30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Diposting pada

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap) – Macam macam seni dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti seni tari, seni musik, seni teater dan sebagainya. Adapun salah satu seni yang cukup populer dikalangan masyarakat luas yakni seni tari. Pengertian seni tari secara umum ialah cabang seni yang berhubungan erat dengan kebudayaan Nusantara. Seni tari tersebut ikut berkembang pesat seperti halnya jenis seni lainnya. Meskipun zaman sekarang telah banyak berkembang seni seni tari modern.

Seni tari tersebut memiliki ciri khas tertentu yang menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya ekspresi wajah, gerakan kaki atau tangan, busana, lirikan mata dan hal hal yang ada kaitannya dengan keelokan. Apakah anda tahu apa pengertian seni tari menurut para ahli itu? Definisi seni tari ini memang cukup luas, karena dapat didefinisikn secara umum maupun para ahli.

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)
Seni Tari Nusantara

Seni tari pada dasarnya dilakukan dengan gerakan yang baik sehingga niat para penontonnya untuk ikut menari dapat dibangkitkan. Kesenian menari tersebut memang sangat menarik dan membuat semua orang penasaran akan apa yang terdapat didalamnya. Seni tari dapat diartikan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yakni seni gerak gerik atau tari menari yang menggunakan irama. Adapula yang mengartikan seni tari sebagai gerak tubuh di waktu dan tempat tertentu yang berirama untuk menjelaskan pikiran, perasaan, maksud dan untuk kepentingan dalam bergaul. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa pengertian seni tari menurut para ahli lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Kita tahu bahwa seni di Indonesia sendiri cukup luas cakupannya. Maka dari itu seni dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah seni tari. Apakah anda tahu apa saja jenis jenis seni tari itu? Apakah anda tahu apa definisi seni tari itu?

Pengertian dari seni tari tidak hanya secara umum saja, melainkan juga menurut beberapa pendapat para ahli. Masing masing ahli seni tersebut mengutarakan arti seni tari yang berbeda beda. Adapun penjelasan lengkap mengenai pengertian seni tari menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap

Aristoteles (384 – 322 SM)

Definisi seni tari menurut Aristoteles adalah tindakan sebuah gerak ritmis yang menggambarkan karakter manusia. Aristoteles merupakan filsuf Yunani yang tertarik pada ilmu politik, fisika dan biologi. Ketertarikan Aristoteles tidak hanya itu saja, tetapi juga pada dunia seni seperti musik, puisi maupun teater.

John Weaver (1673 – 1760)

Definisi seni tari menurut John Weaver ialah gerak gerak elegan yang teratur dan dibentuk dari harmonisasi postur tubuh yang dilawan secara anggun serta dengan keelokan sikap. John Weaver sendiri adalah bapak pantomin (menurut sejarah Inggris), master koreografis serta tari balet yang berasal dari Inggris.

Curt Sachs (1881 – 1959)

Pengertian seni tari menurut curt sachs adalah gerak berirama yang mengandung nilai estetika untuk mengungkapkan jiwa manusia. Curt Sachs merupakan pakar musik yang berasal dari Jerman. Bahkan sejak usia belia, Sachs telah mempelajari bidang musik. Pada tahun 1937, Sachs menerbitkan sebuah buku khusus seni tari yang judulnya “Word History of the Dance”.

Judith Mackrell

Definisi seni tari menurut Judith Mackrell ialah sebuah gerak gerik ritmis tubuh yang dilaksanakan dalam ruangan dan diiringi musik sehingga dapat memberikan kesenangan semata, sarana ekspresi emosi atau ide, dan untuk melepaskan energi. Mackrell merupakan kritikus tari yang banyak menulis artikel mengenai seni gerak pada tubuh. Bahkan pada tahun 2017, terdapat salah satu artikel berjudul Dance pernah di unggah ke Media Online Britannica.com. 

Atik Soepandi (1944)

Definisi seni tari menurut Atik Soepandi adalah gerak gerik ritmis yang menggunakan melodi indah untuk mengekspresikan jiwa manusia. Sejak tahun 1970 sampai 2000, Atik Soepandi aktif dalam bidang seni. Bahkan beliau terkenal dengan daya tariknya terhadap bidang seni daerah seperti musik tradisional.

