8 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Diposting pada

8 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru – Teks anekdot merupakan sebuah bacaan cerita yang mengandung sindiran yang dikemas dalam penyampaian lucu. Sehingga dapat menimbulkan gelak tawa bagi orang yang membacanya. Dalam konteks pendidikan kalian bisa menjumpai materi ini di jenjang SMP sampai SMA. Pembahasan terkait definisi teks anekdot, kaidah kebahasaan, dan strukturnya juga bisa kalian baca sendiri di buku pedoman bahasa. Dengan tingkat kesulitan berbeda sesuai jenjang, guru pun akan memberikan penjelasan secara intensif kepada siswa.

Contoh teks anekdot singkat lucu terbaru
Contoh teks anekdot singkat lucu terbaru

Secara garis besar teks anekdot sendiri merupakan sebuah cerita singkat mengenai suatu hal yang berbau lucu, mengandung humor, dan menghibur. Sifatnya bisa berupa karangan berasal dari pengalaman hidup seseorang maupun peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat. Meski demikian, kita tak boleh melupakan aspek penting pada contoh teks anekdot lucu yakni pesan moral di dalamnya.

Contoh Teks Anekdot singkat biasanya digunakan untuk mengungkapkan sindiran dan kritikan secara halus. Dengan menggunakan bahasa yang terkesan lucu dan mengundang gelak tawa. Cerita anekdot dapat mengungkapkan sindiran tanpa menyinggung seseorang atau suatu hal tergantung konteks hal yang dibicarakan.

8 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Jenis teks satu ini biasanya disajikan dalam bentuk bacaan singkat yang mengandung unsur sindiran secara halus. Untuk menyusun cerita anekdot maka penulis harus memperhatikan beberapa aspek penting agar tercipta konten berbobot. Mulai dari menentukan judul, membuat kerangka struktur, lalu menyusunnya sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Contoh teks anekdot singkat lucu beserta strukturnya bisa kalian dapatkan dari berbagai sumber. Topik umum yang sering diangkat menjadi cerita anekdot diantaranya adalah pendidikan, politik, hukum, dan lingkungan. Karena didalam tema tersebut sering kali ada penyimpangan yang layak untuk mendapat sindiran.

Baca juga: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri dan Contoh Teks Anekdot

Ada kalanya contoh cerita anekdot lucu pun berpotensi menyinggung seseorang meski sudah dibuat sehalus mungkin. Inilah kesulitan yang harus dihadapi penulis ketika membuat teks anekdot. Selain sebagai hiburan, kita pun harus mampu memunculkan pesan moral melalui sindiran halus.

Dalam konteks pendidikan, guru sering kali memberikan tugas untuk membuat cerita anekdot beserta strukturnya. Tujuannya tak lain agar siswa lebih memahami setiap unsur dan kaidah penulisan. Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan serta referensi kalian simaklah artikel di bawah sampai selesai. Karena saya akan memberikan contoh teks dengan gaya penulisan cerita bercampur dialog anekdot.

Contoh Teks Anekdot Tentang Politik

Tak sedikit siswa yang kesulitan membuat contoh teks anekdot lucu karena kurangnya pemahaman. Pemilihan topik serta tema pun sering kali menjadi masalah utamanya. Padahal kalian bisa mengangkat tema berdasarkan pengalaman pribadi ataupun kejadian nyata di tengah masyarakat.

Teks anekdot tentang politik umumnya membahas hal hal yang berkaitan dengan poltik. Misalnya saja setelah pemilihan presiden atau pilpres biasanya akan diwarnai dengan perdebatan. Nah untuk meredam hal tersebut diciptakanlah contoh cerita anekdot tentang politik. Contoh anekdot ini umumnya akan mengandung kritikan dan saran yang dikemas dalam cerita lucu.

