Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory)

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory)Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian RAM atau Random Access Memory dan fungsinya. Artikel ini juga merupakan materi pelajaran TKJ kelas X. Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan dan pengetahuan kita mengenai RAM bisa bertambah. Selamat membaca.

Apa pengertian RAM itu? Apa saja fungsi RAM? Kita tahu bahwa RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Komponen komputer ini memiliki kegunaannya sendiri. Namun tetap berkaitan atau berhubungan dengan komponen komputer lainnya.

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory)
Random Access Memory (RAM)

RAM atau Random Access Memory adalah alat untuk menyimpan data komputer secara sementara. Selain itu, RAM juga digunakan untuk mempercepat kinerja komputer. Semakin besar ukuran RAM, maka akan semakin cepat pula kinerja komputernya. Jadi RAM ini membantu processor dalam meningkatkan kinerja komputer karena jika processornya tinggi tapi RAM masih rendah, maka kinerja komputer belum maksimal. Jadi antara processor dan RAM haruslah seimbang agar kinerja komputer menjadi maksimal.

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory)

Sebelum mengetahui apa kegunaan RAM tersebut, anda harus mengetahui apa itu RAM terlebih dahulu. RAM merupakan komponen komputer yang digunakan untuk media penyimpanan data yang bersifat sementara.

Jika ditinjau dari pengertian RAM di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi RAM adalah untuk menyimpan data sementara. Namun, RAM memiliki fungsi yang lainnya, antara lain adalah sebagai berikut:

Mempercepat Kinerja Komputer

Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan di atas. RAM digunakan untuk mempercepat kinerja komputer, semakin besar ukuran RAM maka kinerjanya akan lebih cepat, begitu sebaliknya. RAM membantu Processor dan VGA untuk memaksimalkan kinerja komputer. Jadi ketika Anda mengalami komputer lemot, cobalah ganti atau upgrade RAM menjadi lebih besar. Misal sebelumnya ukuran RAMnya adalah 2GB, maka coba ganti menjadi 4GB.

Baca Juga  Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi dan Contohnya

Menyimpan Data Sementara

Ini jelas, RAM mulai bekerja menyimpan data ketika komputer dihidupkan, dan ketika komputer dimatikan maka data dalam RAM akan terhapus. Seperti contoh begini, Anda membuka aplikasi Google Chrome, maka data aplikasi tersebut akan berjalan dan diproses oleh RAM, ketika Anda menutup Google Chrome maka datanya akan terhapus.

Membantu Proses Multitasking

Fungsi RAM selanjutnya ialah membantuk proses multitasking. Multitasking adalah menjalankan lebih dari 1 program aplikasi dalam waktu bersamaan. Seperti contoh Anda menggunakan Google Chrome untuk internetan dan menggunakan Winamp untuk memutar musik, maka ini termasuk multitasking. Fungsi RAM disini adalah untuk penggunaan program aplikasi multitasking. Jadi fungsi pertama dan kedua digabungkan, multitasking tetap membutuhkan kinerja komputer yang maksimal dan tempat penyimpanan data sementara untuk memproses program.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian RAM dan fungsi RAM yang dapat saya jelaskan. RAM merupakan komponen komputer sebagai media penyimpanan data sementara. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.