Baca juga : Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Corrie Hartong (1906 – 1991)

Pengertian seni tari menurut Corrie Hartong ialah gerak gerik tubuh yang dilakukan dalam sebuah ruangan dan ditambahkan dengan nuansa ritmis. Hartong merupakan pakar tari yang terkenal sebagai guru koreografer dan guru tari dari Belanda. Pada tahun 1931 beliau mendirikan sekolah tari miliknya sendiri dengan nama Rotterdam School of Dance.

Yulianti Parani (1939)

Definisi seni tari menurut Yulianti Parani adalah gerak ritmis seluruh atau sebagian tubuh yang menggunakan ide atau ekspresi tertentu untuk dilakukan dengan pola kelompok atau individual. Parani adalah sejarawan atau koreografer yang lahir pada tahun 1939 di Jakarta. Sejak usianya 11 tahun, Parani sudah mengenal tentang tari balet dan ketika di Indonesia beliau mengembangkan tarian balet tersebut. Bahkan pada tahun 1957, Parani telah mendirikan sekolah baletnya sendiri dengan nama Nritya Sundara.

Bagong Kussudiarja (1928 – 2004)

Definisi seni tari menurut Bagong Kussudiarja ialah sebuah seni untuk alat ekspresi manusia melalui gerak gerak ritmis. Bagong Kussudiarja adalah seorang pelukis sekaligus koreografer dari Indonesia. Sejak tahun 1954, Bagong telah terjun dalam dunia seni tari. Pada tahun 1958, beliau juga mendirikan pusat latihan tari atau PLT.

Enoch Atmadibrata (1927 – 2011)

Pengertian seni tari menurut Enoch Atmadibrata adalah sikap tubuh yang disusun sesuai gerak dan irama dalam sebuah ruang. Atmadibrata merupakan pakar seni dari Garut yang terkenal dengan karya koreografinya. Bahkan pada tahun 2003, beliau memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa penghargaan Satya Lencana Kebudayaan.

Drs. I Gede Ardika (1945)

Definisi seni tari menurut Drs. I Gede Ardika ialah sesuatu yang digunakan untuk menyatukan banyak hal sehingga masing masing orang dapat menyelaraskan dan menyesuaikan dirinya dengan gerakan. Pada masa Kabinet Gotong Royong, beliau merupakan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan pada tahun 2000 – 2011. 

Walter Sorells

Definisi seni tari menurut walter sorells adalah mengolengkan tubuh dengan iringan musik ataupun dengan irama tertentu. Sorells adalah seorang penulis. Beliau aktif dalam menulis karya dalam bidang budaya dan tari sejak tahun 1950 sampai 1966.

Hawkins

Pengertian seni tari menurut hawkins ialah gerakan yang berasal dari imajinasi penciptanya untuk media ekspresi jiwa manusia.

Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff

Definisi seni tari menurut Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff adalah penggambaran reaksi jiwa seseorang mengenai masalah dan konfilik dunia modern yang berbentuk seni ekspresionostis. Kedua pakar seni ini sangat mencintai dunia seni tari. Sejak tahun 1965, Paulay dan Bartenieff bergabung ke Lomax.s Performance Style Project dan melakukan kontribusi pada tahun 1968 untuk mempublikasikan sebuah buku. 

Kealiinomohoku

Definisi seni tari menurut Kealiinomohoku ialah seni pertunjukan ekspresi sesaat yang didigerakkan dalam ruang menggunakan gaya dan bentuk tertentu melalui tubuh manusia. Kealiinomohoku adalah seorang ahli tari yang berperan dalam bidang antropologi.

Judith Lynne Hanna (1936)

Pengertian seni tari menurut Judith Lynne Hanna adalah seni plastis yang tampak sepintas melalui gerakan visual. Hanna merupakan ahli bidang antropologi dan banyak melakukan kontribusi dalam bidang seni. Bahkan beliau pernah menerbitkan karyanya dalam bentuk buku di Kanada, Belanda, Bergia, Perancis dan sebagainya.

M. A. Theodora Retno Maruh (1947)

Definisi seni tari menurut M. A. Theodora Retno Maruh ialah karya seni yang tidak dapat memiliki sifat kontemporer sekalipun. Beliau merupakan koreografer sekaligus maestro tari Jawa Klasik yang menggunakan tarian bergaya Surakarta.

Waterman

Definisi seni tari menurut Waterman adalah gerakan tubuh yang menggunakan distilasi dan pola kultural secara artistic.

