Contoh Soal Massa Jenis Benda Beserta Pembahasannya Terlengkap

Diposting pada

Contoh Soal Massa Jenis Benda Beserta Pembahasannya Terlengkap – Dalam pelajaran Fisika terdapat pembahasan mengenai massa jenis. Apa pengertian massa jenis itu? Apa rumus massa jenis itu? Bagaimana cara menyelesaikan soal soal massa jenis benda itu? Pada dasarnya massa jenis terdapat dalam beberapa kategori seperti massa jenis kayu, massa jenis besi, massa jenis benda, massa jenis minyak, massa jenis air, massa jenis minyak goreng, massa jenis zat cair, massa jenis air laut, maupun massa jenis logam. Massa jenis sendiri dapat diartikan sebagai cara mengukur massa pada benda disetiap satuan volumenya. Apabila besar massa jenis sebuah benda semakin tinggi, maka massa setiap volume benda tersebut juga semakin besar.

Setiap benda pada umumnya memiliki massa jenis rata rata yang merupakan pembagian antara massa total dengan volume totalnya. Volume benda yang dimiliki akan lebih rendah karena massa jenisnya tinggi (contoh besi) apabila dibandingkan dengan masaa jenis yang rendah (contoh air) dengan massa benda yang sama. Massa jenis tersebut memiliki satuan SI yang berupa kg.m‾³ atau kilogram per meter kubik. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal massa jenis benda itu? Untuk menyelesaikan soal massa jenis tersebut tentunya membutuhkan rumus massa jenis yang disediakan.

Contoh Soal Massa Jenis Benda Beserta Pembahasannya Terlengkap
Massa Jenis Benda

Sebelum memahami rumus massa jenis dan pengertian massa jenis tersebut. Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi massa jenis. Massa jenis berfungsi untuk menghitung zat. Massa jenis di setiap zat tersebut memang memiliki besar yang berbeda beda. Untuk itu massa jenis dalam satu zat akan tetap sama, meskipun volume dan massa satu zat itu berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal massa jenis zat beserta pembahasannya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Massa Jenis Benda Beserta Pembahasannya Terlengkap

Pengertian massa jenis benda ialah cara mengukur massa benda di setiap satuan volumenya. Kita tahu bahwa setiap volume massa benda akan semakin besar, apabila massa jenisnya semakin tinggi. Massa jenis tersebut memang memiliki fungsi untuk menghitung sebuah zat. Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa massa benda sama dengan massa jenis. Namun sebenarnya keduanya saling berbeda.

Baca juga : Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Definisi massa jenis secara sederhana ialah perbandingan yang terjadi antara massa benda dan volume bendanya. Massa jenis tersebut memang memiliki rumus tersendiri. Rumus ini digunakan untuk menyelesaikan contoh soal massa jenis benda yang tersedia. Lantas bagaimana rumus dalam massa jenis itu? Adapun rumus massa jenisnya yaitu sebagai berikut:

Contoh Soal Massa Jenis Benda Beserta Pembahasannya Terlengkap

Keterangan :
ρ = massa jenis (kg/m³)
m = massa (kg)
v = volume (m³)

Contoh Soal Massa Jenis

Setelah memahami tentang pengertian massa jenis dan rumus massa jenis di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh massa jenis terkait rumus di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Sebuah benda memiliki massa 50 gram dengan volume 6 cm³. Berapakah massa jenis benda tersebut? (dalam satuan gram/cm³)

Pembahasan.
Diketahui : m = 50 gram; v = 6 cm³
Ditanyakan : ρ = ?
Jawab :
ρ = m/v
   =  50/6
   = 8,33 gram/cm³
Jadi massa jenis benda tersebut ialah 8,33 gram/cm³.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara (Bunyi) Beserta Contoh Soalnya

2. Volume sebuah kubus kayu ialah 6 cm³. Apabila kayu ini memiliki massa jenis 80 g/cm³, berapakah gram massa kayu itu?

Pembahasan.
Diketahui : v = 6 cm³; ρ = 80 g/cm³
Ditanyakan : m = ?
Jawab :
m = ρ x v
     = 80 x 6
     = 480 gram
Jadi massa benda tersebut ialah 480 gram.

3. Air memiliki volume sebesar 30 cm³ dengan massa benda dalamnya 50 gram. Berapakah massa jenis benda tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : v = 30 cm³; m = 50 gram
Ditanyakan : ρ = ?
Jawab :
Contoh soal massa jenis tersebut dapat diselesaikan dengan rumus seperti di bawah ini:
ρ = m/v
   = 50/30
   = 1.67 g/cm³
Jadi massa jenis benda tersebut ialah 1.67 g/cm³.

4. Massa sebuah logam alumunium mencapai 150 gram dengan volume 30 cm³. Berapakah massa jenis logam alumunium tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : m = 150 gram; v = 30 cm³
Ditanyakan : ρ = ?
Jawab :
ρ = m/v
   = 150/30
   = 5 g/cm³
Jadi massa jenis logam alumunium tersebut ialah 5 g/cm³.

5. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Massa Jenis Benda Beserta Pembahasannya Terlengkap

Pada gambar di atas terdapat proses pengukuran benda menggunakan alat tersebut. Tentukan massa jenis benda tersebut apabila massanya 250 gram?

Pembahasan.
Diketahui : m = 250 gram; volume air yang tumpah (v) = 20 cm³
Ditanyakan : ρ = ?
Jawab :
ρ = m/v
   = 250/20
   = 12,5 g/cm³
Jadi massa jenis benda tersebut ialah 12,5 g/cm³.

Demikianlah contoh soal massa jenis zat beserta pembahasannya terlengkap yang dapat saya bagikan. Pengertian massa jenis benda ialah cara mengukur massa benda di setiap satuan volumenya. Selain contoh dan pengertian tersebut, saya juga telah membahas tentang rumus massa jenis benda sekaligus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selama belajar.

Baca Juga  Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok dan Elektromagnetik Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.