Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah Ketupat

Diposting pada

Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah KetupatBangun datar Matematika terbagi menjadi beberapa bentuk. Salah satunya ialah belah ketupat. Seperti halnya bangun lainnya, belah ketupat memiliki rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat. Belah ketupat merupakan bangun datar dua dimensi yang tersusun oleh dua sudut yang berhadapan dengan besar sama dan 4 rusuk yang sama panjang. Bangun ini hampir sama dengan bangun layang layang. Namun yang membedakan antara keduanya ialah panjang rusuk/sisi dan diagonalnya.

Biasanya bangun layang layang memiliki panjang rusuk yang berbeda dan diagonal yang membentuknya juga berbeda. Sedangkan belah ketupat memiliki panjang rusuk yang sama panjang dengan panjang diagonal yang sama. Untuk memahami rumus belah ketupat tersebut, kita dapat terus berlatih contoh soal belah ketupat yang tersedia. Soal soal belah ketupat ini dapat diperoleh melalui internet maupun buku buku paket Matematika. 

Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah Ketupat
Rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat

Belah ketupat berasal dari susunan dua segitiga sama kaki yang alasnya berbentuk sumbu cermin. Bangun datar ini tentunya telah dipelajari ketika dibangku sekolah. Bahkan sering digunakan sebagai soal soal dalam ujian. Maka dari itu para siswa diharuskan untuk mengetahui rumus luas dan keliling dari bangun belah ketupat. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah Ketupat

Sebelum membahas mengenai rumus belah ketupat, baik luas maupun keliling tersebut. Saya akan menjelaskan secara singkat terlebih dahulu mengenai bangun datar ini. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa belah ketupat memiliki 4 rusuk yang sama panjang serta memiliki 2 buah sudut berhadapan yang saling sama besar. Perhatikan gambar di bawah ini!

Baca juga : Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus

Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah Ketupat
Belah Ketupat

Gambar diatas menunjukan bahwa bangun belah ketupat memiliki kesamaan dengan bangun layang layang. Namun yang membedakannya terletak pada panjang sisinya. Dalam gambar tersebut terdapat beberapa keterangan seperti s = sisi belah ketupat, d1 = diagonal horizontal, d2 = diagonal vertikal, sudut A sama besar dengan sudut C, sudut B sama besar dengan sudut D, dan kedua diagonal belah ketupat saling berpotongan tegak lurus. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai rumus luas dan keliling belah ketupat.

Rumus Luas Belah Ketupat

Bagaimana cara menentukan luas bangun belah ketupat itu? Untuk mencari luas belah ketupat dapat menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus luas bangun belah ketupat yaitu:

Luas = ½ x d1 x d2

Keterangan:
d1 = diagonal 1/diagonal horizontal
d2 = diagonal 2/diagonal vertikal

Rumus Keliling Belah Ketupat

Bagaimana cara mencari keliling bangun belah ketupat? Selain rumus luas, adapula rumus keliling bangun belah ketupat yang digunakan untuk menghitung jumlah keseluruhan sisi dari bangun tersebut. Berikut rumus kelilingnya:

Keliling = s + s + s + s atau
Keliling = 4 x sisi

Contoh Soal Belah Ketupat

Agar anda lebih memahami mengenai rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat diatas, saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal belah ketupatnya:

1. Bangun belah ketupat memiliki sisi yang panjangnya 12 cm. Berapakah besar kelilingnya?

Pembahasan
Diketahui : s = 12 cm
Ditanyakan : Keliling = ?
Jawab :
Keliling = 4 x s
              = 4 x 12
              = 48 cm.
Jadi keliling belah ketupat ialah 48 cm.

Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal

2.  Berapakan luas belah ketupat jika besar diagonalnya 14 cm dan 9 cm?

Pembahasan
Diketahui : d1 = 14 cm; d2 = 9 cm
Ditanyakan : Luas = ?
Jawab :
Contoh soal belah ketupat ini dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut:
Luas = ½ x d1 x d2
         = ½ x 14 x 9
         = 63 cm²
Jadi luas belah ketupat tersebut ialah 63 cm².

3. Sebuah belah ketupat memiliki keliling 84 cm dengan panjang sisi 3a. Berapakah nilai a ?

Pembahasan
Diketahui : Keliling = 84 cm; s = 3a
Ditanyakan : Nilai a = ?
Jawab :
Keliling = 4 x s
         84 = 4 x 3a
         84 = 12 a
           a = 84/12
           a = 7 cm
Jadi nilai a tersebut ialah 7 cm.

Sekian penjelasan mengenai rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat. Belah ketupat memiliki 4 rusuk yang sama panjang serta memiliki 2 buah sudut berhadapan yang saling sama besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi rumus belah ketupat di atas.

Baca Juga  Latihan Soal Turunan Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.