8 Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya

Diposting pada

Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru – Pernahkah kalian membaca sebuah cerita lucu yang didalamnya berisi sindiran untuk pihak tertentu? Seperti inilah ciri-ciri teks anekdot. Tujuan komunikatif dari teks satu ini tak lain adalah untuk menghibur pembacanya melalui cerita lucu yang disajikan. Meski demikian, banyak yang menggunakan anedot untuk memberikan kritik tanpa menyinggung pihak lain.

Materi teks anekdot pun bisa kita pelajari semasa SMP dan SMA sebagai bagian dari mapel bahasa indonesia. Teks ini juga banyak disinggung dalam buku pedoman pelajaran bahasa sehingga dapat memberi penekanan pada siswa pentingnya materi teks anekdot. Namun dalam konteks kehidupan nyata cerita anekdot sangat jarang digunakan. Mengapa demikian? karena contoh teks anekdot dirasa terlalu panjang dan tidak semua orang bisa menangkap maksudnya.

Contoh Teks Anekdot Singkat
Contoh Teks Anekdot Singkat

Contoh teks anekdot beserta strukturnya pada dasarnya dapat kita temukan di berbagai media baik cetak maupun digital. Bentuknya pun tak serta merta berupa cerita panjang melainkan juga bisa dibuat menjadi dialog percakapan. Contoh cerita anekdot singkat sendiri dapat dibedakan berdasarkan teman yang terdiri dari teks anekdot singkat tentang politik, budaya, sosial, pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya.

8 Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya

Jelaskan definisi teks anekdot! banyak siswa bingung ketika diberi perintah demikian. Padahal, pengertian anekdot sendiri adalah sebuah cerita lucu yang ditulis berdasarkan pengalaman seseorang ataupun peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat. Meski dikemas dalam penyampaian yang lucu tapi tak serta merta membuatnya kehilangan nilai moral. Selain menghibur pembaca, Tujuan komunikatif teks anekdot adalah untuk memberikan sindiran atau kritikan secara halus.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi satu ini di jenjang sekolah menengah. Dengan tingkat kesulitan berbeda siswa biasanya akan diminta menganalisa contoh teks anekdot beserta strukturnya. Sayangnya tak semua siswa mengerti struktur baku terlebih ketika cerita anekdot disusun dalam bentuk dialog. Padahal, semua materi lengkapnya sudah tercantum pada buku pedoman bahasa indonesia.

Untuk menambah wawasan, saya telah mempersiapkan beberapa contoh teks anekdot beserta strukturnya. Tema yang akan saya angkat sangat variatif mulai dari pendidikan, politik, sosial, dan lingkungan. Tapi sebelumnya kalian harus memempelajari terlebih dulu kerangkanya pembentuknya.

Struktur Teks Anekdot

Berulang kali telah kita bahas materi teks anekdot dalam berbagai kesempatan. Meskipun demikian masih ada siswa yang merasa kebingungan menentukan struktur teks dan unsur unsur pembentuknya. Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus mengingat kembali materi yang menyangkut pengertian, kaidah kebahasaan, hingga struktur teks itu sendiri.

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang struktur teks anekdot dalam artikel Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot bahwasanya strukturnya terdiri dari:

  1. Abstraksi.
  2. Orientasi.
  3. Event.
  4. Krisis.
  5. Reaksi.
  6. Koda.
  7. Re-orientasi.

Namun tidak jarang juga ditemui beberapa cerita yang strukturnya tidak lengkap tapi masih disebut sebagai teks anekdot. Secara harafiah teks yang bersifat menghibur dan di dalamnya berisikan kejadian lucu memang bisa disebut anekdot. Tapi jika ditinjau dari sudut pandang akademik teks anekdot yang lengkap memiliki struktur seperti diatas.

Umumnya teks anekdot digunakan untuk mengungkapkan sebuah sindiran atau mengkritisi suatu hal namun dikemas kedalam bahasa yang lucu dan menimbulkan gelak tawa. Sehingga penggunaan teks ini tidak bersifat menyinggung secara langsung. Kita bisa melihat beberapa contoh anekdot singkat beserta strukturnya di bawah ini.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Sebenarnya penggunaan teks anekdot untuk mengkritisi sesuatu dapat menimbulkan kontroversi dan menyinggung. Namun pada dasarnya teks anekdot sendiri diciptakan untuk menghibur para pembacanya. Jadi bisa disimpulkan bahwa teks anekdot memiliki tujuan serta fungsi sosial yang beragam. Dibawah ini adalah 8 contoh anekdot singkat yang dapat anda simak dan pelajari.

Contoh teks anekdot beserta strukturnya bersifat universal karena tak memiliki batasan tema tertentu. Selama alur cerita disampaikan dengan bahasa lucu sesuai kaidah dan memiliki nilai moral atau sindiran, maka teks tersebut termasuk anekdot. Oleh karenanya, saya ingin memberikan contoh cerita lucu tentang pendidikan, kebersihan, sosial, dan lain sebagainya.

