Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Diposting pada

Rumus Luas dan Keliling Persegi PanjangBangun datar Matematika pada dasarnya memiliki beragam bentuk seperti jajar genjang, belah ketupat, dan lain lain. Setiap bentuk memiliki klasifikasi dan rumus yang berbeda untuk menghitung luas maupun keliling. Salah satunya ialah bangun datar persegi panjang. Bangun datar ini memiliki rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang yang berbeda dengan bangun datar lainnya. Apa yang dimaksud persegi panjang itu?

Persegi panjang adalah bangun segi empat yang sisi sisi berhadapannya saling sejajar dan panjangnya sama. Persegi panjang juga memiliki empat sudut yang besarnya siku siku. Selain itu adapula rumus persegi panjang yang dapat dipahami dengan mudah. Rumus tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan soal soal Persegi Panjang.

Ketika kita di bangku sekolah pastinya sudah diberikan materi mengenai rumus luas persegi panjang maupun rumus keliling persegi panjang. Rumus persegi panjang tersebut sebenarnya cukup sederhana namun sering kali siswa lupa terhadap rumus tadi karena keliru dengan rumus bangun persegi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas dan keliling persegi panjang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Matematika termasuk salah satu mapel yang dianggap sulit untuk sebagaian siswa. Selain harus menghafal teori, kita dituntut bisa mengerjakan soal dengan bermodal rumus hitung yang benar. Sedikit saja salah memasukan angka atau salah rumus maka hasil pun sudah dipastikan gagal.

Rumus luas dan keliling persegi panjang pada umumnya memang berbeda. Ciri utama dalam bangun ini ialah memiliki sisi berhadapan yang saling sejajar dan panjangnya sama. Berbeda dengan persegi yang sisi sisinya sama panjang. 

Persegi panjang secara umum memang memiliki rumus yang sangat mudah dipahami. Hal ini dikarenakan sisi sisi pada persegi panjang hanya berupa panjang dan lebar. Maka dari itu rumus yang digunakan persegi panjang dapat berbentuk seperti di bawah ini:

Baca juga : Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang)

Rumus Luas Persegi Panjang

Untuk memahami rumus luas bangun persegi panjang tersebut, anda dapat memperhatikan gambar di bawah ini:

Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang
Persegi Panjang

Berdasarkan gambar diatas dapat kita peroleh luas persegi panjang. Untuk memperoleh luas persegi panjang kita dapat menghitung semua balok diatas. Bangun persegi panjang ini mempunyai sisi panjang (balok berwarna kuning) dan sisi lebar (balok berwarna biru). Persegi panjang diatas panjangnya berukuran 12 cm dan lebarnya 8 cm

Jika diibaratkan satu balok memiliki ukuran 1 cm. Maka setelah kita menghitung semua balok dapat kita peroleh luas persegi panjang 96 cm. Tetapi untuk lebih memudahkan anda menghitungnya, maka kita dapat menggunakan rumus luas persegi panjang. Adapun rumus persegi panjang yang digunakan yaitu:

Luas = p x l

Keterangan:
p = panjang
l = lebar

Contoh Soal Luas Persegi Panjang

Sebuah lapangan basket memiliki bentuk persegi panjang. Jika panjang lapangan basket berukuran 50 m dan lebar lapangan basket 25 m. Berapakah luas lapangannya?

Pembahasan
Diketahui : panjang (p) = 50 m; lebar (l) = 25 m
Ditanyakan : Luas = ?
Jawab.
Luas = p x l
         = 50 x 25
         = 1.250 m²
Jadi luas lapangan basket tersebut ialah 1.250 m².

Baca juga : Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh

Rumus Keliling Persegi Panjang

Untuk rumus keliling pada persegi panjang pada umumnya berbeda dengan rumus luas persegi panjang. Rumus persegi panjang yang satu ini lebih mudah karena anda cukup menjumlahkan ukuran sisi sisi yang mengelilingi persegi panjang tersebut. Berikut rumus keliling persegi panjang :

Keliling = (2 x p) + (2 x l)
atau
Keliling = 2 x (p + l)

Keterangan:
p = Panjang
l = Lebar

Contoh Soal Keliling Persegi Panjang

Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang
Contoh Soal Persegi Panjang

Gambar persegi panjang di atas dapat kita peroleh ukuran panjang dan lebar seperti berikut. Hitunglah keliling persegi panjang diatas?

Pembahasan
Diketahui : panjang (p) = 8 cm; lebar (l) = 6 cm
Ditanyakan : Keliling = ?
Jawab.
Contoh soal persegi panjang tersebut dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut:
Keliling = 2 x (p + l)
               = 2 x (8 + 6)
               = 28 cm
Jadi keliling persegi panjang ialah 28 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang. Persegi panjang merupakan salah satu bangun datar yang memiliki ukuran panjang dan lebar yang berbeda. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda dan terima kasih telah membaca materi persegi panjang di atas.

Baca Juga  Jumlah Rusuk Kubus Sebanyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.