Contoh Simbiosis Komensalisme dan Pengertian Simbiosis Komensalisme

Diposting pada

Contoh Simbiosis Komensalisme dan Pengertian Simbiosis Komensalisme – Simbiosis merupakan sebuah interaksi yang terjadi antar makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Berdasarkan hasil akhirnya simbiosis bisa dibagi menjadi tiga jenis yakni mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Banyak sekali contoh simbiosis yang terjadi di lingkungan kita dan bisa ditemukan dalam keseharian kita. Mulai dari hal tercekil seperti proses penyerbukan bunga, hubungan antara semut dan manusia, dan lain sebagainya. Semua interaksi yang terjadi tersebut adalah salah satu bukti bahwa kita ada dalam lingkaran simbiosis.

Apa pengertiaan simbiosis komensalisme? Apa saja contoh simbiosis komensalisme? Simbiosis komensalisme tentunya berbeda dengan simbiosis parasitisme ataupun mutualisme. Yang membedakan disini adalah ciri atau karakteristik dari masing masing simbiosis tersebut.

Setelah kita membahas tentang simbiosis secara umum dengan berbagai jenisnya. Sekarang kita akan membahas materi simbiosis komensalisme secara mendalam. Materi yang terdapat pada artikel ini mencakup pengertian simbiosis komensalisme lengkap dengan ciri-ciri simbiosis komensalisme dan contoh simbiosis komensalisme itu sendiri.

Contoh Simbiosis Komensalisme dan Pengertian Simbiosis Komensalisme

Materi simbiosis termasuk dalam kategori ilmu pengetahuan alam. Mata pelajaran yang mengcover materi ini adalah sains dan biologi. Kita bisa menemukan berbagai contoh simbiosis komenasalisme tersebut di sesuai yang dicantumkan dalam buku pelajaran. Namun jika kita ingin menemukan contoh otentik dari simbiosis komensalisme caranya juga cukup mudah. Kita hanya perlu keluar ruangan dan melihat interaksi yang ada di sekitar kita.

Contoh Simbiosis Komensalisme Dan Pengertian Simbiosis Komensalisme

Seperti yang kita ketahui, setiap jenis simbiosis memiliki pengertian, ciri-ciri, dan contoh yang berbeda-beda. Berikut di bawah ini adalah materi tentang pengertian simbiosis komensalisme, ciri-ciri simbiosis komensalisme dan contoh simbiosis komensalisme yang dapat anda pelajari.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah interaksi atau hubungan timbal balik yang terjadi di antara dua makhluk. Hubungan ini menghasilkan akhir dimana salah satu pihak diuntungkan sedangkan pihak yang lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Simbiosis komensalisme bersifat menguntungkan satu pihak saja namun juga tidak merugikan pihak kedua.

Bisa dibilang simbiosis ini ada ditengah tengah antara mutualisme dan parasitisme. Menurut saya pribadi tidak masalah jika terjadi simbiosis komensalisme. Mengapa demikian? karena tidak ada yang dirugikan dalam interaksi tersebut. Lantas seperti apa ciri ciri simbiosis yang satu ini?

Baca Juga  Struktur dan Fungsi Batang Dikotil (Rangkuman Lengkap)

Ciri Ciri Simbiosis Komensalisme

Ciri-ciri utama dari simbiosis komensalisme adalah diuntungkannya salah satu pihak pada sebuah interaksi atau hubungan timbal balik yang terjadi dengan tidak merugikan atau menguntungkan pihak yang lainnya. Simbiosis bisa terjadi antara makhluk hidup yang sama maupun berbeda spesies. Durasi dari simbiosis ini pun tidak menentu karena ada yang lama dan ada pula yang singkat.

Baca Juga : Contoh Dan Pengertian Sibiosis Mutualisme

Contoh Simbiosis Komensalisme

Sebenarnya contoh interaksi yang mengarah pada simbiosis komensalisme dapat kita temukan dalam berbagai aspek. Dapat dipastikan kalau setiap ekosistem dan lingkungan terdapat simbiosis ini. Namun untuk menyingkat waktu saya telah menyediakan beberapa contoh simbiosis mutualisme di bawah ini:

Simbiosis komensalisme antara tumbuhan paku dengan pohon jati
Tumbuhan paku mendapatkan keuntungan dengan menempel pada pohon jati yakni untuk mendapatkan sinar matahari. Namun pohon jati tidak mendapatkan keuntungan dan juga kerugian karena ditempeli oleh tumbuhan paku.

Simbiosis komensalisme antara bunga anggrek dan pohon mangga
Bunga anggrek mendapatkan keuntungan dengan menempel pada pohon mangga karena dapat berkembang biak dan melakukan fotosintesis. Pohon mangga tidak mendapatkan kerugian maupun keuntungan dari bunga anggrek.

Simbiosis komensalisme antara ikan kecil dengan bulu babi
Ikan kecil sering bergerombol terlihat disekitar bulu babi untuk mencari perlindungan dari pemangsanya. Namun bulu babi tidak mendapatkan keuntungan dengan adanya ikan kecil disekitarnya.

Simbiosis komensalisme antara ikan badut dengan anemon
Ikan badut mendapatkan keuntungan dengan cara tinggal didekat anemon untuk melindungi diri dari pemangsa. Sedangkan nemon tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian dengan adanya ika badut didekatnya.

Itulah materi tentang pengertian simbiosis komensalisme, ciri-ciri simbiosis komensalisme dan contoh simbiosis komensalisme. Simbiosis komensalise merupakan jenis simbiosis dimana salah satu pihak diuntungkan sedangkan pihak yang lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.