Pengertian Prolog, Dialog, Monolog dan Epilog Bahasa Indonesia

Diposting pada

Pengertian Prolog, Dialog, Monolog dan Epilog Bahasa Indonesia – Dalam Bahasa Indonesia istilah mengenai prolog, dialog, monolog dan epilog sering dikaitkan dengan dunia sastra terutama bidang fiksi. Karena namanya yang hampir sama, membuat sebagian orang salah dan bingung mengartikan istilah istilah tersebut. Lalu apa yang dimaksud prolog? Apa pengertian dialog? Apa itu monolog? Apa definisi epilog? Istilah istilah ini dapat kita jumpai dalam karya sastra seperti drama.

Makna dari Prolog, Dialog, Monolog dan Epilog
Makna dari Prolog, Dialog, Monolog dan Epilog

Penggunaan istilah tersebut tentunya mendukung pelaksanaan sebuah drama menggunakan Bahasa Indonesia. Cara menyusun sebuah drama menjadi karya pun tidak mudah karena harus melewati berbagai tahapan. Nah, tahapan itu terdiri dari prolog, dialog, monolog dan juga epilog. Apakah anda tahu definisi masing-masing tahapan drama di atas? Tahapan tahapan dalam drama ini memiliki makna serta karakteristik berbeda. Sayangnya, tak semua siswa mampu mengidentifikasinya karena masih kurang pengetahuan.

Pengertian Prolog, Dialog, Monolog dan Epilog Bahasa Indonesia

Istilah prolog, dialog, monolog dan epilog dalam drama (sastra lisan) sering dikaitkan dengan istilah lain yang bermunculan seperti adegan, pantomim, gestur, gait, ilustrasi, babak, kontemporer, mimik, bloking, improvisasi, pantomimik dan sebagainya. Namun penggunaan istilah prolog, dialog, monolog dan epilog juga berguna dalam sastra tulisan seiring berkembangnya jaman. Misalnya prosa, novel dan sebagainya.

Di lain sisi, bahasa memang penuh dengan cabang dan sub topik yang terkadang membuat kita bingung. Contohnya saja sebuah teks jika dilihat dari gaya pembacaan bisa dikategorikan monolog dan dialog. Sedangkan dari strukturnya bisa dibagi menjadi prolog dan epilog. Lantas apa bedanya keempat sub kategori tersebut?

Perlunya pemahaman dalam gaya penyampaian suatu teks memang sangat diperlukan. Terlebih lagi jika kita masih duduk di bangku sekolah seperti SMA. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang definisi prolog, pengertian dialog, pengertian monolog, dan pengertian epilog. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Prolog

Definisi prolog ialah pengantar naskah yang berisi satu atau beberapa pendapat dan keterangan dari pengarang tentang cerita yang akan ditampilkan. Selain itu prolog juga dapat diartikan sebagai peristiwa pendahulu atau pendahuluan. Prolog berguna untuk menguraikan dan menerangkan keadaan.

Penyusunan prolog bertujuan untuk membuat isi sebuah tulisan atau drama diminati oleh pembaca atau penontonnya. Maka dari itu prolog dalam sebuah drama biasanya berisi sebuah konflik yang terdapat dalam cerita, pengenalan tokoh, maupun sinopsis lakon

Pengertian Dialog

Pengertian dialog ialah sebuah percakapan dengan makna tertentu yang dilakukan oleh dua pemain atau lebih sehingga jalan ceritanya sesuai dengan tujuan. Fungsi dari dialog cukup banyak dalam menulis fiksi atau karya sastra tulisan. Adapun fungsinya yaitu membuat karakter di setiap tokoh bermunculan dan menerangkan tentang percakapan diantara para tokohnya.

Baca Juga  6 Contoh Surat Keterangan Mahasiswa Aktif Kuliah (Terlengkap)

Selain itu dialog juga berguna untuk membuat perbedaan budaya di setiap tokoh menjadi bermunculan. Contohnya perbedaan logat dalam bahasa percakapan atau dialeknya. Bahkan dialog juga digunakan untuk menggambarkan latar (setting) dari ceritanya.

Pengertian Monolog

Setelah membahas tentang pengertian prolog dan definisi dialog pada sesi sebelumnya. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian monolog bahasa indonesia secara singkat. Monolog ialah pelaksanan percakapan kepada diri sendiri oleh tokoh tunggalnya.

Bentuk monolog dapat berupa percakapan dalam hati yang terdapat dalam dirinya sendiri maupun percakapan ketika sedang bercermin melihat diri sendiri. Monolog berfungsi untuk menjelaskan harapan tentang sesuatu hal yang diinginkan oleh tokoh. Selain itu monolog juga dapat berupa penyesalan, angan angan, ataupun emosional tokoh.

Pengertian Epilog

Pengertian epilog ialah kata penutup yang berguna untuk menjelaskan bahwa cerita tersebut telah berakhir. Pada umumnya isi epilog berupa kesimpulan, pelajaran dan amanat yang dapat diambil dari dalam cerita itu. Selain itu dalam karya sastra juga harus memiliki sebuah epilog sehingga hikmah dari konflik dan penyelesaian yang terdapat dalam ceritanya dapat diambil oleh penonton atau pembaca.

Selain itu epilog juga sering memunculkan kalimat kalimat bijak di dalamnya. Epilog berfungsi untuk memberikan komentar, inti dan hikmah dari cerita yang ditampilkan. Epilog tidak hanya berguna sebagai penutup, tetapi juga untuk menerangkan refleksi hidup dan kehidupan, pesan moral, serta tata nilai yang diceritakan.

Kesimpulan

Semua istilah dalam karya sastra bahasa indonesia memang terdengar hampir sama. Tapi ketahuilah bahwasanya masing-masing memiliki definisi berbeda. Dari penjelasan di atas kita pun bisa mengelompokkan istilah itu menjadi dua kategori utama.

Alur Cerita

Prolog dan epilog adalah istilah yang merepresentasikan alur cerita yang dipakai pada karya sastra. Prolog artinya adalah pembukaan sedangkan epilog artinya adalah penutup. Nah, untuk menciptakan prolog dan epilog yang baik maka sang pengarang pun harus menyusun suatu percakapan.

Percakapan

Dialog dan monolog merupakan suatu percakapan yang terjadi pada sebuah cerita. Dialog adalah suatu percakapan yang terjadi antara dua orang ataupun lebih. Sedangkan monolog mengacu pada percakapan yang terjadi pada diri sendiri. Singkatnya, perbedaan antara dialog dan monolog terletak pada partisipannya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian prolog, pengertian dialog, pengertian monolog, dan pengertian epilog. Istilah istilah ini dapat digunakan dalam membuat sebuah karya sastra lisan maupun tulisan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.