Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Diposting pada

Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 terdapat materi pembahasan mengenai pidato. Pidato sendiri merupakan sebuah ungkapan pikiran secara logis dan jelas didepan banyak orang. Pidato tersebut masih termasuk dalam teks eksposisi karena jika dilihat dari satu sudut pandang terdapat argumen yang disajikan untuk membuat pendengar atau pembacanya menjadi lebih yakin. Untuk itulah pidato masih memiliki hubungan dengan teks eksposisi. Pidato pada dasarnya memiliki tujuan utama yakni membuat audiens menjadi yakin untuk melakukan suatu hal. Inilah tujuan dan maksud pembuatan pidato.

Seperti yang kita ketahui bahwa pidato terdiri dari beberapa bagian seperti salam pembuka, pembuka, isi, dan sebagainya. Masing masing bagian ini memiliki bagian isi yang berbeda beda. Pidato tersebut biasanya dilakukan oleh seseorang yang dianggap penting dan dipercaya untuk berpendapat di depan umum. Hal ini sesuai dengan pengertian pidato secara umum yaitu sebuah kegiatan di depan khalayak umum untuk berbicara dengan susunan kata yang baik sehingga gagasan, petunjuk, pernyataan, nasihat dan ide tertentu dapat disampaikannya. Selain itu teks pidato juga sering digunakan untuk soal soal ujian, baik ujian sekolah maupun Nasional. Lantas bagaimana bentuk contoh soal teks pidato kelas 9 itu?

Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya
Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Teks Pidato

Biasanya contoh soal pidato kelas 9 pilihan ganda dapat berbentuk pertanyaan mengenai bagian bagian pidato, contoh kalimat dalam salah satu bagian pidato, bentuk kalimat pidato yang benar dan masih banyak lagi. Maka dari itu anda harus memahami betul maksud dan tujuan dari teks pidato sebelum lanjut ke tahap pengerjaan soal soalnya. Meskipun teks pidato tersebut tergolong sederhana, namun jika anda kurang teliti bisa jadi malah mengecoh dan jawaban yang anda berikan menjadi salah. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal teks pidato kelas 9 pilihan ganda beserta jawabannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Kita tahu bahwa teks pidato merupakan salah satu teks Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di depan umum untuk menyampaikan orasi atau pembicaraan mengenai gambaran dan pernyataan tentang sesuatu hal. Biasanya orang yang dianggap penting akan diberikan kesempatan untuk melakukan pidato tentang sesuatu hal, dimana pandangan dan penyataannya akan disampaikan dengan cara orasi. Contohnya pidato kenegaraan, pidato sambutan acara, pidato memperingati hari besar dan sebagainya.

Baca juga : Kumpulan Soal Pelajaran Agama Kelas 4 UTS Semester 1 Beserta Jawabannya

Teks pidato Bahasa Indonesia pada umumnya memiliki ciri ciri tersendiri untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun beberapa ciri teks pidato yaitu memiliki tujuan yang jelas, topik  yang disampaikan dalam isi pidato jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami pendengarnya, serta menggunakan volume, artikulasi dan intonasi yang jelas pula. Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal teks pidato kelas 9 yang akan saya bagikan beserta kunci jawabannya. Contoh soal pidato ini saya sajikan dalam bentuk Pilihan Ganda (PG) sebagai bahan referensi untuk menghadapi ujian nantinya. Adapun beberapa contoh soalnya yaitu sebagai berikut:

1. Pada pertemuan kali ini kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan karunianya, kita dapat berkumpul pada siang hari ini tanpa kekurangan sesuatu apapun.
Bagian pidato diatas selain mengungkapkan rasa syukur juga menyatakan bentuk rasa . . .
a. Terima kasih kepada tuan rumah
b. Tujuan pidato
c. Pujian kepada Tuhan
d. Undangan kepada para tamu
Jawaban Contoh Soal Pidato #1 : C 

2. Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan. Apabila ada salah kata saya mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.
Cuplikan pidato di atas termasuk dalam bagian . . .
a. Penutup
b. Isi
c. Salam pembuka
d. Pendahuluan
Jawaban Soal Teks Pidato #2 : A

3. Para tamu undangan yang saya hormati,
Berdirinya saya disini sebagai wakil teman teman sekalian untuk menyampaikan beberapa patah kata selama bersekolah disini. Selama bersekolah disini, kami diberikan bimbingan oleh Bapak/Ibu guru dengan penuh kesabaran. Kami diberikan pengajaran tentang budi pekerti, ilmu pengetahuan dan keterampilan. Mudah mudahan apa yang diberikan selama ini dapat menjadi bekal kami dimasa mendatang.
Dalam cuplikat pidato di atas terdapat ungkapan rasa . . .
a. Permintaan maaf
b. Terima kasih
c. Rasa syukur
d. Harapan
Jawaban Contoh Soal Teks Pidato #3 : D

