Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Diposting pada

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi – Paragraf argumentasi adalah suatu jenis paragraf yang bersifat mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang kuat berdasarkan data atau fakta yang ada. Pengertian paragraf argumentasi pada dasarnya berbeda-beda menurut para ahli, sebagian mengatakan bahwa paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang bersifat meyakinkan pembaca dan mempengaruhi pembaca dengan informasi yang ada dalam paragraf, sebagian lagi beranggapan bahwa paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang berisikan pendapat yang didasari oleh fakta dan data yang ada tanpa tujuan mempengaruhi pembaca.

Contoh paragraf argumentasi umumnya dapat kita temui dengan mudah baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk cetak atau tulisan. Ketika kita saling berbincang, berpendapat antar sesama dengan menggunakan bahasa yang terkesan argumentatif maka perbincangan tersebut sudah termasuk dalam contoh dari paragraf argumentasi secara lisan.

Dalam dunia pendidikan, paragraf argumentasi dapat kita temukan dengan mudah di jenjang sekolah menengah bawah hingga atas. Pengertian dan contoh paragraf argumentasi menjadi materi yang harus dikuasai oleh siswa siswa sekolah karena materi ini kerap kali dijadikan sebagai bahan untuk ujian.

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi
Paragraf Argumentasi

Namun sebenarnya apa pengertian paragraf argumentasi? Apa contoh paragraf argumentasi dalam kehidupan sehari-hari? Apa saja ciri ciri paragraf argumentasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut marilah kita simak artikel dibawah ini. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam tentang pengertian, ciri dan contoh dari paragraf argumentasi secara lengkap.

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pada dasarnya paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf biasa seperti pada umumnya yang mengandung pendapat dan disampaikan dengan bahasa argumentatif. Sebenarnya tanpa melihat penjelasan pun anda dapat merasakan secara langsung seperti apa paragraf argumentasi ketika anda sedang berpendapat atau berargumen.

Dalam pembahasan ini tentunya ada beberapa hal yang dijelaskan yaitu definisi paragraf argumentasi, ciri ciri paragraf argumentasi maupun contoh paragraf argumentasi itu sendiri. Adapun pembahasan mengenai materi paragraf argumentasi yaitu sebagai berikut:

Pengertian Paragraf Argumentasi

Definisi paragraf argumentasi adalah paragraf yang memiliki gagasan utama berupa pendapat dan dikembangkan berdasarkan penjabaran, bahasan, ulasan maupun ide pribadi dari sang penulis. Umumnya paragraf ini bertujuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembacanya agar memiliki argumen atau pendapat yang sama dengan penulis.

Umumnya pragraf ini disampaikan dengan memberikan fakta aktual dan akurat seperti data, hasil dari penelitian, teori pakar dan ahli, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pendapat atau argumen pada paragraf tersebut sehingga tidak terkesan seperti omong kosong belaka. Ketika pembaca sudah mengetahui fakta dan data maka secara perlahan mereka akan merasa yakin dan satu pemikiran dengan apa yang telah disampaikan pada paragraf tersebut.

Kerap kali orang salah mengartikan antara paragraf eksposisi dan paragraf argumentasi. Memang sekilas kedua paragraf tersebut memiliki kesamaan yakni sama sama memiliki data yang aktual berdasarkan fakta yang ada. Namun secara penggunaan dan fungsi keduanya jauh berbeda. Paragraf eksposisi bertujuan untuk memaparkan atau memberikan penjelasan saja, sedangkan paragraf argumentasi menggunakan penjelasan tersebut untuk mempengaruhi pendapat pembaca agar sejalan dengan argumentasi kita.

Jika anda masih merasa bingung mengenai perbedaan paragraf eksposisi dan paragraf argumentasi maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Selain pengertian paragraf argumentasi di atas. Adapula ciri ciri paragraf argumentasi yang perlu dipahami. Sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai paragaraf argumentasi jika memiliki ciri-ciri dibawah ini:

  1. Berisi argumen, pandangan, pendapat dan keyakinan tentang suatu permasalahan.
  2. Menggunakan data yang bersifat faktual atau fakta.
  3. Mengedepankan analisa dan logika dalam melakukan penjabaran.
  4. Memiliki kalimat penutup atau kesimpulan sebagai kalimat penegas.

