10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya

Diposting pada

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya – Semakin berkembangnya jaman, manusia banyak sekali menciptakan alat alat baru agar dapat membantu pekerjaan sehari hari. Bahkan adapula alat yang dapat mendeteksi besar suhu yang terdapat disekeliling kita. Banyak pula inovasi inovasi teknologi yang terjadi. Baik teknologi untuk pribadi maupun untuk masyarakat. Salah satu hasil teknologi yang diciptakan oleh ilmuan tersebut ialah termometer. Lantas apa saja macam macam termometer itu? Apa saja fungsi termometer?

 Termometer merupakan satu dari sekian jenis alat yang sangat berguna bagi manusia. Salah satu kegunaan termometer tersebut yaitu untuk mengukur suhu. Lantas apa saja macam macam termometer itu? Apa saja fungsi termometer?

Pada umumnya semua macam termometer memiliki kegunaan yang hampir sama. Namun secara spesifik memiliki kegunaan yang berbeda. Termometer ini berfungsi untuk mengukur besar suhu yang ada, baik disekeliling kita maupun suhu badan kita sendiri. Termometer tersebut banyak sekali jenis jenisnya. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 jenis termometer beserta fungsi termometer tersebut. Anda dapat menyimaknya dibawah ini.

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya

Termometer merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui perubahan suhu. Pihak pihak industri juga menggunakan termometer ini untuk analisis cuaca, mengatur suatu prosedur, digunakan dalam percobaan ilmiah maupun bidang medis. Macam macam termometer juga beragam karena pemanfaatannya lebih banyak dan berbeda beda.

Jenis termometer tersebut dibedakan berdasarkan teknologi yang digunakan beserta kegunaannya. Saya akan menjelaskan jenis jenis termometer secara lengkap yang meliputi gambar, fungsi, kegunaan maupun cara memakainya. Berikut penjelasannya dibawah ini:

Termometer Bimetal

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Bimetal

Macam macam termometer yang pertama ialah termometer bimetal. Termometer bimetal ini merupakan jenis termometer yang menggunakan pemekaran dalam dua logam yang berbeda. Termometer ini memiliki dua buah logam yang koefisien mekarnya berbeda karena mutasi suhu sehingga bimetal melengkung ke arah tertentu. Apabila suhunya semakin naik maka bimetal ini akan melengkung kearah logam yang mempunyai koefisien mekarnya kecil. Namun apabila suhunya semakin rendah maka bimetal akan melengkung kearah logam yang mempunyai koefisien mekarnya besar. Jenis termometer ini benfungsi untuk mengetahui besar suhu pada kompor, termostat, oven, circuit breakers maupun alat pemanggang.

Baca juga : Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Termometer Digital

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Digital

Jenis termometer ini dapat mengetahui besar suhu dengan memanfaatkan layar LCD beserta sensor elektronik pada termometer. Jenis sensor yang dimanfaatkan adalah jenis termokopel. Termometer ini memiliki sensibilitsa maupun ketelitian yang bagus sehingga banyak digunakan secara luas. Biasanya berfungsi untuk mengetahui besar suhu badan, laboratorium, maupun mengetahui suhu alat untuk membantu memasak. 

Termometer Cairan Alkohol

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Cairan Alkohol

Macam macam termometer selanjutnya adalah termometer alkohol yang berfungsi sebagai pengganti termometer air raksa. Walaupun fungsinya hampir sama namun termometer ini aman digunakan serta penguapannya lebih lambat. Kelambatan tersebut karena menggunakan etanol yang aman apabila termometer pecah serta harganya yang terjangkau. Jenis termometer ini berfungsi untuk mengetahui besar suhu ruangan maupun suhu badan karena hanya dapat mengukur suhu maksimal 78 derajat celcius.

Termometer Probe

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Probe

Jenis termometer ini mempunyai bagian ujung sensor yang lancip serta disambungkan dengan kabel yang ukurannya cukup panjang. Biasanya termometer probe berfungsi untuk membantu menguji makanan, membantu dalam segi ritel maupun medis. Cara kerjanya ialah meredamkan termometer tersebut. Namun agar lebih mudah menggunakannya maka diimbangi dengan kabel yang panjangnya sekitar 1 meter.

Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Bunyi Hukum Kepler I,II, dan III

Termometer Air Raksa

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Air Raksa

Termometer air raksa ini merupakan kategori termometer liquid yang memanfaatkan air raksa dalam penggunaannya. Termometer tersebut memiliki struktur yang hampir sama dengan termometer alkohol. Namun termometer air raksa memiliki sedikit keunggulan seperti mudah dilihat, dapat mendeteksi suhu tinggi, mutasi suhunya lebih cepat, serta dinding termometernya tidak basah. Selain kelebihan tadi, adapula kekurangannya seperti suhu yang rendah tidak dapat dideteksi, berbahaya apabila pecah, dan harganya juga mahal. Penggunaan termometer air raksa biasanya untuk industri, mendeteksi suhu badan maupun laboratorium.

Termometer Dinding

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Dinding

Jenis termometer selanjutnya adalah termometer dinding. Termometer ini mengukur suhunya dengan cara diletakkan di dinding. Alat ini berisi air raksa serta penghitung suhunya menggunakan derajat farenheit maupun celcius. Termometer dinding berfungsi sebagai pengukur suhu diruangan.

Termometer Resistensi

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Resistensi

Termometer ini dapat digunakan untuk mendeteksi besar subu antara -250 sampai 700 derajat celcius. Termometer ini menggunakan kawat platina yang dililit dengan keramik/kaca dan berfungsi untuk menulis hasil perubahan ketahanan dari cairan yang mengalir menuju kawat tadi. Jenis kawat yang digunakan juga beragam seperti platina, nikel maupun tembaga. Biasanya jenis termometer ini berguna untuk mengontrol proses maupun segi mekanisasinya.

Baca juga : Struktur dan Fungsi Batang Dikotil

Termometer Six Bellani atau Termometer Maksimum Minimun

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Six Bellani

Biasanya jenis termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu minimun maupun suhu maksimum dalam waktu tertentu dan tempat tertentu. Termometer ini memiliki nama lain yaitu termometer Six Bellani karena dulu telah ditemukan oleh ilmuan bernama James Six Bellani. Cara kerja dari termometer ini yaitu jika suhunya meningkat maka bola akan berkembang dengan bantuan air raksa kemudian ruangan pada bola akan menyempit sampai pada akhirnya air raksa masuk kedalam tabung yang memiliki skala. Letak suhu udara yang paling tinggi berada dibagian ujung air raksa. Namun apabila suhunya menurun maka air raksa tetap ditempatnya karena ditahan oleh bagian yang sempit tadi. Apabila anda ingin mengembalikan letak awal termometer maka harus mengayunnya dengan keras.

Termometer Resistor

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Resistor

Selanjutnya terdapat jenis termometer resistor. Termometer ini mengalami mutasi suhu sehingga dapat digunakan dengan mutasi hambatan jenis yang terjadi pada penghantarnya. Termometer ini tersusun oleh partikel partikel elektronik. Untuk harganya memang cukup mahal karena tingkat ketelitiannya sangat baik. Termometer resistor berfungsi dalam pipa yang berbahan bakar gas.

Termometer Inframerah

10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya
Gambar Termometer Inframerah

Macam termometer yang terakhir ialah termometer inframerah. Termometer ini berfungsi untuk mengetahui radiasi termal dengan memakai laser. Termometer tersebut dalam bekerja tidak perlu memegang objeknya. Termometer ini berfungsi untuk mengetahui besar suhu tertentu dalam industri.

Demikianlan penjelasan mengenai 10 jenis termometer beserta fungsi termometernya yang dapat sata sajikan. Apapun jenis termometernya memiliki fungsi untuk mengukur suhu namun perbedaannya terletak pada objeknya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih tela berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.