Calon Anggota MPR

Pak Jono dan Pak Hari merupakan salah satu kader parpol yang sama-sama mencalonkan diri untuk menjadi anggota MPR. Suatu ketika saat mereka selesai menyerahkan berkas-berkas pencalonan ke KPU mereka menyempatkan diri untuk mengobrol di sebuah kantin yang berada di dalam gedung.

Pak Jono : “Jika nanti kita terpilih menjadi anggota MPR apa yang akan kamu lakuin?“

Pak Hari : “Saya akan menjadi anggota MPR yang memperjuangkan aspirasi rakyat, sebab, dari awal kita telah dititipi aspirasi oleh rakyat. Jadi sebagai wakil rakyat kita harus menjalankan amanah tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat tercipta kehidupan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang adil, serta masyarakat yang makmur”.

Pak Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Hari mengenai pertanyaan yang sebelumnya ia tanyakan. Namun setelah itu Pak Jono melontarkan satu pertanyaan lagi.

Pak Jono : “Kalo pendapatmu tentang korupsi apa?”.
Pak Hari: “Kalo kurupsi itu menurut saya merupakan tindakan yang tak bermoral yang seharusnya tidak dilakukan oleh siapa pun termasuk kita sebagai wakil rakyat yang telah diberikan amanah oleh rakyat agar kelak kita dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera bersama-sama. Jika saya menjadi anggota MPR nanti saya akan membuat mengenai hukuman yang cocok bagi para pelaku koruptor, yaitu hukuman mati. Dengan cara tersebut akan membuat dampak jera bagi oknum-oknum yang ingin korupsi”.

Mendengar jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa Pak Jono malah tertawa terbahak-bahak, lalu ia berkata:
Pak Jono :” Kamu ini mau jadi anggota MPR atau majelis ta’lim??”

Contoh teks anekdot tentang politik merupakan salah satu tema yang menurut saya sangat menarik. Mengingat perkembangan politik di indonesia yang masih jauh dari kata baik. Sehingga memang perlu sindiran keras agar menjadi lebih baik di kemudian hari.

Saya juga telah menyediakan satu lagi contoh teks anekdot lucu yang dikemas menggunakan kalimat pendek dengan judul suharto anak siapa. Meski memiliki penokohan sama seperti orba tapi alurnya sedikit berbeda. Seperti apakah kelucuan dari cerita anekdot singkat ini? Silahkan simak alurnya:

Soeharto Anak Siapa???

Pada suatu hari Tutut, putri dari mantan presiden Soeharto,  melewati salah satu jalan tol di Jakarta.

Penjaga Tol: “3.000 rupiah”.
Pada waktu tersebut kebetulan Tutut tidak memiliki uang ribuan sehingga ia mengeluarkan uang pecahan 50 ribu rupiah dan langsung menodorkannya ke petugas tol.

Penjaga Tol: “Ini Bu, kembaliannya 47 ribu rupiah. “
Bu Tutut: “Sudah.simpan saja itung-itung rezeki tambahan buat keluarga anda.”
Penjaga tol merasa sangat senang karena menerima uang lebih 47 ribu rupiah dan langsung mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tutut.

contoh teks anekdot lucu terbaru tentang biografi suharto
contoh teks anekdot lucu terbaru tentang biografi suharto

Setelah beberapa waktu Tommy yang juga merupakan anak dari Pak Seoharto datang melewati jalan tol tersebut. Lagi-lagi Tommy tidak memiliki uang ribuan sebesar 3000 untuk membanyar tol, akhirnya Tommy mengeluarkan uang 20 ribuan ke petugas tol.

Penjaga Tol: “Ini Pak, kembaliannya jadi 17 ribu.”
Tommy: “Sudah, simpan saja itung-itung buat tambahan sekolah anak anda.”
Petugas tol tersebut langsung memasukan kembalian itu ke saku bajunya dan berterima kasih banyak ke Tommy.

Setelah beberapa jam kini giliran Pak Soeharto datang dengan mobilnya lewat jalan tol. Soeharto yang kebetulan mempunyai uang ribuan kecil mengeluarkan uang 5.000 rupiah dan langsung disodorkan ke penjaga tol. Soeharto menunggu uang kembaliannya itu, namun setelah menunggu 5 menit, Pak Soeharto bertanya kepada penjaga tol

Soeharto: “Lho, mana uang kembalian saya ?”
Penjaga Tol: “Ah Bapak, masa kembalian uang 2.000 rupiah saja minta dibalikin.
Tadi  sebelumnya Bu Tutut dan Pak Tommy lewat kembaliannya 47 ribu dan 17 ribu saja mereka berikan ke saya, masa Bapak yang 2.000 aja minta kembalian?? “

Soeharto: ” Wah tunggu dulu mas !! Saya tanya kepada anda tau sapa Tutut dan Tommy??”
Penjaga Tol dengan percaya dirinya menjawab: “Ya tentu tahu lah Pak! Orang jawabanya jelas, jelas Tutut dan Tommy tuh Anaknya Presiden.”

Soeharto: “Nah tuh pinter kamu, tahu kalo mereka anak Presiden. Nah sedangkan sekarang coba pikir saya kan cuma Anak Petani !!Sekarang, mana kembaliannya??”
Penjaga Tol : !@$@!$!%!^$@ ^

Contoh Teks Anekdot Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu bagian vital yang mampu menentukan kemajuan bangsa. Bangsa yang baik dan pintar bisa dilihat dari pola pendidikannya. Penyampaian contoh teks anekdot tentang pendidikan sudah banyak dibahas dan dapat kita temukan di berbagai media.

Cerita anekdot tentang pendidikan tidak hanya digunakan untuk menghibur pembacanya saja, namun teks ini juga digunakan untuk menyindir dan mengkritisi suatu hal secara halus agar tidak menyinggung orang lain, langsung saja kita simak contoh teks anekdot beserta strukturnya dibawah ini.

Contoh teks anekdot tentang pendidikan umumnya membahas hal hal yang berkaitan dengan pendidikan, entah itu mengkritisi performa pendidikan di suatu negara, ataupun membicarakan kualitas pendidikannya. Tidak hanya memberikan kritik dan sindiran saja, namun didalam teks ini juga akan disertai dengan saran – saran.

Modal Huruf Doang

Pada suatu hari seorang guru di sebuah sekolah dasar sedang menanyai seorang muridnya tentang hasil belajar menghafalkan huruf. Pak guru bertanya pada Bobi tentang sudah berapa huruf yang Bobi hafal, lalu Bobi menjawab bahwa ia hanya akan menghafalkan huruf C D E F G A B C.

Setelah mendengar jawaban dari Bobi tersebut pak guru pun bingung lalu bertanya kembali kepada Bobi kenapa Bobi hanya mau menghafalkan tujuh huruf saja. Lalu Bobi menjawab dengan lantang bahwa dengan menghafal tujuh huruf tersebut saja Bobi bisa jadi pemusik yang hebat dan menghasilkan banyak uang. Mendengar jawaban tersebut lantas pak guru hanya mengangguk-ngangguk saja dan berbicara benar juga.

Apakah teks anekdot sindiran lucu tentang pendidikan harus berbentuk cerita? menurut saya tidak. Berdasarkan buku pedoman bahasa Indonesia kalian juga bisa menyusunnya menggunakan gaya dialog percakapan. Cukup fleksibel bukan? dialog pun tak harus bersifat pasif maupun hanya sebagai selipan dalam cerita saja.

Kalian dapat membuat dialog anekdot berbentuk kalimat aktif sesuai pengalaman pribadi. Contoh anekdot di bawah ini murni hanya untuk bahan gurauan saja.

Cuma Salah Satu

Bapak: “Bagaimana nilai ulangan fisikamu hari ini, Tong?”
Otong: “Otong Cuma salah satu dari lima soal pak!”
Bapak: “Wah hebat dong pasti nilai kamu bagus kalo gitu!”
Otong: “Tidak juga sih, Pak. Soalnya yang empat puluh lima lagi  Otong lupa kerjakan.”
Bapak: %&#@$^

contoh teks anekdot lucu tentang pendidikan
contoh teks anekdot lucu tentang pendidikan

Gigi Terakhir Disebut apa?

