12 Contoh Teks Anekdot Lucu Tentang Pendidikan

Diposting pada

12 Contoh Teks Anekdot Lucu Tentang Pendidikan – Apa itu cerita anekdot? inilah yang sering kali ditanyakan oleh siswa. Secara garis besar, anekdot merupakan karya sastra berupa tulisan berbentuk dialog ataupun cerita yang memiliki unsur humor. Tujuan utama penulisan tak lain adalah untuk menghibur pembaca lewat cerita lucu yang disajikannya. Meski berisi unsur humor tapi teks anekdot juga mengandung pesan moral dan nilai kehidupan. Tak heran jika banyak orang menggunakan cerita anekdot sebagai kalimat sindiran tak langsung kepada pihak lain.

Sejatinya contoh teks anekdot tentang pendidikan digunakan untuk mengulas bahkan menyindir tentang kinerja maupun tingkat efisiensi pendidikan tergantung pada konteks pembicaraan. Meskipun disampaikan dalam cerita yang bersifat menyindir. Namun kalian juga akan menemukan moral dan makna yang terkandung di dalamnya. Sehingga mampu membangun taraf pendidikan menjadi lebih baik di kemudian hari.

Pada dasarnya materi teks anekdot sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah menengah. Cakupan pembahasan terkait struktur, kaidah kebahasaan, dan pengertiannya pun bisa kalian baca sendiri di buku pedoman bahasa. Sayangnya cerita yang tak memiliki batasan tema sering kali membuat siswa kewalahan. Contoh teks anekdot tentang pendidikan misalnya sangat sulit untuk dijumpai. Karena hanya sedikit yang berani memberikan kritik serta sindiran pada sektor ini.

12 Contoh Teks Anekdot Lucu Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan sektor yang bisa dibilang krusial karena dari sinilah lahir generasi penerus bangsa. Dalam proses belajar mengajar di sekolah harusnya dilakukan dengan hikmat. Namun pada kenyataanya setiap proses pendidikan menyisakan kejadian lucu yang tidak bisa dilupakan. Entah kelucuan itu muncul karena dialog siswa dan guru, dialog antar siswa, maupun karena faktor lainnya. Dari cerita inilah kita bisa mengembangkan contoh teks anekdot tentang pendidikan di sekolah.

Contoh teks anekdot tentang pendidikan
Contoh teks anekdot tentang pendidikan

Tujuan utama teks anekdot memang untuk menghibur para pembacanya. Hal ini sesuai dengan fungsi sosial teks yang telah dijelaskan dalam materi pembelajaran bahasa indonesia. Nah untuk mendalami berbagai komponen serta struktur teks anekdot maka kita bisa menganalisa contoh teksnya. Tanpa kita sadari terdapat banyak sekali contoh teks anekdot dengan berbagai tema dan topik bahasan.

Contoh anekdot tentang pendidikan kali ini akan saya bagi menjadi beberapa cerita singkat. Namun bacaan tersebut masih memiliki tema yang sama yakni tentang pendidikan. Tidak hanya dalam bentuk contoh teks saja namun dalam contoh kali ini saya juga memberikan dalam contoh percakapan juga. Berikut adalah kumpulan contoh cerita anekdot singkat tentang pendidikan yang dapat anda simak.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan di Masa Pandemi

Pandemi memaksa seluruh aktivitas belajar mengajar dilakukan dari jarak jauh dengan sistem daring. Saya akan memberikan contoh cerita anekdot lucu tentang lika-liku siswa belajar dari rumah.

Anto adalah salah seorang siswa yang terkena dampak langsung dari pandemi. Sayangnya, perangkat ponsel yang biasa dipakainya rusak sehingga ia tak bisa mengikuti pelajaran tatap maya. Saat pergi ke masjid untuk sholat isya dia bertemu temannya dan terjadi percakapan.

To, kamu sudah ngerjain tugas kemarin? tanya herman. Anto pun menjawab “Belum man, emang ada tugas apa? hpku mati dari kemaren”. Lah itu, tugas matematika halaman 10 yang bagian uraian suruh ngerjain semua, jangan lupa dikumpulinnya besok ya. Timpal herman.

