4 Contoh Teks Anekdot Tentang Lingkungan Lucu dan Menyindir

Diposting pada

4 Contoh Teks Anekdot Tentang Lingkungan Lucu dan Menyindir – Materi teks anekdot berupa pengertian, struktur, dan contoh teks anekdot singkat telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan membahas lebih dalam contoh teks anekdot tentang lingkungan. Teks anekdot merupakan sebuah karya sastra berupa karangan yang berbau lucu dan bersifat menghibur. Selain memiliki unsur humor, teks anekdot juga memiliki nilai-nilai moral dan kehidupan yang dapat kita pelajari. maka dari itu tidak jarang jika teks anekdot juga digunakan sebagai teks sindiran.

Perkembangan teknologi sangat memudahkan kita mengakses informasi. Lewat internet, banyak sekali contoh anekdot yang bisa kita pelajari. Namun kenapa contoh teks anekdot kali ini memiliki tema lingkungan? karena saya menyadari bahwa orang-orang semakin tidak menghargai dan tak merawat lingkungan. Semoga dengan teks anekdot tentang lingkungan kali ini dapat menyadarkan orang-orang tersebut agar mau merawat dan menjaga lingkungan.

Lingkungan yang harusnya bersih dan terawat justru semakin rusak oleh perbuatan tidak bertanggung jawab yang dilakukan manusia. Untuk menyadarkannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu pendekatan terbaik adalah dengan menceritakan cerita lucu namun memiliki makna sindiran. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan penggunaan teks anekdot tentang lingkungan singkat.

4 Contoh Teks Anekdot Tentang Lingkungan Lucu dan Menyindir

Teks anekdot merupakan materi dasar yang dapat kita temukan pada mata pelajaran bahasa indonesia SMP, SMA/SMK/STM dan sederajat. Teks anekdot adalah teks cerita yang bisa bersifat fakta maupun fiktif. Tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk menghibur pembaca melalui serangkaian cerita lucu. Informasi dan inti cerita disampai dengan gaya bahasa lucu dan bisa mengundang tawa bagi pembacanya. Meski demikian kita bisa menjumpai berbagai contoh teks anekdot sindiran lucu yang di dalamnya memberikan kritik secara halus.

Misalnya saja contoh teks anekdot tentang lingkungan, pendidikan, dan kesehatan. Biasanya tema yang menyangkut hal umum tersebut ditulis bukan hanya untuk menghibur pembaca saja. Tapi contoh cerita anekdot tersebut juga dibuat untuk menyampaikan pesan moral. Hanya saja penulis memilih pendekatan halus dengan menggunakan bahasa yang lucu. Dengan demikian pesan moral yang ada pada teks anekdot dapat lebih mudah diterima oleh pembaca.

Lingkungan memiliki berbagai fungsi utama untuk menunjang kehidupan manusia. Bisa dibilang kita hidup dalam sebuah lingkungan dan memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan tersebut. Untuk memberikan penekanan betapa pentingnya menjaga lingkungan maka saya dibuatlah artikel ini. Silahkan simak beberapa contoh teks anekdot tentang lingkungan singat di bawah.

Contoh Cerita Anekdot Tema Kebersihan

Disuatu hari, ada seorang petugas kebersihan yang sedang menyapu jalanan kota. tiba-tiba dari arah barat ada pengendara mobil yang melemparkan sampah keluar kaca jendela mobil. Karena kesal akhirnya petugas kebersihan pun menghentikan kegiatan menyapunya dan berteriak kencang.

Contoh teks anekdot tentang lingkungan
Contoh teks anekdot tentang lingkungan

”Woyyyyy.. kalo buang sampah liat-liat dong. jangan buang sampah seenaknya, Hargai saya kalo lagi kerja!”. Lalu mobil itupun berhenti, dan dari dalam keluarlah seorang pria yang rapi berkemeja dan berdasi. Akhirnya petugas kebersihan memilih untuk menghampiri orang itu.

Baca Juga : Teks Anekdot: Pengertian, Ciri, Dan Contoh

“pak, bisa kagak sih kalo buang sampak nggak dijalan??, Ini saya susah bersihinnya!”. kata petugas kebersihan dengan perasaan kesal. “sebelumnya maaf pak, saya tadi tidak bermaksud gitu” jawab pria itu. “masih aja ngeles alesan padahal udah ketahuan” sahut petugas kebersihan.

“jadi gini pak, Saya ini hobi main basket, dan saya tadi sedang mencoba latihan dengan melempar sampa ke tong sampah disana” Pria berdasi menjawab sambil menunjuk tong sampah didekatnya. Akhirnya petugas kebersihan meninggalkan pembicaraan sambil bergumam berbicara dalam hati “ada-ada saja. Dasar orang-orang jaman sekarang tambah aneh aja”.

Contoh teks anekdot tentang lingkungan di atas sebenarnya memiliki makna sindiran halus. Yakni menyindir orang-orang yang gemar membuang sampah sembarangan. Alangkah baiknya kita membuang sampah di tempat yang sesuai dengan cara yang benar. Agar tak membebani pekerjaan orang lain dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Contoh Teks Anekdot Menajaga Sungai

Sungai adalah salah satu tempat yang memiliki potensi pencemaran paling banyak. Banyak oknum tak bertanggung jawab membuang limbah rumah tangga maupun industri langsung ke sungai. Sehingga mematikan biota air di dalamnya dan menciptakan pencemaran. AKhirnya wabah penyakit pun tak terhindarkan karena lingkungan yang tak sehat.

Padahal sungai sendiri banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Misalnya pemenuhan air bersih, mengaliri sawah, mencuci, dan lain sebagainya. Inilah alasan mengapa saya ingin menulis contoh teks anekdot tentang lingkungan khususnya sungai.

