Prediksi Soal UN dan UNBK SMP 2019 Beserta Pembahasannya

Diposting pada

Prediksi Soal UN dan UNBK SMP 2019 Beserta Pembahasannya – Sebentar lagi pelaksanaan UNBK 2019 tingkat SMP dan MTs akan dilaksanakan. Berbagai persiapan dan tes uji coba juga sudah mulai digalakan untuk memperlancar UN SMP 2019 nanti. Pihak sekolah sendiri juga sudah banyak yang mulai mempersiapkan siswanya menghadapi kumpulan soal UNBK SMP 2019 dengan memberikan pelajaran tambahan untuk mendapatkan hasil ujian nasional atau UN yang maksimal. Berbagai contoh soal UN SMP 2019 diberikan kepada murid kelas 3 baik smp maupun MTs demi hasil nilai yang memuaskan.

Ujian nasional berbasis komputer UNBK SMP sendiri juga memiliki porsi dalam menentukan kelulusan siswa meskipun tidak 100%. Namun meski demikian, hanya orang yang ditugaskan pemerintah untuk membuat soal UNBK SMP 2019 saja yang mengetahui apa saja materi dan soal yang akan keluar karena sejatinya soal UN SMP 2019 berstatus dokumen negara yang sangat rahasia.

Prediksi Soal UN dan UNBK SMP 2019 Beserta Pembahasannya
Prediksi soal UN dan UNBK SMP 2019

Meskipun Soal UNBK SMP 2019 masuk dalam kategori dokumen rahasia, namun setiap sekolah tentunya sudah diberikan kisi kisi UN SMP dan MTs 2019 tersebut. Dari Kisi kisi UNBK inilah akhirnya yang menjadi bahan acuan dan pedoman bagi guru untuk merumuskan butir butir prediksi soal UN SMP 2019. Bagi murid murid SMP dan MTs, prediksi soal UNBK SMP 2019 sangatlah penting sebagai bahan latihan agar mereka bisa lebih siap menghadapi ujian nasional yang sebenarnya. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa UNBK tingkat SMP dan MTs tersebut memuat beberapa mata pelajaran seperti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Meskipun tahun ini terdapat beberapa perbedaan dalam hal jawal pelaksanaan dan jumlah komposisi peserta ujiannya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa pembahasan soal UNBK SMP 2019 beserta kunci jawabannya.

Prediksi Soal UN dan UNBK SMP 2019 Beserta Pembahasannya

Pemerintah telah memberikan edaran terkait kebijakan pelaksanaan UNBK 2019. Baik UN maupun UNBK tersebut pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018 lalu. Yang membedakannya ialah butir soal UN SMP 2019 yang dirubah pertanyaannya dan nomor soalnya namun sejatinya tetap menggunakan pola soal dan pertanyaan yang sama. Soal UNBK SMP 2019 akan terdiri dari 100% pilah ganda (PG). Untuk penyusunan soal soalnya dilakukan oleh Pusat sebanyak 20-25% dan 75-80% nya dari setiap guru yang terdapat pada satuan pendidikan Forum (PGRI)

Baca juga : Prediksi Soal USBN SD 2019 Beserta Pembahasan dan Kunci Jawabannya

Untuk Soal UN SMP 2019 memang telah dipersiapkan oleh pemerintah sebanyak 100% pilihan ganda kecuali soal Matematika dan Paket C. Soal UNBK 2019 memang ada beberapa yang ditambahkan dengan soal uraian. Hal ini dikarenakan para siswa diharapkan dapat memiliki penalaran yang tinggi. Kemudian pelaksanaan UNBK SMP 2019 memang berbeda dengan tahun tahun sebelumnya (2018). Untuk tahun 2018 pelaksanaan UN SMP dan MTs digelar pada bulan Mei. Sedangkan tahun ini pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs akan digelar pada bulan April karena telah disesuaikan dengan waktu puasa Ramadhan.

UN SMP/MTs akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 April 2019 dan tanggal 10 – 13 Mei 2019 pelaksanaan UN Program Paket B (Wustha). Terlebih lagi sekarang kumpulan soal UNBK 2019 yang ada telah dikembangkan dalam bentuk soal berbasis komputer. Kebijakan Soal UN SMP 2019 berbasis komputer ini telah di keluarkan oleh Kemendikbud sesuai dengan hasil rapat Koordinasi Direktorat Kementrian Agama dan Balitbang. Untuk jenjang sekolah MTs akan ditargetkan melakukan pelaksanaan UNBK  85% dan 100% UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk Paket B.

Menyadari akan pentingnya ujian nasional 2019 ini, banyak siswa, guru hingga orang tua yang mencari prediksi soal UN SMP 2019 di buku buku, internet ataupun langsung bertanya kepada guru kelas terkait kisi kisi soal UN 2019. Untuk iitu saya akan membagikan beberapa latihan soal UNBK yang diprediksi akan keluar nantinya. Meskipun latihan soal ini tidak sepenuhnya sama, namun saya yakin tidak akan jauh berbeda/menyimpang dengan soal soal yang saya berikan.

Soal UNBK SMP 2019 Matematika

Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh latihan soal UN 2019 dari tahun tahun sebelumnya lengkap dengan kunci jawaban. Soal soal tersebut didasarkan pada presiksi  2019 yang akan diselenggarakan sebentar lagi.

Baca juga : Pembahasan Soal SBMPTN 2019 Semua Jurusan (Soshum dan Saintek)

Soal UN SMP 2019 Bahasa Indonesia

Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh latihan soal ujian nasional 2019 Bahasa Indonesia. Soal UNBK MTs ini disusun sesuai dengan prediksi atau kisi kisi yang diberikan oleh Permendikbud. Butir butir soalnya diperoleh dari soal soal UN Bahasa Indonesia pada tahun 2016, 2017 dan 2018.

Soal UNBK SMP 2019 Bahasa Inggris

Untuk tingkat SMP/MTs memang mata pelajaran yang diujikan bertambah yakni Bahasa Inggris. Meski termasuk bahasa asing, namun jika terus belajar dan berlatih soal soal ujian nasional 2019 yang ada maka anda pasti akan mudah dalam mengerjakannya. Berikut beberapa soal latihan UNBK Bahasa Inggris untuk tingkat SMP/MTs:

Soal UN SMP 2019 IPA

IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran terakhir yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Untuk soal UNBK SMP2019 kategori IPA terdiri dari 40 soal (35 soal PG dan 5 soal Uraian). Adapun beberapa contoh latihan soal ujian nasional ipa untuk tingkat SMP/MTs yaitu sebagai berikut:

Inilah beberapa contoh latihan soal UNBK SMP 2019 beserta pembahasan dan kunci jawaban yang dapat saya bagikan. Soal soal UNBK 2019 ini terdiri dari soal Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Pada dasarrnya kumpulan soal UN semua mapel tersebut dapat anda peroleh dengan mudah. Anda dapat mencarinya dibuku buku dan internet yang notabennya membahas tentang kumpulan prediksi soal UNBK beserta pembahasannya.

Yang perlu anda lakukan dalam menghadapi berbagai soal UNBK SMP 2019 yang keluar ini ialah terus berlatih soal soal UN pada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan soal ujian nasional nantinya tidak akan mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Kemudian dalam mengerjakan soal UN SMP 2019 tersebut, anda jangan terburu buru. Usahakan mengerjakan soal soal yang mudah terlebih dahulu agar tidak terlalu membuang buang waktu.

Baca Juga  Kumpulan Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD Semester 2 UAS

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.