20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama)

Diposting pada

20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama) Pantun dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti pantun jenaka, pantun nasehat, pantun teka teki dan sebagainya.  Salah satu jenis pantun yang tidak kalah menarik ialah pantun nasehat. Banyak sekali contoh pantun nasehat yang memiliki amanat atau pesan moral tersendiri bagi pembacanya. Apa itu pantun nasehar?

Pantun nasehat memiliki beberapa contoh seperti contoh pantun nasehat anak, contoh pantun nasehat orang tua, contoh pantun nasehat belajar dan contoh pantun nasehat agama. Keempat contoh pantun tersebut memiliki ciri yang sama yaitu didalamnya terdapat pengajaran yang dapat diambil. Pantun nasehat juga dikenal sebagai pantun yang mendidik, karena berguna dalam menyampaikan pesan moral bagi masyarakat sekitar.

20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama)
Pantun Nasehat

Contoh pada pantun nasehat atau pantun ajar dapat diberikan dari orang tua ke anak, dari guru ke muridnya, dari pemimpin ke bawahannya dan sebagainya. Semua hal tersebut dapat dikemas menjadi sebuah pantun yang mendidik. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh pantun nasehat anak, contoh pantun nasehat orang tua, contoh pantun nasehat belajar, dan contoh pantun nasehat agama. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama)

Pantun ialah jenis puisi lama yang mempunyai makna luas dan biasanya lebih populer sebagai karya sastra puisi lama. Pantun memiliki susunan empat baris. Setiap baris terdiri dari 8 hingga 12 kata. Pantun tersebut memiliki pola yaitu a-b-a-b ataupun a-a-a-a. Selain itu pantun tidak dianjurkan untuk memiliki pola sajak a-b-b-a atau a-a-b-b. Semua pantun, baik contoh pada pantun nasehat ataupun jenis pantun lain, dulunya berasal dari karya sastra lisan.

Pantun pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tema di dalamnya. Contohnya saja pantun bertemakan nasehat. Jenis pantun ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa bentuk seperti pantuh nasehat anak, orang tua, belajar maupun agama. Meski tema di dalamnya berbeda, tetapi unsur pembentuk dari pantun tersebut sama secara umum.

Seiring berkembangnya jaman, pantun tersebut berkembang menjadi bentuk tulisan. Pantun memiliki ciri khusus yaitu didalamnya tidak memiliki nama pengarang atau penulisnya. Hal tersebut karena pantun penyebarannya melalui media lisan. Pembuatan pantun dari jaman dahulu sampai sekarang tidak mencantumkan nama pengarang atau penulisnya. Dibawah ini terdapat beberapa contoh pantun nasehat anak, orang tua, belajar dan agama.

Contoh Pantun Nasehat Anak

Contoh pada pantun nasehat yang pertama ialah kategori anak. Kategori ini cocok untuk anak anak SD, SMP, SMK dan sederajat. Hal ini dikarenakan memiliki manfaat yang baik dalam membangkitkan semangat belajar mereka, serta didalamnya juga terdapat imbuhan pantun jenaka yang menghibur. Imbuhan tersebut bertujuan agar pantun tidak terkesan membosankan dan menjadikan semangat lebih berkobar. Anda dapat membuat contoh pantun ini yang indah dengan menambahkan kata mutiara tentang ketulusan diberbagai bidang. Jenis pantun nasehat sangat diperlukan dalam melatih mental anak agar lebih mudah bergaul fengan teman lain.

Baca juga: Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur dan Contoh Puisi

Jika anda merasa malas belajar, maka dapat mengingat contoh pantun nasehat ini. Dengan kata lain kita berharap agar generasi muda memiliki semangat yang tinggi. Berikut beberapa contoh pantun nasehat anak:

Angan angan di langit biru
Birunya seperti buku
Hanya iman dan ilmu
Yang menilai derajatmu

Ada ular bersisik sisik
Sisiknya sangat bahaya
Lakukan nasehat yang baik
Agar hidup dapat bahagia

Baca juga: 24 Contoh Pantun Jenaka (Anak, Remaja, Cinta, Lucu, Pendidikan dan Sindiran)

Jalan jalan sama rombongan
Perginya dari pagi
Ilmu bukanlah kesomboongan
Dipelajari agar rendah hati

Seperti yang kita ketahui bahwa pantun nasehat untuk anak berisikan berbagai nasehat secara tersirat yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Selain contoh pantun nasehat untuk anak diatas masih terdapat berbagai contoh pantung yang dapat kita cari dan temukan di berbagai media baik media cetak maupun elektronik.

Orang orang ikut rapat
Rapatnya baru dan luas
Jika ingin ilmu bermanfaat
Pergilah ke guru dengan ikhlas

Ada ayam kehilangan bulu
Bulunya kemana mana
Jika ingin bahagia selalu
Raihlah ilmu apa adanya

Contoh Pantun Nasehat Orang Tua

Contoh pada pantun nasehat selanjutnya ialah kategori orang tua. Pantun nasehat orang tua ialah jenis pantun nasehat dari orang tua kepada anaknya. Namun sebuah nasehat terkadang tidak dapat langsung dipahami oleh sang anak. Maka dari itu kita memerlukan cara lain yang lebih mudah dan baik. Selain itu, nasehat yang diberikan juga tidak menyinggung perasaan anak dan lebih mudah masuk serta dipahami dengan baik.

