Contoh Soal Jajar Genjang, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Diposting pada

Contoh Soal Jajar Genjang, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya – Ada banyak sekali bentuk bangun datar yang diajarkan pada kita. Setiap bangun memiliki rumus hitung berbeda meliputi luas dan kelilingnya. Sebut saja jajar genjang yang notabenya berbentuk seperti kombinasi persegi dan segitiga.

contoh soal jajar genjang dan pembahasannya
contoh soal jajar genjang dan pembahasannya

Apakah kamu tahu rumus luas dan keliling jajar genjang? Cara menyelesaikan latihan soal luas jajar genjang sebenarnya cukup mudah. Mengapa demikian? karena rumus hitungnya mirip seperti persegi. Permasalahannya ketika kalian harus menghitung berapa keliling jajar genjang.

Pengertian jajar genjang ialah jenis bangun datar yang memiliki bentuk segi empat dimana sudut sudutnya berhadapan, saling berpotongan kedua diagonalnya di tengah tengah dan sisi sisi berhadapannya sejajar atau sama panjang. Pada umumnya rumus jajar genjang digunakan untuk menyelesaikan contoh soal jajar genjang, baik contoh soal luas jajar genjang maupun contoh soal keliling jajar genjang.

Contoh Soal Jajar Genjang, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Jajar genjang secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jajar genjang tersebut dibagi berdasarkan kategori sisi berhadapan yang sejajar dan sama panjang. Jajar genjang dengan jumlah sudut 180° dan saling berdekatan. Serta jajar genjang dengan kedua diagonal yang ditengah tengah saling berpotongan.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai contoh soal jajar genjang dengan mudah di buku LKS. Variasi soalnya pun mampu membuat kita berpikir kritis dan lebih cepat untuk menyelesaikannya. Sayang tak semua siswa gemar membaca buku pedoman matematika tersebut.

Tapi, kalian tak perlu khawatir karena saya akan membahas lebih dalam materi satu ini. Saya telah mempersiapkan contoh soal luas dan keliling jajar genjang. Setiap latihan soal jajar genjang itu bahkan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Rumus Jajar Genjang

Untuk mengerjakan contoh soal jajar genjang kelas 8, 9, atau bahkan jenjang SMP kita perlu menghafal rumus. Tanpanya menghitung nilai luas dan keliling bangun ruang tersebut akan terasa sangat menyulitkan.

Di lain sisi, saat bicara soal rumus maka kita akan menjumpai rumus luas jajar genjang maupun rumus keliling jajar genjang. Masing-masing sebenarnya sudah mendapat porsi pembahasan cukup banyak ketika siswa berada di bangku SMP dan SMA. Tapi sebagai pendalaman materi simaklah rumus luas dan keliling jajar genjang berikut:

Luas Jajar Genjang = alas x tinggi
Keliling Jajar Genjang = 2 (AB + BC)

Setelah memahami rumus jajar genjang yang digunakan, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal luas jajar genjang dan contoh soal keliling jajar genjang. Berikut contoh soal jajar genjang dan jawabannya di bawah.

Baca juga : Cara Menentukan FPB dan KPK Tiga Bilangan (Rumus Cepat)

Soal Luas dan Keliling Jajar Genjang

Ada banyak sekali model latihan soal yang bisa kita pakai untuk mengasah pengetahuan terkait matematika. Selain dari buku pelajaran, hadirnya internet juga seolah mempermudah kita menjangkau informasi tersebut.

Saat mencari pun kalian dapat memilih berbagai variasi soal sesuai tingkat kesulitan berbeda. Maka dari itu, pada sesi ini saya akan berikan contoh soal jajar genjang dan pembahasannya secara lengkap.

1. Tentukan keliling jajar genjang yang sisi sisinya berukuran 16 cm dan 22 cm?

Jawaban.
Keliling = 2 x (16 + 22)
= 2 X 38
= 76 cm
Jadi keliling jajar genjang ialah 76 cm.

2. Tentukan luas jajar genjang yang alasnya 28 cm dan tinggi 19 cm?

Jawaban.
Contoh soal jajar genjang ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Luas = a x t
= 28 x 19
= 532 cm²
Jadi luas jajar genjang ialah 532 cm².

3. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Jajar Genjang Beserta Jawabannya Lengkap

Hitunglah keliling jajar genjang di atas?

Contoh soal keliling jajar genjang ini dapat diselesaikan dengan cara berikut:
Keliling = Panjang Semua Sisi
= 16 + 8 + 16 + 8
= 48 cm
Jadi keliling jajar genjang tersebut ialah 48 cm.

Baca juga : Sifat Sifat Persamaan Eksponen dan Pertidaksamaan Eksponen

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Jajar Genjang Beserta Jawabannya Lengkap

Tentukan luas jajar genjang di atas?

Contoh soal luas jajar genjang ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun penyelesaian contoh soal jajar genjang tersebut yaitu:
Luas = a x t
= 14 cm x 9 cm
= 126 cm²
Jadi luas jajar genjang tersebut ialah 126 cm².

5. Andi mencat dinding yang bentuknya jajar genjang dimana tingginya 2 meter dan panjang 6 meter. Tentukan luas dinding yang Andi cat tadi?

Jawaban.
t = 2 m, a = 6 m
Luas = a x t
= 6 x 2
= 12 m²
Jadi luas dinding yang Andi cat tadi ialah 12 m².

6. Diketahui keliling jajar genjang 50 cm. Apabila salah satu sisinya memiliki panjang 17 cm. Maka tentukan panjang sisi lainnya?

Jawaban.
Contoh soal jajar genjang ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Keliling = 2 x (17 + y)
50 = 34 + 2y
2y = 50 – 34
2y = 16
y = 8 cm
Jadi panjang sisi lain jajar genjang tersebut ialah 8 cm.

7. Pak Radi memiliki taman didepan rumah dengan bentuk jajar genjang. Sisi sisi taman ini memiliki panjang 6 meter dan 10 meter. Pak Radi ingin memasang lampu di sekeliling taman dengan jarak masing masing 2 meter. Tentukan banyak lampu yang akan di pasang?

Jawaban.
Keliling = 2 x (10 + 6)
= 2 x 16
= 32 cm
Banyak lampu yang akan dipasang setiap 2 meter = 32 : 2 = 16
Jadi banyak lampu yang akan di pasang ialah 16 buah.

Demikianlah contoh soal jajar genjang beserta jawabannya lengkap yang dapat saya bagikan. Contoh soal luas jajar genjang dan contoh soal keliling jajar genjang dapat diselesaikan dengan rumus yang tersedia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Mengenal Koordinat Kartesius dan Polar dalam Matematika