6 Contoh Descriptive Text Tentang Tourism Place (Tempat Wisata)

Diposting pada

6 Contoh Descriptive Text Tentang Tourism Place (Tempat Wisata) – Ada banyak sekali jenis teks bahasa inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satunya adalah descriptive text yang notabenya berisi suatu penjelasan secara spesifik.

Contoh teks deskripsi bahasa inggris pun dapat kita temukan dalam berbagai tema. Mulai dari tempat wisata, hewan, tumbuhan, peristiwa, sampai orang sekalipun. Tujuan teks itu memang untuk menjelaskan atau lebih tepatnya mendeskripsikan suatu hal dengan lengkap. Teks descriptive juga sering dipakai untuk menjelaskan pemikiran yang terbayang di benak penulis.

6 Contoh Descriptive Text Tentang Tourism Place (Tempat Wisata)
Contoh teks deskripsi bahasa inggris tentang tempat wisata

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh descriptive text tentang tempat wisata atau tourism place. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini. Secara umum descriptive text memiliki ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri ini dapat digunakan untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya.

Contoh descriptive text tentang tempat wisata sebenarnya sangat mudah untuk dibuat sendiri. Jika bicara tentang deskripsi tempat wisata tentunya kita bisa menemukan berbagai inspirasi baik itu di kota kita maupun di luar kota, di indonesia maupun di luar negeri seperti contoh candi borobudur, candi prambanan, dan lain sebagainya.

6 Contoh Descriptive Text Tentang Tourism Place (Tempat Wisata)

Setiap orang pasti pernah pergi berlibur atau mengunjungi tempat wisata baik bersama keluarga, teman, atau pacar. Tanpa sadar, kita pasti sering mendeskripsikan tempat itu meskipun masih berkonsep angan-angan.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi teks deskripsi bahasa inggris hanya di jenjang sekolah menengah. Menurut saya cakupan materinya tidak terlalu banyak sehingga mudah untuk dikuasai. Kendati demikian, ternyata masih ada sebagian siswa yang merasa kesulitan menganalisa setiap aspek teks ini.

Untuk melatih kemampuan tak jarang guru menyuruh siswa menuliskan contoh descriptive text singkat tentang tema yang spesifik. Nah, inilah yang justru menjadi kendala karena tak semua mampu. Beruntung, internet menyediakan berbagai referensi yang bisa membantu kita memenuhi tugas sekolah. Apakah kalian sedang mendapat tugas demikian? jika iya maka saya sudah siapkan beberapa contoh teks deskripsi bahasa inggris.

Generic Structure of Descriptive Text

Dalam penyusunan descriptive text biasanya memperhatikan dua struktur penting yang terdapat didalamnya. Seperti halnya didalam contoh pada descriptive text tentang tempat wisata atau tourism place. Adapun struktur teks descriptive ini yaitu diantaranya:

  • Identifikasi ialah struktur descriptive text yang berisi pengenalan dan pengidentifikasian tentang sesuatu yang ingin dijelaskan.
  • Deskripsi ialah struktur descriptive text yang berisi penjelasan karakteristik, bagian bagiannya ataupun kualitasnya.

Dalam membuat contoh descriptive text tentang tempat wisata, orang dan sebagainya haruslah sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan ketentuan penulisan teks deskripsi bahasa inggris yang telah tertulis dalam buku pedoman siswa dan guru yang kita pakai di sekolah.

Di dalam descriptive text ini biasanya menggunakan Simple Present Tense, kata have maupun kata be. Agar anda lebih mudah memahami materi ini. Maka saya akan membagikan beberapa contoh teks deskripsi bahasa inggris tentang tempat wisata atau tourism place seperti di bawah ini.

Contoh Descriptive Text Tentang Borobudur Temple

Indonesia has several beautiful tourist resorts. One of them is Borobudur Temple, located in Central Java. Borobudur is even listed as one of the wonders of the world that deserves to be preserved. Borobudur is the largest work of art since ancient times and is famous throughout the world.

In the 8th century more precisely in the Syailendra Dynasty there had been the construction of this Borobudur Temple. The temple is the largest temple in the world which in its construction requires two million river rocks. In addition, many tourists visit this place after experiencing several restorations, both domestic and foreign tourists. Borobudur Temple is known for its elegance, relief story located on the wall and the beauty of the temple.

For many foreign tourists who visit the Borobudur Temple use the services of a travel agency so that it is more effective in terms of travel schedules, accommodation and transportation. As for many domestic tourists who use private cars or buses when visiting Borobudur Temple. At the temple location money exchange is also provided for foreign tourists. So they are easier to exchange money. Some foreign tourists also prefer to carry checks and credit cards rather than having to exchange money.

