seorang nelayan muda yang ceria dan penuh semangat. Ia memiliki impian besar untuk membanggakan desa serta membuat perayaan yang taka akan dilupakan oleh orang-orang di sekitarnya.

Mendekati akhir tahun, Rizal merasa bahwa tahun baru harus dirayakan dengan cara yang istimewa. Dia mengumpulkan dukungan dari warga desa dan bersama-sama mereka merencanakan perayaan yang unik. Mereka memutuskan untuk menggelar pesta tahun baru di tepi pantai.

Persiapan dimulai dengan penuh semangat. Warga desa bahu-membahu membuat hiasan dari bahan-bahan alami yang ditemukan di sekitar mereka. Lampion-lampion dari daun kelapa, dan lampu-lampu kecil yang dihias dengan karang laut, membuat pantai itu bercahaya seperti pelangi yang turun ke bumi.

Tibalah saatnya para warga desa berkumpul untuk merayakan malam pergatian tahun di tepi pantai. Suasana ramai oleh tawa dan sendagurau menggema di antara deburan ombak pantai. Pidato berisi harapan dan impian yang disampaikan rizal pun membuka acara pada malam itu. Kemudian, bersama-sama mereka mengelilingi api unggun yang menghangatkan suasana.

Detik-detik terakhir menuju tahun baru disambut dengan kembang api yang menyala di langit malam. Nyalanya mewarnai langit sehingga membuat mata yang melihatnya menjadi takjub. Warga desa bersorak riuh saling berpelukan mengucapkan selamat tahun baru dengan penuh antusias.

Perayaan tahun baru bagi rizal sangatlah bermakna karena dapat memperkuat tali silaturahmi dan solidaritas antar warga. Kebersamaan, keceriaan, dan semangat baru membawa desa menyongsong tahun baru yang akan datang. Begitulah, di tepi pantai yang indah ini, mereka menyambut tahun baru dengan harmoni dan kebahagiaan yang tak terlupakan.

Itulah materi tentang Pengertian Teks Narasi, ciri ciri teks narasi, jenis jenis teks narasi, dan Contoh Paragraf Narasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk pengertian, jenis dan contoh teks lain selain teks narasi dapat anda temukan pada arsip blog sebelumnya. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.