4 Contoh Cerpen Singkat dan Unsur Intrinsiknya

Diposting pada

4 Contoh Cerpen Singkat dan Unsur Intrinsiknya – Cerita pendek atau yang lebih populer disebut dengan cerpen merupakan sebuah karya tulis yang berbentuk karangan cerita. Cerita dalam cerpen sendiri dapat berupa kisah nyata yang diangkat menjadi sebuah karya sastra atau karya tulis. Namun cerpen juga bisa ditulis berdasarkan imajinasi sehingga bersifat karangan fiksi belaka.

Sama seperti halnya karangan sastra lainnya, kalian akan menemukan beberapa unsur cerpen yang saling berhubungan. Syarat mutlak terciptanya contoh cerpen yang baik dan berkualitas adalah terdapat dua buah unsur yang dinamakan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik di dalam contoh cerpen tersebut.

Pada dasarnya terdapat banyak sekali contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya yang terdapat di internet maupun media lain seperti buku, kumpulan cerpen dan lainnya. Pada setiap contoh cerpen yang ada tanpa kita sadari akan terdapat dua unsur pembangun yang dinamakan unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Untuk mengetahui bagaimana cara menemukan unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah cerpen maka bacalah artikel sebelumnya yang berjudul Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen).

Ada banyak sekali pengajaran yang bisa kita ambil hikmahnya dari sebuah cerita pendek. Dalam beberapa jenis cerpen mengandung makna kehidupan yang begitu mendalam. Hal ini pun sejalan dengan unsur intrinsik cerpen itu sendiri dimana terdapat amanat yang harus diambil. Nah apakah anda sedang mendapat tugas mencari cerpen dan menentukan unsur intrinsik cerpen tersebut? jika iya maka anda datang pada tempat yang tepat.

4 Contoh Cerpen Singkat dan Unsur Intrinsiknya

Bagaimana cara menentukan unsur intrinsik cerpen singkat? sebenarnya hal tersebut sangatlah mudah. Mengingat teks cerpen merupakan salah satu materi bahasa indonesia yang wajib dipelari oleh siswa. Namun kita sendiri terkadang masih bingung bagaimana mengidentifikasi unsur unsur yang ada pada cerita tersebut.

contoh cerpen beserta unsur intrinsiknya
contoh cerpen beserta unsur intrinsiknya

Kenapa cerpen harus memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik? untuk menjawab pertanyaan tersebut. Maka terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik itu sendiri.

  • Unsur Intrinsik adalah unsur yang terkandung dalam cerita dan dapat kita temukan dalam contoh cerpen itu sendiri. Unsur intrinsik meliputi tema, alur, tokoh, gaya bahasa, latar, amanat, dan lain sebagainya yang berpengaruh membangun jalannya cerita.
  • Sedangkan unsur enksrinsik adalah unsur pembangun cerpen dari luar yang tidak akan kita temukan dalam contoh cerpen. Unsur ekstrinsik mempengaruhi adat istiadat, budaya, pendidikan dari sang pengarang dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa unsur intrinsik dan ekstrinsik merupakan dua buah unsur yang membangun sebuah cerpen. Unsur intrinsik memegang peran penting dalam proses terciptanya sebuah cerpen karena unsur intrinsik akan mempengaruhi tema, alur, penokohan, dan lain sebagainya.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan contoh cerpen singkat beserta dengan unsur intrinsiknya yang akan kita bahas secara lebih dalam. Meskipun pada artikel sebelumnya yang berjudul contoh cerpen singkat tentang persahabatan sudah saya bahas. Namun pada contoh cerpen singkat kali ini saya akan memberi penekanan lebih tentang unsur intrinsiknya.

cara mencari unsur intrinsik cerpen
cara mencari unsur intrinsik cerpen

Untuk bisa menganalisa dan mencari unsur intrinsik cerpen maka kita harus membacanya terlebih dulu. Saya telah merangkum beberapa cerita pendek berlainan tema sebagai bahan referensi. Detil lebih jelasnya simaklah beberapa contoh cerpen dibawah ini lengkap dengan pembahasan unsur intrinsiknya:

Contoh Cerpen Singkat Tentang Cinta dan Takdir

Percintaan menjadi salah satu tema yang umum diangkat ketika menulis contoh cerpen. Setiap event di dalam cerita mampu menarik minat pembaca karena berisikan kejadian yang tak terduga. Cerita cerpen bertajuk percintaan mampu memberikan akhir bahagia. Tapi tak sedikit pula alur cerita yang menuntun pada akhir menyedihkan. Misalnya, tokoh utama gagal mendapatkan cinta sejati karena suatu alasan yang tragis.

Internet menjadi salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya. Ada banyak sekali cerita dengan berbagai tema serta latar belakang berbeda yang bisa kalian dapatkan. Nah, untuk menambah wawasan kalian maka simaklah cerita pendek di bawah.

Jam dinding terus berputar, gerimis semakin menjadi hujan. Sudah hampir tiga jam dan sekarang hampir mendekati waktu maghrib, Sika yang sejak pulang sekolah terus mengurung diri di dalam kamanya.

Kembali sika melirik buku catatan kecilnya seraya buku catatan itu berkata “baca aku sika!”. Namun sebaliknya sika melempar buku itu ke lantai karena kesal ia berkata “aduhhhh susah banget sihhhh masuk ke otak” keluhnya karena belajarnya tidak bisa maksimal. Karena sika merasa pusing dan lelah akhirnya ia menyelonjorkan kaki di kasurnya dan mengambil posisi berbaring. Sembari berbaring entah kenapa ia teringat dengan mantan kekasihnya “hmm andai sajaaaa… AHHH jadi tambah males, kenapa sihhh!” seru sika karena teringat mantan kekasihnya.

Unsur intrinsik cerpen romantis
Unsur intrinsik cerpen romantis

Sama seperti perempuan pada umumnya yang pernah merasakan jatuh cinta dan patah hati. Sika merasakan hal yang serupa ketika masih berpacaran dengan andri. Dalam hatinya sika menyesal karena telah menyianyiakan andri “Ah bodoh banget sih aku, kenapa aku dulu harus menyianyiakan andri” Penyesalan itu terus berlajut ketika ia melihat foto andri yang disimpannya dalam laci “ih kenapa aku dulu harus membuat kesalahan”.

“kenapa aku kurang bersyukur udah punya pacar kayak andri”. Meskipun andri bukan laki-laki yang dewasa dan lebih terkesan kekanak-kanakan namun oada kenyataanya sika tidak dapat lepas dari andri. Pada saat andri memberikan sepucuk surat kecil kepada sika tentang perasaanya yang ingin putus sika tidak tahu lagi harus mengiyakan atau menolak pada saat itu. “kenapa aku tidak bisa berpikir lebih dewasa sih?” ujar sika. Semenjak putus dengan andri sika sering melamun seorang diri, berkhayal andaikan waktu dapat diputar dan ia dapat berpikir lebih dewasa pada saat andri memberikan surat putus itu.

Meskipun sika hidup dalam keluarga yang lebih terkesan “broken home” karena memiliki seorang ayah yang ringan tangan tidak membuat sika menjadi perempuan yang pendiam dan sedih. Sejatinya sika adalah perempuan yang tegar.

Telolet Telolet! Bunyi bel istirahat di sekolahnya berdering kencang, namun sika tetap tidak beranjak dari bangkunya. Dengan tatapan kosong dan tanpa gerakan selayaknya orang tertidur, sika bengong dan melamun hingga salah seorang temannya membangunkan sika dari lamunannya.

“Sikkk!” sambil memegang tangannya yang menyangga kepala.
“elu kok melamun aja sih, Kenapa?”
“Aduhhh rin, ngagetin dehh, lagi pusing nih.”
“Ohh Pantesan kok keliatan lesu, biasanya juga sholat dhuha sekarang udah jarang. hihihi.”
“Ihhh itu ada andri tuh sikk”, ujar rini sambil menyenggol sika. “Paan sih! Kalo kamu suka dia ya jangan nyenggol aku!”
“Yeeee, yang suka aku apa kamuuu?” balas rini dengan penuh sindiran.

Sejenak guyonan kedua sahabat itu membuat sika tersenyum kecil hingga ia iangat peristiwa pemukulan ayahnya yang dilakukan pada ibunya tadi malam. Memang ayah sika adalah orang yang ringan tangan, meskipun ibu sika hanya sekedar mengingatkan jangan merokok dan minum miras namun yang didapat malah tamparan dan pukulan.

“Aku udah putus rin dari andri” ujar rini” sambil menahan ketawa yang sebenarnya terasa begitu pahit di hati. Bukan tanpa alasan hati sika terasa pahit karena menahan beban pikiran dan beban kehidupan yang ditanggungnya melihat ibu sika selalu dipukul.

Hari demi hari terus berlalu, Namun perasaan sika pada andri ternyata tidak dapat berubah. Sika tidak dapat membohongi perasaanya bahwa sika masih memendam rasa pada andri. Pada satu siang pada pelajaran matematika, seperti biasanya sika terlelap dalam lamunannya, membayangkan andai saja andri masih menjadi pacar sika “hmm andri andaikan kamu masih jadi pacarku, aku kangen semasa kita pacaran” ujar sika. Hingga salah satu temannya yang bernama trimo menepuk pundak sika dan berkata “sikkk kok ngalamun aja sihhh???” tanpa sengaja sika berteriak karena kaget akan tepukan trimo “ahhhhhhh” teriak sika.

Guru matematika sika yang terkesan galak (karena memang kebanyakan guru matematika galak hehehe) sontak menoleh ke arah sika yang seperti orang kebingungan. “Sika kenapa kamu? ayoo maju sini” ujar bu guru. “eee enggak kok bu” balas sika dengan wajah bingung dan memelas” Seisi kelas menahan rasa ingin ketawa karena jika mereka ketawa sudah pasti mereka akan jadi korban selanjutnya hehehe.

Terdapat dua orang yang tidak tertawa, justru sebalikanya, malah mereka berpikir kenapa sika menjadi begini. orang itu tidak lain dan tidak bukan adalah rini dan andri yang merupakan teman sekelas sika.  “hmmm kenapa ya sama sika, kok makin kesini makin buruk aja dia” ujar andri. “apa mungkin karena kita habis putus” “atau karena dia ada masalah” hmmm.

Disisi lain bu yuli selaku guru matematika memarahi sika habis habisan. Seperti orang yang habis makan cabe rawit 1000 biji. Muka ibu yuli memerah karena menahan marah “Kamu itu yaaaaa, kalo nggak niat ikut pelajaran saya ya gak usah ikut. Ngganggu temenmu yang lain tau gak?! bikin susah aja!” bentak bu yuli pada sika.

Tulilut tulitu tulilulilut. Bunyi bell sekolah seperti suara es krim campina itu menyelamatkan rini dari amukan guru paling galak disekolahnya.  “Kamu ketua kelas pimpin doa” perintah bu yuli. Karena merasa simpatik akhirnya andri menghampiri sika dan menanyakan perihal permasalahan tadi siang di kelas. “Sik sebenarnya kamu kenapa sih?” tanya andri. Dengan perasaan berbunga bunga karena sebenarnya sika masih mencintai andri menjawab “enggak kok enggak nggak papa”.

“Hmmm lain kali kamu harus lebih berhati hati kalo jamnya bu yuli. tau sendiri kan bu yuli kalo marah kek gimana” meskipun andri berceloteh panjang lebar namun sika tidak memperdulikannya karena yang dilihat sika adalah wajah dan mata andri yang coklat besar itu membuat sika semakin terpana dan sulit untuk melupakannya. “sik??? kamu dengerin enggak sih?” tanya andri . “ehhh iya maaf aku denger kok, jawab sika.

Malam harinya disaat sika tengah berada dikamar tiba-tiba ayah memanggil sika, “Sik, kesini bapak mau bicara penting”. Tidak biasanya bapak sika mengajak bicara sika. setelah sika berada di depan bapaknya akhirnya bapaknya menceritakan bahwa pada besok sore dia akan dilamar oleh anak teman bapaknya “APAA???? aku kan masih sekolah pak? trus gimana sekolahku?!” tanya sika dengan wajah bingung dan kecewa mendengar berita yang disampiakan ayahnya. “Yaa kamu kan bisa tunangan dulu, lulus kuliah nanti baru kamu menikah sama dia, orangnya baik kok” jawab ayah.

Sebagai seorang anak sika tidak bisa melakukan apa-apa karena jika ayahnya mengajak berbicara itu bukanlah negosiasi melainkan sebuah pemberitahuan yang tidak dapat diganggu gugat. Yang mampu sika lakukan hanyalah bercerita sambil menangis pada ibunya. Sang ibu yang penyanyang dan penyabar sangat mengerti betul sikap suaminya yang keras kepala. “Sudahlah nakk, turuti dulu apa mau bapakmu” sambil menangis, ibu memberi nasehat pada sika.

Keesokan harinya sika tidak masuk sekolah, Bukan tanpa alasan sika tidak mau masuk sekolah karena ia sangat kelelahan menangisi nasibnya sepanjang malam. Entah karena kebetulan atau bukan, Namun andri juga tidak masuk sekolah hari itu tanpa pemberitahuan yang jelas.

Jam sudah menunjukkan pukul 16.00 Sika sudah harus bersiap siap untuk menyambut calon tunangannya. “Buu, aku nggak mau dilamar dulu” pinta sika sambil merengek pada ibunya” namun ibu sika hanya bisa menggelengkan kepala sembari menahan kesedihan.

pada pukul 17.00 tepat datanglah iring-iringan rombongan mempelai pria layaknya acara lamaran pada umumnya. Betapa kagetnya sika ketika melihat siapa yang keluar dari mobil sedan putih tersebut karena ternyata calon tunangan yang dijodohkan dengan sika adalah andri sendiri yang merupakan mantan kekasih sika.

“Kamu????” “kok kamu ada disini sih?” tanya sika setengah tidak percaya. “Iya ini aku andri” Jawab andri dengan suara lirih. Tanpa basa basi akhirnya sika memeluk erat andri karena memang sika sangat mencintai andri. “Sik, maafin aku yaa, sebenernya aku sangat sayang dan cinta sama kamu” ujar andri karena memang andri masih sangat sayang pada sika. “Iya ndri, aku juga minta maaf” Betapa terkejutnya sika dan andri karena takdir mempertemukan mereka kembali dalam ikatan pertunangan setelah mereka lama berpisah.

Unsur intrinsik cerpen

Tema: Takdir dan percintaan.
Amanat: Dalam kehidupan berpikirlah dua kali sebelum mengambil sebuah tindakan agar tidak menyesal dikemudian hari.
Alur: Alur yang digunakan adalah alur campuran (Maju dan mundur).
Setting:

  • Kamar sika pukul 17.00.
  • Rumah sika Pukul 16.00.
  • Sekolahan sewaktu jam sekolah.
  • Kelas pada saat jam istirahat.
Penokohan dan perwatakan:
  • Sika : sabar, tertutup, tabah, kuat, pelamun, taat beribadah.
  • Andri : kekanak-kanakan, pemalu, perhatian.
  • Rini : Setia kawan, perhatian, lucu.
  • Bapak tari : Keras kepala, emosian, egois.
  • Ibu tari: Penyayang, sabar.
  • Trimo: Usil.
  • Bu yuli: Galak, Tidak sabaran.
Baca Juga  Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Sudut pandang : Sudut pandang yang dipakai adalah sudut pandan orang ketiga karena pengarang tidak terlibat langsung dalam cerita.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Pendidikan

Di era modern seperti sekarang mencari contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya memang sangatlah mudah. Mengangkat tema pendidikan untuk menulis cerita pendek menurut saya adalah pilihan yang ideal. Sebab status kita sekarang pun juga masih seorang pelajar yang notabenya duduk di bangku sekolah menengah.

Saat menulis cerpen singkat alangkah baiknya kalian mulai menentukan unsur intrinsiknya terlebih dulu. Sebab unsur intrinsik cerpen memberi dampak besar terhadap penyusunan seperti tokoh, alur, latar, bahkan suasana sekalipun. Pada sesi ini kita akan coba mengupas seperti apa contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya.

Giat Belajar Menuju Cita Cita dan Harapan

Pendidikan menjadi salah satu aspek penting dalam siklus hidup seorang individu. Bahkan pepatahpun mengatakan bahwa manusia itu sendiri merupakan seorang pembelajar sepanjang hayat. Maksudnya, kita dituntut harus terus belajar memperdalam serta memperkaya pengetahuan sampai kelak meninggal. Inilah yang berusaha aku terapkan semasa di bangku sekolah menengah dulu.

Dika merupakan seorang anak yang lahir dan tinggal di desa kecil bernama desa harapan. Dika adalah anak yang cerdas, penuh semangat, dan sedang menempuh pendidikan tingkat SMP. Meskipun berasal dari keluarga sederhana tak menyurutkan tekatnya untuk meraih mimpi besarnya.

Setiap pagi Dika selalu bangun lebih awal dari keluarganya yang lain. Ia percaya bahwa kunci kesuksesan terletak pada kegigihan dan semangat dalam belajar. Selain kepintaran di bidagn akademik ternyata Dika juga memiliki segudang prestasi yang mengindikasikan bakatnya benar-benar terasah.

contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya tema pendidikan
contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya tema pendidikan

Di sekolah, Dika dikenal sebagai siswa yang rajin dan aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Ia selalu hadir di perpustakaan setiap sore, mencari tahu lebih banyak pengetahuan untuk mendukung pelajarannya. Dika sadar bahwa pendidikan adalah kunci menuju masa depan yang lebih baik.

Hingga tiba momen dimana Ia diminta mewakili lomba Ilmiah tingkat kabupaten oleh sekolahannya. Lomba itu menjadi ajang pertama baginya untuk menapaki jalan menuju cita citanya. Memenangkan lomba bukan perkara mudah tapi modal dika adalah sifat ulet dan tekatnya yang tak pernah luntur. Meskipun menghadapi banyak rintangan dan persaingan yang ketat, Dika terus berjuang.

Sewaktu lomba Dika menyajikan hasil karyanya dengan penuh percaya diri. Meskipun hasilnya belum tentu memuaskan semua orang tapi Dika merasa bangga karena telah memberikan yang terbaik. Namun, ketika hasil dari juri diumumkan ekspektasinya pun terjawab dengan posisi “juara ke 3”. Meski mengetahui kalah tapi tidak serta merta membuat dika berkecil hati dan kecewa begitu saja.

contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya tema pendidikan
contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya tema pendidikan

Pak amir selaku kepala sekolah melihat semangat dan usaha keras Dika akhirnya memberi mortivasi. “Dika, kamu mungkin tidak menjadi juara pertama kali ini, tapi jangan pernah menyerah ya nak. Setiap langkah yang mengantarkanmu kepada cita-cita patut untuk diapresiasi”.

Dika memahami kata-kata tersebut dan bersyukur atas dukungan yang diterimanya. Ia tahu bahwa perjalanan menuju sukses tidak selalu mulus, tetapi dengan tekad dan semangat yang kuat, ia yakin bisa meraih impian dan cita-citanya.

Contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya di atas menjadi cerminan bagi setiap siswa yang berjuang untuk meraih mimpi mereka. Semangat belajar, kegigihan, dan keteguhan hati adalah kunci utama dalam menghadapi setiap rintangan. Melalui kisah Dika, kita diajak untuk tidak pernah menyerah dan selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

Unsur Intrinsik Cerpen

Memang tak semua siswa mampu membuat contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya. Padahal menurut saya dalam membuat karya tulis itu tak perlu memikirkan alur yang kompleks. Bahkan dengan penokohan, alur, latar, serta tema yang sederhana pun bisa menghasilkan cerita pendek yang menarik.

Sama seperti sebelumnya, dalam sesi ini simaklah unsur intrinsik dari contoh cerpen singkat di atas:

  1. Tema : Pendidikan, Giat Belajar, Rajin, dan Pantang Menyerah.
  2. Sudut Pandang : Sudut pandang orang Ketiga.
  3. Amanat : Jangan menyerah untuk merah cita-cita dan terus belajar sampai sepanjang hayat.
  4. Alur : maju.
  5. Latar : Sekolah, tempat lomba.
  6. Penokohan dan perwatakan:
    Dika: Gigih, rajin, pintar.
    Kepala Sekolah: Baik.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan

Pada pembahasan contoh cerpen beserta unsur intrinsiknya kali ini kita beranjak menuju tema persahabatan. Tema ini sangat populer dicari di internet karena mengajarkan kita untuk menghargai arti pertemanan. Selain itu cerpen persahabatan juga memiliki alur cerita yang bisa dibilang ideal karena tidak terlalu sedih dan tidak terlalu menegangkan.

9 Frictions

Aku adalah seorang murid disebuah SMA favorit di daerahku. Aku mempunyai beberapa teman yaitu Cepy, Afif, Rifki, Gery, Riki dan Irfan. Pada hari jumat kami mendapat tugas IPA untuk membuat percobaan seputar Bioteknologi, akantetapi kami tidak lekas mengerjakannya pada hari itu! karna kami memiliki kesibukan masing-masing akhirnya kami sepakat akan mengerjakan tugas itu pada hari kamis pulang sekolah minggu depan dan itu juga dilaksanakan berbarengan dengan latihan tari.

Mulanya kami akan ikut latihan tari dulu di sekolah karena memang sedang diadakan latihan untuk persiapan sendra tari dua bulan lagi, tetapi karna salah seorang kami yang merayakan ulang tahun Rizal mengundang kami untuk ikut acara ultahnya. Akhirnya kami ikut merayakannya, yaaa walaupun sebenarnya tujuan kami hanya ingin mencicipi kue ulang tahunnya saja, Karena keasyikan makan kue akhirnya kami lupa ada jadwal latihan tari yang harus dilakukan. hihihi. akhirnya kami bergegas ke rumah Gery tanpa afif karena dia sedang ada urusan lain.

unsur intrinsik cerpen persahabatan
Contoh cerpen dan unsur intrinsiknya

Sesampainya dirumah Gery aku beristirahat sejenak sembari menunggu Rifki dan Irfan Tertinggal dibelakang, Tidak lama berselang Irfan dan Rifki sampai yang berbarengan dengan Gery yang membawakan seikat rambutan dan air dingin, Sontak kami langsung menikmati suguhan yang diberikan Gery. Tidak lama sesudahnya Irfan mendapat telfon dari Afif yang katanya minta dijemput di depan komplek karena ingin ikut mengerjakan tugas. Karena mempertimbangkan jarak rumah Gery dan depan komplek sangat jauh akhirnya kami sepakat untuk menjemput Afif dan mengerjakan dirumah Rifki karena rumah rifki memiliki jarak paling dekat dengan depan komplek.

Bersama dengan Afif kami menuju rumah Rifki, Sesampainya disana kami beristirahat sejenak dirumah rifki yang berada di lantai atas. Kami bercakap cakap layaknya sedang mengadakan rapat, padahal hal yang dibahas tidak begitu penting sih hehehe, Tidak lama berselang Rifki memanggil ibunya untuk meminta dibawakan makanan dan minuman untuk kami. Bukkk bawain makanan saa minuman dong, pinta Rifki pada ibunya. Iya-iya bentar. Jawab ibunya. Jangan lupa fantanya sekalian bisikku pada Rifki, hehehhe..

Akhirnya kami pergi kebawah untuk berlatih tari, sambil sesekali menyantap makanan yang diberikan ibu Rifki. hehehe.. memang sih pada awalnya kami hanya bercanda. eh tidak taunya rifki benar-benar meminta makanan pada ibunya.

contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya tema persahabatan
contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya tema persahabatan

Pada saat diperjalanan hujan pun turun kembali kami akhirnya berteduhh di sebuah saung yang tidakk jauh dari tempat pembuatan roti. Rifki dan Irfan memutuskan utk pergi ke rumah pembuat roti tersebut agar tugas kami cepat selesai jadi aku, Ceppy , Gery dan Riki pun menungguu di saung yang juga merupakan pos ronda. setelah beberapa menit Irfan dan Rifki keluar menghampiri kami pada saat keadaan masih gerimis, Kami berharap semuanya sudah beres dan selesai, akan tetapi masih ada proses yakni mengoven roti, dan ternyata dirumah itu hanya membuat adonan roti saja yang nanti akan di oven di toko yang letaknya agak jauh dari tempat pembuatan adonan itu.

Kami pun pergi walau keadaan masih gerimis, sesampainya di toko Rifki mengusulkan agar roti dibentuk seperti kata-kata 9F, akhirnya kami pun setuju, tetapi Riki mengusulkan kata kata 9 Fiction yang memiliki arti 9 Fiksi. Jujur saja aku tidak terlalu paham mengapa ia memilih kata-kata itu namun kami menyetujui usulannya tersebut. karena Rifki khawatir hujan akan semakin lebat akhirnya ia menyuruh kami untuk pulang kerumah masing-masing dan sisanya dia yang mengerjakan, maka kami pun menyetujui dan pulang kerumah kami masing masing.

Keesokan harinya setelah kue jadi, Kami menyerahkannya sebagai tugas boteknologi kami. Tidak disangka-sangka ternyata kami mendapatkan nilai terbaik dikelas.

Contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya di atas sangat menarik untuk kita simak. Sebab dari cerita sederhana itu kita bisa menarik amanat setia kawan dalam berteman. Alur maju yang dipakai berpadu penggunaan sudut padang orang pertama seolah membuat pembaca masuk langsung mengalami pengalaman yang ada dalam cerita.

Unsur Intrinsik Cerpen

Tema : Pertemanan, dan kegigihan.
Sudut Pandang : Sudut pandang cerpen di atas menggunakan sudut pandang orang pertama.
Amanat : Dalam pertemanan rasa setia kawan adalah sifat yang harus dimiliki seseorang, jangan menunda-nunda pekerjaan.
Alur : maju.
Latar : sekolah , rumah Rifki , Rumah Gery, Toko Roti, Pos Ronda.
Penokohan dan perwatakan:

  • afif: Baik
  • Riki: Baik
  • Cepy: Baik
  • Aughy: Baik
  • Gery: Baik
  • Rifki: Baik, bertanggung jawab dan humoris.
  • Irfan: Baik

Sebenarnya masih terdapat dua contoh cerpen singkat beserta unsur instrinsiknya yang ingin saya sampaikan. dua contoh cerpen singkat tersebut memiliki tema persahabatan dan percintaan yang berjudul Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema).

Contoh Cerpen Beserta Unsur Intrinsiknya

Liburan sering kali jadi momen terbaik untuk mengeksplorasi tempat baru yang menunggu untuk dikunjungi. Momen ini juga banyak dinantikan oleh para siswa di kala mereka tengah jenuh berjibaku dengan tes dan tugas dari guru. Sering kali, saat masuk sekolah guru meminta menulis cerpen dan unsur intrinsiknya yang menceritakan pengalaman liburan.

Secara garis besar kalian bisa langsung menulis setiap event ataupun hal menarik yang dialami. Tapi bagaimana dengan mereka yang kurang memiliki inspirasi? tentu saja akan kesulitan. Untuk melengkapi pengetahuan kalian simaklah contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya yang bertema liburan di bawah.

Petualangan Seru di Kala Liburan

Di sebuah pulau tropis yang dihiasi oleh pasir putih dan pepohonan kelapa, hiduplah seorang siswi SMA bernama Maya. Ia adalah gadis Energik yang selalu bersemangat terlebih saat libur sekolah tiba. Kali ini Maya dan keluarganya merencanakan liburan di pulau ceria yang terletak di selatan provinsi maluku.

Rombongan mereka tiba di pulau tujuan dengan penuh antusias di pagi yang cerah. Matahari bersinar terang, angin sepoi-sepoi memberikan sentuhan segar, serta deburan ombak menambah nuansa elok. Mereka menginap di sebuah vila yang terletak di tepi pantai dengan pemandangan langsung ke arah laut sehingga memukau penglihatan.

contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya bertema liburan keluarga
contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya bertema liburan keluarga

Hari pertama mereka liburan didominasi oleh berbagai kegiatan santai.diisi dengan kegiatan santai. Maya sendiri lebih memilih berjemur di pantai, sedangkan angga adiknya bermain di tepian, sedangkan Bu Lina dan Pak Tono memilih menyantap hidangan lezat di warung pinggir pantai. Semuanya berjalan begitu damai dan menyenangkan.

Namun, petualangan sejati dimulai pada hari kedua. Keluarga Maya memutuskan untuk menjelajahi hutan tropis yang tersembunyi di bagian tengah pulau. Mereka mengikuti jejak-jejak yang mengarah ke dalam pepohonan rimbun. Suara riuh pepohonan dan nyanyian burung membuat petualangan mereka semakin menarik.

Tak disangka, mereka menemukan air terjun cantik yang tersembunyi di dalam hutan. Air yang jernih dan segar akhirnya mengundang mereka untuk berenang. Maya dan keluarganya merasa seperti menemukan surga kecil di tengah-tengah pulau yang eksotis tersebut.

contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya bertema liburan keluarga
contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya bertema liburan keluarga

Setelah petualangan yang melelahkan mereka pun mengisi malam dengan kegiatan api unggun dan cerita. Maya merasa bersyukur bisa menghabiskan liburan di Pulau Ceria. Banyak hal menarik mulai dari keindahan alam, makanan lezat, dan kegiatan menantang yang mengiringi liburan mereka.

Cerita ini mengajarkan kita pentingnya melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan merayakan momen bersama keluarga. Pulau Ceria menjadi saksi kebahagiaan dan petualangan seru yang menghiasi liburan Maya dan keluarganya. Meski contoh cerpen singkat dan unsur intrinsiknya di atas tak tidak terlalu panjang tapi tetap bisa kalian pakai sebagai referensi.

Unsur Intrinsik Cerpen

Tema : Liburan Keluarga.
Sudut Pandang : Sudut pandang orang ketiga.
Amanat : Rayakan momen dan kebahagiaan bersama keluarga meski di tengah kesibukan.
Alur : maju.
Latar : Rumah, Pantai, Vila, Pulau ceria Air terjun, Hutan rimbun area belakang pulau.
Penokohan dan perwatakan:

  • Maya: Pemberani dan penuh rasa ingin tau.
  • Adik: Suka bermain.
  • Bu Lina: Baik.
  • Pak Tono: Baik.

Itulah 4 Contoh Cerpen Singkat dan Unsur Intrinsiknya yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Selalu ingat bahwa pada dasarnya untuk menemukan unsur intrinsik dalam sebuah cerpen sangatlah mudah jika kita memperhatikan secara teliti komponen yang terdapat dalam cerpen tersebut. Terimakasih.

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.