Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Diposting pada

Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap – Dalam pelajaran Matematika, kita sering mendengar tentang istilah pecahan, desimal, dan persen. Ketiga hal ini sering kali dianggap para siswa sebagai hal yang rumit dan memusingkan. Terlebih lagi jika harus mengubah pecahan menjadi desimal, pecahan menjadi persen ataupun sebaliknya. Cara merubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen sebenarnya cukup mudah. Namun para siswa sudah terbayangkan bahwa cara mengubahnya cukup sulit dan membuat kepala pusing.

Persen, pecahan dan desimal merupakan ketika hal yang berkaitan dengan jumlah nominal uang. Namun perlu anda ketahui bahwa persen, pecahan dan desimal ini juga sering muncul dalam soal soal ujian Matematika. Maka dari itu hubungan antara persen, pecahan dan desimal tersebut harus anda pahami dengan benar.

Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Sebuah bilangan Matematika pada dasarnya dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan, desimal maupun persen. Bentuk bilangan tersebut dapat diubah menjadi bentuk yang berbeda dengan cara cara tertentu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Apa yang dimaksud pecahan? Apa yang dimaksud persen? Apa yang dimaksud desimal? Pertanyan pertanyaan seperti ini tentunya sering kita dengar dari para siswa. Sebagian siswa pada umumnya masih tidak terlalu paham mengenai cara konversi pecahan ke persen, konversi pecahan desimal dan sebaliknya. Maka dari itu saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai materi pecahan, persen dan desimal.

Secara umum definisi pecahan, persen dan desimal tersebut berbeda. Bahkan cara pengerjaannyapun tidak sama. Di bawah ini terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai cara mengubah pecahan, persen dan desimal yaitu sebagai berikut:

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan ialah angka/nilai yang berisi perbandingan dengan bentuk a/b, dimana a adalah pembilang dan b adalah penyebut/pembagi. Misalnya 1/4 (pembilangnya adalah angka 1 dan penyebutnya adalah angka 4). Bentuk bilangan pecahan dapat diubah menjadi betuk desimal maupun bentuk persen. Berikut beberapa cara mengubah pecahannya:

Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Cara Mengubah Pecahan Menjadi Desimal
Hal pertama yang akan saya bahas ialah cara mengubah bilangan pecahan menjadi desimal. Bentuk bilangan desimal identik dengan tanda koma diantara angkanya. Maka dari itu untuk memperoleh bentuk desimal maka kita dapat menggunakan pembagian antara pembilang dengan penyebutnya. Contohnya

  • 4/5 = 4 : 5 = 0,8
  • 7/9 = 7 : 9 = 0,78

Cara Mengubah Pecahan Menjadi Persen
Selanjutnya adapula cara mengubah pecahan bilangan menjadi persen. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen cukup mudah dilakukan. Caranya yaitu mengalikan penyebut pecahan dengan 100. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh dibawah ini:

  • 3/10 = 3/10 x 100 = 30%
  • 2/5 = 2/5 x 100 = 40%

Bilangan Desimal

Bilangan desimal ialah bilangan yang menggunakan 10 jenis angka, mulai dari angka 0 sampai 9. Penulisan bilangan desimal menggunakan tanda koma diantara angka angkanya. Misalnya : 0,9. Bilangan ini dapat diubah menjadi bentuk pecahan menggunakan cara tertentu. Berikut cara mengubah desimalnya:

Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan
Cara merubah desimal menjadi pecahan berkebalikan dengan cara mengubah pecahan diatas. Dalam mengubah bentuk desimal menjadi pecahan perlu kita perhatikan beberapa angka setelah tanda koma. Apabila setelah tanda koma terdapat 1 angka maka bilangannya persepuluh (dibagi 10). Apabila setelah tanda koma terdapat 2 angka maka bilangannya perseratus (dibagi 100) dan seterusnya. Contohnya:

  • 0,8 = 8/10 = 4/5
  • 0,25 = 25/100  = 1/4
  • 0,125 = 125/1000 = 1/8

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Bilangan Persen

Bilangan persen ialah bilangan yang berbentuk per seratus. Persen tersebut disimbolkan dengan tanda “%”. Misalnya 10%, 20%, dan sebagainya. Bilangan persen dapat diubah menjadi pecahan menggunakan cara tertentu. Berikut cara mengubah bilangan persennya:

Cara Mengubah Persen Menjadi Pecahan
Cara mengubah bilangan persen menjadi pecahan berkebalikan dengan cara mengubah pecahan diatas. Angka yang dikalikan dengan persen memiliki nilai per seratus (/100). Maka dari itu kita dapat mengubah persen menjadi pecahan dengan cara membaginya dengan angka 100. Contohnya:

  • 25% = 25/100 = 1/4
  • 50% = 50/100 = 1/2

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen lengkap. Bilangan Matematika pada umumnya dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan, desimal maupun persen. Ketiga bentuk bilangan tersebut dapat diubah menjadi bentuk lainnya dengan cara yang sesuai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Penjumlahan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Beserta Perkalian Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.