Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya

Diposting pada

Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya Kehidupan manusia di dunia tidak dapat dilepaskan dari unsur adat istiadat dan kebudayaan. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan ciri khas dan identitas setiap orang. Maka dari itu kebudayaan dianggap penting dalam sebuah masyarakat. Tidak heran jika terdapat golongan atau kelompok masyarakat yang memiliki budayanya masing masing. Lalu apa definisi kebudayaan itu? Apa saja unsur unsur kebudayaan tersebut? Berdasarkan bahasa Sansekerta, kata kebudayaan berarti “Buddhayah yang maknanya sesuatu yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Maksudya akal dan budi manusia ini dijadikan sebagai alat dalam melangsungkan kehidupannya.

Budaya adalah hal yang dapat dijadikan sebagai ciri khas suatu bangsa. Hal ini dikarenakan kebudayaan masing masing bangsa berbeda. Di lain sisi, anda juga harus mengetahui apa itu kebudayaan terlebih dahulu sebelum memahami lebih dalam mengenai budaya tersebut. Lantas apa yang dimaksud kebudayaan itu? Apa saja unsur unsur yang terdapat dalam kebudayaan?

Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya
Kebudayaan
Definisi kebudayaan menurut para ahli

Kebudayaan yang dimiliki oleh setiap orang bersifat turun menurun dan terus diwariskan dari generasi jaman dahulu ke generasi selanjutnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kebudayaan beserta unsur unsur kebudayaan yang terdapat didalamnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kebudayaan Beserta Unsur Unsurnya

Pada dasarnya masing masing negara di dunia ini memiliki kebudayaan yang berbeda. Misalnya saja bangsa Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan. Kebudayaan itu merupakan ciri khas dari bangsa tersebut. Namun apakah anda tahu apa itu kebudayaan? Apa saja unsur unsur dalam kebudayaan tersebut?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebudayaan telah diperkenalkan kepada anak ketika ia belajar dibangku sekolah. Kebudayaan ini masuk ke dalam materi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, baik dalam cabang sosiologi, geografi dan sebagainya.

Untuk pembahasan kali ini akan saya bagi menjadi dua sub menu yaitu definisi kebudayaan dan unsur unsur kebudayaan. Seperti yang kita ketahui bahwa budaya merupakan ciri khas dan identitas bagi masing masing orang. Maka dari itu budaya memiliki peran penting dalam sebuah negara. Dibawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai kebudayaan yaitu:

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Pengertian Kebudayaan

Definisi kebudayaan secara umum ialah hasil dari karsa, rasa dan cipta manusia yang dilakukan untuk mencukui kebutuhan hidupnya dalam kompleks seni, pengetahuan, hukum, keyakinan, susila dan sebagainya. Selain pengertian secara umum, adapula pengertian dari kebudayaan menurut beberapa ahli. Berikut penjelasan kebudayaan menurut beberapa ahli:

Andreas Eppink

Pengertian kebudayaan menurut Andreas Eppink ialah hal hal yang didalamnya terdapat pengertian ilmu pengetahuan, nilai sosial dan normal sosial secara menyeluruh serta keseluruhan dari struktur religius, sosial dan sebagainya. Andreas Eppink juga menyatakan bahwa kebudayaan merupakan segala hal yang berkaitan dengan artistik dan intelektual dalam masyarakat beserta ciri khasnya.

Edward Burnett Tylor

Definisi kebudayaan menurut Edward Burnett Tylor ialah keseluruhan hal yang bersifat kompleks seperti kepercayaan, pengetahuan, hukum, kesenian, moral, adat istiadat, hukum dan kemampuan lain dalam diri seseorang sebagai anggota masyarakat.

Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat ialah tindakan dari seluruh manusia dalam memperoleh hasil melalui pembelajaran dalam kehidupan bermasyarakat.

Unsur Unsur Kebudayaan

Kebudayaan memiliki unsur yang dinamakan “Culture Universal”. Unsur unsur kebudayaan tersebut meliputi unsur kecil dan unsur besar. Unsur kebudayaan ini bersifat umum karena kebudayaan dapat kita temukan dibelahan dunia manapun seperti tempat tinggal, pakaian, dan sebagainya. Adapula unsur unsur dari kebudayaan menurut beberapa orang sarjana yaitu:

Baca juga : Stratifikasi Sosial (Pengertian, Ciri, Macam, dan Proses Pembentukan)

Bronislaw Malinowski

Unsur unsur kebudayaan menurut Bronislaw Malinowski yaitu meliputi:

  • Sistem norma yang sesuai dengan alam sekelilingnya sehingga tercipta kerjasama antar anggota masyarakat.
  • Organisasi dalam bidang ekonomi.
  • Petugas atau lembaga pendidikan beserta alatnya. Misalnya lembaga pendidikan yang paling utama ialah keluarga.
  • Organisasi dalam kekuatan politik.

C. Kliucckhohn

Unsur unsur pada kebudayaan menurut C. Kliucckhohn yaitu meliputi:

  • Bahasa
  • Sistem mata pencaharian hidup.
  • Sistem pengetahuan.
  • Sistem teknologi dan peralatan.
  • Kesenian.
  • Upacara keagamaan.
  • Sistem organisasi kemasyarakatan.
  • Sistem religi.

Herskovits

Unsur unsur kebudayaan menurut Herskovits sifatnya turun temurun, mulai dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Unsur tersebut dinamakan superorganik.

Kebudayaan tersebut juga menganut sistem akulturasi, dimana budaya yang dibawa dapat diterima masyarakat dengan mudah ataupun bahkan dapat ditolak. Kebudayaan tersebut biasanya bersifat asing. Kemudian timbullah unsur unsur kebudayaan asing yang mudah diterima dan sulit diterima masyarakat.

Unsur Kebudayaan Asing yang Mudah Diterima

Dibawah ini terdapat beberapa unsur pada kebudayaan asing yang mudah diterima masyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Unsur kebendaan dalam kebudayaan. Misalnya peralatan yang dapat digunakan dengan mudah dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang menerimanya.
  • Unsur yang terbukti yaitu unsur kebudayaan yang memiliki manfaat besar. Misalnya radio transistor yang berguna dalam alat media dan mass.
  • Unsur yang sesusai dengan keadaan masyarakat yang menerimanya. Misalnya pengetahuan teknik sederhana dan mesin penggiling padi menggunakan biaya yang murah. Mesin tersebut dapat digunakan dalam pabrik penggilingan.

Unsur Kebudayaan Asing yang Sulit Diterima

Dibawah ini terdapat beberapa unsur pada kebudayaan asing yang sulit diterima masyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Unsur yang berhubungan dengan sistem kepercayaan, misalnya filsafah kehidupan, ideologi dan sebagainya.
  • Unsur yang mempelajari taraf proses sosialisasi yang pertama. Misalnya makanan pokok dalam sekelompok masyarakat.

Sekian penjelasan mengenai pengertian kebudayaan dan unsur unsur kebudayaan lengkap. Kebudayaan ialah jati diri dan ciri khas dalam diri seseorang sebagai anggota masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian, Faktor dan Bentuk Mobilitas Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.