Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap

Diposting pada

Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap – Bagaimana cara menghitung diagram lingkaran? Jenis diagram satu ini jadi salah satu materi pembelajaran Matematika yang relatif menyulitkan. Padahal selama mengetahui rumus diagram lingkaran maka kita dapat mengerjakan soal dengan mudahnya. Berbagai contoh soal pun juga tersaji di buku sebagai bahan latihan mengasah kemampuan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada beberapa jenis diagram lingkaran seperti diagram lingkaran biasa (berbentuk angka), diagram lingkaran bentuk persen, dan diagram lingkaran bentuk derajat. Meski bentuknya beraneka macam, namun rumus diagram lingkaran yang digunakan hampir sama. Cara menghitung diagram lingkaran didalamnya juga sedikit sama, meskipun dari segi bentuk sudah berbeda satu sama lain.

Apa yang dimaksud diagram lingkaran itu? Pengertian diagram lingkaran adalah diagram berbentuk lingkaran yang menggambarkan hasil angka atau sebuah angka. Kita tahu bahwa diagram secara umum terdiri dari beberapa macam. Macam macam diagram secara umum dapat berupa diagram lingkaran, diagram batang dan diagram garis. Namun biasanya diagram lingkaran sering digunakan untuk mengetahui perbandingan yang telah diketahui jumlah total datanya.

Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap

Penggunaan diagram lingkaran pada umumnya banyak terdapat dalam penyelesaian statistik, persentase dan sebagainya. Untuk itu bentuk diagram lingkaran ini dapat berupa bentuk persen, bentuk biasa maupun bentuk derajat. Karena bentuknya yang beraneka ragam ini membuat cara menyelesaikan diagram lingkarannya juga semakin luas. Hal ini dikarenakan contoh diagram lingkarannya juga semakin banyak.

Dalam suatu diagram lingkaran terdapat data yang daerahnya dibatasi sehingga setiap data memiliki jumlah atau besaran yang dapat dibedakan. Setiap data dapat dicari jumlah atau besarannya apabila beberapa data lainnya telah diketahui. Hal ini sudah tercantum dalam pengertian diagram lingkaran yaitu diagram berbentuk lingkaran yang menggambarkan hasil angka atau sebuah data. Diagram lingkaran tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung bentuknya yaitu meliputi diagram lingkaran berbentuk angka (biasa), diagram lingkaran bentuk persen dan diagram lingkaran bentuk derajat. Berikut gambar diagram lingkarannya yaitu:

Baca juga : Arti Metode Substitusi Dalam Matematika Beserta Contoh

Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap
Gambar Diagram Lingkaran

Dalam contoh diagram lingkaran diatas terdapat beberapa data yaitu data A, data B, data C dan data D. Setiap data memiliki daerahnya masing masing, dimana terdapat batasan tertentu dalam daerah tersebut. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan diagram lingkaran itu? Bagaimana bentuk contoh soal diagram lingkaran itu? Diagram lingkaran merupakan satu dari beberapa jenis diagram Matematika. Jenis diagram ini berguna dalam operasi Matematika. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian diagram lingkaran, rumus diagram lingkaran, cara menghitung diagram lingkaran dan contoh soal diagram lingkaran.

Pengertian Diagram Lingkaran

Secara umum diagram lingkaran dapat diartikan sebagai suatu diagram berbentuk lingkaran yang fungsinya menjelaskan sebuah hasil angka atau hasil data. Dalam soal Matematika pada umumnya menggunakan diagram lingkaran untuk melihat perbandingan antara jumlah total dengan pembahasan selengkapnya. Selain itu kegunaan diagram lingkaran juga untuk menentukan statistik, persentase data dan sebagainya. 

Diagram lingkaran dapat digunakan untuk mengetahui batasan daerah dan besaran daerah dalam sebuah data. Pembahasan yang dilakukan dalam diagram lingkaran ini disesuaikan dengan masing masing data dan jumlah datanya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bentuk diagram lingkaran terdiri dari beberapa macam seperti:

  • Diagram lingkaran biasa (memiliki bentuk angka).
  • Diagram lingkaran derajat (memiliki bentuk º).
  • Diagram lingkaran persen (memiliki bentuk %).

Setelah mengetahui definisi di atas kini kita akan belajar lebih lanjut soal rumusnya.

Rumus Diagram Lingkaran

Setelah menjelaskan tentang pengertian diagram lingkaran di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang rumus diagram lingkaran. Dalam diagram lingkaran terdapat hasil angka atau sebuah data yang dapat ditampilkan atau ditentukan menggunakan rumus khusus. Rumus ini memiliki konsep dasar diagram lingkaran yang hampir sama. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : 1 Mil Berapa Km? Konversi Satuan Mil ke Km Lengkap

Rumus Diagram Lingkaran Biasa

Jenis diagram lingkaran yang pertama ialah diagram lingkaran biasa. Bentuk diagram ini berupa angka. Cara menghitung diagram lingkaran biasa dapat dilakukan dengan rumus tertentu. Adapun rumus umum diagram lingkaran yaitu:

Jumlah Data (sesuai pertanyaan) = Total Jumlah Data – Total Data (Yang diketahui dalam pertanyaan)

Agar anda lebih paham lagi mengenai diagram lingkaran biasa tersebut. Maka saya akan membagikan contoh soal diagram lingkaran biasa terkait rumus diagram lingkaran diatas. Berikut contoh diagram lingkarannya:

Contoh Soal
Jumlah siswa sebuah kelas sekitar 40 siswa dimana berbagai jenis kegiatan disekolah tersebut diikuti oleh siswa tersebut. Kegiatan bola basket diikuti oleh 8 siswa, kegiatan sepak bola diikuti 6 siswa, kegiatan pencak silat diikuti 12 orang dan yang lainnya tidak mengikuti kegiatan apapun. Hitunglah sisa siswa dalam kelas yang tidak ikut kegiatan apapun?

Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap

Pembahasan.
Diketahui : Total Siswa = 40 siswa
                     Bola Bakset = 8 siswa
                     Sepak Bola = 6 siswa
                     Pencak Silat = 12 siswa
Ditanyakan : siswa yang tidak mengikuti kegiatan apapun?
Jawab:
Untuk menyelesaikan contoh soal diagram lingkaran diatas dapat menggunakan rumus di bawah ini:
Jumlah Data = Total Jumlah Data – Total Data
                        = Total Siswa – (Kegiatan Bola basket+sepak bola+pencaksilat)
                        = 40 – (8 + 6 + 12)
                        = 40 – 26
                        = 14 siswa
Jadi siswa yang tidak mengikuti kegiatan apapun berjumlah 14 siswa.

Rumus Diagram Lingkaran Derajat

Jenis diagram lingkaran selanjutnya ialah diagram lingkaran derajat. Cara menyelesaikan diagram lingkaran derajat tentunya juga menggunakan rumus khusus. Adapun rumus diagram lingkaran derajat yaitu sebagai berikut:

Jumlah nilai (Sesuai Pertanyaan) = Jumlah sudut/360° x Total nilai (Yang diketahui dalam pertanyaan)

Agar anda lebih paham lagi mengenai diagram lingkaran derajat tersebut. Maka saya akan membagikan contoh soal diagram lingkaran biasa terkait rumus pada diagram lingkaran diatas. Berikut contoh diagram lingkarannya:

Baca juga : Materi Pemangkatan Bentuk Aljabar (Rumus dan Contoh Soal)

Contoh Soal
Dalam sebuah sekolah terdapat jumlah siswa sebanyak 1080 siswa. Masing masing siswa diharuskan untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Data pada sebuah sekolah tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk diagram lingkaran derajat (º) seperti di bawah ini:

Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap

Hitunglah jumlah siswa dalam sekolah tersebut yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler musik?

Pembahasan.
Diketahui : Total Siswa = 1080 siswa
                     Bola Bakset = 120º
                     Sepak Bola = 90º
                     Pencak Silat = 80º
Ditanyakan : siswa yang mengikuti ekstrakulikuler musik = ?
Jawab:
Cara menghitung diagram lingkaran diatas dapat menggunakan langkah langkah di bawah ini:
Ekstrakulikuler Musik = 360° – (ekskul basket + ekskul bola + ekskul silat)
                                          = 360° – (120º – 90º – 80º)
                                          = 360º – 290º
                                          = 70º

Jumlah siswa yang ikut musik = (70º/360º) x 1080 siswa 
                                                        = 210 siswa
Jadi siswa yang mengikuti ekstrakulikuler musik berjumlah 210 siswa.

Rumus Diagram Lingkaran Persen

Jenis diagram lingkaran selanjutnya ialah diagram lingkaran persen. Cara menyelesaikan diagram lingkaran persen tentunya juga menggunakan rumus khusus. Adapun rumus diagram lingkaran persen yaitu sebagai berikut:

Jumlah nilai (Sesuai pertanyaan) = Jumlah persen /100% x Total nilai (Yang diketahui dalam pertanyaan)

Agar anda lebih paham lagi mengenai diagram lingkaran derajat tersebut. Maka saya akan membagikan contoh soal diagram lingkaran biasa terkait rumus pada diagram lingkaran diatas. Berikut contoh diagram lingkarannya:

Contoh Soal
Sebuah baju berjumlah 350 buah dijual oleh seorang pedagang. Jika data tersebut dinyatakan dalam bentuk diagram lingkaran persen (%), maka akan menjadi seperti di bawah ini:

Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap

Hitunglah penjualan baju anak yang dilakukan oleh seorang pedagang dalam bentuk persen?

Pembahasan.
Diketahui : Total Baju= 350 buah
                     Baju Dewasa = 50%
                     Baju Remaja = 40%
Ditanyakan : Prosentase penjualan baju anak = ?
Jawab:
Cara menghitung diagram lingkaran diatas dapat menggunakan langkah langkah di bawah ini:
Persen Baju Anak = 100% – (Baju Dewasa + Baju Remaja)
                                  = 100% – (50% + 40%)
                                  = 100% – 90%
                                  = 10%

Jumlah baju anak = (Persen baju anak/100%) x Total baju
                                  = (10%/100%) x 350
                                  = 1/10 x 350
                                  = 35 buah
Jadi seorang pedagang menjual baju anak sejumlah 35 buah.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus diagram lingkaran dan cara menghitung diagram lingkaran lengkap. Pengertian diagram lingkaran adalah diagram berbentuk lingkaran yang menggambarkan hasil angka atau sebuah angka. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi diagram lingkaran di atas.

Baca Juga  Rumus Trapesium (Luas, Keliling, dan Contoh Soal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.