Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap

Diposting pada

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya LengkapMikrometer sekrup merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur tebal, diameter luar dan panjang sebuah benda dengan ketelitian mencapai 0,01. Fungsi mikrometer sekrup hampir sama dengan fungsi alat ukur jangka sorong. Namun tingkat ketelitian dari mikrometer sekrup lebih baik sepuluh kali lipat jika dibandingkan dengan jangka sorong yang ketelitiannya hanya 0,1. Alat ukur mikrometer sekrup memiliki bagian bagian penting dengan fungsi masing masing.

Bagian bagian mikrometer sekrup tersebut berguna untuk menunjang kinerja alat ukur itu sendiri. Fungsi bagian di mikrometer sekrup tersebut juga berbeda beda. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai macam macam alaf ukur Fisika beserta fungsinya. Salah satunya ialah mikrometer sekrup. Alat ukur ini memiliki kegunaan untuk mengukur sebuah benda, baik diameter, tebal maupun panjang bendanya.

Cara membaca mikrometer sekrup dapat dilakukan dengan membaca bagian skala utama dan skala vernier atau nonius. Bagian bagian inilah yang perlu anda pahami dan ketahui. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagian bagian mikrometer sekrup lengkap dengan fungsi bagian mikrometer sekrupnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap

Dengan memahami mengenai bagian bagian pada mikrometer sekrup dan fungsi bagian mikrometer sekrupnya, maka kita dapat dengan mudah menggunakan alat tersebut untuk mengukur sebuah benda. Sebelumnya saya akan menjelaskan fungsi mikrometer sekrup secara umum. Berikut fungsi dan kegunaannya:

  • Alat untuk mengukur ketebalan benda yang sangat tipis. Misalnya kertas, lempeng baja dan alumunium.
  • Alat untuk mengukur diamater benda yang sangat kecil. Misalnya kawat dan kabel.
  • Alat untuk mengukur garis tengah lubang suatu benda yang sangat kecil.
  • Alat untuk mengukur kedalaman lubang suatu benda yang sangat kecil. Misalnya pipa dan lain lain.

Baca juga : Macam Macam Alat Ukur Fisika Beserta Fungsi Lengkap

Mikrometer sekrup ini memiliki bagian bagian penting yang bermanfaat untuk mendukung pengukuran sebuah benda. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai bagian bagian mikrometer sekrup dan fungsi bagian pada mikrometer sekrupnya.

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Fungsinya Lengkap
Mikrometer Sekrup Beserta Bagian Bagiannya

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki bagian bagian yang berfungsi untuk mendukung proses pengukuran. Selain itu pengukuran juga dipengaruhi oleh keterampilan dari orang itu sendiri. Apabila seorang pengukur tidak memahami bagian bagian alat ukurnya, maka hasil pengukurannya juga tidak dapat akurat dan maksimal. Mikrometer sekrup memiliki bagian yang terdiri dari bagian frame (bingkai), spindle (poros gerak), sleeve, anvil (poros tetap), thimble, ratchet knob dan lock nut (pengunci). Bagian tersebut memiliki fungsinya masing masing. Berikut pejelasan mengenai fungsi bagian mikrometer sekrup:

Frame (Bingkai)

Bagian pada mikrometer sekrup yang pertama ialah frame atau bingkai. Frame pada mikrometer sekrup memiliki bentuk seperti huruf U atau C. Frame tersebut berasal dari logam yang tebal dan tahan panas. Maka dari itu dapat memudahkan pengukuran dan mengurangi peregangan. Frame pada mikrometer sekrup juga dilapisi oleh plastik sehingga saat proses pengukuran, pentransferan panas menuju tangan manusia dapat diminimalisir.

Anvil (Poros Tetap)

Bagian pada mikrometer sekrup selanjutnya ialah anvil atau poros tetap. Fungsi bagian mikrometer sekrup ini ialah untuk menahan benda yang akan diukur. Karena benda terletak di antara sindle dan anvil tersebut.

Spindle (Poros Gerak)

Bagian mikrometer sekrup selanjutnya ialah spindle atau poros gerak. Spindle tersebut merupakan silinder yang dapat digerakkan menuju dan menjauh atau maju dan mundur ke arah anvil.

Baca juga : Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Lock Nut (Pengunci)

Bagian pada mikrometer sekrup selanjutnya ialah lock nut atau pengunci. Fungsi bagian mikrometer sekrup tersebut yaitu sebagai penahan spindle agar tidak dapat bergerak ketika sedang mengukur sebuah benda.

Sleeve

Bagian pada mikrometer sekrup selanjutnya ialah sleeve. Sleeve adalah tempat diletakannya skala utama (satuan mm) dan berasal dari logam.

Thimble

Bagian pada mikrometer sekrup selanjutnya ialah thimble. Thimble adalah tempat diletakannya skala putar atau nonius (satuan mm) dan berasal dari logam. Thimble dapat diputar dan pengukurannya lebih besar dibangdingkan sleeve.

Ratchet Knob

Bagian bagian mikrometer sekrup yang terakhir ialah ratchet knob. Fungsi bagian mikrometer sekrup tersebut yaitu sebagai pemutar spindle agar mendekati benda yang akan di ukur. Penggunaannya cukup diputar searah jarum jam hingga terdapat bunyi klik sehingga poros gerak atau spindle dapat lebih kencang. Ratchet knob ini biasanya diputar 2 – 3 kali agar menempel dengan bendanya.

Sekian ulasan mengenai bagian bagian mikrometer sekrup dan fungsi bagian mikrometer sekrupnya. Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang dapat mengukur ketebalan, panjang dan diamater luar sebuah benda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *