1 Mil Berapa Km? Konversi Satuan Mil ke Km Lengkap

Diposting pada

1 Mil Berapa Km? Konversi Satuan Mil ke Km Lengkap – Apakah anda tahu jawaban 1 mil ada berapa km? Materi 1 miles berapa km ini termasuk dalam materi ukuran dan satuan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam ilmu Matematika terdapat pembahasan mengenai satuan panjang seperti km, meter, inchi, mil dan sebagainya. Satuan tersebut dapat dikonversikan menjadi jenis satuan lainnya. Misalnya saja konversi mil ke km tersebut. Dalam sistem Internasional secara umum panjang memiliki satuan berupa meter. Sedangkan satuan panjang dalam sistem sentimeter per gram detik (cgs) dapat berupa cm. Kata panjang dalam ilmu teknologi dan fisika berguna untuk sinonim dari jarak. Lambang jarak ini dapat berupa huruf “L” atau “l”.

Pengertian mil secara umum ialah satuan dalam sistem imprial dengan besaran jarak. Mil termasuk dalam satuan jarak yang sering dipakai oleh beberapa negara tertentu seperti Inggris maupun Amerika Serikat. Meski begitu tidak banyak orang tahu jawaban 1 mil berapa km. Apakah anda bisa menjawab 1 mil laut berapa km darat? Jawaban satu mil berapa kilometer sebenarnya dapat dengan mudah dijawab. Bahkan konnversi satuan mil ke km tersebut juga mudah dilakukan. Mungkin karena jarang digunakan maka jawaban 1 miles berapa km tidak banyak diketahui oleh orang orang. Satu mil memiliki besar sama dengan 1.609,344 meter atau 1,609344 kilometer.

1 Mil Berapa Km? Konversi Satuan Mil ke Km Lengkap
Konversi Mil ke Km

Pada umumnya satuan mil tidak sama dengan nautical mile, mil laut, ataupun mil bahari. Untuk itu 1 mil laut berapa km darat dengan 1 miles berapa km memiliki jawaban yang berbeda. Untuk itu besar 1 mil bahari = 1,852 km atau 1.852 meter. Konversi mil ke km dapat dilakukan karena mil termasuk dalam satuan jarak yang telah mencapai standarisasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban 1 mil berapa km beserta konversi satuan mil ke km lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Mil Berapa Km? Konversi Satuan Mil ke Km Lengkap

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa standarisasi satuan mil dalam jarak telah dilakukan. Untuk itu konversi satuan mil ke satuan jarak lainnya dapat dilakukan sehingga tidak hanya ke satuan kilometer saja. Kesetaraan satuan mil ke satuan jarak lainnya dapat berupa satuan imperial maupun satuan metrik. Satu mil berapa kilometer merupakan bentuk konversi 1 mil berapa km. Adapun kesetaraan mil ke km beserta satuan jarak lainnya yaitu sebagai berikut:

  • 1 mil = 1,609 km
  • 1 mil = 1.760 yard
  • 1 mil = 1.609 m
  • 1 mil = 5.280 feet

Baca juga : Contoh Soal Notasi Sigma Kelas 11 Beserta Jawabannya

Kita tahu bahwa satuan ukuran panjang dapat berupa satuan kilometer (km) maupun mil (mi). Menurut Bahasa Latin kata mil asalnya dari “Mille Passus” yang bermakna seribu langkah. Mil ini pada zaman dahulu merupakan jarak yang digunakan oleh prajurit Romawi ketika menempuh perjalanan 1000 kali jejak kaki yang ditinggalkan oleh mereka semua saat berjalan. Kegunaan satuan mil ialah untuk menjelaskan ukuran jarak sebuah tempat atau lokasi geografis. Akan tetapi satuan mil memang jarang digunakan di Indonesia dibandingkan dengan satuan km (kilometer). Sebelum menjelaskan tentang konversi satuan mil ke km beserta jawaban 1 mil berapa km, saya akan menjelaskan sedikit mengenai satuan tersebut.

Satuan Kilometer

Menurut ejaan Amerika, km merupakan singkatan dari kilometer. Sedangkan menurut ejaan Sistem Internasional (SI) merupakan singkatan dari kilometre yakni sebuah nilai dalam sistem metrik dalam ukuran satuan panjang. 1 km sama dengan 1.000 meter. Kegunaan satuan ukuran ini secara resmi untuk menggambarkan jarak di beberapa bagian dunia antara beberapa tempat geografis, kecuali jaringan jalan Inggris dan Amerika karena unit resmi yang digunakan dalam negara tersebut berbeda. Untuk itulah satuan mil paling sering digunakan di negara Inggris maupun Amerika Serikat. Konversi mil ke km dan jawaban 1 miles berapa km juga telah diketahui.

1 Mil Berapa Km?

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa ukuran satuan panjang dapat dinyatakan dalam bentuk satuan kilometer maupun mil. Kegunaan satuan mil pada umumnta terdapat pada sebuah tempat geografis untuk menyatakan ukuran jarak. Akan tetapi satuan mil memang jarang digunakan di Indonesia karena lebih sering memakai satuan kilometer (km). Meski begitu tidak salah apabila kita mengetahui jawaban satu mil berapa kilometer tersebut. Di bawah ini terdapat jawaban 1 miles berapa km yaitu sebagai berikut:

1 Mil = 1,609344 Km

Agar anda lebih memahami lagi mengenai konversi satuan mil ke km tersebut. Maka saya akan membagikan beberapa contoh konversi mil ke km lainnya yaitu diantaranya:

  • 1 mil = 1,609 km
  • 2 mil = 3,218 km
  • 3 mil = 4,827 km
  • 4 mil = 6,436 km
  • 5 mil = 8,045 km
  • 6 mil = 9,654 km
  • 7 mil = 11,263 km
  • 8 mil = 12,872 km
  • 9 mil = 14,481 km
  • 10 mil = 16,090 km

Baca juga : Materi Diagram Venn (Pengertian, Bentuk dan Contoh Soal)

Contoh Soal Satuan Mil ke Km

Setelah menjelaskan tentang jawaban 1 mil berapa km dan konversi satuan mil ke km tersebut. Kemudian saya akan membagikan contoh soal konversi mil ke km. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

1. Jarak yang ditempuh oleh kendaraan mobil ialah 100 mil dalam waktu satu jam. Berapa kilometer jarak yang ditempuh oleh mobil itu?

Jawab.
Jarak yang ditempuh mobil dalam satu jam = 100 mil.
Maka,
100 mil = 100 x 1,609 km = 160,9 km
Jadi dalam satuan kilometer mobil dapat menempuh jarak selama satu jam sejauh 160,9 km.

2. Dalam kurun waktu satu jam, jarak yang ditempuh sepeda motor ialah 20 mil. Jadi sepeda motor dapat menempuh jarak berapa kilometer?

Jawab.
Jarak yang ditempuh sepeda motor dalam satu jam = 20 mil.
Maka,
20 mil = 20 x 1,609 km = 32,18 km
Jadi dalam satuan kilometer sepeda motor dapat menempuh jarak selama satu jam sejauh 32,18 km.

Demikianlah penjelasan mengenai 1 mil berapa km beserta konversi satuan mil ke km lengkap. Dalam materi Matematika tersebut juga terdapat pembahasan mengenai pengertian mil, konversi mil ke km dan jawaban 1 miles berapa km. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Materi Ukuran Penyebaran Data (Jangkauan, Simpangan, Ragam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.