Jenis Jenis Paragraf Argumentasi

Berdasarkan topiknya paragraf argumentasi dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni paragraf argumentasi sebab akibat dan paragraf argumentasi akibat sebab.

Baca Juga  12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Seperti judulnya paragraf ini selalu diawali dengan pendapat berupa penyebab dari sebuah permasalahan. Penyebab ini akhirnya akan menghasilkan sebuah akibat, akibat inilah yang nantinya akan menjadi kesimpulan.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Berbeda dengan sebelumnya, paragaraf ini memiliki susunan terbalik yakni dimulai dengan pendapat berupa akibat suatu permasalahan. Dari akibat ini akan dianalisa dan menghasilkan sebab sebab.

Contoh Paragraf Argumentasi

Setelah menjelaskan tentang pengertian paragraf argumentasi, ciri ciri paragraf argumentasi dan jenis jenis paragraf argumentasi tersebut. Kemudian saya akan membagikan beberapa contoh dari materi paragraf argumentasi itu sendiri. Dikarenakan paragraf ini terbagi dalam dua jenis maka saya akan memberikan contoh dari masing-masing jenis tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Tingkat pendidikan di Indonesia masih sangat tertinggal jauh jika dibandingkan dengan Negara lain. Tidak perlu mencari contoh jauh-jauh, Bahkan dengan Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, Negara kita masih tertinggal jauh dalam bidang pendidikan. Hal ini dapat kita lihat dari jumlah lulusan perguruan tinggi yang terdapat di Negara tetangga sedangkan di Indonesia sendiri tingkat lulusan perguruan tinggi masih sangatlah rendah. Umumnya lulusan perguruan tinggi berasal dari daerah perkotaan dan megapolitan seperti jakarta, semarang, dan yogyakarta. Sedangkan sangat jarang ditemui lulusan yang berasal dari daerah tertinggal seperti NTB, NTT, Papua, dan kalimantan.

Peristiwa ini disebabkan karena kurang meratanya pendidikan di indonesia. Selain pendidikan yang tidak merata, faktor ekonomi dan kesadaran rakyat akan pentingnya pendidikan bagi masa depan juga belum tumbuh. Terbatasnya pengajar profesional juga menjadi kendala pendidikan di Negeri ini, selain itu pemerintah sendiri juga kurang memperhatikan fenomena ini. Jika peristiwa ini terus berlangsung dari generasi kegenerasi maka akibatnya indonesia akan mengalami keterpurukan dan kalah bersaing dengan SDM dari luar negeri.

Contoh Kedua
Musim penghujan merupakan momok bagi sebagian warga yang tinggal di kota megapolitan seperti jakarta. Betapa tidak, setiap musim penghujan datang debit air di beberapa sungai selalu meningkat, jika peningkatan ini terjadi setiap hari maka lama kelamaan air akan meluap. Ditambah dengan tumpukan sampah di sungai menyebabkan pendangkalan sungai semakin cepat terjadi. Jika pemerintah tetap tutup mata dengan peristiwa ini maka air sungai yang meluap dapat menyebabkan banjir. Tidak hanya itu, sampah yang ikut terbawa banjir juga dapat menyebabkan penyakit pada warga sekita.

Contoh Paragraf Argumentasi Akibat Sebab

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam, Mulai dari tambang batu bara, hutan hujan hingga sektor laut pada umumnya dapat dimaksimalkan untuk mendongkrak pendapatan negara. Namun pada kenyataannya hampir setengah dari suber daya alam yang kita miliki telah dikuasai oleh investor asing. Peristiwa ini disebabkan karena kurangnya kemampuan Negara Indonesia untuk mengolah sumberdaya tersebut. Disamping itu faktor pengetahuan dan keterampilan pemerintah indonesia juga masih sangat kurang jika dibandingkan dengan investor dari luar negeri.

Sekian artikel kali ini yang menjelaskan Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi yang dapat saya sampaikan. Kesimpulan dari materi ini adalah paragraf argumentasi merupakan sebuah paragaraf yang bersifat menyampaikan pendapat dan mempengaruhi pembaca agar satu pendapat dengan kita. Sedangkan contoh paragraf argumentasi pada dasarnya dapat anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.