4. Para hadirin sekalian.
Tumbuh tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat biasanya dinamakan dengan apotek hidup. Tumbuhan jenis ini dapat ditanam di halaman rumah. Apotek hidup tersebut dapat dijadikan sebagai obat tertentu seperti penyakit malaria dapat disembuhkan dengan daun pepaya dan sebagainya.
Kutipan isi pidato di atas membahas tentang . . .
a. Contoh tumbuhan apotek hidup di halaman rumah
b. Pengertian dan manfaat apotek hidup
c. Ajakan untuk menanam tanaman apotek hidup
d. Daun pepaya dapat menyembuhkan malaria
Jawaban Contoh Soal Pidato #4 : B

5. Perhatikan cuplikan teks pidato di bawah ini!
Bapak/Ibu Guru yang kami hormati dan cintai. 
Berdirinya saya disini mewawili teman teman semua berkenaan untuk menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya atas pengajaran dan didikan Bapak/Ibu Guru hingga saat kelulusan sekarang ini.
Untuk mengawali isi pidato di atas, alangkah baiknya menggunakan kalimat pembuka seperti di bawah ini . . .
a. Marilah kita berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pidato ini.
b. Sebelum pidato saya ini dimulai, saya akan menyampaikan beberapa patah kata kepada rekan rekan semua.
c. Pertama tama marilah kita panjantkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa.
d. Para hadirin sekalian, sepatutnya kita harus bersyukur kepada Tuhan Pencipta alam ini.
Jawaban Soal Teks Pidato #5 : C

Baca juga : Contoh Soal Pelajaran PJOK Kelas 3 SD Semester Genap Beserta Jawabannya

6. Perhatikan penggalan teks pidato di bawah ini!
. . .
Seperti yang telah kita ketahui bahwa akhir masa kerja Bapak Rahmat di sekolah ini sudah tidak lama lagi. Beliau akan pergi ke luar daerah dan meninggalkan sekolah ini untuk ke tempat baru.
. . .
Pidato di atas dapat disisipkan kalimat pembuka yang tepat seperti . . .
a. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, bila ada beberapa patah kata yang tidak berkenan dihati mohon dimaafkan.
b. Jasa baik Bapak Rahmat selama ini sudah sepatutnya kita kenang atas kesabaran dan ketelatenan beliau mendidik dan mengajar kita selama ini.
c. Semoga di tempat yang baru Bapak Rahmat selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu.
d. Marikan pita haturkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di aula sekolah ini.
Jawaban Contoh Soal Teks Pidato #6 : D

Perhatikan kutipan pidato di bawah ini untuk soal nomor 7 dan 8!
(1) Bapak/Ibu Guru yang kami hormati, kami mengucapkan banyak terima kasih katena tanpa bimbingan dan dukungan Bapak/Ibu Guru acara pentas seni tidak akan terlaksana dengan baik di akhir tahun sekolah ini.
(2) Teman teman yang saya cintai, saya disini mengucapkan terima kasih selaku tuan rumah atas kehadiran rekan rekan semua. Selain itu saya tidak lupa memohon maaf jika terdapat penyajian jamuan yang kurang berkenan.
(3) Bapak/Ibu Guru yang saya cintai, selama kami dibimbing disekolah ini tiada kata yang cukup untuk kami ucapkan selain permintaan maaf yang sebesar besarnya apabila ada perilaku baik di sengaja atau tidak sengaja yang tidak berkenan dihati Bapak/Ibu Guru sekalian. Kemudian kami juga tidak lupa untuk menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru yang tidak terhingga atas bimbingan dan pengajarannya selama ini.
(4) Teman teman yang saya banggakan, semoga acara ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Dengan adanya acara tersebut diharapkan dapat menambah wawasan serta saling bertukar informasi yang baik dan bermanfaat.

7. Dalam acara perpisahan sekolah sebaiknya mengucapkan kalimat pidato yang mana?
a. (4)
b. (3)
c. (2)
d. (1)
Jawaban Contoh Soal Pidato #7 : B

8. Penyampaian kalimat pidato yang cocok bagi ketua panitia pentas seni di atas ialah . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
Jawaban Soal Pidato #8 : A

9. Sebelum melakukan pertandingan, marilah kita berdoa terlebih dahulu agar dapat berlangsung dengan sukses dan lancar. Anak anak yang kami banggakan sebagai atlet, ayolah tunjukkan sportivitas, keterampilan dan ketangguhan kalian. Apa yang kalian miliki demi mengejar prestasi akan dipertaruhkan ditempat ini. Berjuanglah dengan keras kalian semua. Yang terpenting disini adalah kebersamaan dan semangat kalian semua. . . . 
Isi pidato di atas akan lebih cocok diberikan kalimat penutup pidato seperti di bawah ini  . . .
a. Spotivitas dan semangat yang tinggi perlu ditumbuhkan untuk membawa kesuksesan.
b. Kami ingin mengucapan selamat bertanding dan semoga kalian semua berjaya. Terima kasih.
c. Kami percaya bahwa kalian akan menang dengan kerja sama dan usaha keras yang baik.
d. Untuk mengejar pretasi, kalian harus memiliki semangat tinggi dan tidak lupa untuk bersyukur.
Jawaban Contoh Soal Teks Pidato #9 : B

10. Perbaikilah kalimat berikut ini hingga menjadi lebih tepat, ” saya ingin sebagai ketua terpilih untuk menjaga semua para teman teman daripada kita menjada kerukunan” yaitu . . .
a. Saya ingin mengajak semua teman teman dari kita untuk menjaga kerukunan sebagai ketua kelas yang terpilih.
b. Sebagai ketua kelas yang terpilih, para teman semua saya ingin mengajak untuk menjaga kerukunan pada kita.
c. Sebagai ketua kelas yang terpilih saya ingin mengajak para teman semua untuk menjaga kerukunan.
d. Sebagai ketua kelas yang terpilih, saya ingin mengajak semua teman untuk menjaga kerukunan diantara kita.
Jawaban Contoh Soal Pidato #10 : D

11. Di bawah ini yang termasuk unsur pidato adalah . . .
a. Pembukaan
b. Tema
c. Isi
d. Waktu
Jawaban Soal Teks Pidato #11 : A

Baca juga : Pengertian Hipotesis, Fungsi, Jenis dan Contohnya Terlengkap

12. Penentuan isi harus berhubungan dengan tema pidato karena . . .
a. Membuat waktu lebih efisien.
b. Lebih mudah dipahami pendengarnya
c. Mempengaruhi keadaan pembicara
d. Agar tidak sulit
Jawaban Soal Pidato #12 : B

13. Contoh judul pidato dengan tema Pendidikan yang tepat ialah . . .
a. Prioritas utama bagi anak
b. Hal yang paling penting adalah kesehatan
c. Pendidikan wajib bagi anak usia dini
d. Dikalangan usia lanjut perlu sosialisasi kesehatan
Jawaban Contoh Soal Teks Pidato #13 : C

14. Dalam pidato terdapat bagian bagian utama yang meliputi . . .
a. Pembuka, isi, penjelas
b. Pembuka, isi, akhir
c. Pembuka, utama, inti
d. Pembuka, isi, penutup
Jawaban Soal Teks Pidato #14 : D

15. Pidato harus disampaikan dengan intonasi, ekpresi, dan . . .
a. Mimik yang jelas
b. Tulisan
c. Gerakan
d. Wajah
Jawaban Contoh Soal Pidato #15 : A

16. Di depan umum terdapat pelaksanaan pidato seseorang dengan menggunakan metode seperti berikut ini, kecuali . . .
a. Ekstemporan
b. Bertanya
c. Impromptu (serta merta)
d. Menghafal naskah
Jawaban Soal Pidato #16 : B

17. Kita perlu melakukan hal tertentu sebelum berpidato atau membaca naskah pidato yaitu . . .
a.  Menghafalkan naskah pidato
b. Menentukan tema pidato
c. Memahami pokok pokok isi dalam pidato
d. Mencari buku panduan tentang pidato
Jawaban Contoh Soal Teks Pidato #17 : C

18. Naskah pidato akan berhasil dan lebih menarik disampaikan oleh pembaca apabila pelaksanaannya disertai dengan . . .
a. Gerakan berlebih ketika pidato
b. Rasa serius ketika menyampaikan pidato
c. Senyum kepada para audiens
d. Gerak anggota badannya
Jawaban Soal Teks Pidato #18 : D

19. Masalah yang disampaikan seseorang dengan kata katanya sendiri, namun sebelumnya telah menyiapkan pokok pokok yang ditulis seseorang dalam menyampaikan pidato adalah metode pidato menggunakan . . .
a. Naskah
b. Ekstemporan
c. Menghafal
d. Serta merta
Jawaban Contoh Soal Pidato #19 : B

20. Perhatikan kutipan pidato di bawah ini!
Makna Hari Sumpah Pemuda. [. . .] Di tangan pemuda terdapat masa depan bangsa. Pemuda adalah tulang punggung bangsa.
Teks pidato d atas dapat dilengkapi dengan kalimat yaitu . . .
a. Keadaan pemuda sekarang ini dapat menjadi gambaran masa depan bangsa.
b. Harapan semua bangsa untuk membuat pemudanya bersekolah tinggi.
c. Saat ini terdapat pemimpin bangsa yang berasal dari pemuda masa lalu.
d. Dalam hal hal negatif terdapat peran para pemuda.
Jawaban Soal Pidato #20 : A

Sekian beberapa contoh soal teks pidato kelas 9 pilihan ganda beserta jawabannya yang dapat saya bagikan. Teks pidato merupakan sebuah teks yang berisi ungkapan pikiran secara logis dan jelas didepan banyak orang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Resensi Novel Singkat Beserta Unsur Unsurnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.