Anto pun lekas pulang dan bergegas mengerjakan tugasnya. Karena sangat banyak akhirnya dia pun begadang sampai jam 2 untuk menyelesaikannya. Jam 8 menjadi batas pengumpulan tugas matematika tapi anto ternyata bangun kesiangan sekitar jam 9. Akhirnya dengan terburu-buru dan memasang ekspresi takut ia pun berangkat ke sekolah untuk mengumpulkan langsung di meja guru.

Saat sudah sampai di sekolah tak ada satu guru pun yang hadir di ruangan. Ternyata ibu guru menunda pekerjaan dan meminta siswa untuk mengerjakan pilihan ganda saja. Anto pun pulang dengan perasaan kesal karena tak mendapat informasi tersebut.

Dari contoh teks anekdot tentang pendidikan di masa pandemi diatas kita bisa menarik kesimpulan. Sindiran diberikan pada teman-teman yang tinggal di lingkungan anto harusnya memberikan kabar. Di lain sisi, guru beserta jajaran pemerintah pun harusnya menciptakan solusi menghadapi pandemi. Jangan sampai pandemi menghalami pembelajaran bahkan menghentikan pendidikan di Indonesia.

Contoh Teks Anekdot Pelajaran

Tes Uji Coba
Bu guru Neni setiyani tengah menerangkan pelajaran IPA kepada para siswa siswinya. “Denger ya anak-anak. segala sesuatu itu kudu diteliti guna mengecek keasliannya” Karena masih tanggal muda bu neni menjelaskan dengan antusias dan penuh semangat. “Weh, Itu teorinya termasuk pas pacaran ya bu??” ujar salah seorang siswa.

“Dasar kamu pikiran kok ngeres, ya nggak boleh lah. itu namanya dosa, Nikah dulu baru nyoba, jangan coba-coba dulu baru nikah” Mata riki melotot, “Loh, lha ibu tadi bilangnya semua harus dicoba?? wkwkwkwk” Jawab rik ngeyel.

Baca Juga  Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap

“Pokoknya kamu nggak boleh gitu. Dosa dan tercela itu”  kata Bu neni. “Yelah, nggak dosa lah bu, kan uji coba bikin teh tarik. rasanya enak apa enggak gitu. Ah pikiran ibu nih yang ngeres :p” Jawab riki, “njirrr… ini anak kampret amat yakk?? anak siapa nih??” batin bu neni dalam hati wkwkwk.

Baca juga: 4 Contoh Teks Anekdot Lucu Tentang Lingkungan

Apakah contoh teks anekdot tentang pendidikan harus berupa cerita? menurut saya tidak juga. Berdasarkan buku pedoman bahasa kita juga bisa menggunakan atau menyelipkan dialog aktif ke dalam teks itu sendiri. Selama dialog tersebut tak menyimpang dari struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot itu sendiri.

Pak Dirman Dan Lomba Renang
“Anak-anak, dengar bapak, Sekarang berkumpul sama kelompok renang kalian sesuai keahlian” pengumuman dari pak dirman.
semua siswa dan siswa berkumpul dan membentuk kelompok yang terdiri dari

  1. kelompok gaya dada.
  2. kelompok gaya punggung.
  3. kelompok gaya bebas.
  4. kelompok gaya kupu kupu.

Namun ada satu orang siswi yang tidak ikut dalam kelompok.
“Nita kenapa kok kamu nggak masuk ke kelompok manapun?” tanya pak dirman. “Emmm anu pak, saya bikin kelompok sendiri aja dehhh.. tapi….” Nita menjawab dengan ragu-ragu. “Anu, eh tapi apa??” pak dirman bertanya. “Tapi pada nggak ada yang mau gabung pak, soalnya kelompok renang saya namanya gaya batu hehehehe” Jawab nita.