Nasehat tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pantun namun tetap menghibur. Dengan begitu nasehat yang terdapat didalamnya dapat mudah dipahami oleh anak, orang tua, guru dan sebagainya. Dibawah ini terdapat contoh pantun nasehat orang tua.

Ibu Ibu membeli jamu
Jamunya banyak harga
Hormatilah ibumu
Karena Ibu pintu ke surga

Masak nasi tambah cuka
Cukanya dari mamat
Lihatlah anak durhaka
Tersiksa didunia dan akhirat

Pergi ke sawah menanam padi
Kesana tanpa beralas
Tanamlah budi
Dan jangan meminta balas

Orang tua merupakan salah satu orang yang wajib dihormati. Sebagai seorang anak maupun orang yang lebih muda kita harus pintar pintar mengolah kata dalam berbicara dengan orang tua agar tidak menyinggung perasaan mereka. Untuk memberikan saran maupun nasehat pada orang yang lebih tua juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Kita dapat menggunakan contoh pantun nasehat untuk orang tua untuk memberikan nasehat secara tidak langsung.

Harta emas dari berlayar
Masak nasi pakai elpiji
Hutang emas dapat dibayar
Hutang budi di bawa mati

Ada udang di balik batu
Batunya raksasa
Kasih sayang ibu
Sepanjang masa

Contoh Pantun Nasehat Belajar

Contoh pada pantun nasehat selanjutnya ialah kategori belajar. Belajar ialah kewajiban semua anak, namun terkadang para anak kehilangan semangat belajarnya. Semangat tersebut dapat naik ataupun turun tergantung kondisi belajar. Maka dari itu kita harus membuat alternatif belajar yang lebih menyenangkan. Dengan begitu semangat akan meningkat dan anak dapat lebih cerdas. Salah satu alternatif belajar menyenangkan ialah disajikan dalam bentuk pantun. Berikut beberapa contoh  pada pantun nasehat belajar:

Raja siang telah tiba
Mengawali hari harimu
Dengarlah wahai ananda
Belajar ialah tugas utamamu

Ayam jawa ayam kalkun
Disajikan dengan nampan
Belajar dengan tekun
Membawa kebahagiaan masa depan

Ada talas besar berjajar jajar
Dibawa ke pasar Rara
Waktu kecil malas belajar
Waktu besar akan sengsara

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan selagi kita masih muda. Tidak hanya kaum muda saja, namun ketika kita beranjak tua kita juga diharuskan untuk tetap belajar. Hal ini disebabkan karena belajar merupakan proses keberlangsungan dari kita lahir hingga kita mati. Namun sebagian orang masih merasa malas untuk belajar, contoh pantun nasehat untuk belajar ini dapat membantu kita mengingatkan orang untuk tetap semangat dalam belajar.

Poho Kweni berjajar jajar
Daunnya tidak dimakan
Jika kamu rajin belajar
Manfaatnya dapat kamu rasakan

Matanya sayu sayu
Karena kurang tidurnya
Orang yang berilmu
Akan mudah hidupnya

Contoh Pantun Nasehat Agama

Contoh pada pantun nasehat yang terakhir ialah kategori agama. Pantun nasehat agama ialah media nasehat dalam mengingatkan dan mengajak kebaikan beragama. Jenis pantun ini juga banyak digunakan untuk sarana dakwah. Ilmu agama merupakan ilmu yang utama karena dapat membuat manusia hidup bahagia, baik dunia maupun akhirat. Berikut beberapa contoh pada pantun nasehat agama:

Cahaya mentari sangat hangat
Hangatnya sangat menyengat
Belajar dengan semangat
Ditambah dengan niat

Menulis pakai daun lontar
Daunnya berbisik bisik
Belajar bukan sekedar menjadi pintar
Namun menjadikan diri lebih baik

Agama merupakan bagian dari spiritual manusia, sebagai seorang manusia beradab tentunya kita memiliki keyakinan adanya Tuhan (Allah). Untuk tetap mengingatkan dan memberikan nasehat pentingnya agama dalam kehidupan kita dapat menggunakan contoh pantun nasehat tentang agama seperti dibawah ini.

Kami datang dengan teman
Bawanya batu akik
Al Quran adalah pedoman
Menjadi pribadi lebih baik

Banyak nila di dalam kolam
Kolamnya ditambah tiram
Bila ilmu lebih dalam
Menjadikan hati lebih tentram

Aku cinta kamu
Mengharap ada balas
Bila hati di penuhi ilmu
Jiwa besar pikiran luas

Inilah beberapa contoh pantun nasehat anak, contoh pantun nasehat orang tua, contoh pantun nasehat belajar, dan contoh pantun nasehat agama yang dapat saya bagikan. Pantun nasehat ialah jenis pantun yang didalamnya terdapat pesan moral dan penyajiannya ditambahkan dengan pantun jenaka agar lebih menyenangkan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Berikut yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Gagasan Utama Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.