Pengertian dan Fungsi Vakuola Beserta Gambarnya

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi Vakuola Beserta Gambarnya – Dalam makhluk hidup terdapat beberapa organel yang saling bekerja sama. Susunan organel tersebut mempunyai manfaat yang berbeda beda, contohnya saja organel vakuola. Vakuola adalah komponen organel yang dapat ditemukan dalam sel hewan maupun sel tumbuhan. Komponen organel ini memiliki banyak kegunaan sehingga dapat menjadi hal yang paling utama dalam pembentukan bagian dalam organel tersebut. Dalam sel tumbuhan pasti dapat ditemukan organel vakuola ini, namun pada sel hewan hanya tertentu saja yang mempunyai vakuola.

Dalam tubuh hewan maupun tumbuhan tentunys terdapat beberapa jenis sel didalamnya. Seperti halnya vakuola yang merupakan satu dari sekian bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang memiliki fungsinya sendiri. Apa kegunaan vakuola pada tumbuhan? Apa fungsi vakuola pada hewan? Materi tentang vakuola tersebut dapat kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini berisi penjelasan mengenai pengertian vakuola dan fungsi vakuola itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan vakuola itu? Apa saja fungsi dari vakuola? Bagaimana gambar vakuola itu? Vakuola terdapat dalam tubuh tumbuhan dengan kegunaannya masing masing. Namun seperti yang kita ketahui bahwa vakuola juga terdapat dalam beberapa jenis hewan tertentu saja. Pada kesempatan kali ini materi belajar akan membahas mengenai pengertian vakuola dan fungsi vakuola secara lengkap. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Fungsi Vakuola Beserta Gambarnya

Apakah vakuola terdapat dalam semua jenis tumbuhan? Apakah vakuola terdapat dalam semua jenis hewan? Vakuola memang banyak ditemukan pada sel tumbuhan karena pada seluruh jenis tumbuhan mempunyai vakuola. Berbeda dengan tumbuhan, sel hewan tidak semua jenisnya memiliki vakuola. Hewan yang mempunyai vakuola tergolong jenis uniseluler rendah, contohnya protozoa.

Dari sini kita tahu bahwa vakuola terdapat di semua jenis tumbuhan, namun hanya jenis hewan tertentu saja yang memiliki vakuola. Dalam pembahasan kali ini akan saya jelaskan lengkap mengenai pengertian vakuola maupun fungsi vakuola tersebut.

Definisi Vakuola

Untuk pembahasan yang pertama ialah definisi vakuola. Vakuola ialah bagian dari organel sitoplasmik yang berupa zat cair. Vakuola dibungkus oleh selaput yang tipis atau tonoplas. Vakuola dapat terbentuk oleh kumpulan zat cair yang menyatu seperti zat terlarut yang sangat bagus untuk tubuh. Zat terlarut tadi seperti garam mineral,enzim, asam, alkaloid, basa dan sebagainya. Setiap zat tersebut memiliki kegunaan yang berbeda beda. namun saling  membentuk satu kesatuan dalam tubuh sel hewan maupn sel tumbuhan. Zat zat tersebut juga saling bekerja sama agar kinerjanya lebih sempurna. Fungsi vakuola tersebut juga menjadi hal terpenting dalam organel.

Baca juga : Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Fungsi Vakuola

Setelah membahas pengertian vakuola maka selanjutnya akan saya bagikan juga fungsi vakuola ini. Namun fungsi vakuola pada hewan berbeda dengan fungsi vakuola pada tumbuhan. Karena cairan yang terkandung didalamnya juga berbeda beda.

Vakuola Pada Hewan

Pengertian dan Fungsi Vakuola Beserta Gambarnya
Vakuola pada Hewan

Seperti yang sudah saya bahas tadi. Jenis sel pada hewan tidak semuanya memiliki vakuola. Hanya hewan tertentu saja yang memiliki organel ini. Jenis hewan yang mempunyai vakuola adalah golongan uniseluler rendah, contohnya hewan protozoa. Untuk organel vakuola pada hewan dapat dibagi menjadi dua yang meliputi vakuola untuk gerakan atau denyutan maupun  vakuola untuk makanan. Jenis vakuola tadi memiliki fungsi yang berbeda beda. Jenis vakuola denyut memiliki tugas sebagai pengumpul serta dapat mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam bentuk cairan.

Cairan tesebut dapat mengendalikan kadar garam maupun kadar air dalam tubuh. Sedangkan fungsi vakuola makanan ialah sebagai tempat cadangan makanan maupun mengolah makanan, kemudian disebarkan ke seluruh bagian sel. Selain protozoa, adapula jenis hewan jamur yang fungsi vakuolanya sebagai proses homeostatis. Proses tersebut dapat mengontrol osmoregulasi, PH sel, tempat penyimpanan asam amino dan lain lain. Jumlah vakuola yang terdapat pada hewan jamur ukurannya lebih besar dibandingkan pada hewan lainnya.

Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Bunyi Hukum Kepler I,II, dan III

Vakuola Pada Tumbuhan

Pengertian dan Fungsi Vakuola Beserta Gambarnya
Vakuola pada Tumbuhan

Semua jenis tumbuhan pasti ditemukan organel vakuola yang dapat menunjang kehidupan tumbuhan tersebut. Ukuran dari vakuola dapat diketahui berdasarkan umur tumbuhan. Semakin besar vakuola yang terdapat pada sel maka semakin tua juga umur tumbuhan tersebut dan sebaliknya. Untuk fungsi vakuola pada tumbuhan tersebut dapat meliputi sebagai wadah penumpukan sisa metabolisme dalam tubuh misalnya getah, sebagai wadah untuk menyimpan makanan yang berupa garam mineral maupun sukrosa, menghubungkan sitoplasma dengan dinding sel agar proses masuk keluarnya zat pada tubuh dapat berjalan lancar, serta sebagai tempat penguatan sel sel yang masih muda.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian vakuola dan fungsi vakuola yang dapat saya bagikan. Vakuola memang dapat dijumpai dalam makhluk hidup, baik pada tumbuhan maupun pada hewan. Semua jenis tumbuhan memiliki vakuola. Namun dapat diketahu bahwa tidak semua jenis hewan memiliki vakuola. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian dan Proses Metagenesis Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.