Pengertian dan Jenis Jenis Molekul Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian dan Jenis Jenis Molekul Beserta Contohnya – Dalam pelajaran Kimia kita sering menemukan istilah molekul didalamnya. Kata tersebut sering muncul dalam materi Kimia dasar. Kimia merupakan pelajaran yang berhubungan dengan reaksi yang dibuat oleh alam maupun manusia. Reaksi kimia inilah yang akan membentuk sebuah molekul tertentu. Lalu apa pengertian molekul? Aja saja macam macam molekul? Apa saja yang termasuk dalam contoh molekul?

Kita tahu bahwa molekul merupakan salah satu materi dalam pelajaran Fisika. Materi ini berisi pembahasan mengenai pengertian molekul, jenis jenis molekul dan contoh molekul tersebut Molekul tersebut sebearnya berasal dari beberapa unsur yang digabung menjadi satu.

Pengertian dan Jenis Jenis Molekul Beserta Contohnya
Molekul

Beberapa orang mungkin telah mengenal dan mengetahui apa itu molekul. Namun adapula yang belum mengetahui pengertian molekul yang sebenarnya. Nah pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang pengertian molekul, jenis jenis molekul dan contoh molekul. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Jenis Jenis Molekul Beserta Contohnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa molekul, unsur dan atom tidak dapat di dipisahkan dari pembelajaran Kimia. Materi materi ini selalu berhubungan dan berkaitan satu sama lain. Seperti halnya molekul tersebut yang berasal dari beberapa atom.

Untuk penjelasan kali ini akan saya bagi menjadi beberapa kategori yaitu pengertian molekul, jenis jenis molekul dan contoh molekul. Setiap sub menu akan saya jelaskan secara detail dan terperinci.

Baca juga : Pengertian Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah Beserta Perbedaannya

Pengertian Molekul

Definisi molekul ialah sekumpulan atom yang tersusun oleh dua atau lebih atom dengan ikatan kimia tertentu. Kumpulan atom tersebut akan membawa muatan yang stabil dan netral (tidak bermuatan listrik) hingga saling berhubungan dengan kuat. Hubungan antar atom ini akan membentuk bagian terkecil dari zat atau senyawa yang dapat berdiri sendiri. Selain itu adapula yang mengartikan molekul sebagai zat tunggal yang mengalami reaksi kimia hingga membentuk bagian sederhana serta berasal dari gabungan beberapa unsur, baik sejenis maupun tidak sejenis.

Berdasarkan pengertian molekul di atas dapat disimpulkan bahwa molekul terbentuk dari gabungan beberapa unsur dengan perbandingan tertentu, baik unsur sejenis ataupun tidak sejenis. Zat molekul dan zat atom memiliki hubungan yang sangat erat. Bahkan keduanya tidak dapat dipisahkan karena jika dalam sebuah zat terdapat molekul maka disitu juga terdapat atom didalamnya, begitu pula sebaliknya. Molekul tersebut merupakan susunan beberapa atom yang dihubungkan dalam ruangan elektron. Dalam ruangan tersebut terdapat dua kategori molekul yaitu molekul terkecil dan molekul terbesar. Molekul terkecil bernama Hidrogen Dyatomic (H2). Molekul ini memiliki jumlah total dua kali panjang ikat atau setara dengan 0,74 A. Sedangkan untuk molekul terbesar dapat dinamakan Supermolekul atau Makromolekul.

Jenis Jenis Molekul

Bentuk molekul pada umumnya adalah sangat kecil hingga tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Meski begitu kita dapat melihat molekul menggunakan mikroskop gaya atom maupun melalui hibridasi. Kemudian ilmu yang mempelajari hal hal tentang molekul disebut kimia molekuler dan fisika molekuler. Untuk ilmu kimia molekuler mempelajari hukum interaksi yang terjadi antar molekul. Sedangkan ilmu fisika molekuler mempelajari tentang aturan yang berhubungan dengan sifat dan struktur molekul. Molekul sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu molekul unsur dan molekul senyawa. Berikut penjelasan masing masing jenis molekul :

Baca juga : Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap

Molekul Unsur

Pengertian dan Jenis Jenis Molekul Beserta Contohnya
Contoh Molekul Unsur

Jenis molekul yang pertama ialah molekul unsur. Pengertian molekul unsur ialah molekul yang dibentuk dari gabungan beberapa unsur atau atom sejenis. Nama molekul ini diberikan dengan berdasar pada jumlah gabungan unsurnya. Contohnya dwiatom (gabungan 2 atom), triatom (gabungan 3 atom), tetraatom (gabungan 4 atom), dan molekul poliatomik (gabungan 3 atau lebih atom). Kemudian adapula contoh molekul unsur seperti H2 atau Hidrogen, O2 atau Oksigen, P4 atau Fosfor, O3 atau Ozon, dan lain sebagainya.

Molekul Senyawa

Pengertian dan Jenis Jenis Molekul Beserta Contohnya
Contoh Molekul Senyawa

Jenis molekul selanjutnya ialah molekul senyawa. Molekul senyawa ialah molekul yang dibentuk oleh gabungan unsur atau atom yang berbeda jenis. Seluruh jenis senyawa dapat dinamakan molekul, namun seluruh jenis molekul tidak dapat dinamakan senyawa. Contohnya Co berasal dari 1 atom karbon dan 1 atom oksigen, H2O berasal dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen, CO2 berasal dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, dan lain sebagainya.

Kita dapat menjumpai contoh molekul senyawa lainnya ketika proses pernafasan manusia. Proses tersebut berkaitan dengan molekul senyawa dan molekul unsur. Berikut reaksi kimianya : C6H12O6 + 6O2 diproses menjadi 6CO2 + Energi + 6H2O. Kemudian adapula reaksi kimia lainnya yang berupa Glukosa (Zat makanan) + Oksigen diproses menjadi Uap Air + Energi + Karbon Dioksida. Dalam reaksi kimia tersebut dapat kita lihat bahwa Glukosa diuraikan oleh Oksigen dan diproses hingga menjadi uap air, energi dan karbon dioksida. Energi yang terbentuk dari reaksi kimia ini digunakan sebagai sumber kekuatan dalam melakukan aktivitas setiap hari. Selain itu kita juga menjumpai peran molekul unsur dalam reaksi kimia diatas yaitu Oksigen. Kemudian yang termasuk molekul senyawanya ialah karbon dioksida, air dan glukosa.

Sekian penjelasan mengenai pengertian molekul, jenis jenis molekul dan contoh molekul. Semua jenis molekul tidak dapat dinamakan senyawa, namun semua senyawa dapat dinamakan molekul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *