12 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

Diposting pada

12 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya – Teks cerita fantasi atau fiksi adalah sebuah karya tulis yang dibangun dan disusun berdasarkan alur normal seperti kebanyakan cerita pada umumnya. Perbedaanya terletak pada teks cerita fantasi yang bersifat fiksi atau hanya khayalan belaka dan tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Umumnya teks cerita fiksi ini akan berbentuk cerita pendek fantasi yang didalamnya memuat alur cerita yang terkesan memberikan khayalan semata.

Tentunya sangat menyenangkan jika kita membahas contoh cerita fantasi karena sifatnya yang diluar nalar dan alur cerita yang menegangkan. Cerita fantasi ini sebenarnya sudah dikenalkan semenjak kita masih kecil ketika orang tua kita sering menceritakan cerita fiksi baik itu tentang legenda, maupun karangan fiksi lainnya.

Karena perkembangan jaman, kita bisa menjumpai berbagai contoh teks fiksi dan contoh cerita fantasi dengan mudah. Contoh teks cerita fantasi ini banyak dimuat didalam novel novel, komik hingga tersebar luas di Internet dengan berbagai judul, alur cerita dan struktur teks. Maka dari itu sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan salah satu contoh cerita fiksi ini.

12 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

Pada dasarnya, materi teks cerita fantasi bisa kalian jumpai hampir di semua jenjang. Mulai dari SD, SMP, dan SMA dengan tingkat kesulitan dan pembahasan berbeda-beda menyesuaikan tingkatan. Setiap unsur meliputi pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan pun dapat kita baca secara mandiri dari buku LKS bahasa indonesia.

Meski menjadi salah satu materi pokok tapi sayangnya tak semua siswa mengetahui seperti apa contoh teks fantasi pendek. Padahal, jenis cerita fiksi satu ini dengan mudah bisa kita temukan hampir di semua tempat. Novel legendaris harry potter misalnya, didalam cerita tersebut kalian akan menjumpai unsur sihir, magis, hewan mitologi, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut sangat berlawanan dengan fakta karena hanya bersifat khayalan semata.

Struktur Cerita Fantasi

Contoh cerita fantasi beserta strukturnya pada dasarnya telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi yang menegaskan bahwa struktur cerita fantasi pada dasarnya memiliki kesamaan dengan cerita pendek (cerpen) pada umumnya. Teks cerita fantasi ini sebenarnya juga dapat dikategorikan kedalam teks cerita pendek atau cerpen. Adapun struktur teks cerita fantasi adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi : Tahap perkenalan alur, latar, penokohan dan sebagainya.
  2. Konflik : Tahap dimana mulai terjadi konflik atau awal mula permasalahan. Konflik sendiri dapat dibagi menjadi awal konflik hingga klimaks (puncak konflik).
  3. Resolusi : Resolusi merupakan tahapan dimana mulai ada titik terang sebagai jalan penyeesaian dari sebuah konflik.
  4. Ending : Ending adalah hasil akhir dari sebuah resolusi. Ending sendiri dapat dibagi menjadi happy ending (akhir bahagia) dan sad ending (akhir tidak bahagia).

Contoh cerita fiksi yang menggunakan gaya penulisan fantasi pada dasarnya sangat mudah kita temukan  dalam kehidupan sehari hari. Contoh teks fantasi bisa berupa buku, novel, hingga film seperti halnya eragon, harry potter, narnia dan lain sebagainya. Semua cerita tersebut memuat unsur sihir, makhluk ajaib, dan lain sebagainya yang notabennya sangat bertentangan dengan kehidupan nyata.

Ciri Ciri Teks Fantasi

Meskipun hampir sama seperti cerpen atau karangan pendek lainnya, namun contoh cerita fantasi sendiri memiliki ciri ciri khusus. Karakteristik ini tentu bisa membantu kita mengenali jenis karya fiksi tersebut dengan mudah. Masalahnya, tak semua siswa hafal apa saja ciri teks fantasi pendek.

16 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya
Contoh cerita fiksi final fantasy XV

Jika kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk mengidentifikasi. Alangkah baiknya sebelum mulai membaca contoh teks cerita fantasi singkat. Simaklah terlebih dahulu karakteristiknya pada poin-poin berikut:

  1. Memiliki ide cerita yang tidak dibatasi oleh realita atau kenyataan dunia (bersifat fiksi).
  2. Didalam cerita terdapat keanehan seperti sihir, makhluk ajaib, maupun sesuatu yang misterius.
  3. Penggunaan latar dapat menembus ruang dan waktu.
  4. Tokoh yang memiliki keunikan tersendiri seperti memiliki kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.
  5. Karena cerita fantasi menggunakan khayalan maka cerita ini termasuk dalam kategori contoh cerita fiksi.

Contoh cerita fantasi yang sangat terkenal dan populer adalah cerita cerita berbasis novel seperti eragon, trilogi harry potter, twilight, the hunger game, dan lain sebagainya. Cerita fiksi tersebut dapat menjadi populer dan terkenal karena didalamnya memuat alur cerita fantasi yang sangat menarik. Jadi dapat disimpulkan semakin menarik sebuah cerita fiksi maka akan semakin banyak orang yang membacanya.

Berikut ini adalah contoh cerita fiksi beserta strukturnya yang dapat saya sampaikan, Pada dasarnya anda daopat menemukan banyak sekali contoh cerpen fantasi pada berbagai sumber di internet. Namun tidak ada salahnya jika saya juga memberikan contoh teks cerita fantasi. Langsung saja kita simak contoh teks cerita fiksi dibawah ini.

Baca juga: Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya

Contoh Cerita Final Fantasy XV Kingsglaive

Lucis adalah sebuah kerajaan sihir yang sangat damai dibawah naungan dan perlindungan kristal ajaib, dan Nifleheim adalah sebuah kekaisaran yang memiliki teknologi mesin yang sangat maju yang telah diciptakan oleh penemu dan ilmuan (magitek). Kedua belah pihak baik Lucis dan Nifleheim telah berperang untuk waktu yang sangat lama. Nifleheim yang memiliki mesin militer dan perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung mulai mendominasi negara negara yang dilaluinya.

Untuk mempertahankan kerajaannya, Lucis membentengi wilayahnya dengan dinding ajaib yang berasal dari kekuatan kristal ajaib itu sendiri. Hanya Insomnia sendirilah yang menjadi kota sekaligus benteng pertahanan Lucis yang tidak pernah tertembus oleh serangan Nifleheim. Setelah perang yang berkepanjangan pangeran noctis lucis beserta ayahnya pergi menuju kerajaan tenebrae untuk mencari obat penyembuh kesedihan yang mereka derita.

Sebagai catatan, saya sangat menyukai contoh cerita fantasi yang satu ini karena alur cerita yang menegangkan dan karakter di dalamnya juga sangat unik karena memiliki kekuatan dan kemampuan yang sangat saya sukai yakni teleportasi.

Puteri luna, kakak laki laki dan ibunya sebagai bangsawan tenebrae menyambut kunjungan mereka dengan sangat ramah. Tanpa disadari kedatangan raja regis dan pangeran noctis juga membawa api peperangan menuju tenebrae. Dan dalam waktu sekejap mata, kerajaan tenebrae berubah menjadi lautan api.

Ratu tenebrae tewas karena serangan itu untuk melindungi Ravus, pangeran dari kerajaan tenebrae itu sendiri. Bukan tanpa alasan niflheim menyerang tenebrae, hal tersebut disebabkan oleh kunjungan raja regis dan pangeran noctis. Tenebrae sangat berkabung dimasa itu, Ravus nox fleuret, sang pangeran merasa dendam pada kerajaan lucis karena kedatangan mereka telah menyebabkan ibunya meninggal.

Baca juga: 12 Contoh Teks Cerita Fantasi Singkat Terbaru Menegangkan

Waktu telah lama berselang, untuk mempertahankan kota insomnia, raja regis membentuk tentara militer khusus yang diberi nama “kingsglaive”. Seluruh anggota glaive memiliki kekuatan sama seperti raja regis karena memang sumber kekuatan mereka berasal dari cincin lucii yang dipakai oleh raja regis. cincin lucii sendiri adalah sebuah cincin ajaib yang memiliki kekuatan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Hanya keturunan raja saja yang dapat menggunakan kekuatan cincin ini. Dan hanya mereka yang layaklah yang mampu memanggil penjaga raksasa dan kekuatan terbesar yang bersemayam dalam cincin tersebut.

Kehebatan pasukan glaives memang tidak diragukan lagi, hal ini telah mereka buktikan pada pertarungan di tembok perbatasan sebelah timur kerajaan lucis. Dengan menggunakan kekuatan listrik, api, dan kekuatan magis lain dikombinasikan dengan kemampuan untuk teleportasi beserta menghilang pasukan glaives berhasil mendesak nifleheim di garis depan. Namun pada akhirnya pasukan glaives tetap kalah karena Nifleheim melepaskan seekor monster raksasa yang dijuluki “the deamon” yang berukuran ratusan kaki dan dengan sekejap dapat meluluh lantahkan medan pertempuran.

16 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya
Contoh cerita fantasi (final fantasy)

12 tahun berlangsung, raja regis berniat untuk menikahkan puteranya yakni pangeran noctis yang saat ini telah berusia 20 tahun dengan puteri kerajaan tenebrae yakni putri lunafreya nox fleuret yang dijuluki “putri yang seharusnya menjadi mempelai yang dicintai”. Tanpa diduga Niflheim mengirimkan konselornya untuk bernegosiasi agar insomnia menyerah dengan dalih mengadakan perjanjian damai. Raja regis yang tidak memiliki pilihan karena niflheim mengancam nyawa dan keselamatan pernikahan noctis dan luna maka menyetujui tawaran tersebut.

Keputusan ini membuat pasukan glaives dibubarkan begitu saja. Merasa dikeceawakan oleh rajanya, akhirnya banyak pasukan glaives yang berubah menjadi pemberontak dan merencanakan kudeta untuk menjatuhkan raja regis dan mendapatkan kebebasan demi kampung halaman mereka. Kudeta demi kudeta telah dilakukan.

Pertarungan antar glaives pun mulai terjadi dan hanya menyisakan satu orang glaives yakni Nyx ulric yang dijuluki sebagai pahlawan sekaligus glaives terbaik oleh teman temannya. Nyx ulric yang diberikan amanat oleh raja regis sebelum meninggal untuk menjaga puteri lunafreya dan cincin lucii yang dibawanya harus menghadapi rintangan dan musuh yang cukup kuat yakni jenderal glauca yang memimpin pasukan niflheim dalam penyerangan Insomnia.

Dalam usahanya untuk melarikan diri keluar dari insomnia, Nyx dan Lunafreya sempat tertangkap oleh jenderal glauca yang ternyata adalah kapten pasukan glaives yakni kapten drautos. Merasa sudah terpojok dan putus asa akibat dua luka tembak yang diterima Nyx sebelumnya maka Nyx mencoba memakai cincin lucii yang dibawa oleh putri lunafreya.

Dalam keadaan sekarat, Nyx ulric memanggil arwah raja raja lucis terdahulu. Untuk mendapatkan kekuatan cincin lucii maka Nyx harus memiliki jiwa rela berkorban untuk masa depan. Karena sejatinya cincin tersebut ada untuk melindungi masa depan. Tawaran yang diberikan oleh raja raja masa lalu sangatlah sulit, untuk memakai kekuatan cincin tersebut harus dibayar dengan nyawa Nyx sendiri.

Merasa bahwa masa depan adalah sesuatu yang utama bagi Nyx akhirnya ia menerima tawaran tersebut. Nyx yang berhasil mendapatkan kekuatan cincin lucii dan mengorbankan nyawanya setelah fajar menyingsing akhirnya memanggil tembok legenda berupa 6 patung raksasa yang kemudian menjadi hidup dan membantu Nyx bertarung melawan pasukan niflheim.

Cobalah untuk masuk kedalam alur dan suasa dari contoh cerita fantasi ini untuk mendapatkan unsur unsur hingga struktur teksnya. Jika kita perhatikan alur cerit hingga penokohan dalam cerita fiksi ini sangat unik karena setiap karakter memiliki kekuatan tersendiri.

Pertarungan terus berlangsung hingga akhienya Nyx berhadapan dengan Jenderal Glauca sendiri. Nix terpaksa melawan kapten glaives yang menjadi jahat itu. Dalam beberapa kesempatan mereka bercakap cakap. Akhirnya pertempuran tersebut berhasil terselesaikan dengan tewasnya Jenderal Glauca. Namun dilain sisi Nyx Ulric juga tewas karena disaat Nyx membuat perjanjian dengan raja Lucis terdahulu ia sepakat untuk menukar nyawanya dengan kekuatan luar biasa yang berasal dari cincin Lucii.

Akhirnya, dengan kekuatan terakhirnya Nyx pun membangkitkan “The old wall” (tembok tertua) yang berisikan jiwa jiwa dan semangat dari raja terdahulu. The old wall yang berbentuk patung raksasa bersenjatakan pedang, kapak, hingga shuriken tersebut membinasakan kapal perang niflheim dengan sangat mudah. Namun upaya mempertahankan lucis harus terhenti karena makhluk raksasa bernama Demon sudah dilepaskan oleh pihak Niflheim.

Demon VS the old wall, Nyx VS Jenderal Glauca. Pertempuran dua kubu tersebut berjalan sengit hingga akhirnya mendekati fajar. Nyx yang teringat akan perjanjiannya (menukar nyawa dengan batas hingga fajar) ingin segera mengakhiri pertempuran sebelum dirinya mati. Akhirnya Nyx yang memikul beban keselamatan dunia berhasil membunuh jenderal glauca dengan menancapkan pisau di dadanya dan berkata “King Regis melakukan apa yang seharusnya dia lakukan untuk masa depan”.

Dan dia menjelaskan bahwasanya dia (Nyx) tidak hanya bertarung untuk menyelamatkan lucis saja, namun dia juga bertarung untuk keselamatan dunia karena jika niflheim mendapatkan cincin lucii maka dunia akan hancur. Namun sayangnya kota yang menjadi benteng dunia yang terakhir harus tumbang karena keganasan Demon yang dilepas oleh Niflheim.

Setelah mengalahkan general glauca, Nyx pun berbaring menatap langit fajar sambil berkata “memimpinlah dengan bijak, raja muda”. Kata katanya tersebut ditujukan pada noctis lucis caelum yang merupakan pewaris sah dari King regis. Setelah terbitnya fajar, akhirnya Nyx menghembuskan nafas terakhirnya dan tubuhnya perlahan terbakar berubah menjadi abu yang terbang ditiup angin.

Menyedihkan bukan contoh cerita fantasi singkat di atas? Contoh cerita fiksi tersebut saya rangkum dari serial game yang berjudul sama. Jika kalian adalah penikmat game tentunya akan tau betapa menegangkannya game legendaris ini.

Masih terdapat berbagai cerita bersifat fantasi yang sebenarnya ingin saya sampaikan namun belum sempat saya tulis. Namun, itulah sedikit contoh cerita fantasi singkat menegangkan beserta strukturnya yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya untuk menemukan cerita fiksi tidaklah sulit karena cerita fantasi ini beredar luas di berbagai media.

Baca Juga  Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contohnya

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.