Arti dari contoh descriptive text candi borobudur :

Indonesia memiliki beberapa resor wisata yang indah. Salah satunya ialah Candi Borobudur yang letaknya di Jawa Tengah. Borobudur bahkan tercatat sebagai salah satu dari keajaiban dunia yang patut dilestarikan. Borobudur adalah karya seni terbesar sejak jaman dahulu dan terkenal dipenjuru dunia.

Pada abad ke 8 lebih tepatnya pada Dinasti Syailendra telah terjadi pembangunan Candi Borobudur ini. Candi tersebut merupakan kuil terbesar di dunia yang dalam pembangunannya membutuhkan dua juta batu sungai. Selain itu banyak wisatawan yang berkunjung ditempat wisata ini setelah mengalami beberapa restorasi, baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Candi Borobudur dikenal dengan keanggunannya, kisah relief yang terletak didindingnya dan keindahan candinya.

Untuk turis asing banyak yang berkunjung ke Candi Borobudur menggunakan jasa biro perjalanan sehingga lebih efektif dalam hal jadwal perjalanan, akomodasi maupun transportasinya. Sedangkan untuk wisatawan domestik banyak yang menggunakan mobil pribadi ataupun bus ketika berkunjung ke Candi Borobudur. Di lokasi candi juga disediakan penukaran uang untuk wisatawan asing. Sehingga mereka lebih mudah untuk menukarkan uangnya. Sebagian wisatawan asing juga lebih suka membawa cek dan kartu kredit dari pada harus menukarkan uangnya.

Baca juga : Contoh Iklan Bahasa Inggris Singkat Lengkap

Contoh Descriptive Text Tentang Eiffel Tower

The Eiffel Tower is an iron tower built since 1889 and is located on the Champ de Mars, Paris. This monument is one of the wonders of the world which is quite famous in the world and has become a global icon of France. This tower is visited by millions of people around the world so it is listed as the most popular paid monument. The tower is also the tallest building located in Paris. In 1889, Ir. Gustave Eiffel has designed and built the Eiffel tower as the entrance to the exhibition held for the world.

The Eiffel Tower has 81 floors with an altitude of 1,063 feet or 324 meters. Previously the highest tower was held by the Chrysler Building, New York City for 41 years since 1930. But in 1957, the top of the Eiffel tower was added with an antenna and became the tallest man-made tower in lieu of the Chrysler Building. In France, this tower became the second highest structure after the 2004 Millau Bridge.

The Eiffel Tower provides three levels for visitors. To climb into it, you must buy a ticket first. To get to the first and second levels, you can use lifts or stairs. Whereas to get to the third level or the highest level, you can use the elevator. The first and second levels of the tower are restaurants for resting or eating. The Eiffel Tower is often used as a place to film because it is the most prominent symbol in Paris and France

Artinya:

Menara Eiffel merupakan menara besi yang dibangun sejak tahun 1889 dan terletak di Champ de Mars, Paris. Monumen ini menjadi salah satu keajaiban dunia yang cukup terkenal di dunia dan telah menjadi ikon global dari Prancis. Menara ini banyak dikunjungi oleh jutaan orang didunia sehingga tercatat sebagai monumen berbayar paling populer. Menara ini juga menjadi bangunan paling tinggi yang terletak di Paris. Pada tahun 1889, Ir. Gustave Eiffel telah merancang dan membangun menara Eiffel sebagai pintu masuk pada pameran yang diselenggarakan untuk dunia.

Menara Eiffel memiliki 81 lantai dengan ketinggian 1.063 kaki atau 324 meter. Sebelumnya menara tertinggi dipegang oleh Gedung Chrysler, New York City selama 41 tahun sejak 1930. Namun pada tahun 1957, dibagian atas menara Eiffel ditambahkan dengan antena dan menjadi menara tertinggi buatan manusia sebagai pengganti Chrysler Building. Di Prancis, menara ini menjadi struktur tertinggi kedua setelah Jembatan Millau 2004.

Menara Eiffel menyediakan tiga tingkatan bagi pengunjungnya. Untuk naik kedalamnya, anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Untuk sampai ke tingkat pertama dan kedua, anda dapat menggunakan lift ataupun tangga. Sedangkan untuk sampai ke tingkat ketiga atau tingkat paling tinggi maka dapat menggunakan lift. Tingkat pertama dan kedua pada menara tersedia restoran untuk beristirahat ataupun makan. Menara Eiffel sering digunakan sebagai tempat syuting film karena menjadi simbol di Paris dan Prancis yang paling menonjol.

Contoh Descriptive Text Tentang Monas

Monas or National Monument is a monument that has been built since the days of Ir. Sokarno. Monas has the upper part in the form of a Freedom Box. The section symbolizes the effort and determination of the people to achieve the freedom of the Proclamation of Independence that occurred in August 1945. The monument has a section that forms a flame with a layer of gold of 35 kg. Monas building has a height of 137 meters with a layer of marble in parts. At the bottom there is a floor that is used for the meditation hall and used as a historic museum. This national monument is open to the public and is provided with an elevator for visitors who want to see the sights of the city through the top of the monas.