Pada suatu hari dalam sebuah sekolah menengah atas terlihat seorang guru sedang menerangkan mata pelajaran biologi pada murid-muridnya. Lalu ia bertanya pada murid-muridnya “Gigi yang kita dapat paling akhir disebut gigi apa anak-anak?” Lalu seorang murid menjawab dengan lantang dan keras “ Gigi palsu Buk!!”

Tips Agar Lulus UN

Seorang wali kelas memberikan nasehat pada murid-muridnya di kelas bahwa jika mereka ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah. Lalu para murid pun mempertanyakan pernyataan wali kelas tersebut “ Emang apa kaitanya Patuh pada perintah dengan lulus UN bu?”.

lalu wali kelas pun menjawab “setiap soalkan sudah ada perintah yang jelas “PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR” ini yang harus kalian patuhi, maka JANGAN PILIH JAWABAN YANG SALAH” pasti kalian akan lulus UN.
Murid:@#$$%^^&&.

Contoh Teks Anekdot Lucu Tema Misteri Horor

Horor menjadi salah satu tema yang sangat jarang diangkat menjadi cerita anekdot. Karena sifatnya yang mendebarkan dan seringkali membuat merinding sangat kontradiktif dengan kelucuan. Tapi terkadang perasaan takut tersebut bisa menjadi momen lucu yang mengundang gelak tawa.

jadi, tak selamanya contoh teks anekdot lucu memiliki tujuan untuk mengkritik maupun memberikan sindiran. Ada kalanya penulis murni membuat cerita hanya untuk hiburan semata tanpa memasukan pesan moral di dalamnya. Jika kalian sedang bingung membuat contoh teks anekdot singkat maka simaklah cerita di bawah.

Taksi yang misterius

Ada seorang karyawati yang kecapekan setelah selesai bekerja hingga tengah malam di depan menara Elang, menyetop sebuah taksi yang meluncur melalui lapangan kuningan. Waktu itu pukul 11.30 malam, setelah taksi berhenti karyawati itupun langsung masuk dan  duduk dikursi belakang taksi sambil menyebutkan tujuannya yakni daerah Pasar Senin kepada Pak sopir taksi.

Saking lelahnya setelah bekerja akhirnya si karyawati pun langsung tertidur di kursi. Selang beberapa saat akhirnya karyawati pun terbangun, saat terbangun ia menyadari ada yang tidak beres dengan taksi yang ditumpanginya karena berjalan dengan sangat lambat dan semakin melambat.

Saat karyawati itu melihat ke depan sopir yang mengemudikan taksi itu sudah tidak ada ditempatnya. Yang ada hanyah kursi taksi kosong dan suasana malam yang mencekam. Anehnya Taksi itu tetap berjalan walaupun hanya pelan pelan, menyadari keadaan menyeramkan yang karyawati alami maka karyawati itupun menjerit sekeras-kerasnya.

Tiba-tiba dari balik jendela taksi munculah sosok kepala, (kepala sopir taksi): “Mbak, jangan teriak-teriak ntar dikira saya ngapa ngapain embak, bantuin dorong taksinya lagi mogok”

Perlu kita ingat kembali sebagai bahan refleksi bahwa contoh teks anekdot tidak hanya digunakan sebagai bahan bacaan ringan saja namun cerita anekdot yang bersifat kuat bisa juga dijadikan sebagai sindiran halus. Selain itu, kita juga bisa mengambil makna dari contoh cerita anekdot yang telah kita baca. Untuk menemukan cerita anekdot ini kita bisa mencarinya di berbagai sumber baik itu di internet maupun pada buku cetak.

