Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal – Disekeliling kita pasti sering menemukan benda benda yang berbentuk tiga dimensi. Bangun tiga dimesi ini dapat dinamakan dengan bangun ruang, dimana bentuknya dapat seperti kubus, balok dan sebagainya. Adapun contoh bendanya yaitu sabun mandi, penghapus dan sebagainya. Dalam bangun ruang ini tentunya mengenal istilah diagonal ruang. Apa pengertian diagonal ruang itu? Bagaimana cara menentukan diagonal ruang itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal diagonal ruang itu? Dalam bangun ruang tersebut terdapat beberapa istilah di dalamnya seperti bidang diagonal, diagonal bidang (diagonal sisi) maupun diagonal ruang tersebut. 

Dalam pembahasan materi diagonal ruang tersebut biasanya disertai dengan penjelasan rumus diagonal ruang, pengertian diagonal ruang dan contoh soal diagonal ruang. Diagonal ruang merupakan ruas garis dalam suatu ruang yang digunakan untuk menghubungkan dua titik sudut berhadapan. Setiap bangun tiga dimensi pada umumnya memiliki konsep penentuan diagonal ruang yang hampir sama. Untuk diagonal ruang pada balok dapat ditentukan menggunakan rumus tertentu dengan konsep teorema phytagoras. Sedangkan untuk bangun kubus memiliki rumus yang dapat dicari dengan konsep serupa. Dari konsep ini nantinya dicari rumus pada diagonal ruang balok maupun kubus.

Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal
Hubungan Diagonal Ruang dan Diagonal Bidang pada Kubus

Ketika di bangku sekolah pasti telah diajarkan mengenai materi diagonal ruang tersebut. Materi ini perlu dipelajari karena termasuk dalam pembahasan dasar mengenai pembahasan bangun tiga dimensi atau bangun ruang. Bangun ruang secara umum memang dapat dibagi menjadi beberapa macam. Macam macam bangun ruang tersebut dapat terdiri dari limas, balok, tabung, kubus, kerucut, prisma dan bola. Bangun tiga dimensi ini memiliki diagonal ruang didalamnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus diagonal ruang beserta pengertian diagonal ruang dan contoh soal diagonal ruang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Dalam bangun tiga dimensi pada umumnya sering ditemukan istilah mengenai diagonal bidang maupun diagonal ruang. Diagonal bidang dapat diartikan sebagai garis pada sebuah bidang yang digunakan untuk menghubungan dua titik sudut berhadapan. Sedangkan pengertian diagonal ruang yaitu garis yang digunakan untuk membuat dua titik sudut berhadapan saling terhubung satu sama lain.

Baca juga : Pengertian Bidang Diagonal dan Contoh Soal

Setelah mengetahui pengertian dari diagonal ruang tersebut tentunya anda telah mengetahui sedikit mengenai materi ini. Setelah menjelaskan tentang pengertian di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang rumus diagonal ruang beserta contoh soal diagonal ruang. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rumus Panjang Diagonal Ruang

Materi diagonal ruang pada dasarnya terdapat dalam bangun tiga dimensi kubus ataupun balok. Dalam bangun kubus terdapat diagonal ruang yang dapat ditentukan menggunakan rumus tertentu. Begitupula dengan bangun balok. Di bawah ini terdapat rumus pada diagonal ruang balok dan kubus yaitu sebagai berikut:

Diagonal Ruang Kubus

Kubus memiliki unsur unsur di dalamnya. Salah satunya ialah diagonal ruang. Untuk menyelesaikan soal soal terkait materi diagonal ruang tersebut tentunya membutuhkan rumus tertentu di dalamnya. Adapun rumus diagonal ruang kubus yaitu:

d = s√3

Keterangan:
d = Diagonal ruang kubus
s = Sisi kubus

Agar anda lebih paham mengenai rumus di atas, maka saya akan membagikan contoh soal diagonal ruang kubus terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Contoh Soal
Diketahui kubus memiliki sisi yang panjangnya 15 cm. Hitunglah diagonal ruang pada kubus tersebut?

Baca juga : Contoh Soal Sistem Persamaan Linear 4 Variabel Beserta Cara Menghitung

Pembahasan.
Diketahui : s = 15 cm
Ditanyakan : d = ?
Jawab.
Cara menentukan diagonal ruang kubus tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini:
d = s√3
d = 15√3 cm
Jadi diagonal ruang kubus tersebut ialah 15√3 cm.

Diagonal Ruang Balok

Selain pengertian diagonal ruang secara umum dan rumus pada diagonal ruang kubus di atas. Adapula rumus diagonal ruang balok. Bangun tiga dimensi yang berbentuk balok pada dasarnya memiliki diagonal ruang dengan rumusnya sendiri. Adapun rumusnya yaitu:

d = √(p² + l² + t²)

Keterangan:
d = Diagonal ruang balok
p = Panjang balok
l = Lebar balok
t = Tinggi balok

Agar anda lebih paham mengenai rumus di atas, maka saya akan membagikan contoh soal diagonal ruang balok terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Contoh Soal
Diketahui sebuah balok memiliki panjang 30 cm, lebar 20 cm dan tinggi 25 cm. Hitunglah panjang diagonal ruang balok tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : p = 30 cm, l = 20 cm, t = 25 cm
Ditanyakan : d = ?
Jawab.
Cara menentukan diagonal ruang balok tersebut dapat dilakukan dengan langkah langkah di bawah ini:
d = √(p² + l² + t²)
   = √(30² + 20² + 25²)
   = √(900 + 400 + 625)
   = √1925
   = 5√77 cm
Jadi panjang diagonal ruang balok tersebut ialah 5√77 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus diagonal ruang beserta pengertian diagonal ruang dan contoh soal diagonal ruang. Diagonal ruang ialah garis yang digunakan untuk membuat dua titik sudut berhadapan saling terhubung satu sama lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi diagonal ruang di atas.

Baca Juga  Contoh Soal Bangun Datar Gabungan Beserta Pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.