You can go early to see a scene that is not foggy and certainly not crowded. Monas also provides certain access for people who have special needs. The history of Indonesia is mostly explained on the floor of the underground room through diorama exhibitions. In 1961, President Soekarno had begun the construction of monas, but was not completed in 1975 and continued by President Soeharto. Inside the monument there are several museums namely the Contemplation Hall which contains recordings of speeches and original documents from the Declaration of Independence and there is also the room of The Freedom Hall which contains exposure to a series of Indonesian struggles through dioramas to achieve independence.

Baca juga : 4 Contoh News Item Text Singkat Beserta Strukturnya (Teks News Item)

Artinya:

Monas atau Monumen Nasional ialah monumen yang telah dibangun sejak jaman Ir. Sokarno. Monas memiliki bagian atas yang berbentuk Kotak Kebebasan. Bagian tersebut melambangkan adanya usaha dan tekad rakyat demi tercapainya kebebasan Proklamasi Kemerdekaan yang terjadi pada bulan Agustus 1945. Monas tersebut memiliki bagian yang bentuknya nyala api dengan lapisan emas sebesar 35 kg. Bangunan monas memilii ketinggian 137 meter dengan lapisan marmer pada bagian bagiannya. Di bagian bawah terdapat lantai yang digunakan untuk aula meditasi dan dijadikan sebagai museum bersejarah. Monumen nasional ini dibuka untuk umum dan disediakan lift bagi pengunjung yang ingin melihat pemandangan kota melalui puncak monas.

Anda dapat pergi lebih pagi untuk melihat pemandangan yang tidak berkabut dan tentunya tidak ramai. Monas juga menyediakan akses tertentu bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus. Sejarah Indonesia banyak dijelaskan pada lantai ruangan bawah tanah melalui pameran diorama. Pada tahun 1961, Presiden Soekarno telah memulai pembangunan monas, tetapi tidak selesai pada tahun 1975 dan dilanjutkan oleh Presiden Soeharto. Didalam monumen terdapat beberapa museum yaitu Aula Kontemplasi yang berisi rekaman pidato dan dokumen asli dari Deklarasi Kemerdekaan dan adapula ruangan The Freedom Hall yang berisi paparan serangkaian perjuangan Indonesia melalui diorama untuk mencapai kemerdekaan.

Contoh Descriptive Text Tentang National Park Way Kambas

Way Kambas National Park
Way Kambas National Park is located in Labuhan Ratu District, East Lampung. This national park is used as a refuge for elephants in the Lampung area. Taman Way Kambas has become the first school for elephants in Indonesia since 1985. Initially the National Park was named the Elephant Training Center or PLG, but after that it was renamed PKG or Elephant Conservation Center in recent years. PKG is useful as a place for conservation of elephants to be easily bred, tamed and trained. PKG has deployed 300 trained elephants throughout the country until now.

Way Kambas National Park is also used as a place for conservation of extinct animals such as forest, Sumatran rhinos, crocodile crocodiles, Sumatran elephants and Sumatran tigers. In that place there are also several plants such as Pandan, Api api, Nipah and Pidada. Way Kambas National Park, a part of the coast, is often found in several types of birds such as eastern birds, tongtong storks, king kuau, blue shades, and so on.

Artinya:

Taman Nasional Way Kambas
Taman nasional Way Kambas terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Taman nasional ini dijadikan sebagai tempat perlindungan gajah di daerah Lampung. Taman way kambas telah menjadi sekolah pertama untuk gajah di Indonesia sejah tahun 1985. Pada awalnya taman nasional tersebut bernama Pusat Latihan Gajah atau PLG, tetapi setelah itu namanya diganti menjadi PKG atau Pusat Konservasi Gajah pada beberapa tahun terakhir. PKG berguna sebagai tempat konservasi gajah agar mudah dikembangbiakan, dijinakan dan dilatih. PKG telah menyebarkan 300 ekor gajah terlatih diseluruh penjuru tanah air sampai sekarang.

Taman Nasional Way Kambas juga digunakan sebagai tempat konservasi hewan punah seperti mentok rimba, badak Sumatera, buaya sepit, gajah Sumatera dan harimau Sumatera. Di tempat itu juga terdapat beberapa tanaman seperti Pandan, Api api, Nipah dan Pidada. Taman Nasional Way Kambas bagian pesisir sering ditemukan beberapa jenis burung seperti burung pependang timur, bangau tongtong, kuau raja, sempindan biru, dan sebagainya.

Itulah kumpulan contoh descriptive text tentang tourism place yang dapat saya bagikan. Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Inggris ini telah saya sajikan lengkap dengan artinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh CV Bahasa Inggris Singkat Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.