Kamala Devi Chattopadhyaya (1903-1988)

Pengertian seni tari menurut Kamala Devi Chattopadhyaya ialah sebuah desakan emosi atau insting untuk mendorong seseorang dalam melakukan gerakan ritmis untuk menemukan ekspresi dalam diri manusia itu sendiri. Kamala cukup dikenal di India dan diseluruh dunia sebagai tokoh reformasi. Beliau memiliki keahlian dalam bidang seni dan aktif dalam bidang sosial. 

La Meri (1898 – 1988)

Definisi seni tari menurut La Meri adalah ekspresi simbolis yang dimasukkan dalam bentuk nyata sehingga wujudnya dapat lebih tinggi. La Meri merupakan seorang ahli dalam bidang koreografi, guru dan tari etnis Amerika. Beliau mendalami seni tari seperti tari balet sejak usia muda.

Baca juga : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

M. Jazuli

Definisi seni tari menurut M. Jazuli ialah gerakan tubuh yang diiringi dengan musik sehingga iramanya selaras sehingga dapat digunakan untuk menggambarkan tujuan dan maksud tertentu.

S. Humardani

Pengertian seni tari menurut S. Humardani adalah gerakan yang indah dan ritmis untuk sarana ekspresif.

Soedarsono (1933)

Definisi seni tari menurut Soedarsono ialah gerak gerak yang ritmis dan indah untuk mengungkapkan ekspresif jiwa manusia. Beliau adalah guru besar sejarah budaya dan seni di Universitas Gajah Mada dalam Fakultas Ilmu Budaya. Soedarsono adalah seniman yang berasal dari Indonesia.

Andre Levinson (1887 – 1933)

Definisi seni tari menurut Andre Levinson adalah gerak tubuh yang telah ditentukan menggunakan mekanisme dan ritme tertentu secara berkelanjutan melalui ruang. Levinson adalah jurnalis tari yang berasal dari Perancis.

Soeryodiningrat

Pengertian seni tari menurut Soeryodiningrat ialah gerak anggota tubuh yang diiringi dengan irama gamelan atau bunyi tertentu sehingga tujuan dan maksud tarinya dapat selaras.

Margaret H’Doubler (1889 – 1982)

Definisi seni tari menurut Margaret H’Doubler adalah ekspresi keadaan perasaan yang dibentuk dalam gerak ritmis bernilai estetis dan dirancang secara sadar dalam bentuk lambang gerakan sehingga menciptakan kepuasan dalam pengalaman ulang, komunikasi, penciptaan bentuk, ungkapan dan pelaksanaan.

Suadarsa Pringgo Broto

Definisi seni tari menurut Suadarsa Pringgo Broto ialah bentuk gerakan tubuh yang sesuai dengan ketentuan ruang.

Suryo

Pengertian seni tari menurut Suryo adalah perwujudan ekspresi subjektif yang berbentuk obyektif.

Franz Boas (1858 – 1942)

Definisi seni tari menurut Franz Boas ialah gerak gerak di kaki dan tungkai, lambaian lengan, gerak ritmis di setiap bagian tubuh, serta gerak dari kepala atau torso. Boas adalah ahli bidang antropologi yang berasal dari blasteran Jerman dan Amerika. Boas juga aktif dalam kontribusi di dunia seni tari.

Susanne Langer (1895 – 1985)

Definisi seni tari menurut Susanne Langer adalah gerakan tubuh manusia untuk dinikmati dalam bentuk ekspresif. Langer adalah penulis dan filsuf yang berasal dari Amerika.

Dr. J Verkuyl (1908 – 2001)

Pengertian seni tari menurut Dr. J Verkuyl ialah penyusunan gerak gerak anggota tubuh sampai berirama hingga sedemikian rupa.

John Martin (1893 – 1985)

Definisi seni tari menurut John Martin adalah perwujudan gerakan sebagai awal dari pengalaman hidup manusia. Sejak tahun 1927, Martin mulai berkarir sebagai kritikus tari.

Sekian penjelasan mengenai beberapa pengertian seni tari menurut para ahli lengkap. Seni tari secara umum dapat diartikan sebagai cabang seni yang berhubungan erat dengan kebudayaan Nusantara dalam bentuk gerak gerik atau tari menari menggunakan irama. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.