Teks Anekdot Singkat Tema Pendidikan

Abstraksi
Di suatu tempat nan jauh dan tidak diketaui tempatnya, Tinggal dua orang murid yang sedang melakukan pembicaraan ringan. Sebut saja kedua murid itu dengan ade dan dika.

Orientasi
“Dikk, Lu punya nilai Matematika berape?” tanya ade penuh rasa kepo.
“Jelek bingittt” Jawab Dika.

Event
“Wkwkwkk. wah kita sehati ya, btw lu dimarin guru matematika enggak nih?”

Krisis
“Hadehh.. dimarahin pake buanget. kumplit dah soalnya sama dimarahin orang tua juga. kek mutu hidup sehat 4 sehat 5 sempurna”
“Kalo nilai bahasa linggis?”
“Nah kalo itu malah baru bagus,”
“Wahhh beda nih, hadehhh mingkin kita bukan jodohh” hehehe
“Ngomong-ngomong elu pernah mikir enggak, kenapa ya kita ditakdirkan menguasai semua pelajaran, padahal guru aja cuma satu pelajaran”
“Jadi gini, disini itu ada dua pasal yang harus kita inget. Pertama pasal satu guru enggak pernah salah. Pasal dua kalo guru salah balik ke pasal satu.”

Reaksi
“Bangkeeeee, bener juga ya, kalo guru telat mah biasa aja, nah giliran kita telat, hadehh diomelin kek keong kepanasan”

Koda
“dah jangan dipikir ribet, yuk makan kita malak guru”
“ayukk”
Akhirnya mereka hidup bahagia selamanya. hehehehhe.

Telat Yang Tidak Diharamkan

Cerita anekdot tentang pendidikan tak serta merta terjadi antar siswa saja. Ada kalanya guru maupun elemen sekolah tertentu juga ikut terlibat. Misalnya terjadinya miss komunikasi antara murid dan gurunya ketika membahas pelajaran. Untuk menambah referensi, maka simaklah contoh teks anekdot beserta strukturnya di bawah ini.

Abstraksi
Di suatu pagi yang cerah ada seorang murid bernama aldo, Dia datang terlambat ke sekolahnya dan terjadilah perbincangan dengan gurunya. Seperti apa perbincangan antara guru dan murid tersebut?

Orientasi dan Event
“Aldo, kenapa kamu bisa sampe telat hari ini?” tanya guru dengan  memakai nada tinggi.
“Maaf bu, tadi saya nolongin nenek-nenek nyasar nggak bisa cari rumahnya”
“Halah banyak alasan, yg namanya telat ya telat, Anak-anak, jangan pernah mencontoh aldo, dia tidak mencerminkan contoh yang baik” ujar bu guru.

Baca Juga  4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat

Krisis
Ibu guru terus mengeluarkan kata-kata motivasi seperti mario teguh yang panjangnya kaya rel kereta api dari bandung ke surabaya. Dan setelah ibu guru selesai entah karena sudah puas atau capek ia pun melanjutkan pelajaran. Namun ternyata bel pulang sudah berbunyi.

Reaksi dan Coda
“Ehh ehh ehh, kalian semua pada mau kemana?” tanya guru kesal
“Yaaa pulang to bu, kan ini dah waktunya pulang”
“Loh, ini kan ibu belum selesai!”
“Yelahhh bu, masak telat dateng aja enggak boleh, lah giliran telat pulang masak ya boleh”
“Ya pokoknya ibu belum selesai, tadi kan aldo dateng telat, ya ibu kasih ceramah dulu,”
“Lahh tadi ibu sendiri kan yang bilang telat ya tetep aja telat.”
“Mau ngebantah kamu??? berani!!!!”
“Ehh ehh enggak kok bu, maaf.”
Dan akhirnya murid murid harus tetap belajar dikelas sampe guru capek.

Dialog Anekdot Tema Sosial

Contoh teks anekdot beserta strukturnya tak serta merta selalu berbentuk cerita. Terkadang, penulis lebih memilih menuangkan event, reaksi, maupun coda menggunakan dialog. Mengapa demikian? karena percakapan menurut saya pribadi sangat singkat dan membuat alur cerita tak membosankan.

Masalah, saat teks tersebut hanya berbentuk percakapan, siswa pun menjadi kesulitan untuk menganalisanya. Padahal jika memperhatikan seksama maka kalian akan menemukan rangkaian unsur struktur teks anekdot tersebut pada dialog. Misalnya seperti teks anekdot singkat berikut:

Disebuah tempat yang nggak jelas asal usulnya, seorang anak sedang ingin memakai motor bapaknya.
Alie : “Pak, minta duit mau ke pertigaan sana”
Sujito : “Butuh berapa emang?”
Alie : ” 65.000,”
Sujito : “Lah banyak banget mintanya?”
Alie : “Lah kan beli bensin 15 rebu sama buat uang damai 50.000,”
sujito marah mendengar perkataan Alie tadi : “Kamu ini gimana sihh, itu polisi di pertigaan temen bapak, bilang aja kamu anak bapak kasih duit 30 rebu aja dah harga preman pak gt”
Ali : ” Siap pak,”

Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Dokter

Disuatu klinik terdapat seorang dokter dan pasiennya tengah bercakap cakap
“Dok, mungkinkah penyakit saya lekas sembuh?”
“Bisa mas, pasti bisa kalo mas rajin berobat ke sini”
“Kalo gitu ceritanyya saya berobat kesini terus deh”
“Sipp mas.”

Setelah pengobatan dilakukan sang pasien pun pulang kerumah dengan persaaan senang karena penyakitnya akan segera sembuh. Setelah selang satu minggu pasien kembali menemui dokter.

“Dok, kok ini penyakit saya tambah parah sih?”
“Sabar mas, sabar ini ujian. yg menentukan sembuh atau tidaknya adalah Tuhan. saya cuma sebagai perantara aja.”
“Gimana sih, minggu lalu katanya bisa sembuh???”
“Itukan minggu lalu, kalo sekarang beda lagi hehehe”

Contoh Teks Anekdot Tentang Suami Istri

Disuatu rumah hidup seorang pasangan suami istri laki laki dan perempuan. Sang suami sedang nonton tv dan sang istri tengah keluar kamar mandi. Terjadilah percakapan sebagai berikut:

Istri: Ahhhhh aku hamil.
Suami: hahh?? yang bener?
Istri: Iya mas.
Suami: Tapi kita kan belum bikin.
Istri: Ahhhh trus aku bikin sama siapa??

Contoh Teks Anekdot Singkat Tema Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab kita sebagai masyarakat madani. Tak perlu repot memulai dengan lingkup besar seperti lingkungan melainkan kalian bisa memulainya dari diri sendiri. Sayangnya tak semua orang memiliki kesadaran untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Meski harusnya berisi sindiran tapi tak sedikit penulis yang akhirnya hanya berfokus pada tujuan komunikatif teks saja, yakni sebagai hiburan. Misalnya seperti contoh teks anekdot beserta strukturnya berikut.

Disebuah kamar tidur sepasag suami istri. Sang istri bangun karena mendapati suaminya tidur dengan mata terbelalak dan melotot sambil menggigil.

Istri: Mas bangun mas, Mas bangun, kamu kenapaa???
Suami: engg gnnggkkg (menggigil berat)
Istri: Mas jangan tinggalin aku!!!
Suami: Enggak papa mah, aku tadi kebelet berak tapi mager kekamar mandi. Yuk tidur lagi.
Istri: Fakkkk!!!! (sambil menendang suaminya keluar ranjang).

Antara Sedih dan Bahagia

Disebuah halaman rektorat suatu universitas terkemuka yang tidak disebut namanya tengah diadakan wisuda. Anggi adalah mahasiswi yang cantik berwajah bersih berkulit putih dan rambut panjang terurai. Ia tengah wisuda pada waktu itu didampingi dengan kedua orang tuanya.

Anggi: “Mamah papah aku disini” anggi melambai pada dua orangtuanya.
Papa: “hikk hikkk. Cepet banget ya mah, padahal rasanya baru kemarin” ujar papa sambil menahan isak tangis.
Mama: “iya nih pahh rasanya cepet banget” jawab mama sambil memegang foto anaknya yang dua tahun lalu adalah seorang laki-laki

Anekdot Singkat Tentang Anak Pembalap

Pada satu siang guru BP tengah memberikan materi pelajaran.
Guru BP: “anak-anak inget yaaaa pesan bapak tadi. Say no to Drug”
Salah seorang murid: “Enggak setuju pakkk. drug  itu hobi pak. sampe sampe motor saya satu satunya juga saya jadikan motor drug”
Guru BP: “Itu drag gblk!!!!” sambil nepuk jidat.

Itulah 8 contoh teks anekdot beserta strukturnya yang dapat anda pelajari. Masih banyak sekali cerita yang bisa kita ambil hikmah serta pelajarannya. Sebagai referensi dan rujukan lainnya saya telah menyediakan contoh teks anekdot lainnya dapat anda temukan pada artikel dibawah ini:

6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Selalu ingat bahwa untuk membuat teks anekdot singkat haruslah mengikuti kaidah kebahasaan yang berlaku. Yakni menggunakan bahasa yang lucu dan tidak menyindir secara langsung agar tak menyinggung seseorang. Sekain pembahasan kali ini dan terus ikuti blog saya untuk mendapatkan materi belajar terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.