Baca Juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Contoh Teks Anekdot Tentang Pendidikan Singkat

Contoh teks anekdot pendidikan singkat selanjutnya yang ingin saya berikan akan berfokus pada dialog saja. Apakah hal demikian diperbolehkan? menurut saya sah-sah saja selama tak melanggar kaidah kebahasaan maupun struktur teks anekdot itu sendiri.

Terlebih selama tujuannya untuk menghibur pembaca maka kita bisa menggunakan dialog saja daripada menyusun cerita begitu panjang. Hal ini sekaligus menjadi jawaban pertanyaan kalian yang bingung membuat contoh cerita lucu. Alangkah baiknya cerita tersebut dikemas menjadi kumpulan dialog pendek saja seperti pada contoh di bawah.

Kebotakan
Didepan kelas terdapat seorang guru yang tengah berdiri.
Murid : “Pak han???. “kenapa kok kepala profesor mesti selalu botak?”
Guru : “Ya karena profesor kebanyakan mikir”.
Murid : “Wah….” jadi bapak juga seorang profesor dong??? wkwkwk”. sambil melihat kebotakan gurunya.
Guru : “ Haaaaa?????“ dalam hati sang guru berkata “ Sarjana aja belum tamat juga :p”.

Sebenarnya masih banyak contoh teks anekdot tentang pendidikan singkat yang ingin saya sampaikan pada kalian. Tapi minimnya waktu menjadi kenadala mengapa saya tak menyampaikannya secara keseluruhan. Tapi, kalian tetap bisa mencari referensi dan menambah informasi dengan mencarinya secara mandiri dari internet.

Tandanya orang pintar
Di dalam sebuah kelas sedang terjadi pembicaraan antara guru dan murid.
“Hayoo ada yang tau gak apa tandanya orang pintar itu apa?” tanya bu guru. “Rajin membaca dan rajin menulis” jawab semua anak “bagus kalian benar” puji bu guru. “rajin menyontek bukk” jawab joko. “lohhh kok gitu jokkk??” tanya bu guru.

“Lahh iya dong bu, buktinya aja pas kita nyontek cara buat pesawat, ahirnya kita bisa pintar buat pesawat. betulkan, bukk??”. “wah, kamu betul juga jokkkk” Oke anak-anak, jadi menyonteklah agar pintar” kata guru. “yesss asikkk. besok ulangan bisa nyontek kwkwkwkwk” murid-murid bergembira. “Weh. Bukan, Maksud ibu yang model tadi loh” guru menepuk jidatnya.

Perpus Dan Kantin
Aziz : “Gap, tau gak apa bedanya kantin sama perpustakaan?”
Gagap : “Tau dong ziz, perpus tempat baca sama cari buku, kantin tempatnya cari makan”.
Aziz : “Owalah. kalo persamaannya tau nggak?”.
Gagap : “emmm apa ya?”.
Aziz : “gitu aja susah, sama-sama ada yang jaga, tau”.
Gagap : “hehehehehe, tumben encer pikiranmu, biasanya juga kek gimana.”.

Usul Yang Tak Dianggap
David : “Gus, Ayuk kita usul sama pak guru olahraga kita”
Bagus: “mau usul apaan Dav ?”.
David: “Itu tuh soal aba-aba pas mau lari”.
Bagus: “ehh?? mau dijadiin kek gimana Dav??”.
David: “kan aba-aba lari kayak gini, Bersedia, siap, Yakkk!!” kata Yakkk, dirubah aja jadi “Oke” kan bikin keren”.
Bagus: “Hadehhh ada ada aja Dav”.

Selain contoh teks anekdot singkat tentang pendidikan diatas masih terdapat berbagai contoh lain. Contoh anekdot tersebut meliputi berbagai tema mulai dari masyarakat, lingkungan, kebersihan, dan tema umum lainnya. Dengan adanya internet sekarang ini juga memudahkan kita dalam mencari referensi materi teks anekdot beserta strukturnya. Namun jika anda ingin membaca dan mendalami contoh teks anekdot lainnya silahkan simak artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *