Rumus Pembagian Pangkat dan Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Pembagian Pangkat dan Contoh Soal – Menghitung soal pembagian pangkat bukanlah perkara mudah. Materi pembagian pangkat merupakan satu dari sekian banyak ilmu Matematika yang harus kita kuasai. Rumus hitung yang lumayan kompleks serta ketelitian ekstra membuat kita harus menghafalkannya. Hal ini dikarenakan rumus tersebut merupakan hal paten yang digunakan untuk menyelesaikan soal soal terkait materi apa yang dibahas ketika mengerjakan soal Matematika.

Rumus Pembagian Pangkat dan Contoh Soal
Pembagian Pangkat

Dalam Matematika terdapat berbagai rumus yang ditemukan dengan menggunakan berbagai proses di dalamnya. Seperti namanya, rumus Matematika dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah masalah terkait Matematika itu sendiri. Setelah rumus itu ditemukan, kemudian dibuktikan melalui cara deduktif hingga dapat disahkan atau valid. Seperti halnya rumus pembagian pangkat ini yang melalui proses panjang untuk menemukannya. Rumus tersebut digunakan untuk menyelesaikan contoh soal pembagian pangkat yang tersedia.

Rumus Pembagian Pangkat dan Contoh Soal

Pangkat secara umum dapat dinamakan dengan eksponen. Materi ini di awal pengerjaannya dapat membuat para siswa kebingungan atau bahkan terkecoh dalam penyelesaiannya. Disisi lain para siswa juga harus memahami dan mengerti maksud dari materi pangkat tersebut yang mencakup pembagian pangkat, pangkat negatif, perkalian pangkat dan pangkat nol. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus pembagian pangkat dan contoh soal pembagian pangkat.

Cara menghitung pembagian pangkat sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan rumus yang perlu dihafal tidak terlalu rumit dan panjang seperti halnya rumus lainnya. Oleh karenaya rumus rumus pangkat bisa kalianpahami lebih mudah dan sederhana. 

Baca juga : Cara Mengukur Sudut Bangun Datar Dengan Busur Derajat Lengkap

Rumus Pembagian Pangkat

Bagaimana rumus pembagian pangkat matematika? Sebelum menjelaskan tentang rumus hitung, saya akan membahas sedikit mengenai pengertian perpangkatan terlebih dahulu. Perpangkatan secara umum dapat diartikan sebagai perkalian bilangan secara berganda atau berulang menggunakan faktor faktor bilangan yang sama.

Untuk memahami rumus dan contoh soal pembagian pangkat ini, anda dapat memperhatikan contoh seperti berikut:
3⁵ / 3² = 3⁵‾² = 3³

Berdasarkan contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa materi pembagian pangkat tersebut memiliki bentuk rumus seperti di bawah ini:

aᵐ / aⁿ = aᵐ‾ⁿ

Catatan:
Rumus pembagian pangkat di atas dapat digunakan apabila bilangan pokok atau bilangan yang akan dipangkatkan sama. 

Baca juga : Contoh Soal Kerucut Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Contoh Soal Pembagian Pangkat

Setelah menjelaskan tentang rumus pembagian bilangan berpangkat di atas, kemudian saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal pembagian bilangan berpangkat yaitu meliputi:

Tentukan bentuk sederhana dari hasil pembagian 5¹² : 5¹⁰?

Pembahasan.
Contoh soal pembagian pangkat ini dapat diselesaikan dengan langkah seperti berikut:
5¹² : 5¹⁰ = 5¹²‾¹⁰ = 5² =  25

Demikianlah penjelasan mengenai rumus pembagian pangkat dan contoh soal pembagian pangkat. Pembagian pangkat dapat diselesaikan dengan rumus seperti di atas jika bilangan pokoknya sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.