Contoh Teks Anekdot Cerita Rakyat

Cerita rakyat termasuk salah satu tema yang diangkat dan masih lestari hingga masa kini. Alur ceritanya yang diambil dari kehidupan sehari hari membuat cerita anekdot tersebut relevan untuk masyarakat.

Saat bicara tentang cerita rakyat maka tidak serta merta harus berisi kisah malinkundang, sangkuriang, dan lain lain. Tapi kalian juga dapat mengadaptasi lika liku kehidupan di sekitar lingkungan. Misalnya terjadinya miskonsepsi pada saat menggunakan singkatan ataupun padanan kata. Dalam sesi ini saya akan coba memberikan contoh teks anekdot lucu yang berkaitan dengan hal tersebut.

BBM atau BBM

Sudah menjadi kebiasaan dipagi hari untuk Pak dahlan dan Pak rahmat melihat berita yang sedang naik daun di channel berita favorit mereka. Seperti biasa, mereka asyik nonton bareng di warung makan (warteg) favorit mereka, tak lama berselang terjadilah percakapan. “Eh Mat, katanya BBM beneran mau naik ya sekarang?” kata Pak dahlan. “Katanya sih iya, tapi kagak tau juga buktinya masih banyak yang pake BBM tuh?”.

kata Pak rahmat. “Anak saya aja ngebet banget pengen dibeliin BBM, katanya lagi diskon gitu deh”, tambahnya. “Emangnya Pak Presiden mau ngediskon BBM? Wong yang dimaksut anakmu itu diskon BBM (Black Berry Messenger)”, Hadehhh gimana sih pak rahmat ini”. Kata pak dahlan yang nahan gemes sama pak rahmat.

Kalian bisa menjumpai contoh teks anekdot lucu di berbagai media khususnya internet. Beragam tema seperti pendidikan, politik, sosial, kebersihan, dan lingkungan pun juga dapat kalian peroleh dengan mudahnya.

Tapi sebenarnya kalian tak perlu mencarinya diinternet karena terkadang cerita lucu bisa berasal dari sumber tak terduga. Misalnya lingkungan sekitar yang notabenya selalu terjadi interaksi antar masyarakat. Untuk melengkapi referensi maka simaklah cerita anekdot singkat di bawah.

Undian Semilyar

Bu Jono kaget luar biasa ketika mengetahui suaminya Pak Jono mendapat undian berupa uang 1 milyar. Dibalik kagetnya, Bu Jono merasa bingung menyampaikan berita itu kepada suaminya karena suaminya itu punya penyakit jantung. Bu Jono sangat khawatir jika mengatakan berita tersebut maka jantungan Pak Jono akan kambuh.

Setelah berpikir akhirnya Bu Jono meminta bantuan kepada Pak RT, Pak RT adalah teman baik dari suaminya dan Bu Jono meminta agar Pak RT menyampaikan berita gembira ini pada Pak Jono. Setelah berbicara akhirnya Pak RT menyetujui permintaan Bu Jono.

Selang satu hari Pak RT berkunjung kerumah Pak Jono, Setelah berbincang-bincang sangat lama akhirnya Pak RT memutuskan inilah saat yang tepat untuk mengatakan kabar gembira tersebut.

Pak RT : “Pak Jono, Kalau hari ini Pak Jono dapet undian uang semilyar gimana perasaan Pak Jono?”
Pak Joko :”Wah, ya seneng banget to pak kalau bener saya dapet undian satu milyar, Kalau bener kaya gitu setengahnya saya kasih ke Pak RT deh kan Pak RT teman baik saya.” Mendengar jawaban Pak Jono pak RT pun terjatuh dari kursi dimana dia duduk dan langsung mati seketika.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru. Pada dasarnya penggunaan teks ini untuk mengungkapkan sindiran serta memang sangat sesuai karena di dalam teks ini juga akan disisipkan guyonan singkan dan lucu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  24 Contoh Pantun Jenaka (Anak, Remaja, Cinta, Lucu, Pendidikan dan Sindiran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.