“Apaan nih?? kok bau sekali???”.kata-kata yang terlontar saat aku sedang berenang disungai. “wah gimana nih kalo berenang kalau gini terus disungai?. Sungai kan harusnya bersih, jernih, dan alami karena menjadi bagian alam. Kok sekarang bisa jadi kayak gini sih? Kok manusia tega banget sih bikin jadi begini. sungai yang dulunya jernih dilalui perahu-perahu buat transportasi, tetapi kenapa sekarang malah dilalui oleh sejenis benda kuning aneh yang misterius”.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Paling Lucu

Pemerintah harusnya ikut bertanggung jawab dan andil dalam pelestarian sungai. Nggak cuma makan mendowan aja kerjaannya. sebaliknya rakyat juga harusnya lebih peka. masak iya mau buang benda-benda aneh disungai terus terusan.

Contoh Teks Anekdot Tentang Alam

Akhir pekan ini aku menghadiri sebuah seminar yang bertemakan“Jagalah Indonesiaku”. Yang paling memikatku untuk datang adalah narasumbernya yang pandai, ganteng, cool lagi. narasumber ganteng itu berbicara begini “kalau membahas tentang indonesia tentunya tidak akan terlepas dari pesona dan keindahan alam”.

Pembicaraan yang membahas tentang contoh teks anekdot tentang lingkungan, flora, fauna, keindahan alam, dan lain sebagainya memang tidak ada matinya. Indonesia memang surga bagi mereka yang gemar akar pesona dan keindahan alam.

Baca Juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Tapi perhatikan akhir-akhir ini, banyak yang bilang indonesia sedang terancam. memangnya terancam karena apa? apakah indonesia diancam? apakah orang indonesia mau dibunuh? dobom? atau diapain? hehehehhe… maaf kebanyakan bercanda. maklum masih anak abg.

Berdasarkan penuturan narasuber hutan adalah paru-paru dunia. tapi kenapa hutan masih saja digunduli? kalo hutan banyak yang mati artinya paru-paru dunia juga mati? trus kalo dunia nggak punya paru-paru mati dong? bener kan?. Iya juga. bukan cuma hutannya. tapi satwa asli indoensia juga semakin dijajah dan dieksploitasi.

Baca Juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Tentang Pendidikan

Ambillah contoh orang utan asal kalimantan yang akhirnya terusir dari habitat asinya. Andai saja orang utan bisa ngomong pasti udah lapor ke komnas HAM, Hak Asasi Monyet, maksudnya. wkwkwkwkwk. Akhirnya tiba juga di sesi tanya-jawab.

Contoh Teks Anekdot Lingkungan

Sekolah secara tak langsung menjadi bagian dari lingkungan siswa untuk menimba ilmu. Dari bersekolah pula kita bisa mempelajari banyak materi berkenaan dengan tatanan bermasyarakat. Menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih merupakan tanggung jawab kita sebagai siswa.

Sayang sebagian tak berpikir demikian, bahkan beberapa juga terkesan acuh dengan kebersihan. Membuang sampah sembarangan ataupun menyembunyikan plastik makanan di laci pun menjadi bukti. Bahwasanya kesadaran siswa sudah mulai menurun dan perlu diingatkan kembali. Lewat contoh teks anekdot tentang lingkungan sekolah ini saya kembali ingin mengingatkan kalian.

Dihari pertama aku masuk sekolah tinggi berbasis adiwiyata aku sangat kagum dan tercengang. Pertam yang kulihat adlh pintu gerbang yang megah dengan simbol dan nama sekolah. setelah menginjakkan kaki beberapa langkah melewati pintu gerbang mataku masih terpana dengan pemandangan taman, gedung-gedung, lahan parkir dan aula yang megah dan terkesan mewah.

Namun setelah masuk lebih dalam kedalam sekolah aku tercengang karena mendapati pemandangan yang berbeda dari sebelumnya. kulihat tumpukan sampah diujung-ujung kelas. tidak hanya didalam kelas saja namun di ruangan guru ternyata juga terdapat sampah berserakan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Pernah sekali aku menegur temanku karena suka buang sampah sembarangan. “Hey, jangan buang sampah sembarangan gini dong. ini kan sekolah adiwiyata. nggak malu apa sama gelarnya”. Namun tahukan jawaban dari temanku seperti apa? “. alahhh, yang adiwiyata kan sekolahnya dan bukan siswanya. jadi tenang aja” sumpah jwaban kayak gitu yang ada bikin males.

Pernah juga terjadi sebuah keadian yang sangat aneh saat tengah diadakan ujian tengah semester dimana seorang guru mendapati salah satu LJK siswanya masih bersih tanpa sebuah coretan sedikitpun kecuali pada bagian nama dan nomor induk.

“Loh kok LJK punyamu masih kosong?” tanya bu guru. dan murid menjawab dengan pelan sambil senyum “Nah. justru itu bu. ini kan sekolah adiwiyata. jadi kan apa-apa harus bersih semua” jawab si murid. Haduhhhh,.. kalau dipikirin malah jadi pusing. yang jelas ini siksaan untukku sekolah di sekolah adiwiyata abal-abal.

Nah itulah 4 contoh teks anekdot tentang lingkungan lucu dan sindiran yang dapat anda pelajari. Mempelajari materi teks anekdot memang sangat penting. Selain untuk menambah wawasan, teks ini juga sering digunakan dalam berbagai ujian seperti UAS dan UTS. Oleh karenanya pada kesempatan selanjutnya kita akan kembali membahas contoh teks anekdot lain dengan tema yang berbeda.

Baca Juga  Contoh Soal Teks Pidato Kelas 9 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *